Saran untuk Blogger Bertuah

Postingan ini dibuat berdasarkan pertanyaan dari beberapa blogger baru yang ketemuan di Kopdar Blogger Bertuah Pekanbaru hari minggu lalu. Pertanyaannya gampang (menjawabnya susah) "bagaimana membuat blog lebih terkenal didunia maya". Ujung2 pertanyaan ini adalah bagaimana ngasilin duit dari blog?

Yaaaaa harap maklum sebagian yang datang kemaren adalah mahasiswa, dikarenakan biaya internet mahal, uang kiriman orang tua juga mepet, maka dibutuhkan cara untuk mendapatkan duit halal. Banyak caranya untuk ndapetin duit dari blog. Tapi kita ga bahas itu dulu. Kita bahas membuat blog lebih terkenal.

Ini untuk pemula yang masih belajar seperti attayaya yang masih belajar.

Banyak cara membuat blog terkenal. Mau dari sisi buruk ato sisi baik.
Dari sisi buruk, buatlah blog yang menghujat suatu kelompok terutama kelompok yang beranggotakan jutaan orang. Nah, mereka akan melihat blog kita, maka tentu saja traffic kunjungan akan meningkat secara drastis. hal ini sama seperti jika kita lempar seorang cewek cantik dengan sendal, maka si cewek akan ngejar2 kamu sekeliling kampung sambil teriak : maliiiing...maliiiing... maka jangan lakukan ini deh.

Cara dari sisi baik yang pasif :
Buatlah postingan yang BANYAK dan lumayan bagus jika tidak bisa buat yg bagus (bisa ngocol2, catatan harian, catatan kuliah, cerita cewok ato cowoknya, cerita di rumah, atau apapun aja deh. Buatlah target misalnya 1 postingan dalam 1 hari.

Pasang widget alexarank dari alexa.com
Jika blognya masih baru fresh from oven, daftar ke search engine (banyak caranya di internet), atao pake pingomatic.com (rss ga perlu diisi, centang semua pilihan yang tersedia, lalu "send pings", lakukan ini 1 hari 1 kali kek makan obat aja ya).

Cara dari sisi baik yang aktif :
Blog-Walking alias jalan2 ke blog orang lain dan meninggalkan komentar yang sesuai. Bagi yang memerlukan daftar blog yang "dofollow" silahken minta ke nanlimo alias sungaikuantan.
Meminta dengan sopan untuk bertukar link, sebaiknya pasang link orang duluan sebelum meminta, lalu beritahukan.
Join di berbagai forum dan social engeneering kek blogcatalog, mybloglog, dll.

hmmm itu dulu deh lakukan. 2 minggu lagi kita ketemuan, untuk meningkatkan pengetahuan temen2 bloger. Kita minta penyamun untuk mengeluarkan semua jurusnya yang gampang2 dulu deh.