Inilah Air Terjun Peninggalan Gadjah Mada

sumber: hotel ratna syariah
 
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Berbagai pemandangan berupa gunung, pantai, air terjun dan sebagainya dapat kita temui di Indonesia. Sebagai Negara dengan kekayaan alam melimpah tentus saja banyak lokasi wisata yang dapat di teroka di negeri ini. Dan kebanyakan dari tempat wisata tersebut memiliki kisah sejarah yang hebat di masa lampau.

Sejarah disini termasuk dalam cerita rakyat atau legenda seperti misalnya kisat terjadinya Danau Toba di Sumatera Utara. Kisah Gunung Tangkuban Perahu dan yang terkenal juga adalah air terjun Madakaripura di Jawa Timur.

Air terjun Madakaripura dengan segala keindahannya mampu menarik minat wisatawan baik dari dalam maupun luar. Air terjun ini selain indah juga menyimpan kisah sejarah yang berkaitan dengan Patih Gajah Mada pada masa kerajaan Majapahit. Seperti apa lokasi dan kisah sejarah di sebaliknya.  Inilah pesona air terjun madakaripura yang menjadi tempat meditasi.
Pesona wisata air terjun madakaripura yang indah ini terletak di daerah Jawa Timur dengan ketinggian yang membuat air terjun bak tirai yang menutupi tebing-tebing. Air terjun madakaripura merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun sigura-gura di Indonesia. Selain tempat rekreasi, air terjun ini juga digunakan sebagai tempat meditasi sang legenda yang terakhir, yakni Mahapatih Gadjah Mada Kerajaan Majapahit.

Air terjun ini dapat dikatakan sangat dekat dengan gunung Bromo. Sehingga ketika Anda melakukan pendakian di gunung tersebut. Anda dapat menyempatkan diri terlebih dahulu untuk melihat atau bahkan beristirahat di air terjun ini. Meskipun hanya sekedar bermain air. Air terjun madakaripura terletak di salah satu kaki gunung pegunungan Tengger. Disekiling air terjun terdapat bukit dan ceruk.

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus melewati batu dan menyeberang sungai. Dalam perjalanan, Anda dapat melihat berbagai pemandangan hijau yang sangat sejuk dan dinding-dinding tinggi. Untuk sampai ke air terjun ini diperlukan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Sehingga disarankan agar kita tidak membawa barang yang terlalu berat agar tidak mudah capek. Biasanya terdapat pemandu wisata yang dapat membantu kita dalam mencari lokasi air terjun.

Ketika kita sudah dekat dengan air terjun, suara gemuruh dari air akan terdengar keras. Jika Anda tidak membawa baju ganti atau memang tidak ingin bermain basah-basahan, maka berhati-hatilah ketika melewati dinding tebing tersebut karena biasanya terdapat air yang mengucur ke berbagai sisi.
Namun, akan lebih baik jika kita menggunakan jas hujan atau payung untuk melindungi diri dari air. Jangan khawatir jika tidak ada persiapan hal ini sebelumnya, karena di lokasi tersebut akan ada banyak orang yang menjual dan menyewakan payung atau kantong plastik.

Perjalanan yang akan dilewati cukup mempunyai tantangan, karena cipratan air membuat jalan dan bebatuan menjadi lebih licin. Oleh karenanya, pakailah sepatu tahan air seperti sandal gunung atau sepatu. Agar lebih nyaman dalam menuju air terjun.

Air terjun ini juga terkenal karena digunakan sebagai tempat terakhir Gadjah Mada untuk bermeditasi. Berdasarkan kitab Negarakertagama, kawasan air terjun ini merupakan pemberian dari Raja Hayam Wuruk pada Mahapatihnya, yakni Gadjah Mada. Air terjun madakaripura tempat meditasi Gajah Mada ini dibuktikan dengan adanya patung Gadjah Mada di daerah tersebut.

Menurut kearifan lokal, mengatakan bahwa Gadjah Mada menjadikan tempat ini sebagai tempat meditasinya yang terakhir. Bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa di tempat itulah Gadjah Mada mencapai moksa, yakni menghilang dari bumi secara spiritual dan fisik. Jadi, tidak heran jika masih banyak orang yang menggunakan tempat ini untuk bermeditasi juga, terlebih pada tanggal 1 syuro atau malam tahun baru pergantian tahun islam.

Apabila kita melihat air terjun ini dari jauh, maka akan terlihat seperti air terjun yang tersimpan dalam tabung kokoh dengan ketinggian 200 meter. Adanya lumut dan suasana sejuk alami membuat pesona mistis air terjun madakaripura, khususnya bagi mereka yang tahu mengenai sejarah air terjun ini.

Demikian pesona wisata air terjun madakaripura yang dapat menjadi tempat wisata di Jawa Timur dan sebagai tempat meditasi bagi mereka yang meyakininya. Namun, persiapkanlah beberapa hal ketika ingin mengunjungi air terjun ini.