7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering

Attayaya.net - Di pasaran banyaknya krim dan pelembab yang digadang-gadang dapat mengatasi kulit kering. Tetapi kebanyakan produk tersebut biasanya akan dibandrol dengan harga yang mahal dan belum tentu cocok untuk semua orang karena mengandung bahan kimia. 

Untuk mensiasatinya bisa dengan menggunakan pengobatan rumahan. Selain tidak perlu memerlukan banyak uang tetapi bahan-bahan alami yang digunakan untuk pengobatan rumahan tersebut juga aman bagi kesehatan kulit karena tidak mengandung bahan kimia. Lalu bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering?

ilustrasi kulit kering
Berikut 7 bahan alami untuk mengatasi kulit kering diantaranya yaitu : 

1. Susu
Cara memanfaatkan susu ini adalah dengan menambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon kedalam 4 sdm susu. Setelah itu balurkan ramuan tersebut ke seluruh tubuh dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas tubuh dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini setiap hari sebanyak 2 kali. 

2. Madu
Cara memanfaatkan madu ini adalah sebelum mandi madu ini dioleskan ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Untuk mendapatkan kulit yang lembab, lakukan perawatan ini setiap hari. 

3. Minyak Kelapa
Cara memanfaatkan minyak kelapa ini adalah dengan membalurkan minyak kelapa murni keseluruh bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Kemudian diamkan hingga semalaman dan dipagi harinya dicuci hingga bersih. Untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut, lakukan perawatan ini setiap hari. Minyak kelapa ini digunakan pada kulit kering setelah mandi. Karena setelah mandi, minyak kelapa akan lebih mudah untuk diserap pada saat kulit masih terasa hangat dan kenyal. 

pixabay

 4. Lidah Buaya
Cara memanfaatkan lidah buaya ini adalah dengan cukup memotong dan membelah lidah buaya yang segar lalu keluarkan gelnya. Setelah itu gel lidah buayanya dioleskan pada kulit kering dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas kulit dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali sehari. 

5. Olive Oil
Kulit wajah yang kering juga dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun sedikit saja sebelum kamu menggunakan pelembab yang biasa kamu gunakan. Sedangkan untuk tubuh, minyak zaitun ini digunakan pada bagian tubuh yang kering lalu diamkan selama ½ jam sebelum kamu mandi. Caranya adalah dengan menggosokkan minyak zaitun pada tangan dan kaki serta area kulit yang kering lainnya, kemudian pijatkan secara perlahan. Setelah itu mandi lalu gunakan kembali body lotion yang ringan.

6. Masker Alpukat  
Untuk mengatasi kulit kering juga kamu bisa dengan menggunakan masker alpukat. Caranya adalah dengan mencampurkan alpukat dan madu sebagai perawatan untuk mengatasi kulit kering. Campuran alpukat tersebut mengandung asam lemak yang bersifat antibakteri. Sedangkan penggunaan madu dapat menghindrasi kulit kering untuk melawan noda. 

7. Teh Hijau
Teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering. Cara memanfaatkan teh hijau ini adalah dengan mengkombinasikannya bersama beberapa bahan bahan seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak Vitamin E, dan minyak lavender. Dengan mengkombinasikan teh hijau bersama salah satu minyak essensial yang telah disebutkan diatas, maka akan dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi. 

Ketujuh cara diatas merupakan cara untuk mengatasi kulit kering aman karena menggunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.