Ingin Tekan Biaya Produksi?, Lakukan Audit Energi

Attayaya.net - Dalam organisasi berskala besar seperti industri, efisiensi adalah salah satu langkah tepat untuk menghindari kerugian yang dapat berakibat fatal bagi industri itu sendiri. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat efisiensi di semua bagian industri adalah dengan melakukan audit. Audit atau pemeriksaan bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi baik itu secara sistem, proses maupun produk. Output dari audit biasanya berupa rekomendasi yang dapat diterapkan agar organisasi mencapai titik efisiensinya. Umumnya audit selalu berkaitan dengan keuangan, namun sebenarnya untuk skala industri terdapat audit energi yang bisa dilakukan mengingat energi merupakan motor dari suatu industri.

pixabay

 Audit energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada suatu perusahaan. Energi, dalam hal ini listrik, merupakan salah satu pos pembiayaan terbesar kedua setelah pos belanja bahan baku. Penggunaan daya listrik berlebih tentunya hanya akan menambah beban biaya pada perusahaan. Efisiensi energi dalam suatu industri dapat dilakukan dengan menentukan titik optimasi penggunaan energi dengan skala produksi, memperbaiki kinerja peralatan dan pengecekan instalasi listrik yang tepat.

Titik optimasi penggunaan energi adalah menyesuaikan daya yang akan digunakan dengan target produksi, jangan sampai terlalu kecil atau bahkan berlebih. Daya yang terlalu kecil tentunya tidak akan mendukung target produksi tercapai, dan jika daya terlalu besar maka loss energinya juga akan besar. Kinerja peralatan, tentu berkaitan langsung dengan jumlah produksi. Alat yang kinerjanya sudah menurun sebaiknya direparasi atau diganti dengan yang baru karena fungsinya yang tidak optimal. Pengecekan instalasi listrik berkaitan dengan optimasi daya yang digunakan. Instalasi listrik yang tepat akan mengalirkan daya sesuai dengan beban masing-masing alat produksi. Beban daya yang tidak sesuai disamping berisiko terhadap bahaya arus pendek juga berdampak pada usia pakai alat.

Penghematan energy listrik tidak hanya berdampak positif terhadap kos pembiayaan tapi juga pada kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum bukan, bahwa berlama-lama di ruangan ber AC akan memicu kerusakan pada jaringan sel tubuh. Suhu ruangan yang terlalu dingin akan menaikkan daya listrik. Begitu juga dengan pencahayaan. Dengan mengatur peletakan cahaya dan ventilasi dapat mengurangi beban listrik. Sebab kegunaan energy listrik bukan hanya pada dua bagian itu saja. Masih banyak bidang lain yang memerlukan energy listrik apalagi jika perusahaan itu dibidang kesehatan seperti Rumah Sakit, kantor pelayanan public, pusat informasi dll dimana energy listrik diperlukan disegala lini perusahaan.

Sewatama sebagai salah satu perusahaan yang menawarkan solusi listrik untuk industri menawarkan fasilitas audit yang akan sangat berguna untuk menekan biaya produksi dari segi penggunaan energi. Klik disini untuk informasi lengkap tentang audit energi atau jasa yang ditawarkan oleh Sewatama. Dengan pengalaman lebih dari 27 tahun Sewatama efektif memberikan solusi kelistrikan. Diawali dengan penyewaan genset baik untuk PLN maupun perusahaan swasta, kini Sewatama telah bertransformasi sebagai pemimpin industry untuk energy kelistrikan masa kini.