5 Persiapan Menjelang Persalinan yang Wajib Dilakukan Calon Ibu

Attayaya.net - Calon ibu muda tentu akan merasakan kebahagiaan sekaligus deg-deg-an saat menjalani persalinan. Apalagi jika itu adalah persalinan pertama. Cemas, pasti akan menyerang. Oleh karena itu dukungan keluarga dalam hal ini suami adalah bagian terpenting yang dilakukan agar ibu menjadi lebih rileks. 

Ada banyak terapi atau panduan menghadapi persalinan. Jangan sungkan untuk bertanya dengan pakar kesehatan, meminta nasehat orang tua serta berbagi pengalaman dengan yang lebih dulu pernah menjalani persalinan. Sebab pengalaman atau konseling dari pakar tentu memiliki banyak sekali ilmu yang bisa diserap oleh calon ibu dalam menghadapi persalinan kelak.

Masalah yang terjadi pada persalinan sangat berisiko pada ibu dan janin yang akan dilahirkan. Kalau sampai masalah yang tidak diinginkan ini muncul, penanganan yang tepat harus dilakukan untuk menghindari risiko terbesar seperti kematian. Sayangnya masalah yang muncul selama persalinan masih banyak sekali di saat yang tidak pas. maka dari itu Persiapan Kehamilan dan Persalinan itu sangat penting sekali untuk diperhatikan.

pixabay

Misal masalah muncul karena wanita tidak bisa melakukan persiapan yang benar sehingga gangguan pada diri sendiri dan janin bisa muncul. Wanita harus berusaha menyiapkan hal di bawah ini menjelang persalinannya. Persiapan ini tidak hanya masalah kesehatan saja, tapi juga teknis. Berikut persiapan sebelum persalinan selengkapnya.

Mengikuti Kelas Persalinan
Persalinan bisa dilakukan dengan benar bukan karena dokter yang membimbing atau janin yang mudah keluar. Kadang kala persalinan berjalan dengan lancar kalau Anda mengetahui dasar-dasarnya. Misal tahu bagaimana melakukan teknik pernapasan hingga mengejan yang benar agar janin bisa segera keluar dengan cepat. Bernafas dengan cepat dan pendek-pendek akan mempercepat proses keluarnya janin. Mengumpulkan semua tenaga dan konsentrasi pada satu titik agar bagi bisa keluar dengan selamat.

Menyiapkan Ruangan Bayi
Menyiapkan ruangan bayi adalah hal yang harus dilakukan dengan tepat. Kalau bayi tidak memiliki ruangan yang tepat, kesehatannya akan terganggu dan sakit. Nah, agar masalah awal persalinan tidak terjadi, ada baiknya untuk menyiapkan kamar bayi minimal 1 bulan sebelum persalinan dilakukan. Pilih ruangan dengan sirkulasi udara yang baik agar bagi tetap merasa segar. Selain itu yang terpenting adalah menjaga kebersihan kamar agar bayi terhindar dari penyakit.

pixabay

Mengetahui Dasar-Dasar Menyusui
Ketahui dan pahami dasar-dasar menyusui yang benar. Dengan mengetahui cara menyusui yang benar, setelah bayi lahir bisa segera diberi ASI eksklusif. Dasar menyusui ini mencakup bagaimana menggendong bayi yang benar saat menyusui. Selain itu ada juga beberapa dasar memperbanyak ASI dan bagaimana mempertahankannya agar selalu deras saat keluar. Cara yang paling efektif untuk memperlancar ASI adalah dengan asupan makanan yang bergizi, tinggi serat, mineral dll. Menyusui sesering mungkin juga akan membuat ASI keluar deras. Usahakan ketika masa menyusui ibu tidak mengalami tekanan. Senantiasa bahagia karena akan berdampak positif bagi ibu dan bayi.

Membicarakan Opsi Persalinan
Opsi persalinan memang ada banyak sekali dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lakukan pembicaraan dengan dokter dan pasangan terkait dengan cara persalinan apakah dilakukan secara alami atau Caesar. Jika kesehatan ibu dan bayi dalam keadaan baik. Ibu bisa melakukan persalinan dengan kondisi normal. Namun, kadangkala apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Bisa saja ibu ingin lahiran normal tapi pas hari H ternyata bayi sulit keluar sehingga opsi Caesar harus diambil. Jangan risau tentang hal ini sebab ahli kesehatan tentu lebih memahami kondisi ibu.

Menyiapkan Makan yang Banyak Mengandung Kalsium
Pada minggu pertama sesudah persalinan, wanita akan lebih banyak menghabiskan hari di atas kasur untuk beristirahat. Wanita tidak akan bisa masak sehingga pasangan akan susah mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Oleh sebab itu harus memperhatikan makanan yang banyak kandungan kalsiumnya. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan akan cepat membuat Ibu cepet pulih setelah proses kehamilan dilakukan.

Demikian penjelasan mengenai 5 Persiapan Menjelang Persalinan yang Wajib Dilakukan Calon Ibu. Semoga ulasan di atas bisa Anda dan pasangan gunakan untuk mempersiapkan persalinan dengan baik dan benar.