Kebiasaan Buruk Ini Bikin Dompet Kamu Cepet Nangis Sebelum Akhir Bulan

Attayaya.net - Kebiasaan buruk senang belanja tanpa memperhitungkan pemasukan adalah salah satu sebab dompet kamu cepet nangis sebelum akhir bulan.


Andrew Khoroshavin

Masyarakat milenial diserang dengan yang namanya eksis disorder yaitu penyakit mental yang membuat orang senang pamer. Awalnya mungkin karena kebutuhan konten di medsos, supaya medsosnya terlihat keren jadi kudu beli barang baru, cekrek upload. Padahal jika ditilik lebih jauh bisa jadi barang yang dibeli itu tidak diperlukan, kan jadi mubazir ya.

Jika ditanya jawabnya tentu, "Yah mau gimana lagi? kalo ngga gitu ngga ada yang like or komen medsos aku dong" Nah ini nih yang akhirnya bikin kamu kelimpungan sendiri soal ngatur keuanganmu. Belum lagi kebiasaan suka makan di luar, belanja hal yang ngga perlu dan hang out ke tempat-tempat unfaedah gimana dompet kamu ngga cepet nangis coba?

Eh, ternyata ngga sedikit orang loh yang mengalaminya. Hayooo kamu termasuk yang kena juga ngga? Berikut ini kebiasaan buruk yang bikin dompet kamu cepet nangis sebelum akhir bulan.

Kalap lihat diskonan
Dulu orang kalau mau belanja kudu jalan ke mall atau pasar, sekarang belanja bisa dimana aja. Dalam rumah, sambil nunggu anak, di taman bahkan di atas atap juga bisa belanja. Berbagai barang di tawarkan di situs belanja online belum lagi dengan iming-iming sale yang pasti bikin mupeng. Eh, belum lagi tuh, ada satu lagi iklannya yang suka seliwera di timeline. O em jiiiiii serius tergoda banget kan....

Sempat mikir sih soal saldo di bank tapi ah ngga papa... ntar kan masuk lagi duitnya, bentar lagi kan gajian endebrai endebrai. Padahal masih awal bulan loh, tapi kamu udah ngarep saldomu keisi lagi. It imposible banget ya. Tapi mau gimana lagi godaan sale yang cuma 2 hari ini itu sukse membobol isi dompet sekaligus rekeningmu.

Membeli secara kredit
Semua sekarang serba dikredit yang gaes. Dari mulai rumah sampe kolor juga bisa kredit. Dengan iming-iming barang dapat duluan bayar belakangan bikin sebagian orang ngga mikir efek dibelakangnya kayak apa. Uang hasil kerja habis cuma buat bayar utang, rejeki kayak ngga ada berkahnya. Pernah ngerasain kayak gitu ngga? orang yang punya utang pasti pernah merasa dititik itu. Titiik dimana semua kayak ngga ada artinya, dikejer-kejer debt collector hiiiyyy serem ya. 

Plis deh ukur baju dibadan sendiri. Kalau emang belum mampu tahan aja dulu. Perlunya memiliki rasa syukur terhadap apa yang ada itu pentiiiiinnnnggg banget gaes. Kalau mau ambil kreditan pikir lagi deh, itung lagi deh dengan detail sedetail detailnya. Berapa pemasukanmu dan berapa pengeluaranmu. 

Jujurlah pada diri sendiri, lihat ke dalam diri, nyamankan diri dengan apa yang ada maka hidup juga enteng banget jalaninnya.

Steve Buissinne

Membuka usaha dengan modal utang
Ini lebih serem ya, sebab modal usaha biasanya ngga sedikit. Kayak bener-bener gambling sama nasib. Untuk seorang yang suka menantang diri mungkin keliatannya enteng. Tapi plis deh utang bukan buat main-mainan. Ianya akan ditanya dan kudu dibayar biarpun sampe ke akhirat. Itu kalau kalian percaya akhirat. Kalo ngga gimana? ya tetep aja susah. Karena belum tentu usaha yang dijalani itu untung, lah kalo rugi apa ngga belipat-lipat ruginya? Modal balik kagak, utang numpuk iya.

So gaes pikir-pikir lagi deh kalo mau ngeluarin duit zaman sekarang mah. Eh bukan berarti aku ngajarin takut mengadu nasib atau apalah gitu ya. Maksudnya aware sama pengeluaran. Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan. Rem acara ngopi ngopi mahal di luar sana. Ada banyak kok kedai kopi yang murah meriah. Kamu jangan takut ngga bisa eksis hanya karena nongkrong di warung kopi pinggir jalan. Asal hati tenang semoga dompet aman.