Kenapa Mata Kamu Perih? Karena Main Gadget Lebih dari 8 Jam Sehari

Attayaya.net - Kenapa Mata Kamu Perih? Karena Main Gadget Lebih dari 8 Jam

Hayoo ngaku, bener apa bener? Flashback ke jaman 10 tahun lalu dimana gadget belum begitu banyak dikenal bahkan masih segelintir orang yang punya rasanya hidup kita aman nyaman aja. Tapi 10 tahun belakangan ini rasanya riuh sekali meski ngga bersuara. Hebatnya sebuah kalimat mampu bikin geger tapi ngga ada bunyinya. Geger dalam senyap. Loh gimana tuh? 

Tapi ya begitulah mau tidak mau, suka tidak suka kita memang akan di seret dalam putaran arus dunia medsos yang bisa melakukan apa saja. Dari mulai hal yang positif hingga yang paling konyol sekalipun. Dulu orang akan menghabiskan waktunya paling sedikit 5 -6 jam untuk nonton TV tapi sekarang sudah jauh berkurang. Orang lari kemana? gadget.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masyarakat rata-rata menghabiskan lebih dari 8 jam sehari untuk mainan gadget atau leptop. Lah dengan intensitas segitu gimana mata ngga siwer coba. Tapi itu tadi, mau tidak mau memang kita akan terseret dalam arus itu. Saya contohnya. Ngga usah deh nunjuk siapa-siapa, nunjuk idung sendiri aja.

Kerjaan saya lebih banyak berselancar di dunia maya, nyari kerja sebagai content writer, influencer and endebrai endebrai yang ngga jauh-jauh dari gadget. Pekerjaan ini secara otomatis akan membawa saya untuk mentengin gadget mulu. Lah kalau udah begitu apa coba dampaknya untuk kesehatan? bukan hanya mata tapi ada 6 titik yang setidaknya diserang karena keseringan main gadget. Apa itu:

nastya_gepp

Mata iritasi atau merah
Mata kita ini juga butuh istirahat kalau dibawa melototin hape mulu tentu capek. Kornea mata akan mengalami kelelahan yang menyebabkan mata iritasi dan merah. Pernah lihat mata yang mengeluarkan darah karena kebanyakan main hape? Saya pernah dan sungguh ngeri.

Susah Fokus
Ini suatu penyakit psikologis yang terjangkit pada penduduk milenial seperti kita. Susah fokus karena otak jadi lambat merespon gerakan nyata yang ada disekitar. Hidup dalam bayang-bayang yang menyebabkan delusi. Kita tidak bisa membedakan mana nyata dan maya. Kerancuan yang menyerang otak menyebabkan pemiliknya susah fokus. Untuk anak-anak pula tentu berdampak pada nilai akademisnya karena jadi malas dan ngga fokus menerima pelajaran tadi.

Mata Kering atau Malah Terus Berair
Yup efek selanjutnya dari mata iritasi dan merah tadi adalah mata jadi kering atau malah terus berair. Ada juga yang gerakan motorik matanya jadi tidak terkendali. Anak saya pernah mengalaminya. Karena kekuatan tiap mata orang itu beda-beda kan. Ada juga yang terus berair dan seperti menangis padahal lagi ngga putus sama pacar tapi matanya meleleh mulu.

Penglihatan Kabur
Ini udah sepaket sama iritasi, merah, kering dan terus berair tadi ya. Pandangan jadi kabur yang mengakibatkan kita jadi pake kaca mata buat membantu mata lebih fokus. Wah kalau udah gini bisa saya pastikan 5 tahun kedepan penjualan kaca mata resep bisa naik tajam nih.

Sensitif Terhadap Cahaya
Radiasi yang dipancarkan dari layar gadget tadi menyerang kornea mata, kawan. Dan cahanya itu terang sekali. Ngga percaya coba main hape saat gelap kalian akan merasa silau sama cahaya yang keluar dari layar gadget kalian. Akibatnya apa? kita jadi sensitif terhadap cahaya ngga puas kalau ngga terang. Takut kalau gelap.

Sakit Pada Leher, Pundak dan Punggung
nastya_gepp

Sering pegel di bagian tiga ini? leher, pundak dan punggung. Jika iya, itu artinya kamu kelelahan gaes. Bisa jadi karena kebanyakan main hape, coba deh fikir sendiri. Saat main hape tentu tubuh kamu diem kan. Yang nunduk cuma leher dan pundak sementara punggung menahan bobot tubuhmu terlalu lama. Akibatnya tiga bagian ini akan merasa capek. Ujungnya apa? ya sakitlah.

Udah tau kan kenapa mata kamu perih? karena main gadget lebih dari 8 jam lah. Terus kalau gitu gimana dong? ngga boleh mainan hape gitu? apa main gaplek aja atau urek-urek tanah kayak jaman baheula. Ya kalau bisa, lakukan aja. Apalagi untuk anak-anak, mereka lebih baik mainan benda yang bisa mengasah fikiran daripada hanya fokus pada visual tapi no action sama sekali. 

But okelah dari pada sensi semua yekan. Saya kasih solusinya. Yah minimal bisa membantu kalian mengurangi dampak gadget deh. 

Solusi Memperbaiki Kerja Mata dari Kelelahan Akibat Gadget

Letakkan Gadget Dengan Jarak 50 - 60 cm dari mata
Wah..... jauh... mana keliatan idung pacar gue.... 
terserah lo. Aye mah cuma saran aja nih. Pan udah tau akibatnya apa kalau deket banget jarak antara hape sama mata kamu. Kalau masih sayang sama mata mu ya jagalah. Gitu aja repot. Ish jutek amat lo, Mak. wkwkkwkwkwk

Cobalah Berkedip Setiap 3-4 detik selama 2 Menit
Sadar ngga sadar kalau udah melototin hape kita jadi lupa berkedip. Apalagi kalau yang dilihat oppa-oppa Korea, ahahhahah. Udah deh mata melotot ngga pengen kedip. Padahal berkedip selama 3-4 detik itu efektif banget untuk mengurangi kelelahan pada mata. Mata kita ini akan cepat kering kalau dia jarang berkedip. Ladian apa susahnya sih kedip. Tinggal kedip aja. Ya walaupun yang kamu lihat itu sesuatu yang bikin kamu happy tetep aja jangan lupa kedip. 
Kedip woi! KEDIP. Kan keinjek kan tombol caps Lock gue

Istirahatkan Mata
Sibuk gimanapun, seseru apapun drakor yang sedang kamu tonton itu coba deh istirahatkan mata dengan teknik 20 - 20 - 20. Maksudnya, tiap 20 menit mata diistirahatkan selama 20 detik untuk melihat objek jauh pada jarak 20 kaki atau lebih kurang sekitar 6 meter. Dan usahakan yang kamu lihat itu yang hijau-hijau. Seperti pepohonan, atau tumbuhan. Itu sebabnya disarankan ada tanaman dalam rumah karena umumnya orang mainan hape kalau ngga di luar kan di dalam rumah kan. Nah, penting tuh untuk membuang pandang selama 20 detik setelah kamu pakai matamu untuk mantengin adegan ehem ehem itu selama 20 menit. 

Tutup Mata Dengan Telapak Tangan
Loh maksute piye? orang lagi enak-enak nonton drakor pas adegan itu kok di suruh tutup mata. Yo makane kui. Pas ngono iku yo mbok ojo tonton. Durung baligh, tutupen meripatmu ben ojo deg-deg-an. 
Eh apasih kok jadi Njowo gini? wkwkkwkw
Ya maksudnya gini loh. Sebuah penelitan antar berantah mengisahkan menutup mata dengan telapak tangan dapat merilekskan mata setelah lelah dipakai melihat gadget. Jadi kalaupun pas lagi seru banget game yang sedang kamu mainnya, pause dulu. Tutup mata supaya matanya di cas secara kilat biar fresh lagi.

Pijat Mata
nastya_gepp

Memijat mata ngga mesti matamu mbok tonyoh-tonyoh ya. Cukup dengan memijatnya secara lembut dengan gerakan melingkar. Rasakan tulang di seputar kelopak matamu, nah pijat bagian itu secara melingkar searah jarum jam. 

Gimana? mudahkan. Ngga usah alesan deh. Semua cara diatas mudah kok dilakukan. Dari pada maksa untuk terus fokus ke layar hape atau laptop kamu cobalah untuk mengalihkan pandang, memijat mata, menutupnya, berkedip agar ngga ngos-ngosan matamu mbok pake terus. Masih mau punya mata sehat kan? ya udah praktekin deh.