Cara Mudah Mengatasi Sampah Organik dan Plastik

Attayaya.net - Cara Mudah Mengatasi Sampah Organik dan Plastik

Postingan yang kemarin saya sudah mengisahkan, ya elah bahasanya wkwkkw soal kekecewaan saya terhadap komunitas yang digadang-gadang pemerintah bisa membantu menanggulangi sampah di Pekanbaru. Bukan maksud menjatuhkan karena saya tidak menyebut merk. Bukan pula memfitnah sebab saya datang sendiri ke lokasi dan mendapat penolakan langsung dari pekerjanya sebab katanya sampah yang saya bawa tidak bisa dijual. Loh kok dijual? fikir saya. Bukannya disini tempat mengolah sampah untuk di ubah menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali? Rupanya tidak demikian pemirsah. Ya sudahlah. Terus bagaimana ini sampah plastik di rumah yang umumnya kebanyakan keresek? Ojo nesyu mari kita olah dia menjadi berbagai benda yang bisa digunakan kembali.

Noupload

Tapi sebelum itu saya tetap menghimbau plis..plis... urusan sampah bukan hanya urusan pemerintah tapi urusan tiap individu jadi jangan bergerak sendiri. Karena yang sendiri itu sering kesepian. Bergeraklah secara berjamaah karena bersama-sama itu memudahkan. Dengan cara apa? Jelaskan pada anggota keluarga bahwa sampah bukan untuk dibuang sembarangan. Disiplin dalam memilah sampah agar urusan selanjutnya jadi mudah.

Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan tiap anggota keluarga bahkan anak kecil sekalipun:

1. Ajari membuang sampah di tempat yang benar.
2. Sediakan tempat sampah dalam beberapa wadah sesuai dengan kategorinya.
3. Bawa tumbler atau botol sendiri bila bepergian termasuk ke sekolah.
4. Membawa kantong atau tas belanja dari rumah supaya ngga bawa pulang keresek terlalu banyak.
5. Olah sampah yang ada menjadi bahan terpakai

Khusus no 5 ini pembahasannya akan kita urai di bawah ini ya.

Sampah di rumah biasanya terbagi dalam 3 golongan besar. Baru hijrah, sudah hijrah, hijrah total. #eh apasih??

Sory udah siwer ini. wkwkkw. Oke sampah dibagi 3 golongan besar. Plastik, botol dan sisa makanan. Ketiga jenis sampah ini bisa digunakan atau kalau mau dijual langsung misalnya botol plastik yang banyak diminati pemulung. Sedang sisa sayur atau makanan bisa diolah menjadi kompos. Bagaimana caranya.

Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dengan cara yang paling sederhana

Pertama: Sediakan pot bunga atau kalau ada ember pecah juga boleh yang penting bolong di bawahnya. Isi dengan 2/3 tanah. Tanah apa saja asal jangan tanah sengketa apalagi tanah kuburan. Masukkan tiap sisa potongan sayur, kulit buah, daun dll. Untuk sisa makanan seperti tulang ikan atau sayur yang sudah di masak baiknya kasih ke kucing atau ayam aja ya. Karena kalau dicampur takutnya jadi banyak belatung. Hiiiyy

Kemudian tutup kembali dengan tanah. Beri bubuk kandang, bisa beli di toko bunga ya. Campur pupuk kandang dengan tanahnya. Tutup supaya ngga bau. Tapi kalau sudah ditutup tanah sih biasanya ngga bau. Kalau ngga ada pupuk kandang bisa pakai air cucian beras. Jadi tiap hari siram pakai air cucian beras. Air cucian yang pertama aja supaya ngga becek banget. Setelah sebulanan lebih kurang. Tanah akan gembur dan berubah menjadi kompos yang siap dipakai. Bisa langsung di pakai untuk media tanam atau di campur tanah lagi tergantung selera aja.

Ini adalah cara bikin pupuk kompos dengan posisi yang mager alias males gerak banget. Soalnya mudah dan ngga perlu di telateni banget. Tinggal cemplang cemplung kan. Nah kompos ini bisa dijual ngga? Bisa... Tawarin deh ke tetangga siapa yang butuh kompos atau tanah subur hasil homemade gitu. Sekarungnya berapa ribu terserah yang penting jangan sampai garuk-garukan aja sama tetangga ya. ekekekke.

Mengolah sampah plastik dalam berbagai cara sederhana


Sampah plastik yang dihasilkan tiap rumah biasanya plastik. Betul tidak.... Nah keresek ini bisa diakali supaya berguna kembali. Cara yang paling gampang adalah kasih ke warung. Lipat rapi-rapi terus kumpulin dalam satu keresek, kemudian kasih deh ke warung. Insya Alloh pemilik warung senang asal jangan plastik kotor yang di kasih ya.

Kemudian sampah plastik ini bisa dibuat jadi benda terpakai yang kini sedang digalakkan yaitu ecobrick. Caranya: Siapkan botol plastik, tangkai besi dan keresek. Usahakan memakai keresek bersih supaya ngga jijik. Masukkan keresek dalam botol, padatkan dengan tangkai besi sampai botol benar-benar padat. Kumpulin dalam beberapa botol. Kemudian botol ini disatukan, beri lem tiap sisinya supaya saling merekat satu sama lain. Bisa dibentuk bulat atau petak terus lapisi dengan busa dan dikasih kain denga corak yang unyu. Taraa jadi deh bangku bulet. Bikin beberapa biji terus jadi deh satu set lengkap. 

Butuh berapa lama? kan males kalo sampah numpuk di rumah? dirapiin buk.. pokoknya kalo niatnya bulet Insya Alloh hasilnya juga bulet. Nah, kapan nih mau mulai milah sampah? jangan cuma protes sana sini sampah numpuk tapi ngga ada action yang bermanfaat ya. Salam..