Kamu Harus Tahu Bahaya Menggunakan Headset!

Attayaya.net - Kamu Harus Tahu Bahaya Menggunakan Headset!

Postingan kemarin kita udah membahas tentang kenapa mata kamu perih? karena main gadget lebih dari 8 jam sehari. Udah saya jabarin juga apa kenapa bisa timbul banyak penyakit mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Mungkin banyak yang memungkirinya dan bilang "Ah, masak, mata ku baek-baek aja kok" terus melerok sinis gitu. wkwkkwkw

Selanjutnya masih tentang gadget nih, organ yang diserang kemudian menimbulkan huru-hara di tubuh kita lainnya adalah telinga. Sekarang ngga heran lagi kalau kita lihat ada orang ngomong sendiri. Kirain sarap, eh rupanya lagi ngomong pake headset.

Karolina Grabowska

Headset, Earphone atau handfree itu sebelah duabelas ya intinya menggunakan alat bantu supaya yang didengerin itu makin jelas. Sepintas positif sih, orang jadi ngga keganggu sama suara yang keluar dari hp kita karena hanya kita yang dengar suara tersebut. Namun negatifnya adalah pendengaran jadi terganggu akibat penggunaan headset yang berlebihan.

Dilansir dari Tirto.id berdasarkan catatan kesehatan dari WHO 1,1 miliar orang di dunia beresiko kehilangan pendengaran akibat penggunaan perangkat audio pribadi yang berbahaya. Kenapa bisa begitu? Sebab banyak masyarakat yang menggunakan headset dalam suasana bising. Misalnya di jalan raya. Pas lari rame suara bising klason taaatttt ...tteettt. Nah karena ngga  denger dengan jelas suara yang keluar dari hp mu terus mau aman pake deh headset dengan volume full. Gimana ngga ngerusak pendengaran coba?

Belum selesai nih, info tambahan kalau 43 juta penduduk dunia berusia 12 - 35 tahun diketahui mengalami gangguan pendengaran. setelah diteliti eh 50 persen dari mereka mengalami gangguan karena kebanyakan mendengar audio dalam volume puolll alias ngga aman dari headsetnya. Serem ngga tuh? kalau usia 12 tahun berarti masih SD kelas 6 kan ya?

Victoria_borodinova pixabay

Pernah terfikirkan ngga kenapa orang suka menaikkan volume suara meskipun sedang memakai headset? jawabannya pertama karena ingin lebih jelas mendengarkan. Ini akan sering jadi alasan kalau menggunakan headset pas lagi rame tadi. Kedua, karena keseringan dengerin dalam volume kuat akhirnya jadi timbul rasa ngga puas kalau hanya dengar dengan volume sedang aja. Ketiga, pendengaran sudah terganggu sehingga sensitif suara.

Oke makanya di awal tadi saya bilang Kamu harus tahu bahaya menggunakan headset supaya bisa aware dan antisipasi sama keadaan ini. Jangan keasikan dengerin musik lewan headset, apalagi pas rame karena itu akan bikin kamu naik dan naikin lagi volume suara hape mu. Terus cara lain biar ngga sakit telinga gimana?

Hindari vomume maksimal
Tahan dirilah supaya ngga ngikut nafsu pengen dengar suara musik yang keras dengan headset. Kalau suasana lagi rame kayak dalam bis, atau kereta api gitu. Atur aja volume headsetmu dalam kondisi sedang. Karena ujung headset itu udah benar-benar masuk ke telinga loh jadi pasti kedengeran.

Batasi pakai headset, 1 jam sehari cukuplah
Yang berlebihan itu ngga bener kawan, percaya deh. Gunakan headset hanya karena benar-benar penting aja. Kayak misalnya pas lagi mudik sendirian gitu. Daripada bosen bolehlah dengerin musik atau murotal pake headset. Sejaman cukuplah. Selebihnya pake buat tidur, baca buku, ngobrol sama kawan sebangku kali aja bisa nambah teman.

Tanda gangguan peringatan pendengaran jangan diabaikan
Pas kita eh aku aja deh, mau naikin volume dalam posisi puol kan ada peringatan di HP mu tuh yang kira-kira begini "Penggunaan dengan volume tinggi akan memicu kerusakan pada telinga, ingin dilanjutkan. Iya atau Tidak. Nah pilihlah yang tidak. Jangan abaikan peringatan itu. Ini kayak kamu lagi naik motor terus lampu udah nyala merah eh ditabrak aja.

Periksa pendengaran secara rutin
Kalau udah kerasa ada yang ngga beres dalam telingamu langsung buat pemeriksaan. Cek kali aja ada masalah sebelum akhirnya jadi parah. 

Robin Higgins

Oke deh segitu aja yang penting sekarang kamu harus tau bahaya mengguanakan headset dan bisa jaga-jaga nih, supaya ngga pekak. Jangan nanti udah cantik-cantik atau ganteng-ganteng tapi pas dipanggil jawabnya cuma hah.... hah.. apa.. apa... sambil nyorongin telingamu supaya kedengeran. Tengsin kan...