Grenpeace Ships Arctic Sunrise

Grenpeace Ships Arctic Sunrise sebagai kapal yang dimiliki dan dioperasikan Greenpeace dan berada dalam 3 jajaran Kapal Greenpeace (Grenpeace Ships) yaitu Kapal Greenpeace Rainbow Warrior I dan II, serta Kapal Greenpeace Esperanza.

Kapal Greenpeace Arctic Sunrise adalah kapal diesel penelitian (Research Vessel) dari kelas Icebreaker (pemecah es). Kapal ini buatan Vaagen Shipyards of Kyrksaeterora, Norway dan mulai operasi tanggal 18 Januari 1975 dengan nama MV. Polarbjorn Polar Bear) berbendera Norwegia. Greenpeace membeli kapal yang memiliki kecepatan 13 knots (24km/jam) ini di tahun 1995 dan berganti nama menjadi The Arctic Sunrise didaftarkan dan berbendera Belanda. Panjang kapal ini 49.62 m (153.93 ft).

Memulai kampanyenya bersama Greenpeace pada North Sea Brent Spar Campaign untuk melakukan pencegahan pembuangan limbah minyak ke lepas pantai Laut Utara (North Sea). Karir baik dalam kampanye maupun penjelajahan laut sangatlah banyak mulai dari mendekati kutub utara (North Pole) dengan jarak terdekat 450 mile, Antarctica’s Ross Sea, Congo, menjelajahi sungai Amazon. Kapal ini pun pernah mengelilingi Pulau James Ross Island di Antarctic suatu hal yang tak mungkin mengingat ketebalan es mencapai 200 meter, dan menjadi kapal pertama yang bisa melakukan perjalanan keliling pulau tersebut. Bahkan kapal ini telah melakukan suatu perlawanan terhadap Northstar, British Petroleum's project yang berusaha mendirikan pengeboran minyak lepas pantai yang sangat merugikan lingkungan hidup terutama laut.

Kapal ini terus berlayar untuk melakukan
kampanye pencegahan dampak pemanasan global.





Sumber :
http://www.greenpeace.org/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-esperanza/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-rainbow-warrior/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-arctic-sunrise/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/impian-besar-dari-kapal-rainbow-warrior/blog/26734
https://live.adyen.com/hpp/pay.shtml
http://www.imdb.com/find?q=Rainbow%20Warrior,%20The;s=tt
http://www.imdb.com/title/tt0105216/
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior
http://id.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior
http://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior_%281955%29
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Rainbow_Warrior_%28film%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior
http://en.wikipedia.org/wiki/MV_Esperanza
http://en.wikipedia.org/wiki/MV_Arctic_Sunrise