Greenpeace Ship Esperanza

Greenpeace Ship (Kapal Greenpeace) Esperanza adalah salah satu kapal yang dimiliki dan dioperasikan oleh Greenpeace yang masuk kedalam 3 kapal dalam jajaran Kapal Greenpeace (Greenpeace Ship). Kapal Greenpeace (Grenpeace Ships) lainnya adalah Kapal Greenpeace Rainbow Warrior I dan II, serta Kapal Greenpeace The Arctic Sunrise.

Kapal ini dibuat tahun 1984 di Gdanks, Polandia dengan nama asli Echo Fighter yang dimiliki oleh Russian Navy sebagai kapal pemadam kebakaran dilaut (Sea fire-fighter). Dibeli dan dimiliki serta dioperasikan oleh Greenpeace di tahun 2000 sebagai kapal ekspedisi penelitian (Expedition/research ship). Memiliki 2 baling-baling yang digerakkan oleh mesin diesel sehingga bisa mencapai kecepatan 16 knots atau 30km/jam (18mp/h), sangat efektif walau memiliki panjang 72,3 meter (237 ft 2 inc).

Esperanza yang dalam bahasa Spanyol berarti Harapan (en:hope) dilengkapi dengan dek untuk pendaratan helikopter (helicopter deck) sama seperti pada kapal The Arctic Sunrise. Kapal ini dari kelas Heavy-Ice-Class sangat memungkinkan juga untuk melakukan penjelajahan ke daerah kutub yang memiliki lautan es.

Memulai karir kampanyenya bersama Greenpeace pada The Logging 'save or delete' campaign di daerah pantai Arctic Greenland, untuk melakukan protes terhadap pengeboran lepas pantai (offshore drilling project) oleh perusahaan Cairn Energy. Kapal ini dilengkapi dengan live webcam yang dipasang diatas kapal tersebut dan dapat dipantau langsung dengan mengunjungi website Esperanza live webcam di :
http://www.greenpeace.org/international/en/multimedia/ship-webcams/Esperanza-Webcam/
The webcam from the mast of the Greenpeace ship, Esperanza. This page automatically refreshes to show new webcam images.
Website ini akan otomatis melakukan refresh page untuk menampilkan gambaran terakhir keadaan kapal dan sekitarnya. Saat postingan ini dipublish, kapal Esperanza sedang berlabuh di Amsterdam.

Hope on Esperanza


Grenpeace Ships EsperanzaGrenpeace Ships
Esperanza



Design of Grenpeace Ships
Esperanza




The Esperanza



Sumber :
http://www.greenpeace.org/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-esperanza/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-rainbow-warrior/
http://www.greenpeace.org/international/en/about/ships/the-arctic-sunrise/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/impian-besar-dari-kapal-rainbow-warrior/blog/26734
https://live.adyen.com/hpp/pay.shtml
http://www.imdb.com/find?q=Rainbow%20Warrior,%20The;s=tt
http://www.imdb.com/title/tt0105216/
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior
http://id.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior
http://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow_Warrior_%281955%29
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Rainbow_Warrior_%28film%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Sinking_of_the_Rainbow_Warrior
http://en.wikipedia.org/wiki/MV_Esperanza
http://en.wikipedia.org/wiki/MV_Arctic_Sunrise