Taman Vertikal | Dinding Hijau

Vertical Garden | Green Wall is a WALL. Taman Vertikal ataupun Dinding Hijau adalah merupakan sebuah dinding yang dimodifikasi sehingga bisa menjadi sebuah taman yang indah, baik sebagian dinding maupun secara keseluruhan. Biasanya bagian dinding depan (facade) yang sering digunakan sebagai Vertical Garden, tetapi dapat juga untuk bagian dinding lain bahkan dinding interior. Istilah Vertical Garden dapat merujuk kepada living walls, biowalls, green facades, vertical farming atau green wall. Sebagian arsitek menggunakan istilah Green Wall.

Terdapat 2 jenis green wall yaitu green façades dan living walls. Green Facades merupakan dinding yang ditumbuhi dengan tanaman yang merambat yang langsung tumbuh di dinding. Living Wall merupakan dinding yang diberi media tanam untuk tanaman. Media tanam ini biasanya terbuat dari stainless steel yang memperhatikan masalah geotextiles, irrigation systems, a growing medium dan vegetation.

Taman Vertikal ini bisa saja terinspirasi dari Hanging Gardens of Babylon (Taman Gantung Babylon) atau juga disebut Hanging Gardens of Semiramis (Taman Gantung untuk Ratu Semirami) yang menggunakan prinsip Roof Garden atau Green Roof (Taman Atap Bangunan). Babylon diperkirakan berada di lokasi Al Hillah, Babil, di Iraq (Irak).

A 16th-century hand-coloured engraving of the "Hanging Gardens of Babylon" by Dutch artist Martin Heemskerck, with the Tower of Babel in the background.
Wikipedia


Vertical Garden Lives on Building's Wall
http://www.mymodernmet.com/profiles/blogs/vertical-garden-lives-on



Salah seorang yang cukup terkenal sebagi desainer dan arsitek sekaligus pengembang Vertical Garden adalah Patrick Blanc sebagai seorang ahli botani yang bekerja pada French National Centre for Scientific Research dengan spesialisasi subtropical forests. Dia lahir di Paris 3 Juni 1953 yang memiliki sebuah website http://www.verticalgardenpatrickblanc.com yang berisi portfolio diri dan project pekerjaannya.

Vertical Garden Project yang dikerjakannya berupa bangunan Museum, Hotel, Restoran, Ruang Pameran, Social Building, Rumah pribadi dan lainnya yang tersebar di New Delhi, Bangkok, Malaysia, Hongkong, Taipei, Shanghai, Seoul, Kanazawa, Osaka, Tokyo, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Timur Tengah, dan Australia.


Some Project of Patrick Blanc
Gedung Parlemen Brussel
Parlement de Bruxelles


Gedung Parlemen Brussel
Parlement de Bruxelles
with Patrick Blanc


London Anthenaeum Hotel
Hotel Anthenaeum - London

London Anthenaeum Hotel
Hotel Anthenaeum - London



You can Watch the Making of Vertical Garden (Green Wall) :

Making Vertical Garden | Green Garden Video




Making Vertical Garden | Green Garden with Patrick Blanc




Ruang Terbuka semakin sempit akibat pertumbuhan manusia yang pesat dan membutuhkan bangunan untuk beraktifitas.

We need more open area!!!


Source :
http://www.verticalgardenpatrickblanc.com
Wikipedia