Gejala Menstruasi Bikin Mood Buruk dan Cara Mengatasinya

pixabay.com

Hai Girls, gimana hari ini? Menstruasi kalian oke atau bikin bete? Well, itu sesuatu yang ngga bisa kita hindari, Girls. Udah semacam kodrat jadi perempuan ya emang gitu. Ada beragam cerita seputar gejala menstruasi dari yang pinggang kerasa sakit tiba-tiba, perut kram, pusing, PD sakit sampe badan lemes. Belum lagi mood yang tiba-tiba buruk. Kadang marah ngga jelas atau mewek yang ngga jelas juga. Iya, ngga sih?

Aku mau ngasih info nih, Girls. Kalo kata Dr. Zaidul Akbar yang spesialis Thibun Nabawi itu bilang. Ternyata gejala dari seluruh penyakit yang berkaitan dengan rahim perempuan bermula dari menstruasi, Girls. Jadi kalau misalnya mens kalian terasa sakit banget sampe ngga bisa ditahan, darah haid yang keluar jor-jor-an sampe harus ganti pembalut per 1 - 2 jam dan long haid yang melebihi batas normal. Semua itu boleh dikatakan ada sesuatu yang bermasalah pada rahim kita, Girls.

So, menjaga kesehatan rahim itu penting, Girls. Dimulai dari menjaga makanan, gaya hidup sampe kebersihan area kewanitaan. Eh, kok bisa sih gaya hidup mempengaruhi kesehatan rahim. Iya dong. Tahu ngga, kalau kebiasaan merokok, minum alkohol sampai melakukan hubungan dengan berganti-ganti pasangan, itu semua dapat mengakibatkan masalah pada organ reproduksi kita, Girls.

Terus makanan juga berpengaruh nih. Buat kalian yang doyan makan jenis protein yang mentah atau setengah matang sebaiknya jangan sering-sering ya, Girls. Daya tahan setiap orang itu beda-beda. Ada yang oke aja ketika makan makanan sepat saji dan jenis makanan setengah matang, ada juga yang ngga tahan.

Mengatasi Masalah Mood Buruk Ketika Menstruasi

pixabay.com

Girls, seperti yang aku bilang di awal tadi. Kalau haid lagi datang terus mood jadi buruk itu sesuatu yang wajar, tapi jangan sampe berimbas kepada orang-orang di sekeliling. Terutama untuk para ibu nih. Jangan karena mood yang jelek anak-anak jadi kena imbasnya. Kasian, kan? Mereka belum tahu apa-apa. Jadi gimana nih biar tetep jadi ibu peri meskipun sedang haid.

Oke, kalau saran aku sih. Sebaiknya kalian menyingkir ke tempat lain, bisa di kamar atau di dapur. Kalau di kamar boleh tuh sambil tiduran atau baca-baca info di sosmed tapi hindari yang bikin tensi naik ya. Baca yang ringan-ringan aja atau yang komedi gitu. Jadi mood kalian boleh membaik.

Kalau milih menyingkir ke dapur. Boleh dong sambil nyobain resep yang selama ini mengendap di folder hp kalian. Bikin makanan yang manis atau yang seger bisa loh baikin mood yang jelek. Sepengalamanku sih gitu.

Boleh juga ketemu temen tapi jangan membahas masalah yang berat. Ngobrol ringan sembari ngemil juga bisa naikin mood kalian, Girls. Kalo pas mentok banget lagi di kantor, gimana? Oke, kalian bisa kerja sambil dengerin lagu-lagu cinta. Atau nyingkir bentar ke kafe, nyobain makanan kesukaan.

Secara mood buruk karena mentruasi ini ngga berlangsung lama sih, paling satu hari, kan. Ini juga karena kita sedang mengalami sakit saat menstruasi makanya mood jadi jelek.

Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Naikin Mood

pixabay.com

Well, tipa orang sih beda-beda ya. Tapi pada umumnya banyak perempuan yang suka makan makanan manis kayak coklat, cake, atau panganan manis lainnya. Boleh aja sih, asal jangan keterusan ya. Sebaiknya dibarengi dengan buah yang seger juga, Girls. Sebab, buah kaya akan serat dan manisnya juga alami jadi ngga perlu khawatir.

Ada juga perempuan yang seneng minum minuman dingin. Ada juga yang seneng kopi atau teh hangat. Kalau aku pribadi sih, seneng teh hangat yang dicampur madu dan daun mint. Aroma mintnya dapat menenangkan pikiran, manis madunya ngga bikin eneg dan rasa hangatnya bikin mood jadi agak mendingan.

Kalian juga boleh pilih cemilan yang pedas kayak rujak atau asinan yang seger gitu. Hindari makanan yang cepat saji kayak burger atau yang lainnya. Makanan kayak gini emang enak di mulut tapi untuk mood kalian kayaknya kurang work it deh.

Gejala menstruasi umumnya udah bisa dirasain satu atau dua hari sebelum darah haid keluar. Kalau kalian udah ngerasain gejala kayak yang aku bilang di atas. Udah boleh tuh, sediain pad untuk jaga-jaga. Jangan sampai pas udah keluar tapi pad belum sedia. Waduh, bisa makin buruk deh moodnya. Ya, kan?

Saran aku pilih pad yang daya serapnya tinggi dan nyaman dipake. Boleh yang ada wing atau ngga. Tergantung kenyamanan kalian aja. Oke deh segitu aja tips ringan dari aku tentang gejala menstruasi yang bikin mood buruk.