7 Tips Liburan di Negeri Bambu Agar Lebih Saving dan Mengesankan

7 Tips Liburan di Negeri Bambu Agar Lebih Saving dan Mengesankan

Hai, kali ini aku mau kasi tau tentang tips liburan di negeri bambu. Ke mana pun, liburan pasti menjadi keinginan semua orang. Salah satunya adalah liburan ke negeri bambu, China. Tak jarang, orang-orang di tanah air merencanakan liburan ke China sebab negara ini terkenal dengan beberapa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, sebelum Anda liburan ke negeri bambu, sebaiknya perhatikan dan simak beberapa tips berikut ini agar liburan Anda tetap aman dan mengesankan.

Beberapa tahun lalu aku bepergian ke China tepatnya di Senzhen. Lokasi ini aku capai melalui Hongkong. Dari Hongkong tinggal naik kereta cepat lalu sampailah di China. Jangan lupa sebelum naik kereta api cepat, persiapkan pasport dan perhatikan bahwa jalur warga negara yang memegang pasport akan berbeda dengan jalur warga China ataupun warga Hongkong.

Apa aja tips kalo mau berwisata ke China? Yuk simak ....
  1. Siapkan Visa
    Sebelum Anda liburan, tentumya membuat dan memiliki visa adalah satu hal yang harus dipersiapkan. Visa adalah penting, dan pembuatan visa untuk kunjungan ke suatu negara itu berbeda. Jika Anda akan berlibur ke China, yang harus dipersiapkan paling utama adalah pas foto yang ukurannya berbeda dari biasanya dan harus sesuai dengan ketentuan ukuran yang berlaku.
    Meskipun termasuk negara dengan pembuatan visa termudah, namun dari segi foto, adalah yang paling ketat. Di mana setidaknya Anda harus memakai foto visa yang sesuai, dan latarnya pun harus putih. Tidak diperbolehkan warna lain.
  2. Gunakan Aplikasi Bantuan VPN di Indonesia
    Mengapa hal ini harus dilakukan? Hal ini dilakukan agar ketika Anda berada di china dan akan menggunakan internet di China, Anda masih bisa menggunakannya dengan lancar. Baik untuk memakai email, media sosial, ataupun kegiatan berselancar di internet lainnya. Ini juga bisa dimanfaatkan agar Anda bisa terkoneksi wifi di sana.
    Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli sim card yang memang khusus untuk penggunaan internet di China atau Hong Kong sebelum liburan.
  3. Tentukan Tempat Tujuan
    Ternyata list daftar perjalanan Anda itu penting, lho. Anda harus persiapkan tujuan Anda nantinya. Apalagi jika Anda tidak menggunakan pemandu wisata. Tentu tujuan dan rute sangat penting Anda siapkan. Jikapun memakai pemandu, lebih baik berasal dari Indonesia yang sudah Anda kenal. Sebab tak jarang juga ada oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak sesuai dengan keinginan.
    Sehingga mengetahui dan menentukan tempat yang akan Anda tuju menjadi hal penting, agar keinginan Anda sesuai dengan kejadian nantinya saat liburan. Jangan lupa juga untuk lihat tarif harga mengunjungi wisata tersebut dan sesuaikan juga biayanya dengan budget Anda.
  4. Waspadai Harga Makanan
    Saat Anda berencana akan wisata kuliner di restauran ataupun tempat-tempat wisata kuliner lainnya, sebaiknya, perhatikan harga makanan yang Anda pesan. Jangan lupa untuk menanyakan pada kasir terlebih dahulu atau petugasnya mengenai harga makanan yang Anda pesan kemudian memintanya untuk menyalin harga tersebut dan menaruh salinan tersebut di meja Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan yang biasanya dilakukan oleh beberapa rumah makan di sana. Sebab, bisa jadi harga yang diberikan untuk Anda adalah harganya yang sudah dinaikkan berkali-kali lipat.
  5. Waspadai Supir Taksi
    Ini juga sangat penting Anda perhatikan ketika sedang liburan di negara bambu. Tak jarang ditemukan beberapa supir yang menaruh harga dengan metode tembak harga. Bahkan, tak jarang juga yang memasang tarifnya dengan harga yang sangat mahal. Untuk itu, usahakan untuk Anda mengetahui informasi rute dan tarif menuju lokasi yang Anda gunakan dan memilih menggunakan transportasi umum saja.
  6. Tidak Bisa Tawar Harga
    Berbeda dengan Indonesia, ketika Anda mengunjungi tempat belanja seperti pasar, kepada para pedagangnya Anda bisa melakukan penawaran harga dan kemudian Anda bisa mendapatkan harga beli yang lebih rendah. Namun, hal ini tidak akan berlaku di China. Besar kemungkinannya Anda akan gagal mendapatkan harga yang murah sebab biasanya harga yang dijual oleh pedagang China untuk warga asing adalah lebih mahal dan tidak ada diskon untuknya.
  7. Persiapkan Bekal yang Cukup
    Tentunya ini harus selalu diperhatikan. Saat mengunjungi negara lain, Anda harus pastikan bahwa perbekalan Anda cukup untuk memenuhi kehidupan Anda di sana selama liburan. Perhatikan juga perkembangan budget yang Anda miliki.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika berencana untuk liburan ke negeri bambu. Tentunya, kemanapun liburannya, selalu jaga diri Anda baik-baik dan persiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Sumber:
https://www.futuready.com/artikel/asuransi/ingin-liburan-ke-negeri-tirai-bambu-ini-syarat-visa-ke-china/
https://tempatwisataunik.com/info-wisata/tips-wisata/tips-liburan-ke-cina
http://katalogwisata.com/tips-wisata-di-china