4 Hal Yang Sebaiknya Anda Pertimbangan Sebelum bayi Tabung

Attayaya.net - Sedang berencana untuk melakukan bayi tabung dan mencari tahu berapa biaya bayi tabung sebenarnya? Memang dana menjadi pertimbangan utama. Sebab tanpa dana, sulit rasanya untuk mengambil tindakan bayi tabung. Mengingat prosesnya yang panjang dan rumit, sudah barang tentu tindakan bayi tabung bakal menghabiskan banyak biaya. Selain itu, juga akan menguras energi yang menjalaninya. Karena itu dibutuhkan kesiapan yang matang.

Program bayi tabung bukanlah program membuat bayi di dalam tabung. Program bayi tabung sederhananya adalah mengambil sel telur dari dalam ovarium kemudian di pertemukan dengan sel milik lelaki di luar tubuh atau biasanya di dalam alat yang berbentuk tabung. Karena itu biasanya disebut bayi tabung.

Tetapi yang diletakkan dalam tabung bukanlah bayi. Hanya proses pembuahanya saja. proses pertemuan sperma dan sel telur ditempatkan dalam tempat yang sama sampai terjadi pembuahan. Pembuahan diharapkan terjadi antara 12-36 jam. Baru setelah itu embrio akan dipindahkan ke rahim.

biaya bayi tabung

Prosesnya yang rumit inilah menjadi alasan perlunya pertimbangan matang. Apalagi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bayi tabung juga cukup lama dan menguras pikiran serta tenaga. Dari mulai pemberian obat untuk merangsang sel telur hingga mematangkan sel telur dan mengambilnya. Setidaknya, sebelum anda benar-benar melakukan bayi tabung, ada baiknya anda pahami beberapa hal di bawah ini:

1. Ketahui Resikonya
Bayi tabung bukanlah program yang seratus persen sempurna, selalu ada resiko di dalam tindakan medis. Begitu juga bayi tabung. Resikonya bahkan sudah dimulai sejak anda mengkonsumsi obat pertama kali. Tetapi yang paling banyak terjadi adalah ketika proses pengambilan sel telur dari ovarium, dari yang hanya kembung saja sampai dengan masalah lain.

Ketahui pula bahwa setelah terjadi pembuahan di dalam tabung kemudian di pindahan ke dalam rahim anda, bukan berarti anda langsung hamil. Anda harus menunggu selama dua minggu terlebih dahulu. Baru setelah itu melakukan tes apakah anda hamil atau tidak. Disini juga ada kemungkinan anda tidak hamil.

2. Fisik Anda
Proses bayi tabung bukanlah program yang sehari selesai. Waktunya panjang bahkan hingga berbulan-bulan. dimulai dari proses observasi hingga proses tindakan medis. Karena prosesnya yang panjang inilah, maka bayi tabung tidak hanya menguras dana yang cukup besar. tetapi juga menguras tenaga. Maka persiapkanlah fisik anda ketika anda memutuskan untuk mengambil program bayi tabung.

3. Kemungkinan Hamil diluar bayi tabung
Selama masih ada cara lain untuk memperoleh kehamilan, ada baiknya anda tidak melakukan bayi tabung. Anggap bayi tabung sebagai upaya terakhir atau ultimum remidium. Sebagai uapaya terakhir, maka bayi tabung sebaiknya anda ambil setelah semua upaya lainya tidak membuahkan hasil. Bukan langsuung mengambil program bayi tabung.

4. Pengatahuan Anda
Ada baiknya pula anda perbanyak pengetahuan tentang program bayi tabung. Sebab bayi tabung pasti akan menguras pikiran dan tenaga. Jadi ada baiknya kalau kamu sudah memahaminya benar-benar. Ingat, bahwa nanti anda bahkan harus menyuntik diri sendiri saat di rumah. jadi pastikan kamu paham begitu soal bayi tabung. Termasuk resiko yang mungkin bisa saja terjadi.

Selali lagi, bayi tabung adalah upaya terakhir. Karena itu, ambilan prgram ini jika memang tidak ada upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kehamilan. Jika masih ada upaya lain, jangan ambil bayi tabung terlebih dahulu.