Penanganan Berbagai Jenis Luka Pada Anak

Penanganan Berbagai Jenis Luka Pada Anak

Kecelakaan pastinya bukan hal yang asing untuk anak-anak, hal ini juga yang membuat orangtua sedikit was-was terhadap anak mereka. Saat anak anda bermain, terkadang terjadi kecelakaan kecil yang terjadi seperti terbentur, atau cedera dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat wajar. Anda dapat mempelahari berbagai penanganan mengenai obat luka jatuh pada anak, yang dijadikan sebagai pertolongan pertama.

Penanganan Berbagai Luka
  1. Luka Terbuka
    Jika anak tidak sengaja tertusuk, tergores atau bahkan di cakar hewan, anda dapat mencuci lukanya terlebih dahulu dan membuatnya lebih steril. Dalam hal ini, anda daat menutupi luka dengan plester antiseptik untuk menutupi seluruh permukaan kulit yang ada. Namun jika darah yang di keluarkan banyak, cobalah menutupnya dengan perban.
  2. Luka Tertutup
    Luka terkena benda tumpul, anak yang jatuh atau bahkan tidak sengaja terjepit oleh lemari ataupun pintu. Dalam hal ini, anda dapat melihat tanda-tanda luka jika memiliki memar merah hingga kebiruan bahkan membengkak. Untuk dapat mengatasinya, anda dapat memberikan tekanan, agar pendarahan yang terjadi di dalam kulit dapat berhenti.
    Anda juga dapat memberikan obat luka jatuh cepat kering, atau dengan mengompresnya dengan air dingin agar dapat mengurangi bengkak yang ada. Namun jika memang sia nak terjepit sesuatu, dalam hal ini anda dapat melihat apakah jari yang dimilikinya lurus atau tidak. Jangan pernah menarik atau membantu meluruskannya, hal ini dikarenakan bisa jadi sendi geser.
  3. Luka Terbakar
    Luka terbakar ini biasanya terjadi, jika sang anak tersiram dengan air panas dan menyentuh lilin hingga panci panas. Luka bakar ini tentunya memiliki tingkatan masing-masing, anda dapat melihat apakah luka bakar yang dimilikinya masih bisa ditangani atau tidak. Penanganan yang dapat anda lakukan adalah, cobalah untuk mendinginkan luka dengan air yang mengalir.

Nantinya anda dapat melanjutkan, dengan memberikan salep yang diperuntukan untuk luka bakar lalu jangan lupa untuk menutupnya dengan kain kasa. Ingat untuk tidak mengoleskannya dengan mentega atau menggunakan pasta gigi, hal ini hanya dapat memberikan infeksi pada luka tersebut. Hindari juga dengan memberikan es, pada luka bakar yang dialami oleh anak.