5 Fenomena Unik Alam Semesta

Attayaya.net - Alam semesta sejatinya memiliki rahasia yang semakin di teroka maka kita akan menemukan fakta unik nan menakjubkan. Ilmu astronomi sejak dulu berusaha menggali lebih dalam tentang alam semesta. Galaksi bimasakti sendiri memiliki jutaan bintang yang selalu berubah. Fakta bahwa bintang ternyata tumbuh, besar, tua dan mati adalah pengetahuan baru yang menarik bahwa bintang sebenarnya hidup. 

Belum lagi jika kita bicara tentang tabrakan antar dua galaksi. Kira-kira apa jadinya alam semesta ketika bertabrakan? Berikut 5 fenomena unik alam semesta.

Gambar oleh Gerd Altmann/pixabay

Peristiwa tabrakan antar galaksi telah terjadi 32 juta tahun yang lalu. Hal ini disebabkan cahaya yang terlihat akibat kejadian tersebut membutuhkan waktu 32 juta tahun utnuk sampai ke bumi. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa saat dua galaksi tersebut bertabrakan dan membentuk galaksi yang lebih besar, awan gas dan debu pun bertaburan. Selanjutnya akan memicu terbentuknya lebih banyak bintang.

1. Quasar
Quasar terlihat bersinar di tepian alam semesta. Benda tersebut melepaskan energy yang setara dengan energy ratusan galaksi yang digabungkan. Boleh jadi quasar merupakan black hole yang sangat besar di dalam jantung galaksi terjauh. Disamping itu, quasar juga memancarkan gelombang radio. Bahkan hampir semua ahli berpendapat bahwa quasar menempati hukum pergeseran merah yang mengendalikan alam semesta. Akan tetapi, hingga kini jawabannya masih belun diketemukan.

2. Materi gelap
Materi gelap menurut para ilmuwan adalah suatu jenis objek di alam semesta yang tidak dapat berinteraksi dengan jenis radiasi apa pun, tidak memancarkan dan tidak menyerap radiasi. Oleh sebab itu, objek tersebut tidak dapat dilihat ataupun dideteksi meski menggunakan gelombang electromagnet. Lalu bagaimana cara mengetahui keberadaan objek di semesta ini jika sulit dideteksi? Sepertinya butuh waktu untuk meneliti fenomena tersebut.

3. Gelombang gravitasi
5 fenomena unik alam semesta selanjutnya adalah tentang Teori relatifitas Albert Einstein menyatakan bahwa gelombang gravitasi merupakan sisa-sisa dari ruang dan waktu yang ditimbulkan oleh ledakan di angkasa luar, seperti tabrakan antar black hole dan supernova. Gelombang tersebut menjalar dalam kecepatan cahaya, tetapi cukup lemah sehingga hanya tekhnologi modern yang diharapkan para ilmuwan mampu mendeteksinya secara langsung.

4. Energy Vakum
Dalam ilmu fisika dijelaskan bahwa kuantum adalah kebalikan dari penampakan. Sedangkan ruang kosong adalah gelembung buatan dari partikel subatomic virtual yang secara konstan diciptakan lalu dihancurkan. Berdasarkan teori relativitas umum partikel-pertikel yang menempati tiap sentimeter kubik ruang angkasa dengan energy tertentu, memproduksi gaya antigrativitasi yang membuat ruang angkasa semakin mengembang. Namun sampai sekarang belum ada yang mampu membuktikan penyebab ekspansi alam semesta tersebut. 
 
pixabay

5. Lubang hitam mini
Beberapa ilmuwan rusia menganggap bahwa beberapa fenomena misterius di atas bumi berkaitan dengan lubang hitam mini. Misalnya terjadinya letusan gunung berapi. Bahkan mereka menduga bahwa lubang hitam mini tersebar di tata surya dengan masing-masing ukuran sebesar inti atomic. Lubang hitam mini tersebut merupakan sisa peninggalan big bang. Dengan begitu akan memengaruhi ruang dan waktu dengan cara yang berbeda pula.

Dengan mempelajari alam semesta banyak yang bisa dipelajari meskipun sebagian besar dari rahasia alam ini belum terungkap. Ini membutktikan bahwa alam semesta tidak dibuat oleh tangan manusia atau pecahan alam semula jadi. Artikel ini masih mengupas hanya 5 fenomena unik alam semesta dan terhitung masih sangat sedikit dari jutaan rahasia alam lainnya. Namun yang ingin saya sampaikan adalah bahwa ada zat yang lebih berkuasa yang mampu menciptakan alam semesta dengan teliti tanpa cela. Siapakah dia? Allah aza wazalla yang mampu menciptakan setiap detail terjadinya alam semesta. Subhanallah.