Cara Cek Mutasi Rekening BRI melalui Handphone





Mungkin masih banyak diantara kita yang sengaja datang ke kantor Bank BRI untuk sekedar minta laporan mutasi rekening BRI ataupun cetak buku tabungan entah itu harian, bulanan dan seterusnya. Padahal jika sudah menjadi pengguna Internet Banking, kita sudah tak perlu lagi direpotkan dengan hal-hal semacam itu.

Padahal mengantri di bank bukanlah hal yang menyenangkan. Jika hanya untuk sekedar cetak mutasi. Apa lagi sekarang sedang wabah seperti ini, wah jangan sampai hanya karena ingin cetak mutasi kalian terkena virus covid-19. Ngga faedah banget kan?

Untuk hal-hal seperti transfer uang, pembayaran biaya listrik, telefon, pulsa, paket internet dan lain-lain itu bisa dilakukan melalui aplikasi bank BRI loh, kalian juga bisa melihat mutasi rekening melalui internet. Hal ini dapat menghemat waktu sekaligus menghindari kamu berada di kerumunan orang-orang. Kamu bisa klik-klik sambil rebahan.

Baiklah, jika anda belum tau persis mengenai cara melihat mutasi rekening melalui internet, berikut beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengecek mutasi tanpa harus cetak buku tabungan: 

1. Cek Rekening Koran BRI via Internet Banking (IB BRI)
Syarat utama untuk melihat mutasi rekening melalui IB BRI tentunya anda harus terdaftar sebagai user aktif Internet Banking. 

Keuntungan cek mutasi melalui internet banking BRI yaitu, kita bisa memilih untuk jangka waktu yang lama, bisa sampai 10 tahun.

Caranya yaitu seperti berikut ini:
  • Buka alamat https://ib.bri.co.id melalui browser HP
  • Login dengan username dan password IB BRI
  • Setelah berhasil login, klik toggle menu dan pilih menu Rekening seperti berikut ini
  • Selanjutnya pilih menu Mutasi Rekening

Sekarang tinggal pilih sesuai keinginan yaitu:
  • Rekening Sumber
  • Periode yang diinginkan
  • Pilih Tampilkan untuk melihatnya di web browser atau pilih download untuk menyimpannya dalam format CSV (excel)

Selesai, anda bisa menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang lain daripada ngantri di Customer Service BRI untuk minta laporan Rekening.

2. Cek Mutasi Rekening via Aplikasi m banking BRI 



Yang kedua yaitu melalui aplikasi BRImo. Sekarang silahkan download m banking BRI pada Google Play Store atau App Store di handphone anda masing-masing.

Caranya sama saja:
  • Login dengan username dan password M banking BRI.
  • Pada menu utama dashboard, silahkan pilih Mutasi Rekening.
  • Secara default  akan menampilkan 5 mutasi terakhir pada rekening yang terpilih menjadi rekening utama (jika anda punya lebih dari satu rekening).

Untuk menyetelnya sesuai periode dan rekening yang anda inginkan silahkan dirubah:

  • Rekening Sumber
  • Periode awal (Dari Tanggal)
  • Periode akhir (Sampai Tanggal)

Silahkan tunggu proses pengambilan data dan lihat hasilnya. Selain melihat, jika anda ingin menyimpannya, cukup klik tombol “Simpan Dalam PDF” untuk menyimpannya ke handphone kamu. Data yang sudah kamu simpan bisa kamu lihat kapan saja.

Jika kamu melakukannya setiap bulan karena transaksi yang begitu sering. Cetak mutasi ini dirasa cukup membantu loh, sebab kamu bisa bandingin pergerakan uangmu setiap bulannya.

Gimana masih bingung juga. Apa kita mau bingung sama-sama nih? Eh, jangan ya. Kalian bisa ikuti panduan di atas pelan-pelan atau telefon aja call centre nya Bank BRI dan ikuti langkah-langkahnya. Selamat mencoba dan jangan lupa menabung. Bak kata pepatah. Menabung hari ini, besok-besok bisa dapat untung.