Bahaya Masalah Orang Dewasa Kecanduan Game Online

Attayaya.net - Bahaya Masalah Orang Dewasa Kecanduan Game Online

Banyak orang mengatakan bahwa kecanduan game hanya terjadi pada anak – anak saja. Hal ini tentu benar di era tahun 2000, tapi sekarang hal ini tidak tepat karena kasus orang dewasa kecanduan game sudah banyak muncul.

Media game adalah hiburan yang sekarang ini lebih populer dibandingkan daripada banyak media hiburan lain. Semua orang yang memiliki HP tentu pernah mencoba main game, jadi hampir semua orang bisa menikmati hiburan ini.

Hal yang menjadi masalah adalah saat hiburan ini menyebabkan kecanduan. Kecanduan pada anak – anak masih bisa dikontrol oleh orang tua. Jika sudah dewasa, siapa yang dapat membantu mereka? Hal ini tentu bisa digolongkan pada masalah yang lebih parah. Jika Anda ingin tahu bahaya masalah kecanduan ini pada orang dewasa, mari bahas lebih lanjut di bawah ini!

Bokskapet/Pixabay

Berbagai Hal Negatif Kecanduan Game Online Dewasa
 
Kecanduan pada orang dewasa biasanya lebih sulit disembuhkan daripada anak – anak. Hal ini karena orang dewasa lebih sulit menghilangkan kebiasaan yang buruk. So, orang dewasa kecanduan game menjadi lebih berbahaya. Kalian pernah lihat bagaimana seorang ayah lebih penting game nya dari pada anaknya. Dan berapa banyak orang tua yang lalai menjaga anak sehingga anak kecelakaan akibat sedang main game. Jika ingin tahu masalah apa saja yang bisa muncul, berikut bahasannya!

•    Menjadi tidak produktif, hingga dapat merusak karir
•    Mengganggu komunikasi antar keluarga
•    Bisa memicu perceraian
•    Dapat membuat emosi tidak stabil saat jauh dari game

Hal negatif ini tentu berbahaya jika dibiarkan berkelanjutan. Untuk mengobati hal ini, Anda tentu perlu solusinya. 

Solusi Masalah Kecanduan Game Online Dewasa
 
Untuk membantu sembuh dari kecanduan game, Anda bisa gunakan jasa psikolog dan tempat rehabilitasi kecanduan game online yang ada di Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Tempat rehabilitasi ini bisa mengurus berbagai masalah kecanduan. 

Mulai dari yang berupa narkoba sampai game online.
 
Rehabilitasi di sini berupa pesantren, tapi jangan salah karena orang dewasa kecanduan game bisa disembuhkan di sini. Menurut Dr. Gumilar, S.Pd., MM., CH., CHt., pNNLP yang merupakan pengasuh di pondok ini, orang yang kecanduan game online biasanya akan lupa melakukan tugas utamanya. Pada anak – anak hal ini berhubungan dengan kemampuan belajar, sedangkan untu orang dewasa lebih pada kewajiban bekerja.

Konsep tempat rehabilitasi ini pertama kali dibangun di China. Di sini orang yang mengalami kecanduan game hingga kehilangan fokus dan tidak bisa hidup normal, dimasukan dalam asrama dan di rawat intensif. Proses perawatan lebih melibatkan terapi dan pelatihan untuk membentuk kebiasaan baru.

Tentu hal ini tidak akan menghentikan orang kecanduan untuk tidak bermain game sama sekali, tapi lebih pada bermain secara normal dan sehat. Pondok Pesantren Nurul Firdaus berusaha menghilangkan hal negatif jika orang tersebut berada jauh dari game. Menurut Dr. Gumilar, pecandu game bisa menghasibkan waktu 8 sampai 10 jam sehari hanya untuk main game. Hal ini sudah di atas rata – rata yang normal (2 sampai 4 jam sehari). Jika jam bermain ini tidak dipenuhi, si pecandu akan mengalami hal seperti gangguan emosi, mudah marah, gelisah dan menjadi tidak fokus.

Beliau juga menyatakan bahwa hal ini juga bisa ditemukan pada kasus kecanduan lainnya. Sebagai contoh kecanduan judi dan juga narkoba. Beberapa orang yang kecanduan game, akan mencoba bermain lebih lama untuk mendapatkan kepuasan lebih. Hal ini sama saja seperti pecandu narkoba yang memakan obat dengan dosis lebih tinggi agar lebih “terasa”. 

Jika dibiarkan, orang dewasa kecanduan game, akan melupakan banyak hal penting seperti makan, minum, kebersihan diri dan istirahat. Jika sudah seperti ini, ia tidak akan berfungsi baik sebagai manusia.

natureaddic/Pixabay

Nah, dengan pengetahuan petugas di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, tentu hal – hal negatif ini bisa dihentikan. Anda tidak perlu khawatir karena rehabilitasi dilakukan berdasarkan jurnal – jurnal kedokteran dari Amerika dan China. Proses terapi dan penyembuhan kecanduan ini dilakukan sampai orang tersebut dapat mengontrol diri. Jadi dapat dipastikan masalah kecanduan kenalan ataupun kerabat Anda bisa tuntas.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa coba datangi Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan RT 19/RW 06, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Segeralah menghubungi jika membutuhkan bantuan.