Merasa Tidak Nyaman Karena Sariawan di Mulut? Cobalah Atasi Dengan 3 Tips Alami Ini


Tak sedikit dari kita yang dibuat merasa tidak nyaman dengan kehadiran sariawan, terlebih pada aktifitas makan. Ya, apalagi jika makanan tersebut langsung menyentuh bagian sariawannya, bisa dipastikan akan menimbulkan rasa perih yang cukup menyiksa. Sariawan ini bisa menyerang beberapa area sekitar mulut seperti bibir bagian luar, bibir bagian dalam, gusi, rongga mulut bagian atas, dan lidah. 

Tak hanya itu, sariawan juga dapat membuat nafas kita menjadi bau lho! Lantas, apa sih yang menjadi pemicu dari sariawan ini? Menurut para medis, kemunculan Stomatitis alias sariawan ini bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti tubuh yang kekurangan vitamin C, sering memakan makanan yang pedas, makanan yang panas, kurang merawat kebersihan mulut, tidak sengaja tergigit oleh gigi sendiri, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 3 tips alami yang ampuh dalam mengobati sariawan :

1. Baking Soda
Tips alami pertama yang harus kamu coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan baking soda. Mengenai cara membuat ramuannya, siapkan 1 sendok teh baking soda lalu campurkan dengan sedikit air. Aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta, lalu oleskan pada bagian sariawannya. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Dengan cara ini, maka sariawan di lidah dan area sekitarnya akan sembuh.

2. Mengonsumsi Buah Yang Kaya Akan Vitamin C
Tips alami kedua yang harus kamu coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa salah satu penyebab terjadinya sariawan ini dikarenakan tubuh kekurangan vitamin C. Nah, saat sariawan melanda, konsumsilah buah yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk buah delima, buah pepaya, buah bengkoang, dan sebagainya. 

3. Asem Jawa
Tips alami terakhir yang harus kamu coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan asem Jawa. Siapkan beberapa butir asem jawa, lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas. Setelah airnya mendidih, segera angkat dan tiriskan kedalam gelas. Minumlah ari rebusan asem Jawanya selagi masih hangat. Jika rasanya kurang enak, kamu bisa menambahkan gula pasir sesuai selera.
Itulah 3 tips alami yang harus kamu coba untuk mengobati sariawan. 
 
3 tips alami untuk mengatasi sariawan ini dapat juga dikonsumsi untuk mencegah supaya tidak tambah parah. Selain itu untuk mencegah sariawan usahakan untuk tetap menjaga kesehatan mulut dengan cara mencukupi asupan Vitamin C bisa lewat buah atau sayur. Perbanyak minum air putih apalagi jika cuaca panas. Semoga bermanfaat.