5 Tips Sehat Cara Agar Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan Sendiri

Attayaya.net - Sangat penting bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil untuk terus menjaga pola makanan yang baik. Selain jadwal makan yang teratur, asupan gizinya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan untuk mempersiapkan kehadiran janin. Selain itu dengan tercukupinya gizi  maka kualitas dari benih juga menjadi lebih baik sehingga kemungkinan untuk hamil semakin besar. 

Jika Anda sudah berusaha konsultasi ke dokter atau pakar kesehatan lainnya namun belum membuahkan hasil. Cobalah untuk melihat ke dalam diri terlebih dulu. Cek lagi bagaimana pola hidup dan apa yang Anda makan setiap hari. Hormon yang berperan penting dalam proses pembuahan berpengaruh besar pada pola makan Anda. Makan makanan yang sehat, kaya serat, rendah karbo, gula dan pemanis atau penyedap adalah beberapa cara sederhana namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka manfaatnya sangat besar.

hamil

Beberapa asupan gizi yang dapat Anda pertimbangkan sebagai salah satu usaha atau cara agar cepat hamil antara lain:

1. Pilihlah jenis karbohidrat yang tepat. Selama menanti proses kehamilan baik istri maupun suami harus mempersiapkan baik fisik dan batin dengan baik. Untuk persiapan fisik usahakan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, dan menjaga asupan gizi yang cukup. Pertama pilihlah jenis karbohidrat yang tepat. Jenis karbohidrat yang tepat untuk mempersiapkan kehamilan adalah karbohidrat yang memiliki indeksglikemik yang rendah dan berserat tinggi. 

Beberapa jenis makanan yang tergolong dalam karbohidrat yang tepat adalah nasi  merah dan  gandum bisa berupa roti. Karbohidrat ini mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil, dan juga menahan kadar insulin dalam tubuh tetap dalam keadaan normal. 

Indeks glikemik yang tinggi bisa mempengaruhi peningkatan kadar gula, danjuga mempengaruhi ketidakstabilan hormon insulin. Jika kadar hormon insulin dalam tubuh tidak seimbang maka akan mempengaruhi produksi hormon-hormon yang lain termasuk hormon yang menurunkan kesuburan.


2. Tambah protein dari nabati. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein nabati yang lebih banyak dari pada protein hewani mampu meningkatkan kesuburan hingga 50%. Salah satu sumber protein nabati yang melimpah terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian, anda juga bisa menambah konsumsi buah danjuga sayur. Bukan berarti anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi protein hewani, namun menambah konsumsi protein nabati lebih banyak. Selain itu hal ini juga akan meningkatkan kesehatan anda. 

3. Tambah asupan lemak sehat. Beberapa anggapan dalam masyarakan menyarankan untuk menghindari makanan berlemak jika sedang menjalankan program hamil. Hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan lemak juga bisa menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan, dengan catatan asupan lemak yang sehat. Lemak sehat berfungsi dalam pembentukan hormon-hormon dalam tubuh tak terkecuali hormon yang mengatur tentang kesuburan. Kandungan lemak baik  adalah lemak yang mengandung lemak tak jenuh danjuga yang mengandung omega tiga, kandungan ini banyak terdapat salam buah alpukat dan juga berbagai jenis ikan. 


4. Mulai konsumsi susu murni. Jika beberapa orang akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi susu skim yang diklaim tidak mengandung lemak, dari pada susu skim lebih baik anda beralih pada susu murni. Susu murni yang masih fresh belum di campur bahan pengawet apapun akan lebih sehat dari pada mengkonsumsi susu skim atau susu rendah lemak. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi susu murni satu gelas setiap hari dapat meningkatkan kemungkinan hamil lebih besar dari pada yang tidak minum susu.  

5. Sempurnakan dengan multivitamin. Kadangkala meskipun anda telah mengkonsumsi makanan lengkap masih terdapat beberapa mineral yang tidak terpenuhi. Untuk melengkapi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang anda butuhkan. Beberapa suplemen yang bisa anda tingkatkan untuk meningkatkan kemungkinan hamil adalah asam folat dan zat besi. Asam folat berguna untuk mencegah bayi cacat pada masa prenatal dini. Sedangkan konsumsi suplemen mineral berguna untuk peningkatan jumlah pembentukan sel pada pria.

Demikian beberapa tips cara agar cepat hamil mengenai asupan nutrisi yang perlu di jaga. Hal ini dapat berjalan efektif jika dilakukan oleh kedua belah pihak.