Menghemat Listrik Dengan Cara yang Paling Sederhana

Attayaya.net - Menghemat listrik dengan cara yang paling sederhana. Beberapa bulan ini aku serius mengamati tentang penggunaan listrik dirumahku sendiri. Secara kalau mengamati pemakaian listrik dirumah orang buat apa? Bukan urusan ku, Yakan! Jadi daripada ngurusi orang mending ngurusi diri sendiri. Soale ini badan udah makin berat aja. Eh, ini ngomong soal listrik apa berat badan seh?

Well, listrik emang jadi kebutuhan premier ya pren, Bayangin kalau ngga ada listrik. Gelap beud. Belom lagi kalo listrik mati sama dengan ngga bisa onlen. Kalau ngga bisa onlen berarti naluriku buat nulis-nulis terhambat dunk. Duh, makanya pren jangan pakai listrik boros-boros ya. Listrik kudu dihemat supaya aku dan kamu menjadi kita. Eeeh.. salah lagi. Supaya aku, kamu dan mereka bisa menikmati listrik bersama-sama.

Mereka itu adalah orang-orang yang tinggal dipelosok pren. Selama ini listrik mereka dijatah loh, bahkan ada beberapa daerah seperti pedalaman Papua, Kalimantan, Riau dll di Indonesia ini yang belum bisa menikmati indahnya terang-terangan. Mereka masih menganut faham kegelapan karena apa? Karena pasokan listrik negara kita belum cukup untuk menerangi seluruh Indonesia.

Nah, untuk membantu mereka salah satunya dengan menghemat pemakaian listrik dirumah masing-masing. Seperti yang aku omongin di awal tadi. Ngga usah mikirin listrik orang, listrik sendiri aja dulu. Kan kalau hemat listrik bayarnya juga ngga mahal-mahal amat kan. Kalau bayar listriknya bisa murah kenapa harus mahal-mahal. Oke berikut ini cara menghemat listrik dengan cara yang paling sederhana. Cekidot!

hemat listrik dengan sederhana

Perhatikan sekitaran rumah yang bisa dibikin pencahayaan
Kalian jangan heran lihat rumah-rumah yang minim cahaya. Aku ngga mau berprasangka buruk sih. Cuma rumah yang minim cahaya itu otomatis butuh cahaya buatan dari lampu. Coba perhatikan rumah kalian mana yang bisa dibikin ventilasi supaya cahaya matahari bisa masuk. Bukan cahaya matahari aja pren, udara juga bisa masuk dengan lebih leluasa. 

Keuntungannya, kalian ngga perlu idupin lampu siang-siang. Dan udara juga bisa bebas keluar masuk jadi AC bisa dihemat. Akan lebih baik kalau atap rumah bisa atur pencahayaannya. Kalian bisa pakai atap yang transparan. Ngga usah semua sih, cukup satu atau dua keping di ruangan yang butuh cahaya banyak. Jadi pagi hari rumah sudah kelihatan terang dan lampu juga bisa lebih cepat dimatiin.

Cabut aliran listrik bila tidak digunakan
Kelalaian kita sebagai orang yang sok sibuk. Eh, aku aja apa kalian juga ya. Ya sudahlah. Ini mengingatkan aja. Jangan biarkan colokan listrik nempel terus. Misalnya tv, kipas, cas hp, blender, mesin cuci dan lain-lain. Bila sedang tidak digunakan baiknya lepaskan kabel listrik dari colokannya. Karena kalau dibiarkan arus listrik akan tetap jalan dan biaya listrik akan terus bertambah. 

Barang elektronik yang selalu diidupkan itu ngga banyak ko pren, paling kulkas sama AC doang. Yang lain ngga selalu on 24 jam kan. Nah cabut kabelnya jadi listiknya mati total.

Kalau males pakai stop kontak aja
Pilih stop kontak yang ada on - off nya ini juga efektif banget. Jadi kalau males cabut kabel ya udah beli stop kontak yang ada on - off ini. Gitu ngga dipake pastikan dia dalam kondisi off jadi arus listrik terhenti disitu.

Jangan nyetrika malam-malam
Kecuali kalau kalian buka jasa loundry kiloan yang ngejer target. Nyetrika malam-malam akan membuat beban listrik naik dua kali lipat. Trust me. Karena setrika itu makan watt listrik banyak banget. jadi usahakan nyetrika siang aja karena asumsinyakan kalau siang lampu ngga dihidupkan. Kecuali kalau rumah kamu kurang cahaya sehingga siang malam kudu idup lampu. Kalau gini mah sama aja ya.

Rice cooker, dispenser dan mesin air adalah alat elektronik pemakan arus listrik paling banyak
Jadi pikir ulang lagi deh dispenser itu bener-bener dibutuhkan ngga? kalau ngga ya udin lah pakai cerek masak aja. Lebih higienis dan hemat juga. 

Dispenser dan rice cooker ini umumnya selalu dalam keadaan on. So, listriknya juga jalan terus kan. Jadi kalau nasi udah matang lebih baik cabut kabelnya. Ntar pas mau makan ya sekitar 30 menitanlah colokin lagi. Kan panas tu. Abis makan jangan dibiarkan terus cabut aja kabelnya biar arus listriknya berhenti. Gitu juga dengan mesin air.

Okelah itu beberpa tips mudah menghemat listrik dengan cara yang paling sederhana. Kalau kalian ada saran lain jangan sungkan untuk sumbang pendapat disini ya. Yuk kita hemat listrik biar hemat kantong dan membantu mereka yang belum kebagian indahnya listrik.