Ini 3 Cara Ampuh Untuk Menormalkan Kadar Asam Urat

Pada dasarnya, asam urat bukanlah nama sebuah penyakit. Asam urat merupakan senyawa yang dihasilkan dari proses penguraian zat purin dalam tubuh. Zat purin tersebut akan dialirkan oleh darah untuk menuju ginjal, yang nantinya akan disaring dan sisanya dibuang dalam bentuk urine. Apabila ginjalnya tidak berfungsi dengan baik, maka kadar asam uratnya akan meninggi. Nah, hal itulah yang menyebabkan terjadinya suatu jenis penyakit yang sering disebut dengan nama penyakit asam urat. 

Jika asam urat sudah mulai menyerang rasanya sungguh sakit. Memang sih, saya belum pernah mengalami, semoga tidak. Tapi salah satu keluarga saya mengalaminya. Kata beliau rasanya ngilu, kebas dan kadang bisa nyeri tiba-tiba. Sejak menderita penyakit ini beliau jadi sangat menjaga makanannya. Persoalan pantang makan ini masih menjadi perdebapatan. Namun karena tidak ingin semakin parah menjaga pola makan tetap dilakukan.

Berbicara soal kadar asam urat, kadar asam urat normal yang ada didalam tubuh manusia itu sekitar 250 – 750 mg. Jika angkanya melebihi dari itu, maka kadar asam urat pada tubuh anda tidak normal. Penderita asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dibagian tubuhnya, dikarenakan telah terjadi pengkristalan natrium di bagian otot dan sendi. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menurunkan kadar asam urat yang tinggi. 

penyakit asam urat

Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada 3 cara ampuh untuk menormalkan kadar asam urat tinggi :

1. Menggunakan Daun Salam
Seperti yang kita ketahui bahwa daun salam merupakan salah satu tumbuhan, yang kerap dijadikan bahan-bahan bumbu masakan. Namun tahukah anda? ternyata daun yang satu ini mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi lho. Mengenai cara pengobatannya, siapkan 5 lembar daun salam kemudian rebus kedalam air sebanyak 500 cc. Rebus hingga mendidih, dan sisakan airnya sekitar 250 cc. Minumlah air rebusan tadi dalam keadaan hangat.

2. Menggunakan Tempuyung
Sama halnya dengan daun salam, tempuyung juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menormalkan kadar asam urat yang tinggi. Bahkan, ramuan tempuyung ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, untuk mengatasi masalah asam urat yang tinggi. Mengenai cara pengobatannya pun sama dengan yang diatas, dimana anda harus meminum air rebusan tempuyung sampai habis.

3. Hindari Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dapat merusak organ ginjal, sehingga ginjal tidak mampu menampung dan menyaring zat purin yang dibawa oleh darah. alhasil, terjadilah peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai 3 cara ampuh untuk menormalkan kadar asam urat yang tinggi. Nah, bagi anda yang memiliki asam urat tinggi, cobalah gunakan salah satu dari ketiga cara diatas tadi.