Cara Kerja Dyson Bladeless Fan | Kipas Angin Tanpa Kipas

Cara Kerja (how it works) Dyson Bladeless Fan | Kipas Angin Tanpa Kipas dijelaskan langsung oleh penemu (inventor) tekhnologi ini Sir James Dyson. Ini merupakan kipas angin tanpa menggunakan bilah kipas sehingga aman bagi manusia terutama anak-anak yang sering memasukan jari tangan ke dalam putaran bilah kipas biasa. Kipas ini sebenarnya diberi nama Dyson Air Multiplier (pengganda kecepatan udara) yang bermula/didasarkan dari inovasi The Dyson Airblade Hand Dryer (kipas pengering tangan yang biasa di tempatkan di rumah makan cepat saji). Pada saat itu Dyson menyadari terjadi aliran udara di sekitar bagian hand dryer sehingga melahirkan bentuk jet aerofoil yang menghasilkan tekanan udara rendah pada bagian tertentu dan mengalirkan tekanan udara dari arah belakang yang dikenal sebagai "inducement" sebagai bagian dari "Coanda Effect" yang banyak diterapkan di dunia penerbangan. Silahkan baca tentang Coanda Effect di http://en.wikipedia.org/wiki/Coanda_effect.

Sir James Dyson lahir 2 Mei 1947 di Cromer, Norfolk, England dikenal sebagai Desainer Industri di Inggris. Inovasi pertamanya adalah gerobak dorong tanpa ban, tetapi menggunakan bola yang mirip dengan pergerakan ballpen. Kemudian Dyson membuat vacuum cleaner yang tidak menggunakan tas penampung (bagless vacuum cleaner) yang dapat memisahkan sampah dengan udara bersih menggunakan teknologi "cyclonic separation" di tahun 1970. Di tahun 2000 Dyson melakukan inovasi baru pada mesin cuci dengan menggunakan dua tabung pencuci yang bergerak berlawanan disebut "ContraRotator".

Tahun 2002 Dyson membuat sebuah optical illusion yang disebut "Dyson Wrong Garden" yang mirip dengan optikal ilusi "WaterFall" milik M.C. Escher di tahun 1961. Ilusi milik Dyson dapat dikerjakan dengan baik oleh seorang insinyur bernama Derek Philips setelah bekerja keras selama 1 tahun yang kemudian dipamerkan di Chelsea Flower Show di tahun 2003.

Tahun 2006 Dyson berinovasi dan memproduksi Dyson Airblade yaitu hand dryer alat pengering tangan yang biasa dipasang di toilet dan tempat cuci tangan rumah makan cepat saji. Hand dryer ini sangat cepat mengeringkan tangan dengan menggunakan Dyson Digital Motor yang menghasilkan pergerakan udara dengan kecepatan 640km/jam.

Tanggal 18 Oktober 2009, Dyson melakukan inovasi sekaligus memproduksi Dyson AirMultiplier atau Dyson Bladeless Fan yaitu kipas angin di atas meja atau lantai yang bekerja tanpa menggunaka bilah kipas, tetapi hanya menggunakan pergerakan/aliran udara yang berbeda tekanan.



Sir James Dyson explains his bladeless fan
TelegraphTV

http://www.youtube.com/watch?v=8he8afjQyd8

Cara Kerja Bladeless Fan |Kipas tanpa Kipas)
How the Dyson Bladeless Fan Works
Watch this Video








Terdapat perdebatan antara hak paten yang dimiliki Tokyo Shibaura Electric di 1981 dengan Bladeless Fan buatan Sir James Dyson yang dikeluarkan 18 Oktober 2009. Sayangnya Tokyo Shibaura ELectric tidak pernah melanjutkan penelitian apalagi memproduksinya sehingga hak paten tersebut habis masa berlakunya tahun 2001 (hak paten selama 20 tahun). Lihat perbandingannya teknologinya pada gambar berikut ini :
http://www.telegraph.co.uk/technology/news/6377644/Dyson-fan-was-it-invented-30-years-ago.html


Sumber :
www.dyson.co.id
www.dyson.co.uk
www.dyson.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Coanda_effect
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dyson_products