Yuk, Cari Tahu yang Sebenarnya Tentang Air Alkali

Attayaya.net - Untuk sebagian orang beranggapan, air mineral biasa yang rasanya tawar tidak memiliki kandungan apapun sama sekali. Padahal sebetulnya, di dalam air mineral tersebut mengandung mineral basa sebagai penetralisir mineral asam. Biasanya kandungan pada air mineral ini ditentukan dengan kadar pH, seperti salah satu contohnya yang terdapat pada air alkali yang memiliki pH cukup tinggi. pasalnya, Air alkali pH tinggi sangat diperlukan tubuh. Benarkah seperti itu? Yuk, cari tahu yang sebenarnya tentang air alkali!

 
pristine
pixabay


Apa itu pH?
 Potensial Hidrogen atau biasa kita kenal dengan sebutan pH merupakan derajat atau tingkatan keasaman atau basa dari larutan atau sebuah cairan. pH yang dijadikan sebuah indikator, maka kita pun dapat mengetahui cairan tersebut mengandung asam atau basa. Biasanya pula kadar pH ini ditentukan dengan sebuah angka dari 1 sampai 14 dan pH netral terdapat pada angka 7. Semakin rendah angka pada pH cairan tersebut, maka semakin asam pula kadar yang ditentukannya. Sebaliknya, jika pH semakin tinggi, maka semakin basa larutan atau cairan tersebut.

 pH ideal untuk air mineral
Seperti yang disinggung di atas, bahwa pH digunakan untuk menentukan tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan atau cairan, maka kita pun harus mengetahui berapa kadar pH untuk air mineral yang aman dikonsumsi sehari-hari? Yang menjadi acuan dasar yaitu pH netral pada air mineral biasa (pH 7), itu sangat aman dikonsumsi setiap hari. Adapun air mineral dengan pH 8-9 (8+) yang kita kenal dengan air alkali, bisa dikatakan pH-nya tinggi. tidak heran, jika rasanya sedikit pahit. Meskipun demikian, air mineral dengan pH tinggi ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia.


Manfaat Air Mineral pH 8+ (air alkali)
Sedikit rasa pahit dari air alkali ini memang biasa. Tetapi manfaat minum air alkali ini sudah pernah diuji beberapa kali untuk mengetahui khasiatnya bagi tubuh manusia. Dari beberapa penelitian tersebut mengungkapkan bahwa air alkali dengan pH 8+ sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Seperti halnya dapat menurunkan kadar asam lambung dengan sifat basa-nya, mampu meningkatkan kekuatan tulang dengan kandungan kalsium dan karbohidratnya, dan mampu memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.


pristine
pixabay

Air alkali juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan hidrogen yang tinggi pada air alkali dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Dengan diet yang sehat tubuh akan lebih cepat berproses untuk meluruhkan lemak tersembunyi dalam tubuh. Dalam proses diet, air tidak bisa dianggap sepele. Namun justru sebaliknya air memiliki peran yang penting. Nah tentu akan lebih optimal program diet anda dengan bantuan air alkali.

Oleh karena itu, air alkali dengan pH 8+ sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka mengonsumsi air mineral, karena air alkali memiliki banyak manfaat yang sebenarnya dari air alkali untuk kesehatan tubuh Anda.