Air Terjun Lubuk Bigau, Kampar

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Lubuk Bigau, Kampar


RiauMagz.com - Riau memiliki destinasi wisata air terjun tertinggi di Sumatera, mengalahkan air terjun yang ada di Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Air terjun tersebut sering disebut dengan nama air terjun batang kapas, atau air terjun Lubuk Bigau, Kampar. Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter dengan airnya yang menghujam ke bawah tanpa menyentuh dinding batu. Air terjun Lubuk Bigau jauh lebih tinggi dibandingkan air terjun Lembah Anai yang hanya 60 meter, serta air terjun sipiso-piso di Sumatera Utara yang hanya 120 meter. Dikelilingi pepohonan dan kawasan hutan yang asli membuat air terjun ini memang terbilang masih jarang dikunjungi wisatawan, bahkan orang Riau sendiri banyak yang tak tau keberadaan air terjun tersebut.

Air terjun Lubuk Bigau terletak di dataran tinggi bukit barisan, tepatnya di Desa Lubuk Bigau, Kenegrian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Di kawasan ini, pengunjung masih dapat menyaksikan kondisi hutan yang asri, pohon-pohon besar yang tinggi menjulang serta bebatuan besar yang banyak terdapat di sana sini. Pada bagian puncak, terlihat air yang keluar dari belahan batu, dengan pohon dan tanaman yang menjuntai di bagian sampingnya. Pemandangan di sini menunjukkan landscape alam yang sangat indah dan menakjubkan untuk dikunjungi.

Bagi para traveller, blogger atau para pecinta alam, mengunjungi kawasan air terjun Lubuk Bigau menjadi satu tantangan tersendiri. Karena perjalanan cukup berat menuju ke lokasi, mulai dari berkendara hingga jalan kaki menempuh kondisi medan yang sulit, maka objek wisata ini belum cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Jalanan curam, tanah merah dan berdebu akan Anda rasakan selama perjalanan menuju ke lokasi, selanjutnya akan disambung dengan jalan kaki di dalam hutan selama 3 hingga 4 jam. Pastikan Anda mempersiapkan fisik yang kuat untuk bisa menempuh medan menuju ke lokasi air terjun tersebut.

Kelelahan perjalanan akan dibayar dengan keindahan yang disuguhkan di kawasan air terjun Lubuk Bigau tersebut. Kesejukan air terasa sangat kuat di sekitar lokasi, air berwarna putih yang jatuh dari ketiggian 150 meter tersebut dihiasi dengan pahatan alami bebatuan alam yang terlihat indah di bagian dindingnya. Abadikan setiap momen pemandangan indah di kawasan air terjun tersebut. Selama perjalana, Anda juga sudah bisa menyaksikan pemandangan hutan hijau yang membentang dengan bukit-bukit yang masih asri. Pengunjung yang masuk ke lokasi ini umumnya para pecinta alam, kalangan pemerintah, atau mereka yang benar-benar menyukai petualangan di alam. Karena lokasi yang berada jauh di dalam hutan, maka pastikan semua perbekalan Anda cukup dibawa ke dalam selama beberapa jam. Terutama air minum dan makanan kecil karena perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan.

Menuju ke lokasi air terjun Lubuk Bigau, Kampar bisa dimulai dari pusat Kota Pekanbaru, Riau atau dari arah Sumatera Barat. Bila menempuh rute dari Pekanbaru, maka Anda akan melalui lintasan sebagai berikut:
Pekanbaru menuju ke Desa Lipat Kain, lanjut ke Simpang Rakit Gadang lalu Belok ke kanan ke arah Desa Gema. Belok ke kanan arah Pangkalan Kapas(jika ke kiri akan menuju Desa Gema) lalu akan sampai di Desa IV/IX Koto Setingkai belok ke kiri, lanjut ke Desa Deras Tajak, lanjut lagi ke Desa Batu Sasak dan sampailah ke Desa Lubuk Bigau. Dari Desa Lubuk Bigau, perjalanan dilanjutkan ke lokasi dengan berjalan kaki selama 3 hingga 4 jam dengan medan jalan setapak di dalam hutan.

Dalam kondisi hujan, kendaraan sulit untuk masuk, bukan hanya kendaraan roda empat, motor trail pun kesulitan menempuh medannya. Bila Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih lancar, pastikan kondisi cuaca saat Anda berangkat dalam keadaan cerah dan tidak hujan. Pastikan membawa ban serep, perbekalan alat-alat kendaraan lengkap, perbekalan makan dan minum lengkap hingga perbekalan obat-obatan. Jangan tidur selama perjalanan karena Anda bisa menyaksikan banyak pemandangan alam yang indah untuk diabadikan dalam kamera.

Video Air Terjun Batang Kapas Lubuk Bigau Kampar Kiri Hulu - Riau

[RiauMagz | Wisata Riau]