PERAGAAN KESELAMATAN PESAWAT (PRE-FLIGHT SAFETY DEMONSTRATION)

Tadi abis ngeliat yutub tentang peragaan keselamatan lucu bin kocak oleh pramugara dibantu pramugari Lion Air. Eeeh jadi teringat peragaan keselamatan lucu bin kocak oleh pramugara Citilink yang juga lucu bin kocak. Efeknya adalah : semua penumpang mendengarkannya dengan baik, memperhatikannya dengan baik-baik serta mengingatnya walau telah keluar dari pesawat.

Tidak ada satupun kalimat standar peragaan yang dikurangi melainkan menambah beberapa kalimat lain untuk menarik perhatian penumpang tanpa bermaksud mengurangi pentingnya peragaan keselamatan tersebut. Hal ini mengingat bosannya melihat peragaan keselamatan pesawat yang bersuara bass dan kalimat-kalimat yang telah diatur dan standar. Yang ga ngebuat bosan palingan pramugarinya yang semlohai gebay geboy semriwing ciiyyyuuuussss.

Berdasarkan kedua peragaan oleh maskapai-maskapai tersebut, aku coba tulis ulang dan dimodifikasi dikiiiit ya booow.



KALIMAT KETIKA AKAN TERBANG (TAKE OFF)
Para penumpang yang terhormat, selamat datang di penerbangan ATTAYAYA AIRCOM dengan tujuan Bumi Google atau Google Earth. Penerbangan ke Bumi Google akan kita tempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dan 20 menit, dengan ketinggian jelajah 32.000 kaki di atas permukaan air laut bukan di atas permukaan kasur atau tilam. Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan ATTAYAYA AIRCOM ini adalah penerbangan tanpa asap rokok karena rokok dapat merusak kesehatan, mengganggu paru-paru dan ibu hamil. Dilarang menjual atau memberi pada anak usia di bawah 18 tahun dan ibu hamil.

Dilarang merokok di toilet pesawat karena itu merupakan kebiasaan anak kos. Jika anda merokok di toilet maka alarm pesawat ini akan berbunyi "dasar anak kos, jangan merokok disini". Dan jika anda ingin merokok juga, silahkan merokok di sayap pesawat.

Ketika anda berada di toilet untuk memuaskan diri anda dan lampu tanda mengenakan sabuk pengaman menyala, maka segeralah kembali ke tempat duduk anda. Mohon diingat bahwa sebelum kembali ke tempat duduk, bersegeralah anda cebok supaya tidak meyebarkan bau parfum anda yang asli.

Seluruh peralatan dan gadget anda mohon dimatikan ... sekarang, karena akan mengganggu sinyal navigasi dan komunikasi pesawat ini. Bagi jomblo yang telah menulis di BBM, sungguh segeralah matikan BBM anda. Percuma menunggu BBM yang cuma ada kode D tanpa berubah menjadi R.

Sebelum lepas landas kami persilahkan kepada anda untuk menegakan sandaran kursi, menutup dan mengunci meja-meja kecil yang masih terbuka dihadapan anda, mengencangkan sabuk pengaman, dan membuka penutup jendela. Atas nama ATTAYAYA AIRCOM kapten Azam dan seluruh cabe-cabean alias awak pesawat yang bertugas mengucapkan selamat menikmati penerbangan ini, dan terima kasih atas pilihan anda untuk terbang bersama ATTAYAYA AIRCOM.

KALIMAT PERAGAAN KESELAMATAN (SAFETY DEMONSTRATION)
Para penumpang yang terhormat, kami mohon perhatian anda sejenak. Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil, kami harus menunjukan dan akan memperagakan kepada anda bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman, masker oksigen, pintu dan jendela darurat, baju pelampung, dan kartu keselamatan.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya Attayaya beserta cabe-cabean saya, Nadia, Disa dan Mila untuk menunjukan dan akan memperagakannya kepada anda.

Saat ini seharusnya sabuk pengaman anda telah terpasang di perut anda dan mohon jangan pasang sabuk pengaman anda di perut tetangga. Jika anda tidak menemukan sabuk pengaman di kursi anda, berarti anda sedang mendudukinya. Jika anda kurang paham menggunakannya, cabe-cabean saya harus menunjukan bagaimana cara menguncinya tanpa menggunakan gembok, mengeratkannya tanpa mengancingkannya, dan melepaskan sabuk pengaman anda tanpa terlihat dengan menarik tumpukan besinya. Mohon diingat ini bukanlah trik sulap.

Apabila tekanan udara di kabin ini berkurang secara tiba-tiba, maka masker oksigen akan keluar dari tempatnya sehingga terjangkau, tarik dengan kuat masker oksigen ke arah anda. Masker ini bukanlah masker mentimun apalagi masker yang terbuat dari wortel. Pasang masker penutup di mulut dan hidung jangan di kuping apalagi di kuping pilot, kaitkan karetnya di kepala, dan bernafaslah seperti biasa huh haaah huuuuh haaaah.... tanpa perlu bernapas dengan insang. Gunakan hidung dan paru-paru anda untuk bernapas. Jika anda tidak dapat bernapas, ikutilah olahraga senam pernapasan setelah pesawat ini mendarat dengan sempurna.

Bagi penumpang yang membawa anak-anak, dianjurkan untuk mengenakan masker anda terlebih dahulu, setelah itu barulah kenakan masker pada anak anda. Tolong dipastikan itu adalah anak anda bukan anak tetangga dengan menunjukkan Akte Kelahirannya.

Pesawat ini dilengkapi dengan delapan pintu dan jendela darurat. Dua pintu darurat di kabin bagian depan, empat jendela darurat di kabin bagian tengah, dan dua pintu darurat di kabin bagian belakang. Mohon diingat pesawat ini tidak dilengkapi dengan pintu gerbang dan tombol pintu yang berbunyi ding dong ding dong.

Baju pelampung anda terdapat di bawah kursi bukan di bawah celana anda, dan hanya dipakai pada saat pendaratan darurat di perairan, kami mohon untuk tidak dibawa pulang. Jika anda nekat membawanya pulang, maka akan kami laporkan ke pak polisi lhoo... ciyus neh boooo.

Cara menggunakannya, kalungkan baju pelampung di leher dan jangan kalungkan di kaki, kemudian kancingkan dan eratkan. Untuk mengembangkan baju pelampung tarik sekerasnya kedua ujung merah, dapat juga dikembangkan dengan meniup kedua pipa karet. Ingat pipa karet ya booow bukan pipa sedot.

Lampu akan menyala jika sumbat baterai terlepas dan baterai terendam dalam air. Jika lampu tidak menyala, silahkan cek rekening tagihan listrik anda. Baju pelampung ini dikembangkan sesaat sebelum anda keluar melalui pintu dan jendela darurat agar tidak menghalangi orang lain yang juga mau keluar.

Selanjutnya di kantung kursi di hadapan anda telah tersedia kartu instruksi bergambar mengenai cara-cara penyelamatan diri dalam keadaan darurat. Mohon maaf bahwa gambar poto selfian saya tidak termasuk disini sekarang dan akan dipublikasikan pada penerbangan berikutnya.

Kami mohon kepada anda untuk membaca kartu instruksi tersebut dengan baik-baik sebelum pesawat ini lepas landas. Terima kasih atas perhatian anda dan selamat menikmati penerbangan ini.

Tepuk tangan untuk cabe-cabean saya yang telah memperagakan keselamatan penerbangan ini.
Terima kasih.

KETIKA AKAN MENDARAT (LANDING)
Para penumpang yang terhormat, sesaat lagi kita akan mendarat di Bandar Udara Internasional Sutan Syarif Qasim II di Pekanbaru. Tidak ada perbedaan waktu antara hatimu dan hatiku di Pekanbaru karena kita telah mengikat janji setia sehidup semati.

Kami persilahkan kepada anda untuk kembali ke tempat duduk anda masing-masing dan jangan menduduki tempat duduk pilot, nanti anda dikira cabe-cabeannya pilot yang mau boncengan bertiga. Tegakan sandaran kursi anda, menutup dan mengunci meja-meja kecil yang masih terbuka di hadapan anda, dan mengencangkan sabuk pengaman. Akhirnya kami seluruh awak pesawat ATTAYAYA AIRCOM di bawah pimpinan kapten Azam mengucapkan terima kasih telah terbang bersama kami, dan sampai jumpa di lain penerbangan di lain waktu.

Terima kasih.

KETIKA TELAH MENDARAT (LANDED)
Para penumpang yang terhormat, selamat datang di Pekanbaru. Kita telah mendarat di Bandar Udara Internasional Sutan Syarif Qasim II. Kami persilahkan kepada anda untuk tetap duduk sampai pesawat ini benar-benar berhenti dengan sempurna pada tempatnya tanpa bunyi berdecit cekkkiiiitttt gitu dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan. Pemadaman lampu sabuk pengaman tidak bergilir seperti pemadaman listrik oleh PLN.

Berakhirlah sudah penerbangan kita pada hari ini atas nama ATTAYAYA AIRCOM, kapten Azam dan seluruh cabe-cabean awak pesawat yang bertugas mengucapkan selamat berpisah dan semoga dapat berjumpa lagi didalam penerbangan ATTAYAYA AIRCOM lain waktu.

Sebelum meninggalkan pesawat, kami ingatkan kembali kepada anda untuk memeriksa kembali bagasi kabin anda agar tidak ada barang yang tertinggal. Untuk yang para jomblo agar tidak meninggalkan hatinya ke cabe-cabean saya karena saya sendiri masih jomblo.

Para penumpang dengan lanjutan penerbangan silahkan melapor pada bagian layanan pindah pesawat bukan pindah taxi di ruang penerbangan.
Terima kasih.


Kalo translate ke Bahasa Inggrisnya siiih ngopas dari web lain.







Airline Announcements

Pre-boarding Announcement

Good afternoon passengers. This is the pre-boarding announcement for flight 89B to Rome. We are now inviting those passengers with small children, and any passengers requiring special assistance, to begin boarding at this time. Please have your boarding pass and identification ready. Regular boarding will begin in approximately ten minutes time. Thank you.

Final Boarding Announcement

This is the final boarding call for passengers Erin and Fred Collins booked on flight 372A to Kansas City. Please proceed to gate 3 immediately. The final checks are being completed and the captain will order for the doors of the aircraft to close in approximately five minutes time. I repeat. This is the final boarding call for Erin and Fred Collins. Thank you.


Pre-flight Announcement

Ladies and gentlemen, welcome onboard Flight 4B7 with service from Hong Kong to San Francisco. We are currently third in line for take-off and are expected to be in the air in approximately seven minutes time. We ask that you please fasten your seatbelts at this time and secure all baggage underneath your seat or in the overhead compartments. We also ask that your seats and table trays are in the upright position for take-off. Please turn off all personal electronic devices, including laptops and cell phones. Smoking is prohibited for the duration of the flight. Thank you for choosing Mountain Airlines. Enjoy your flight.


Captain's Announcement

Good afternoon passengers. This is your captain speaking. First I'd like to welcome everyone on Rightwing Flight 86A. We are currently cruising at an altitude of 33,000 feet at an airspeed of 400 miles per hour. The time is 1:25 pm. The weather looks good and with the tailwind on our side we are expecting to land in London approximately fifteen minutes ahead of schedule. The weather in London is clear and sunny, with a high of 25 degrees for this afternoon. If the weather cooperates we should get a great view of the city as we descend. The cabin crew will be coming around in about twenty minutes time to offer you a light snack and beverage, and the inflight movie will begin shortly after that. I'll talk to you again before we reach our destination. Until then, sit back, relax and enjoy the rest of the flight.


Safety Briefing

In accordance to the civil flight safety regulation

Ladies and gentlemen, on behalf of the crew I ask that you please direct your attention to the monitors above as we review the emergency procedures. There are six emergency exits on this aircraft. Take a minute to locate the exit closest to you. Note that the nearest exit may be behind you. Count the number of rows to this exit. Should the cabin experience sudden pressure loss, stay calm and listen for instructions from the cabin crew. Oxygen masks will drop down from above your seat. Place the mask over your mouth and nose, like this. Pull the strap to tighten it. If you are traveling with children, make sure that your own mask is on first before helping your children. In the unlikely event of an emergency landing and evacuation, leave your carry-on items behind. Life rafts are located below your seats and emergency lighting will lead you to your closest exit and slide. We ask that you make sure that all carry-on luggage is stowed away safely during the flight. While we wait for take off, please take a moment to review the safety data card in the seat pocket in front of you.