19 November 2013

JADWAL OMBAK BONO SUNGAI KAMPAR 2013-2014-2015

PERINGATAN :
YANG COPY PASTE
JADWAL BONO 2013-2014-2015
HARAP NYANTUMKAN ALAMAT URL POSTINGAN/ARTIKEL INI SECARA LENGKAP!!!

CAPEK BRO/SIS NGELIAT JADWAL BULAN KEMUDIAN MENULISNYA KE DALAM BLOG.


Hari ini (19/11/13), aku bersama Komunitas Blogger Bertuah khususnya dari Tim BertuahTV kembali mengejar ombak Bono Sungai Kampar untuk pengambilan photo dan video.

Find us on --> BertuahTV dan Bono Kampar


******

Ini adalah Jadwal Perkiraan Terjadinya Ombak Bono pada tahun 2013 dan 2014 serta 2015 sebagai panduan awal untuk mendapatkan atau bertemu ombak bono di Sungai Kampar Riau. Jadwal ini biasanya akan meleset 1 hari (maju / mundur).

Ombak Bono adalah ombak yang terjadi di Sungai Kampar Riau dan menjadi ombak sungai yang terbesar di dunia, menyaingi Pororoca Brazil. Untuk mengetahui tentang Ombak Bono Sungai Kampar Riau silahkan baca artikel lainnya :
Gelombang / Ombak Bono Kampar Riau Indonesia
LOKASI BONO - TIDAL BORE DI DUNIA
TINJAUAN ILMIAH TERJADINYA OMBAK BONO KAMPAR
Mengejar Bono Sungai Kampar
Dikejar Ombak Bono Sungai Kampar


Jadwal ini dibuat oleh Attayaya berdasarkan pergerakan bulan.
JADWAL BONO 2013 :

05 – 07 September 2013 (M)
19 – 21 September 2013 (P)
04 – 06 Oktober 2013 (M)
18 – 20 Oktober 2013 (P) (B)
03 – 05 November 2013 (M) (B)
17 – 19 November 2013 (P) (B)
02 – 04 Desember 2013 (M) (B)
17 – 19 Desember 2013 (P) (B)

JADWAL BONO 2014 :

01 – 03 Januari 2014 (M) (B) – Bertepatan dengan Tahun Baru 2014
16 – 18 Januari 2014 (P) (B)
01 - 02 Februari 2014 (M)
13 - 15 Februari 2014 (P)
01 - 03 Maret 2014 (M) (B)
15 - 20 Maret 2014 (P) (B)
30 Maret - 1 April 2014 (M) (B)

Pada 19 Maret 2014, fenomena perigee bulan (jarak terdekat bulan terhadap bumi), yang memiliki siklus putaran sekitar 27,3 hari, terjadi bersamaan dengan bulan purnama besar yang muncul tiap 29 hari. Ketika perigee bulan terjadi bersamaan dengan bulan purnama, maka permukaan bulan akan tampak 14 persen lebih besar. Selain itu, cahayanya 30 persen lebih terang dari bulan purnama biasa. Dengan keadaan ini, sangat dimungkinkan akan terjadi Ombak Bono Super, yaitu ombak bono yang lebih besar dari biasanya jika dipicu juga oleh debit aliran Sungai Kampar yang tepat.

JADWAL OMBAK BONO YANG BESAR 2014 :

22 - 24 OktobeR 2014 (M) (B)
04 - 07 NovembeR 2014 (P) (B)
22 - 24 NovemBer 2014 (M) (B)
05 - 07 Desember 2014 (P) (B)
21 - 23 Desember 2014 (M) (B)

JADWAL BONO 2015 :

02 - 05 Januari 2015 (P) (B) Tidak bertepatan dengan Tahun Baru 2015

Keterangan Perkiraan :
Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2013-2014-2015 ini dihitung oleh Attayaya berdasarkan kalender Bulan/Tahun Melayu atau Kalender Hijriyah 1434 - 1435 Hijriyah
(P) = Bulan Purnama / tengah bulan Melayu
(M) = Bulan Mati / awal bulan Melayu
(B) = Ombak Bono Sungai Kampar yang berukuran besar berkisar antara 4-6 meter di sekitar Pulau Muda. Selain itu biasanya berukuran sedang dengan ketinggian 3 meter untuk lokasi tertentu.

Penginapan di sekitar lokasi Ombak Bono merupakan penginapan di rumah-rumah penduduk yang bersahabat. Hotel di sekitar lokasi ombak bono sedang dibangun.

selengkapnya...

11 November 2013

Kain Tenun Songket Melayu

Kain Tenun Songket Melayu
Songket berasal dari kata "sungkit" yang artinya "mencungkil" yang juga memerlukan proses "mengait". Kedua proses tersebut (mencungkil dan mengait) merupakan proses utama di dalam menenun sebuah kain yang diinginkan. Sebagian orang malah menyebut bahwa kata "songket" tersebut berasal dari kata "Songka" yang artinya topi atau kata "songkok" khas Palembang yang dipercaya sebagai daerah dimana masyarakatnya merupakan masyarakat yang pertama kali memiliki kebiasaan melakukan kerajinan menenun kain menggunakan tangan yang digunakan pada songkok atau topi yang selanjutnya berkembang penggunaannya pada pakaian. "Menyongket" dapat diartikan sebagai ‘menenun dengan benang emas dan perak’.



Kain Tenun Songket Melayu sendiri merupakan kain dari hasil kerajinan tangan masyarakat Melayu yang dilakukan melalui proses menenun benang yang juga diselingi dengan tenunan benang emas atau benang perak dengan menggunakan ragam motif/corak tenunan tertentu. Kain hasil tenunan Songket Melayu memiliki banyak keunikan dan kaya dengan nilai keindahan atau estetika sebagai bentuk gabungan dari unsur-unsur budaya yang biasanya melambangkan corak, pandangan dan pemikiran masyarakat Melayu. Ragam dari motif/corak kain tenunan Songket sangatlah erat hubungannya antara manusia dengan alam sekitar, baik hewan maupun tumbuhan. Ragam tersebut sekaligus juga mencerminkan cara dan pandangan hidup umat manusia.

Pada masa dahulu, kain tenunan songket tersebut ditenun dengan memakai benang sutera yang diselingi dengan motif tertentu menggunakan benang emas ataupun perak. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya para pedagang dari Tiongkok yang kerap membawa benang sutera, sementara para pedagang asal India biasa membawa benang emas ke tanah Melayu. Dengan mempertimbangkan mahalnya harga benang sutera, maka pada perkembangan songket Melayu selanjutnya, benang sutera tersebut diganti dengan benang kapas. Pada masa kain tenunan dihasilkan dengan menggunakan benang sutera, kain tenun biasanya juga bisa menunjukkan strata kelas masyarakat yang melambangkan kedudukan dan kemegahan.

Ragam Corak Kain Tenun Songket Melayu

Ada banyak jenis ragam corak tenun songket yang biasa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Motif Kuntum Bunga
2. Motif Siku Keluang
3. Motif Siku Awan
4. Motif Siku Tunggal
5. Motif Pucuk Rebung Kaluk Pakis
6. Motif Pucuk Rebung Bertabur Bunga Ceremai
7. Motif Pucuk Rebung Bertali
8. Motif Daun Tunggal
9. Motif Mata Panah Motif Tabir Bintang

Baca juga tentang Kain Tenun Songket Melayu :

Menurut petuah orang tua melayu Riau, makna dan falsafah di dalam setiap motif kain tenun tersebut, selain dapat meningkatkan minat-minat orang untuk menggunakan kain tenun juga dapat menyebar-luaskan nilai-nilai ajaran agama Islam yang dianut masyarakat Melayu. Itu lah sebabnya dahulu pengrajin diajarkan membuat atau meniru corak. Ada banyak ungkapan Melayu yang menunjukkan keistimewaan penggunaan kain songket tersebut, diantaranya adalah:

Bertuah orang berkain songket,
coraknya banyak bukan kepalang.
Petuahnya banyak bukan sedikit,
hidup mati di pegang orang”

Kain songket tenun melayu,
mengandung makna serta ibarat.
Hidup rukun berbilang suku,
seberang kerja boleh di buat.

Bila memakai songket bergelas,
di dalamnya ada tunjuk dan ajar.
Bila berteman tulus dan ikhlas,
kemana pergi tak akan terlantar.


Dusun Muara Laut Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu yang ada di Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau Indonesia merupakan salah satu dusun penghasil kerajian kain songket Melayu tersebut. Dusun tersebut merupakan dusun dimana Datuk Laksemana Raja di Laut bermukim dan dimakamkan. Hampir disetiap rumah yang ada di dusun tersebut memiliki alat tenun kain songket. Pemasarannya pun dilakukan oleh orang-orang yang datang langsung membeli ke rumah-rumah penduduk.

Tokoh Wanita Melayu Riau yang dikenal sangat berperan dalam mengembangkan kerajinan kain tenun songket Melayu Siak di Riau bernama Tengku Maharatu. Tengku Maharatu sendiri adalah permaisuri Sultan Syarif Kasim II yang kedua. Dia melanjutkan perjuangan kakaknya (permaisuri pertama) dalam meningkatkan kedudukan kaum perempuan di Siak dan sekitarnya, yakni dengan mengajarkan bagaimana cara bertenun yang selanjutnya dikenal dengan nama tenun Siak. Tenun Siak tersebut merupakan hasil karya kaum perempuan. Saat ini kain tersebut telah menjadi pakaian adat Melayu Riau yang dipergunakan dalam pakaian adat pernikahan dan berbagai upacara lainnya.

Kain Tenun Songket Melayu





selengkapnya...

01 November 2013

SMART CITY AWARD 2014

Pernahkah Anda mendengar istilah kota pintar? Setiap tahunnya, jumlah masyarakat dunia yang tinggal di perkotaan terus bertambah. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kehidupan perkotaan menawarkan lapangan pekerjaan yang lebih luas dan harapan akan kehidupan yang jauh lebih baik. Tak heran jika banyak penduduk desa yang berbondong-bondong untuk mengadu nasib di kota. Kota memang merupakan salah satu pusat perkembangan teknologi dengan peluang bisnis yang terus menerus bertambah.

SMART CITY AWARD 2014

Pada tahun 2014 nanti, tepatnya pada tanggal 14-17 Agustus akan diselenggarakan Smart City Awards 2014. Acara yang diselenggarakan oleh Federasi Pembangunan Perkotaan Indonesia ini memberikan beberapa kategori penghargaan seperti Smart City Awards-Indonesia, Project Award, dan Innovative Initiative Award. Saat ini, upaya pembangunan kota pintar serta ramah lingkungan semakin gencar dilakukan.

Salah satu syarat sebuah kota bisa mendapatkan penghargaan kota pintar adalah kota tersebut harus mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi di dalam tatanan kehidupannya. Pada tahun 2011 lalu, kota Surabaya berhasil menyabet 3 dari 4 kategori penghargaan di ajang Smart City Award 2011. Ketiga kategori penghargaan yang berhasil diperoleh antara lain Smart Living, Smart Governance, dan Smart Environment. Saat itu kota Surabaya mampu menyisihkan 59 peserta lainnya yang berasal dari seluruh provinsi Indonesia (ada 33 provinsi). Untuk bisa memenangi kategori Smart Government, sebuah kota harus bisa memenuhi tiga hal: Participation in Decision Making, Public Services, dan Transparent Governance. Di kategori smart living, beberapa poin yang dijadikan tolok ukur antara lain education facilities (sarana dan prasarana pendidikan), touristic attractivity, dan ICT infrastructure availability. Sedangkan untuk smart environment, indikator dilihat dari sustainable resource management.


Siapakah yang seharusnya berperan untuk mengelola kota tempat tinggal kita? Jawabannya adalah kita semua, termasuk pemerintah kabupaten atau kota, pengusaha, serta masyarakat. Untuk menciptakan sebuah pondasi ekonomi dan sosial yang ideal dan kuat, kita harus bisa mengelola kota dengan baik. Pengelolaan kota juga harus dilandasi dengan sebuah tujuan bersama dan berkelanjutan. Di dunia, ada beberapa kota yang sudah terkenal dengan konsep kota pintarnya. Beberapa diantaranya adalah Wina, Toronto, Paris, New York, London, Tokyo, Berlin, Kopenhagen, Hong Kong, dan Barcelona. Di Indonesia sendiri, ada Surabaya yang dengan kemenangannya di tiga kategori pada Smart City Awards 2011 menunjukkan bahwa kota ini sudah dianggap mampu dan berhasil dalam penerapan konsep kota pintar yang berbasis dapada teknologi informasi serta komunikasi yang terintegrasi dengan baik.

Konsep yang diusung pada Smart City Awards 2014 nanti adalah "Smart Society for Innovative and Sustainable Cities". Konsep Masyarakat Cerdas untuk kota inovatif dan berkelanjutana ini diharapkan bisa mendorong terciptanya semakin banyak kota pintar yang ada di Indonesia. Beberapa tema yang diangkat antara lain governance, economy, collaborative city, the smart society, sustainable built environment, smart energy, technology, innovation, mobility, smart geo, city resilience, dan security. Ada banyak hal yang perlu dibenahi dalam pembangunan kota, khususnya kota-kota besar di Indonesia. Dengan hadirnya penganugerahan kota pintar pada tahun 2014 nanti, diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih terpacu dan termotivasi untuk melakukan perubahan ke arah yang jauh lebih positif dalam mengembangkan kota. Lingkungan perkotaan yang baik akan memajukan negara dan bangsa, terlebih dengan masih tingginya angka urbanisasi.

Urbanisasi adalah tindakan yang tepat jika masyarakat dari desa memiliki bekal ketrampilan dan keahlian yang memadai. Selain itu, kapasitas daya lingkungan kota juga sangat mempengaruhi kesejahteraan sosial masyarakatnya. Jika kapasitas daya lingkungan kota masih sangat terbatas, maka menekan atau mengurangi tingginya angka kepadatan penduduk, tingginya limbah karbon dan limbah, serta tingginya jumlah kawasan kumuh akan sulit untuk dilakukan. Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadikan kota-kota besar di dalamnya menjadi kota pintar. Tentu saja untuk mewujudkan kota pintar diperlukan upaya yang sangat keras dan besar derta komitmen pemimpin dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Semoga dengan adanya Smart City Award 2014 bisa menjadi motivasi dan dorongan agar semakin banyak lagi masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya berkontribusi aktif terhadap pengembangan kota pintar.
selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: November 2013 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah