15 Juli 2013

Konten Sehat

Konten Sehat diartikan sebagai suatu pengertian dari konten (informasi yang tersedia di media internet) yang bersifat positif yang jauh dari pelanggaran kesusilaan, perjudian, SARA, kekerasan dan sebagainya, termasuk pelanggaran privasi, perendahan martabat dan pelecehan seksual. Sedangkan konten itu sendiri dimaksud sebagai isi web/blog yang dapat berupa artikel tulisan, gambar, suara maupun video. Sehingga dalam pengertian luas, Konten Sehat adalah artikel-artikel dalam web/blog yang bersifat positif baik secara tulisan gambar, suara maupun video.

Hal ini sejalan dengan program Internet Sehat, merupakan pelaksanaan secara lebih luas mulai dari cara penggunaan dan pengawasan dari pemakai baik oleh diri sendiri maupun pihak lain. Dalam pelaksanaan yang lebih luas, diadakan suatu pembatasan atas jaringan dan isi yang menjurus kepada pelanggaran kesusilaan, perjudian, SARA, kekerasan dan sebagainya, termasuk pelanggaran privasi, perendahan martabat dan pelecehan seksual serta kejahatan dunia maya lainnya.

Hal ini baru juga kupahami ketika mendapatkan kiriman paket materi Internet Sehat beberapa bulan lalu di awal tahun 2011. Materi ini sebenarnya juga dapat didownload oleh semua orang melalui http://ictwatch.com/internetsehat/ yang menyediakan bahan materi tersebut.

Ketika memperhatikan materi tersebut, ternyata aku dan teman-teman blogger lainnya pun telah melaksanakan sebelum aku mendapatkan materi tersebut. Teman-teman yang tergabung dalam Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru yang didukung oleh komunitas-komunitas lain maupun pribadi-pribadi, telah bahu-membahu untuk menyediakan Konten Sehat di dunia internet melaui blog masing-masing. Blogger-blogger yang sebagian besar belum pernah ketemu muka, baik yang berasal dari Pekanbaru sendiri maupun Lampung, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bekasi, Karawang, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Kalimantan, Makassar, Pinrang, Soppeng, Ambon, Bali dan lain-lain, saling bekerja sama untuk kegiatan ini. Tak lepas juga beberapa blogger Indonesia yang berada di luar negeri.

Kegiatan ini dinamai "Gerakan SEO Positif" yang dimulai oleh seorang blogger yang mempunyai blog http://manajemenemosi.blogspot.com sehabis pertemuan dengan pak Onno W. Purbo, mulai memperhatikan hasil pencarian dari mesin pencari (search engine) seperti Google. Pencarian dilakukan dengan kata kunci (keyword) tertentu. Pencarian dilakukan oleh blogger tersebut pada kata kunci "SMP". SMP yang di Indonesia lebih bermakna pada suatu lembaga institusi dalam jenjang pendidikan di Indonesia yaitu Sekolah Menengah Pertama, ternyata pada pencarian tersebut menghasilkan konten yang tidak sehat alias negatif. Dalam hal ini pencarian pada halaman awal google.co.id menghasilkan artikel-artikel yang bersifat pornografi. Demikian juga pada kunci "anak SMP", "SMA, "ANAK SMA", dan beberapa kata kunci lain yang seharusnya menghasilkan konten yang positif dan sehat. Terakhir yang dikerjakan adalah Gerakan SEO Positif "Cerita Dewasa" yang masih menjadi populer post pada blog ini pada waktu-waktu tertentu dilihat dari statistik post.

Mengapa hal ini terjadi?
Konten-konten negatif tersebut dibuat dan dipublish oleh blogger-blogger maupun pemilik website yang tidak memperhatikan dampak negatif dari konten yang mereka publish. Mereka hanya memikirkan trafik atau pengunjung yang datang membuka web/blog mereka.

Dengan kekuatan bersama, diusahakan untuk menghilangkan web/blog yang berisi konten negatif yang digantikan dengan web/blog yang berisi konten lebih positif. Usaha ini dilakukan secara bersama-sama oleh para blogger. Tidak ada balasan yang diharapkan karena usaha ini dilakukan secara tulus oleh para blogger semua yang peduli dengan konten positif di dunia maya sehingga diharapkan generasi muda berikutnya dapat "mengonsumsi" konten positif.

Ngeblog ngapain?
Blog dapat diisi dengan tulisan, video maupun gambar/photo dengan cara mem-posting/mem-publishnya ke dalam blog sehingga menjadi sebuah postingan atau artikel. Tulisan buah pikiran sendiri maupun gubahan punya orang lain semisal puisi, cerpen, curahan hati, berbagi ilmu, atau pun jenis tulisan lain yang dapat dilengkapi gambar/photo maupun video. Tak lepas kemungkinan dengan hanya menampilkan gambar/photo saja atau bahkan cuma video saja.

Selain itu, ngeblog juga dapat menghasilkan uang sebagai mata pencaharian utama maupun cuma sekedar sebagai mencari tambahan uang jajan. Mungkin untuk tahap pertama belum bisa menyaingi Yaro Starak sang blogger dengan penghasilan US$78.000 setara 764 juta rupiah setahun. Tapi tidak tertutup kemungkinan blogger Indonesia dapat menyaingi Yaro.

Ataupun mungkin belum bisa menyaingi perezhilton dot com yang berpenghasilan 1,4 milyar sebulan. Ataupun belum juga bisa menyaingi Pete Cashmore dengan blog mashable.com yang berpenghasilan 4 milyar sebulan.

Blog dipilih karena kemudahan dibuat, digunakan dan merubah/modifikasinya. Blog juga lebih terkesan personal walaupun ada blog yang dikerjakan rame-rame bahkan menjadi sebuah komunitas. Lagi pula blog juga lebih bersifat interaktif dengan pengunjung dimana pengunjung dapat memberikan komentar dan dibaca oleh orang ramai oleh pengunjung lain blog tersebut. Pilihan kepada blog itu juga dikarenakan perawatannya yang murah meriah bahkan bisa tanpa biaya sepeserpun. Dan yang lebih utama lagi, MEMBUAT BLOG ITU ADALAH GRATIS........

Sebagai suatu ajang menampilkan buah pikiran yang mempunyai dampak menghasilkan duit, blog juga bermanfaat dalam memperluas persahabatan. Tidak jarang seorang blogger di barat Indonesia dapat berteman akrab dengan blogger di timur Indonesia. Bahkan tidak lepas kemungkinan 2 orang tetangga dapat bertemu di dunia blogger (blogsphere).

Persahabatan di dunia blogger inilah yang menjadi suatu kekuatan baru di dunia ini untuk menjaring banyak sahabat lain di lokasi dunia yang lain.

Apa yang diberikan blog berdampak kepada pengguna internet secara keseluruhan. Sengaja ataupun tidak sengaja, konten-konten blog akan bermunculan di mesin pencari Google, Yahoo, Bing, Ask, dan lain-lain. Judul dan keterangan yang menarik pada kata cari yang tepat, akan membuat pengguna internet di mesin pencari berkeinginan mengunjungi blog kita. Bersempena dengan hal ini, silahkan baca tulisan lainnya :
HYPERMARKET INFORMASI
dan
NGEBLOG HYPERMARKET INFORMASI 1 AWARD

Konten-konten yang disediakan blogger sangat bervariasi, mulai dari konten positif, curhat, curcol, sampai kepada konten negatif dan konten sampah tak berguna (dummy). Konten sampah belum tentu bersifat negatif (s*x, SARA, kekerasan). Konten sampah merupakan konten yang berisi hal-hal untuk mengejar kata kunci tertentu tanpa tata bahasa yang baik sehingga "tidak bisa dimengerti oleh manusia, tetapi hanya dimengerti oleh mesin pencari".

Jujur, beberapa waktu lalu aku pernah memosting konten sampah (dummy blog) dengan trafik blog yang menggiurkan, tapi hatiku ga tenang. Hal ini membuat aku berputar haluan lagi untuk memosting blog dummy yang berisi konten yang bermanfaat dari berbagai sumber. Blog dummy berfungsi untuk mendukung blog utama supaya SERP blog utama menjadi bagus. Akhirnya aku menghentikan memosting blog dummy yang berisi konten sampah. Kembali mengisi blog dummy dengan konten sehat yang positif.


CATATAN :
TULISAN INI TIDAK PERNAH SELESAI DAN TELAH MENJADI DRAFT SEJAK NOVEMBER 2011.

MUNGKIN ADA DATA YANG TIDAK COCOK DENGAN WAKTU 2013 SEKARANG, WALAU SEBELUM PUBLISH TADI UDAH DIPERBAIKI DAN DITAMBAHIN DIKIT.


9 komentar:

  1. Sip bung atay sharenya, smoga blogger yang 'bandel' udah insyaf di bulan Ramadhan ini. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

    BalasHapus
  2. Halo Bang Atta:D
    Lama banget nih saya baru mampir lagi kesini, dan setelah baca tulisan di atas, saya menjadi lebih mengetahui tentang manfaat Ngeblog dan hal positif lainnya. Salam :D

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bang Atta.
    Bang Atta apa kabar, semoga sehat selalu ya Bang. Dan puasanya moga masih lancar belum ada yang bolong-bolong.

    Maaf ya Bang lama banget tidak kemari, maklum sibuk tak menentu. Ternyata menjadi ibu rumah tangga itu menyenangkan tapi sulit di jalani. Membagi waktu rumah dan ngeblong masih kurang bisa di jalani.

    BalasHapus
  4. lama juga bang disimpan di draft

    BalasHapus
  5. tapi tetep saja membahayakan seo sehat ini, karena google penguin bisa menghapus blognya kalo blog tsb terlalu 'kental'.. makanya, blog sy sengaja sy buat minimalis dan minimal lomba, biar tema lokalitas blog ttep terjaga. koenten lebih penting ketimbang seo dan adsense, ads

    BalasHapus
  6. Semoga kontennya makin sehat, etapi judul dari popular postnya, owww... Cerita Seks Untuk Dewasa 17 th dan Cara Membuat Bom... :D

    BalasHapus
  7. Iya, kebanyakan iklan bisa kena google penguin

    BalasHapus
  8. Konten sehat mesti selalu agar tidak merusak generasi, Salam Sehat Selalu

    Obat Herbal Ambeien
    Obat Herbal Asam Urat

    BalasHapus
  9. mas @sriyono :
    itu termasuk kerja SEO positif bersama blogger lainnya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Konten Sehat | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah