05 Mei 2012

Selamat datang kembali di Indonesia - Ekspedisi Rumah Besar Natuna

Catatan perjalanan attayaya ke Pulau Bunguran, Pulau Sedanau, dan Kawasan Pulau Tiga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
Tanggal 29 April - 4 Mei 2012

*****
"Selamat datang kembali di Indonesia. Saat ini sisa pulsa anda ...."
Itulah pesan singkat yang masuk ke handphoneku ketika tiba di Bandara Hang Nadim Batam sebagai bandara transit penerbangan aku sebelumnya dari Bandara Ranai Kabupaten Natuna. Yaaa... ketika aku di Ranai, sinyal providerku agak susah. Malahan sinyal providerku yang lain malah tidak muncul sama sekali. Jam di handphoneku selalu berubah menyesuaikan dengan waktu negara tetangga, malahan kadang jadi ngaco. Begitulah ketika aku berada di salah satu ujung utara Indonesia. Tepatnya di Kota Ranai, Pulau Bunguran, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Kabupaten Natuna beribukota Ranai sekarang terpisah dengan dengan Kabupaten Anambas yang beribukota Terempa (kota tempat attayaya dilahirkan). Dahulunya merupakan wilayah pemerintahan Provinsi Riau dan biasa disebut dengan Kawasan Pulau Tujuh. Setelah Riau dipisah menjadi 2 provinsi yaitu Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, maka kawasan Pulau Tujuh yang terdiri dari Kawasan Anambas dan Kawasan Natuna menjadi sebuah kabupaten tersendiri yaitu Kabupaten Natuna. Kemudian Kabupaten Natuna ini pun dipecah menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas.

Peta Kabupaten Natuna dalam Wilayah Republik Indonesia
Lokasi yang dituju

Peta Pulau Bunguran di Kabupaten Natuna

Kabupaten Natuna terletak di ujung paling utara Provinsi Riau (dahulu) atau Provinsi Kepulauan Riau (sekarang). Dahulu, pada gambar peta provinsi Riau, kawasan ini menjadi "insert" yaitu gambar tambahan karena posisinya yang sangat jauh.

Kabupaten ini memiliki pulau terluar paling utara yang berhadapan langsung dengan negara Vietnam adalah Pulau Laut. Walaupun ada pulau terluar lagi, tetapi pulau tersebut sering hilang dari pandangan. Menurut orang-orang tua disana pulau itu disebut Pulau Lengit.

Perjalananku kali ini bermula dari Pekanbaru 29 Mei 2012 menuju Batam dan terpaksa bermalam disana karena penerbangan ke Bandara Ranai di Natuna hanya ada pagi hari sekitar jam 9. Penerbangan ke Ranai kami lakukan dengan pesawat dari Maskapai AviaStar dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

Sampai di Ranai, aku melanjutkan perjalanan untuk mencari bangunan rumah tua terutama rumah-rumah milik Datuk Kaya yang semasa Kerajaan Riau-Lingga merupakan pimpinan-pimpinan wilayah di kawasan tersebut.

Di Kota Ranai aku temui 1 buah rumah Datuk Kaya dan 1 buah rumah tua. Aku lanjutkan lagi perjalanan ke Desa Tanjung dan Desa Ceruk. Di 2 desa ini aku tidak menemukan bangunan-bangunan tua, malahan aku mendapatkan suguhan pemandangan indah di Desa Tanjung yaitu Pantai Tanjung.

Esok harinya aku melakukan perjalanan ke Desa Kelarik (Kelarak) dan menemukan rumah tua milik seorang Datuk Kaya. Rumah ini tidak berpenghuni lagi dan terlihat rusak disana-sini. Tak jauh dari rumah itu, aku menemukan lagi sebuah rumah tua milik penduduk tempatan yang berada di dalam kebun kelapa. Tidak berpenghuni dengan kerusakan terutama di bagian belakang.

Siang itu juga aku menyeberang ke pulau Sedanau dengan menggunakan pompong sewaan. Di Sedanau aku menemukan 4 rumah tua dan 1 tapak rumah Datuk Kaya Suan.

Ini sebagian foto-foto rumah tua yang ada disana :

Rumah Tua di Sedanau

Rumah Tua di Sedanau
Rumah Datuk Kaya di Air Mali - Kelarik

Rumah Tua diAir Mali - Kelarik


Rumah Tua di Sedanau

Rumah Tua di Sedanau

Wah kalo foto-foto di bawah ini, aku no comment laaaaah...
Selamat menikmati...


Ga perlu diving alias menyelam untuk melihat
batu koral (coral stone) di Pelabuhan Natuna
Selat Lampa Natuna

Pemandangan mirip Bangka Belitong
sangat banyak di kawasan Natuna

Bukit Sindu Ranai - Natuna

Hasil alam Natuna
Cengkeh

Pantai Tanjung
Kecamatan Bunguran Timur - Natuna

Pelabuhan Pulau Batang
Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga - Natuna

Batu karang/koral di halaman rumah di desa Pulau Tiga

Batu karang/koral (Coral Stone)
Pantai Desa Setumuk - Kecamatan Pulau Tiga - Natuna

Rumah penduduk tepi pantai di Desa Pulau Tiga

NO COMMENT!!!
IT'S SO AMAZING

Sunset dalam perjalanan pulang dari
Pulau Tiga ke Selat Lampa - Natuna

Batu di Pantai Desa Setumuk

Batu di Pantai Desa Setumuk

Desa Tanjung Pulau Tiga Natuna

Desa Tanjung Pulau Tiga - Natuna

Batu Tokong Rusia
Ranai - Bunguran Timur - Natuna


selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Mei 2012 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah