Kelelawar Terbesar

Kelelawar Terbesar memiliki lebar sayap sekitar 2 meter (6 feet) dan menjadikannya kelelawar terbesar di dunia. Hal ini didokumentasikan oleh National Geographic beberapa waktu lalu di Australia.

Black-Flying-Fox (Pteropus alecto) merupakan kelelawar besar (MegaBat) dari family Pteropodidae serta genus Pteropus sebagaimana genus umum kelelawar di dunia. Genus Pteropus memiliki 57 spesies yang diketahui sampai saat ini.

Black Flying-Fox adalah hewan yang memiliki habitat asli di pantai utara Autralia (Northern Territory / NT yang beribukota di Darwin), Papua New Guinea (Western Province) dan Indonesia (Papua Barat dan Selatan, Sulawesi, Sumba, dan Savu).

Kelelawar terbesar ini melahirkan 1 (satu) anak sekali dalam setahun yang tetap dipelihara oleh induk betina di bulan-buan awal kelahiran. Anak akan tetap berada di sarang ketika si induk mencari makanan khususnya di malam hari. Kelelawar terbesar ini adalah hewan herbivora yaitu hewan pemakan tumbuh-tumbuhan khususnya pollen dan nektar eucalyptus, Lilypillies, paperbark dan turpentine trees (genus Pistacia). Jika dalam keadaan kesulitan mencari nektar dan pollen, maka kelelawar terbesar ini akan menyantap mangga maupun apel. Dengan kemampuan jelajah untuk mencari makan sekitar 50 km, tak sulit baginya untuk mendapatkan makanan. Sarang kelelawar ini berada di pohon-pohon mangroves, paperbark swamps, patches of rainforest dan diantara pepohonan bambu. Hanya sebagian kecil yang hidup dalam gua-gua. Ketika berada di sarangnya, kelelawar ini akan bergelantung sebagaimana kelelawar pada umumnya.

Black Flying-Fox (Pteropus alecto) termasuk dalam kategori Least Concern (LC) dari IUCN-RedList (International Union for Conservation of Nature) yang berarti populasi kelelawar terbesar ini "Belum Terancam".

Kelelawar Terbesar



Klasifikasi Black Flying-Fox
(Pteropus alecto Scientific classification) :
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Mammalia
Order : Chiroptera
Family : Pteropodidae
Genus : Pteropus
Species : P. alecto
Binomial name : Pteropus alecto (Temminck, 1837)
Subspecies :
P. a. alecto
P. a. aterrimus
P. a. gouldi
P. a. morio

Wilayah Sebaran Kelelawar Terbesar



With their giant wingspans, flying foxes are the world's biggest bats. Australia's black flying foxes are a prime example, with wingspans up to six feet (two meters)!




Tulang Kerangka Kelelawar (Bat Skeleton)


Tulang Kerangka Kelelawar Terbesar (Bat Skeleton)


Tulang Kerangka Kelelawar Terbesar (Bat Skeleton)


Tulang Kerangka Kelelawar Lucu Kartun (Cartoon Funny Bat Skeleton)



Sumber Tulisan dan Gambar Kelelawar :
National Geographic
http://merriam-webster.com
http://etc.usf.edu
http://thealleychicago.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Black_Flying_Fox