10 Agustus 2011

Cerita Pendek Cerpen Indonesia

Cerita Pendek merupakan sebuah prosa naratif fiktif yang cenderung padat dengan cerita dan langsung pada tujuan. Tidak berbelit-belit seperti cerita pada sinetron yang tak berkesudahan. Cerita pendek bermula dari tradisi menceritakan sesuatu hal kepada anak-anak menjelang tidur yang umumnya berbentuk Fabel yaitu cerita pendek mengenai binatang ataupun tumbuhan. Fabel juga awalnya merupakan cerita rakyat yang menceritakan tentang flora fauna.

Cerita pendek biasa disingkat cerpen tidaklah sekompleks cerita bersambung (cerbung) yang umumnya bertema cerita remaja maupun novel yang lebih serius menjadikannya sebuah cerita dewasa.

Batasan panjang pendek cerita memang susah ditentukan. Menurut Edgar Allan Poe, cerita pendek adalah cerita yang dapat selesai dibaca sekali duduk sehingga tidak membuat pegal si pembaca. Definisi lainnya mengatakan bahwa cerita pendek adalah cerita yang memiliki sekitar 7.500 kata. Definisi lain menyebutkan bajwa cerita pendek adalah cerita karya fiksi dengan panjang 1.000 sampai 20.000 kata.

Penulis Pengarang Cerita Pendek Dunia :
  • Aesop 620 - 560 sebelum masehi
  • Andrew Lang 31 Maret 1844 - 20 July 1912
  • Brothers Grimm 1845 - 1893
  • Charles Perrault 12 January 1628 - 16 Mei 1703
  • Flora Annie Steel 2 April 1847 - 1929
  • Hans Christian Andersen 2 April 1805 - tidak diketahui
  • Joseph Jacobs 29 Agustus 1854 - 30 Januari 1916

Daftar Pengarang Penulis Cerita Pendek Indonesia :
(menurut buku Tokoh-tokoh Cerita Pendek Indonesia : Korrie Layun Rampan)
  • M. Kasim
  • Sjoeman HS
  • Nasjah Djamin
  • Wildan Yatim
  • Danarto
  • Achdiat K. Mihardja
  • Pramoedya Ananta Toer
  • Seno Gumira Ajidarma
  • siapa lagi ya???


Contoh Cerita Pendek Anak-anak
Dibawah ini adalah cerita pendek anak-anak yang tentu saja bertema anak-anak

Kerbau dan Kambing
oleh : Aesop

Seekor kerbau jantan berhasil lolos dari serangan seekor singa dengan cara memasuki sebuah gua dimana gua tersebut sering digunakan oleh kumpulan kambing sebagai tempat berteduh dan menginap saat malam tiba ataupun saat cuaca sedang memburuk. Saat itu hanya satu kambing jantan yang ada di dalam gua tersebut. Saat kerbau masuk kedalam gua, kambing jantan itu menundukkan kepalanya, berlari untuk menabrak kerbau tersebut dengan tanduknya agar kerbau jantan itu keluar dari gua dan dimangsa oleh sang Singa. Kerbau itu hanya tinggal diam melihat tingkah laku sang Kambing. Sedang diluar sana, sang Singa berkeliaran di muka gua mencari mangsanya.

Lalu sang kerbau berkata kepada sang kambing, "Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat singa itu pergi, saya akan memberi kamu pelajaran yang tidak akan pernah kamu lupakan."

Sangatlah jahat, mengambil keuntungan dari kemalangan orang lain.

TAMAT
http://www.ceritakecil.com

Contoh Cerita pendek bahasa Inggris (anak-anak)
Ini adalah salah satu contoh cerita pendek anak-anak berbahasa Inggris tentang kesedihan menjadi kebahagiaan

The star-money
by : The brothers Grimm - KHM 153

There was once on a time a little girl whose father and mother were dead, and she was so poor that she no longer had any little room to live in, or bed to sleep in, and at last she had nothing else but the clothes she was wearing and a little bit of bread in her hand which some charitable soul had given her. She was, however, good and pious. And as she was thus forsaken by all the world, she went forth into the open country, trusting in the good God.

Then a poor man met her, who said: “Ah, give me something to eat, I am so hungry!” She reached him the whole of her piece of bread, and said: “May God bless it to thy use,” and went onwards. Then came a child who moaned and said: “My head is so cold, give me something to cover it with.” So she took off her hood and gave it to him; and when she had walked a little farther, she met another child who had no jacket and was frozen with cold. Then she gave it her own; and a little farther on one begged for a frock, and she gave away that also. At length she got into a forest and it had already become dark, and there came yet another child, and asked for a little shirt, and the good little girl thought to herself: “It is a dark night and no one sees thee, thou canst very well give thy little shirt away,” and took it off, and gave away that also.

And as she so stood, and had not one single thing left, suddenly some stars from heaven fell down, and they were nothing else but hard smooth pieces of money, and although she had just given her little shirt away, she had a new one which was of the very finest linen. Then she gathered together the money into this, and was rich all the days of her life.

END
http://www.grimmstories.com

Silahkan membaca juga Koleksi Cerita Rakyat Melayu Riau Indonesia yang telah diceritakan dalam Gerubuk Buruk Tamadun Melayu :
Si Lancang
Batu Batangkup
Burung Tempua dan Burung Puyuh
Batang Tuaka
dan Koleksi Cerita Pendek Indonesia lainnya yang akan diposting bertahap di http://www.tamadunmelayu.info


English Short Story Collection
http://www.manybooks.net/categories/SHO
http://www.indianchild.com/short_stories.htm
http://www.theshortstory.org.uk/stories/


25 komentar:

  1. Di Aneka Remaja Cerpen , Pusis lengkap.. Ommm dipilehh dipilehhh,, Naapa gak ambil di aneka remaja,,huhahahha

    BalasHapus
  2. Penulisan cerita pendek memerlukan skill tersendiri, singkat, padat, to the point.

    BalasHapus
  3. Ternyata pendek-pendek banget ya bang... Belajar deh bikin cerita pendek. Kirain sepanjang 2 halaman kayak di majalah-majalah yang pernah saya baca...

    BalasHapus
  4. Beri contoh cerita pendek karya Mas Attan sendiri dong :P

    Assalamu'alaikum mas, apa kabarnya? Apa kabarnya si kecil juga? Sudah waktunya kah?

    BalasHapus
  5. biasanya cerita pendek sering keluar nih di ujian pelajaran bahasa hehehe

    BalasHapus
  6. cerita pendek anak2 asli daerah skr harus diperbanyak bang

    BalasHapus
  7. Aku lebih suka baca cerpen daripada cerbung, soalnya lebih cepat menyerap jalan ceritanya.hehe

    BalasHapus
  8. Saya paling sulit kalau buat cerita pendek Bang...karna tetep aja panjang, entah kata-kata apa yang saya gunakan didalamnya.

    BalasHapus
  9. kerbaunya jahat.. kasihan kambingnya

    BalasHapus
  10. kok gw termasuk dalam daftar penulis cerita pendeknya, pan kalau gw posting di blog gw pendek pendek mulu ceritanya, hahahahahaa

    BalasHapus
  11. Saya paling suka tuch kang bikin cerita yang bgtuan,.. tapi kesulitannya dalam menentukan judul biasanya,.

    BalasHapus
  12. cerita pendek amboi tak pandai saya bikinnya tapi kalau cerita dewasa bisalah dikit-dikit he he, Selamat sore Pekanbaru

    BalasHapus
  13. wahh.. cersangpen... cerita sangat pendek, belum sempat mikir endingnya apa, eh dah TAMAT... hehehe

    BalasHapus
  14. wah bikin cerita pendek......sangat pendek banget.....sekitar 2 kalimat aja kayaknya kalo saya mah wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  15. busettttt ini hasil gugling apa gimana? koq lengkap banget ceritanya...saya sih bukan penggemar cerpen, xixiix

    BalasHapus
  16. uughh saiia cuma tau tiga yg ada di listnya bang..
    # Achdiat K. Mihardja
    # Pramoedya Ananta Toer
    # Seno Gumira Ajidarma
    tau klu yg laen?!?!

    BalasHapus
  17. Menghitung hari ya bang,menunggu sibuah hati. boleh tau hasil USGnya ga laki-laki atau perempuan

    BalasHapus
  18. ass
    saya suka cerita pendek.
    lengkap, ada cerpen bahasa Inggris untuk anak-anak

    BalasHapus
  19. mampir siang nii bang.. panas banget di luar :(

    BalasHapus
  20. Wah, klo cerpen yg dipasang di contohnya itu kayaknya bisa dibilang sebagai cerpen sangat pendek ya. Soalnya cerpen yg saya simak di majalah ato tabloid biasanya bisa ampe 2-3 halaman. Hehehe, bercanda...

    BalasHapus
  21. Dari cerita Dewasa , Ceita SMPm hingga ke Cerita Pendek. Di aneka remaja juga banyak cerita om, tapi di ceritaremaja.blogspot.com, di ceritaremaja.com belum ada ceritanya,malah ceritanya lain,,,ha..ha.. :)

    BalasHapus
  22. sy jg sering baca cerpen artikel pendek dan padat bermakna

    BalasHapus
  23. bikin kontes cerita pendek boljug neh

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Cerita Pendek Cerpen Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah