Cerpen Anak SMA

Anak SMA selalu mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Hal ini tentu saja tidak melupakan anak smp, mahasiswa dan umumnya rakyat Bangsa Indonesia. Teringat pada kata pak Onno W. Purbo, bahwa "bangsa Indonesia sih mungkin bukan bangsa yang kaya, kita bangsa yang miskin. Cuma bangsa Indonesia kan bukan bangsa yang bodo, itu barang kali yang kita sering lupa". Berarti bangsa Indonesia adalah bangya yang pintar, sehingga tentu saja bangsa yang memiliki daya kreatifitas tinggi. Lihat saja beberapa hasil kerajinan tangan bangsa Indonesia sangat dihargai dan mempunyai nilai yang tinggi, baik dari nilai uang maupun nilai seni.

Sehubungan dengan itu, salah satu daya kreatifitas anak sma adalah kemampuan mereka untuk berkreasi dalam tulisan. Merangkai huruf menjadi kata, merangkai kata menjadi kalimat, merangkai kalimat menjadi paragraf, dan merangkai paragraf menjadi sebuah cerita, puisi, pantun, novel, syair dan lain-lain. Banyak cerita yang dihasilkan oleh anak sma. Salah satu jenis cerita adalah Cerpen atau Cerita Pendek yang merupakan sebuah bentuk prosa naratif fiktif maupun tidak-fiktif. Dengan jalan cerita yang singkat dan ditulis padat langsung pada tujuannya. Cerpen itu bagaikan sebuah miniatur dari novel/novella.


Ini salah satu contoh Cerpen yang ini diambil dari
http://cerpensma.blogspot.com

KEPLESET

Suatu hari dalam kehidupanku, aku mengalami kesialan. Sehari penuh aku selalu tertimpa kesialan. Ugh….sungguh menyebalkan, pikirku dalam hati. Waktu itu hari Senin, sehari penuh di sekolah hujan. Dengan kadar air hujan yang sangat banyak hingga tak terasa lapangan di sekolah banjir. Wau…….sangat jarang sekali aku melihat peristiwa seperti ini. Aku dan teman-temanku tak mau ketinggalan momen-momen seperti ini. Segera kuambil Handponku dan aku pun berfoto bersama teman-temanku di tengah lapangan.

” Eh…..narsis banget sich..aku doain kamu kepeleset!,” celetuk temanku.
” Eh..awas, loe!,”jawabku.

Setelah selesai berfoto-foto. Aku pun perg ke kamar mandi biasa penggilan darurat. Aku bersama teman-temanku, berlari-lari di lorong koridor kelas padahal lantainya sangat licin. Aku dan teman-temanku tak menghiraukannya.

” Ah……..aduh…!,”teriakku.

Teman-temanku yang udah jauh, menoleh ke belakang. Aku terpeleset, dengan segera teman-temanku menolongku.

” Aduh…….sakit banget, nich!,”risihku.
” Makanya pelan-pelan donk, Mel!,” jawab temanku.

Aku pun hanya diam sambil menahan rasa sakit di badanku. Apalagi aku jatuh diihat oleh teman-temanku. Sungguh memalukan sekali. Apalagi di situ ada teman yang mengataiku.

” Ugh....sungguh hari yang menyebalkan.

Oleh. SAMOT MELYANI / 24 / X-C / SMAN 1 SURABAYA


Banyak contoh-contoh cerpen anak sma lainnya yang bisa ditelusuri melalui mbah google.