23 February 2011

Gambar Anatomi Tubuh

Gambar Anatomi Tubuh merupakan gambar yang dipelajari untuk melihat struktur tubuh manusia. Pelajaran ini kudapat ketika aku SMP yang diberikan sekilas, dan lebih mendalam ketika aku SMA kelas 2 dalam mata pelajaran Boiologi. Nah.... pelajaran waktu SMA itu banyak yang tersenyum simpul ketika Ibu Biologi menerangkan tentang bagian alat seksual. Ntah anak-anak ini lagi mikirin cerita seks atau cerita porno yang berhubungan dengan alat kelamin.

Anatomi tubuh manusia (Antropotomi) merupakan pelajaran dasar di bidang ilmu kedokteran dan menjadi bidang ilmu utama dalam morphology manusia. Ilmu anatgomi terbagi atas 2 kelompok yaitu Anatomi Keseluruhan (gross anatomy) dan Mikroskopik Anatomi (microscopic anatomy). Gross Anatomy juga disebut topographical anatomy, regional anatomy, atau anthropotomy merupakan ilmu struktur anatomi yang dapat dilihat dengan jelas tanpa bantuan alat penglihatan. Microscopic Anatomy adalah ilmu mempelajari struktur anatomi dengan bantuan alat tambahan penglihatan seperti mikroskop (microscopes) termasuk ilmu histology dan citology. Prakteknya adalah dengan melakukan bedah mayat.

Sebelum melakukan praktek bedah mayat, anatomi tubuh manusia dapat dipelajari dengan mengamati diagram struktur anatomi tubuh manusia. Berikut contoh gambar anatomi tubuh manusia yang disediakan wikipedia.



Diagram anatomi manusia
  1. Kepala
  2. Wajah:Dahi, Mata, Telinga, Hidung, Mulut, Lidah, Gigi, Rahang, Pipi, Dagu
  3. Leher, Tenggorokan, Jakun
  4. Bahu
  5. Dada, Buah dada, Tulang rusuk
  6. Pusar
  7. Perut, Pinggul
  8. Organ seks
  9. Penis/Skrotum atau Klitoris/Vagina
  10. Paha
  11. Lutut
  12. Betis, tulang kering
  13. Pergelangan kaki
  14. Telapak kaki, Tumit, Jari kaki
  15. Lengan
  16. Siku/sikut
  17. Lengan Bawah
  18. Pergelangan tangan
  19. Telapak tangan, Jari tangan (Ibu jari, telunjuk, tengah, manis, kelingking




Apakah gambar dibawah ini merupakan diagram struktur anatomi tubuh manusia???










Source :
inspire.2ia.pl
http://id.wikipedia.org/wiki/Anatomi_manusia
http://id.wikipedia.org/wiki/Anatomi
http://en.wikipedia.org/wiki/Human_anatomy

28 comments:

  1. Cihui.. jadi ingat lagi deh sama pelajaran biologi (reproduksi) hehe..

    ReplyDelete
  2. Bang Atta......gw dataaaannnngg. Akhirnya setelah sebulan gw bersemedi, sekarang turun gunung juga. Apa kabar nih si calon Ayah?/ :-)

    Semoga Mba Wina & babynya sehat2 ajah yah Bang. Amien

    Btw gw paling suka neh pelajaran Biologi. Dan semua teori2 yang didapat jaman duduk di bangku sekolah, langsung dipraktekan dengan Om Zul setelah mendapat restu dari Penghulu :-)

    ReplyDelete
  3. saya juga mempelajari anatomi tubuh manusia di SMA
    terima kasih sudah mengingatkan kembali

    ReplyDelete
  4. Gambar Yang Ke 6 tuu Balon Yaa Om..????

    ReplyDelete
  5. Betapa sempurnanya tubuh kita, tanpa baterai!

    ReplyDelete
  6. Gambar-2 dan keterangan yang sangat jelas tentang
    anatomi tubuh manusia, menunjukkan betapa sempurnanya citaan Tuhan.

    ReplyDelete
  7. ribet ya klo belajar struktur anatomi tubuh...terlalu banyak organ tubuh kita ya..

    ReplyDelete
  8. Oh yg dibawah itu ternyata balon2 ya rupanya?

    ReplyDelete
  9. Disimpan dulu ah... suatu saat pasti dibutuhkan shasa deh.

    ReplyDelete
  10. Shasa belum dapat pelajaran Biologi..

    ReplyDelete
  11. waduh, yang bawah itu saya gak tau bener. kayaknya robot itu.

    ReplyDelete
  12. lucu lucu gambarnya ya Bang Atta....\
    apalagi yang balon balon tuh...
    ada ada aja
    kreatif banget yang bikin

    ReplyDelete
  13. itu struktur badannya casper ya bang?

    ReplyDelete
  14. Anatomi yang belakangan lucu juga.... Ada anatomi makhluk halus gak? Lagi ngebahas itu di blogku, hehehe... Bercanda loh...

    ReplyDelete
  15. Waduch, sampai sekarang saya masih belajar mengenai hal ini...
    Tubuh manusia memang begitu rumit...
    Keagungan Tuhan yang luar biasa :)

    ReplyDelete
  16. Wah macam-macam ya anatomi tubuhnya sampai ada yang anatomi dengan balon, lucu

    ReplyDelete
  17. wah pak lek kowk upload gambar2 tidak senonoh wekeke, ntar kena timpuk Om tifatul :D

    ReplyDelete
  18. Kuliah Anatomy Tubuh Manusia ni ... ditunggu materi Reproduksi Manusia nya lagi

    ReplyDelete
  19. Jadi inget sama guru Biologi ku waktu SMP...pendek, lucu tapi baik hati.

    ReplyDelete
  20. hmm...jadi inget sekolah dulu, om.. maunya di tampilin anatomi tubuh manusia live... biar maknyus..

    ReplyDelete
  21. serasa belajar akupuntur ^^

    ReplyDelete
  22. Info yang bermanfaat, terimakasih sobat

    ReplyDelete
  23. terimakasih... jadi ada tambahan bahan untuk referensi mengajar :)

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Gambar Anatomi Tubuh | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah