The Ground Zero of Legian Kuta Bali Indonesia (Bali Bombing)

The Ground Zero of Legian Kuta Bali merupakan titik pusat terjadinya Bom Bali 12 Oktober 2002 yang lalu tepatnya jam 23:05 wita (15:05 UTC). Bom itu pertama meledak di Paddy's Pub yang dibawa dengan menggunakan tas punggung/ransel/bagpack/backpack. Sedangkan bom kedua lebih dahsyat lagi dengan menggunakan mobil mitsubishi L300 di depan Sari Club Legian Diskotik (berseberangan dengan Paddy's Pub). Bom ini dikenal sebagai peristiwa Bom Bali I atau Bali Bombing I (Bom Bali II terjadi 1 Oktober 2005 di Jimbaran Beach Resort jam 18:50 wita) yang menewaskan ratusan orang warga asing dan sebagian warga negara Indonesia. Di depan Sari Club Legian Diskotik telah didirikan sebuah tugu peringatan Bom Bali tersebut dengan memajang nama-nama korban yang tewas.

Pantai Kuta terletak di sebelah selatan kota Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia, tepatnya di wilayah Kabupaten Badung. Pantai Kuta merupakan daerah tujuan wisata turis lokal apalagi turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Daerah ini terkenal dengan Jalan Legian dan Jalan Pantai Kuta yang memiliki areal pertokoan yang menjual berbagai baju, assesories, kerajinan tangan, tattoo, dan adanya diskotek, cafe, lounge, Kuta Square dan lain-lain. Terusan Jalan Pantai Kuta tentu saja terdapat pantai yang terkenal di seluruh dunia yaitu Pantai Kuta yang sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur sebagai pantai matahari terbit (sunrise beach).

Daerah Pantai Kuta ini tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, naik taxi palingan sekitar 20 menitan (karena jalanan kecil dan sedikit macet). Waktu aku datang ke Bali ma temen-temen, kami menyewa mobil travel dari jenis Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Banyak terdapat hotel murah meriah sekelas losmen wisma hotel melati sampai yang berkelas bintang lima.

Jalan Legian terkenal dengan cafe yang berubah jadi diskotik terbuka dengan live music maupun recorded-music. Legian bagaikan negara di dalam negara Indonesia, yang penuh dengan bule-bule. Mereka mencari kesenangan. Tak ayal Imam Samudra pun ngebom, yang membuat kerugian besar bagi orang lain.

Keadaan malam hari, sekitar jam 11 malam di jalan Legian dengan beberapa diskotik terbuka yang hingar bingar (kalo siang berubah jadi cafe biasa aja).







Legian Kuta Beach Bali | The Ground Zero










Daftar nama-nama korban peledakan bom di jalan legian kuta - Bali 12 Oktober 2002
List the names of victims of bomb explosions on the Legian Kuta - Bali
Terdiri dari :
Australia 88 orang
Selandia Baru 2 orang
Belanda 4 orang
Denmark 3 orang
Inggris 23 orang
Italia 1 orang
Jerman 6 orang
Prancis 4 orang
Portugis 1 orang
Polandia 1 orang
Swedia 5 orang
Swiss 3 orang
Yunani 1 orang
Amerika 7 orang
Brasil 2 orang
Equador 1 orang
Canada 2 orang
Afrika Selatan 2 orang
Jepang 2 Orang
Taiwan 1 orang
Korea 2 orang
Indonesia 38 orang