Greenpeace virtual ship


Greenpeace virtual ship mirip dengan sebuah permainan online. Mendaftar terlebih dahulu, lalu memainkan dan bergabung dengan crew (awak kabin) lainnya. Sampai saat postingan ini dibuat, telah bergabung sekitar 3500 awak kabin kapal virtual Greenpeace. Permainan/Game online ini memiliki misi keliling dunia menjelajah tempat dan lokasi laut yang tercemar untuk diselamatkan, dan juga mengurangi penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi, batubara) serta nuklir. Misi kapal ini lebih mengedepankan penggunaan energi terbarukan (renewable energy), energi matahari dan angin, Greenpeace menyebutnya Energy [R]evolution.

Setelah mendaftar, kita akan mengambil bagian dari online activities (kegiatan online) sehubungan dengan Global Day 10.10.10 (10 Oktober 2010).

Kita dapat mendaftar di :
http://www.greenpeace.org/er-ship/Welcome-aboard

Lalu kita akan diarahkan ke sebuah peta dan memilih lokasi yang akan dituju sampai ke detail peta. Setelah itu kita akan diberi tugas sesuai lokasi yang dituju.

Misalnya aku memilih Pelabuhan Belawan Medan - Indonesia.
Disitu ada tugas mengenai masalah "Naiknya permukaan air laut (sea-level-up)". Lalu mengerjakan tugas dan dapat bergabung dengan aktivitas offline.

Jadi, game ini bukan menampilkan kapal virtual sebenarnya, tetapi lebih menunjuk kepada peta lokasi. Ketika sampai di lokasi, ada tugas yang harus dikerjakan. Cukup sederhana, tapi memberikan pengetahuan lebih tentang masalah lingkungan di lokasi tersebut.




oia....
silahkan nikmati video singkat ini