Menaikkan Alexa | Menurunkan Alexa

Menaikkan Alexa dan Menurunkan Alexa menjadikan sebagian nara-blog menjadi pening 7777 keliling, walaupun sebagian nara-blog ga ambil pusing dengan nilai alexa, bahkan terhadap nilai PR (pagerank). Tulisan ini untuk para nara-blog yang membutuhkan nilai alexa untuk berbagai tujuan.
Alexa dihitung berdasarkan penggunaan Alexa Toolbar oleh para user yang berbeda-beda dalam periode per 3 bulan. Ranking nilai dihitung berdasarkan "Reach" dan dan "Pageviews". Reach ditentukan oleh kunjungan unik (IP address berbeda) dari pengguna Alexa dalam 1 hari. Pageviews ditentukan oleh jumlah halaman berikutnya yang dibuka oleh pengguna Alexa (user) tersebut dalam 1 hari.
(Alexa Help)


Jadi :
Nilai Alexa bukan dihitung dari jumlah total pengunjung pengguna Alexa harian saja, tetapi kombinasi dari jumlah kunjungan (reach) pengguna Alexa dan jumlah halaman yang dibuka (pageviews).

Kombinasi tertinggi dari kunjungan pengguna Alexa dan jumlah halaman yang dibuka akan menjadikan web/blog/situs itu menjadi ranking #1.

Sepertinya Alexa menggunakan rumus statistik trend pertambahan (minus ato plus) dalam periode 3 bulan.


Cara menaikkan menambah nilai Alexa :
  1. Usahakan pertambahan kunjungan pengguna Alexa setiap hari.
    Pertambahan kunjungan ini sebaiknya tidak secara drastis. Sebaiknya adalah pertambahan pengunjung naik perlahan dan semakin bertambah.
  2. Usahakan pengguna Alexa tersebut membuka halaman lain di web/blog yang sama.
    Umpan pengunjung untuk juga berkunjung ke halaman lain dalam web/blog yang sama dengan memberikan navigasi yang baik berupa link dalam postingan maupun link sidebar seperti Archive Blog, Label/Kategori, Daftar Isi, Daftar Postingan, Recent Post atau apapun caranya yang mengarah ke halaman lain.

Cara menambah pengunjung secara sederhana :
Posting hal yang sedang hangat dibicarakan
BW Blog Walking
BW Blog Walking
BW Blog Walking

Hal ini akan dibahas pada postingan selanjutnya.

MENGAPA ALEXA RANK www.attayaya.net TURUN?

Karena :
Jumlah pengunjung dan pageviews blog attayaya terlalu drastis kenaikannya yang lama-lama terjadi penurunan jumlah pengunjung.

Awal April : 900 pengunjung
Awal Mei : 1700 pengunjung
Awal Juni : 3300 pengunjung
Awal Juli : 1600 pengunjung

Nah, terjadi penurunan dari awal Juni sampai Juli (sekarang) yang menyebabkan nilai Alexa attayaya jatuh dari sekitar 78.000 ke 84.000. Walau tercatat Jumlah pengunjung tertinggi sebesar : 4.000 pengunjung di tanggal 4 Juni dan 22 Juni.

Tetapi Alexa juga melakukan rata-rata kunjungan dan pageviews dalam periode 3 bulan. Maka jadilah nilai alexa attayaya pun turun.

ya sutra lah.

Ga perlu dipusingkan kali.
Yang penting ngeblog happy aja


Jumlah kunjungan harian dan pageviews menurun (hitungan histats)
menyebabkan Nilai Alexa turun
sesuai trend yang digambarkan anak panah


So.......
Walau pengunjung cuma 80, tetapi setiap hari terjadi trend pertambahan, maka Nilai Alexa akan mengecil alias membaik.


BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN JUMLAH 4000 PENGUNJUNG BLOG SETIAP HARI?

Tunggu postingan berikutnya.