Redesign BP Logo | Greenpeace Campaign

BP destroy the world!!!

Redesign BP Logo | Greenpeace Campaign merupakan kampanye yang dilakukan oleh Greenpeace terhadap perusahaan BP (British Petroleum). BP merupakan perusahaan minyak multinasional yang berpusat di St James's, City of Westminster, London. Sedangkan BP America berpusat di One Westlake Park - Houston Energy Corridor, Texas. BP memiliki usaha utama di bidang minyak seperti oil exploration (eksplorasi/tambang minyak), natural gas, and petroleum product marketing companies.

Pada tanggal 20 April 2010, terjadi ledakan pada salah satu sumur minyak di Deepwater Horizon wilayah Gulf Mexico (Teluk Meksiko). Ledakan ini berakibat bocornya minyak di wilayah tersebut yang mengakibatkan kerusakan lingkungan yang sangat parah. Ledakan terjadi di rig pengeboran eksplorasi lepas pantai jenis semi-submersible (the semi-submersible exploratory offshore drilling rig) yang akhirnya tenggelam 2 hari kemudian. Pipa pengeboran yang tidak tertutup tetap mengeluarkan minyak mentah sekitar di atas 35.000 barrel per hari yang mengambang di permukaan laut. Areal tumpahan minyak ini mencakup 6.500 km2 yang mengancam sampai ke pantai Louisiana, Mississippi, Alabama, Texas, dan Florida. Rig pengeboran ini milik Tranocean yang dikontrak BP, walaupun demikian, pemerintah AS menetapkan bahwa BP harus bertanggung jawab penuh atas kejadian ini.

Lambatnya tindakan dari BP dalam menangani kejadian ini yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang SANGAT PARAH, membuat aktivis lingkungan melakukan demonstrasi terhadap BP. Tak luput juga Greenpeace melakukan kampanye melalui lomba Redesign logo BP, dengan maksud agar BP lebih memperhatikan masalah ini. Beberapa desainer telah ikut serta mendukung kampanye ini. Bahkan beberapa aktivis Greenpeace telah melakukan penutupan sementara beberapa stasiun penjualan bahan bakar BP.

BP memiliki merek dagang yang sangat terkenal seperti Castrol, bp, ARCO, ARAL, ampm dan Wild Bean Cafe.

CASTROL :
Merk minyak pelumas, termasuk yang dijual di Indonesia, bahkan anda juga memakainya, memakai produk dari perusahaan yang telah mencemari lingkungan.

ARAL :
Perusahaan yang menjual bahan bakar di stasiun bahan bakar (pompa bensin) yang dilengkapi dengan minimarket dan cafe. Merek ini sangat terkenal di Jerman.

ampm :
Merupakan supermarket yang sangat terkenal di Pantai Barat Amerika Serikat. Rangkaian toko supermarket ini telah menyebar kemana-mana, biasanya juga berdampingan dengan pompa bensin ARCO.

ARCO :
Perusahaan stasiun pompa bensin yang menyebar di berbagai wilayah khususnya Pantai Barat Amerika Serikat dengan pengunjung per hari sekitar 800.000 pengguna. Stasiun pompa bensin ini selalu berdampingan dengan minimarket "ampm".

Wild Bean Cafe :
Biasanya terletak di stasiun pompa bensin rangkaian usaha BP. Cafe ini telah menyebar ke Europe, Australia, South Africa, China dan Russia.








THEY REDESIGN BP's LOGO!!!

You can vote on :
http://rebrandbp.greenpeace.org.uk/

vote : 15588 (per 28 Juli 2010, 20:25 wib)


vote : 3883


vote : 1333


Aku suka yang ini
vote : 460




Sumber :
http://www.bbc.co.uk/news/10167495
Greenpeace
www.bp.com