30 Agustus 2009

Manuskrip (Melayu, Jawa, Batak, Minang, dll) Indonesia di malaysia

Tulisan pertama ini, mengetengahkan beberapa manuskrip melayu Indonesia yang berada di malaysia.
Tulisan kedua, mengetengahkan daftar beberapa manuskrip melayu Indonesia lainnya yang berada di malaysia.

Ketika hari ini (29/08/09) membaca sebuah buku terbitan malaysia berjudul Warisan Manuskrip Melayu dengan penerbit Perpustakaan Negara Malaysia, terdapat beberapa buah manuskrip yang menurutku bukan hasil ciptaan orang malaysia, tetapi manuskrip tersebut berada di malaysia.

Pertama :
Pada halaman 18
Rajah 7
Manuskrip (MMS 838) yang ditulis atas daun lontar jenis Borassus Lebelifer, kandungannya adalah mengenai cerita panji yang ditulis dalam skrip Jawa Kuno
(Gambar hasil scan-image buku Warisan Manuskrip Melayu hal 18)


Kedua :
Pada halaman 19
Rajah 9
Manuskrip Batak (MMS 1069) yang ditulis dalam tulisan Batak di atas kulit kayu yang dilipat berbentuk akordion. Dua keping kayu digunakan sebagai kulit manuskrip.
(Gambar hasil scan-image buku Warisan Manuskrip Melayu hal 19)


Ketiga :
Pada halaman 139
Rajah 71
Undang-undang Minangkabau (MSS 1589)
(Gambar hasil scan-image buku Warisan Manuskrip Melayu hal 139)


Kutipan hal 138 :
“Di Perpustakaan Negara Malaysia juga terdapat sebuah manuskrip Undang-undang Minangkabau (MSS 1589) yang kaya dengan pelbagai aturan adat-istiadat, pengajaran dan teladan kepada para pembaca. Manuskrip ini mengandungi undang-undang yang berasal dari Minangkabau dan merupakan satu sumber penting tentang sistem dan pengaturan hidup yang pernah diamalkan oleh masyarakat Minangkabau. Di samping itu, manuskrip ini juga mengandungi pelbagai panduan tentang adab pemerintaan raja-raja yang disadur daripada Taj al-salatin karanan Bukhari al-Jauhari. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bagaimana pengaruh Taj al-Salatin telah meresapi penulisan undang-undang dari Minangkabau itu.”


Keempat :
Pada halaman 142
Rajah 73 (gambar atas)
Taj al-Salatin (MSS 2550)
(Gambar hasil scan-image buku Warisan Manuskrip Melayu hal 142)


Kutipan hal 141 :
“Taj al-Salatin (Mahkota Sekalian Raja) karangan Bukhari al-Jauhari sehingga kini dianggap sebagai karya ketatanegaraan yang terawal dalam kesusasteraan Melayu. Karya tersebut dihasilkan di Aceh pada tahun 1603 dan dikarang khusus atas perintah Sultan Alauddin Riayat Syah, sultan Aceh antara 1586-1604. Isi kandungannya terdiri daripada duapuluh empat bahagian (fasal), meliputi pelbagai persoalan yang berkaitan dengan raja-raja dan para pembesar negara, termasuk satu bahagian khusus membicarakan fasal memelihara anak.”


MASIH ADAKAH YANG LAIN LAGI MANUSKRIP INDONESIA DI MALAYSIA?


Dan ternyata masih banyak manuskrip Indonesia yang berada di malaysia, seperti yang tertera di hal 143 :
“Bustan al-Salatin (Kebun Segala Raja) pula merupakan sebuah karya penting tulisan Nuruddin al-Raniri di Aceh pada tahun 1638 dalam zaman pemerintahan Sultan Iskandar Thani (1636-1641). Sehingga kini, sekurang-kurangnya tiga puluh empat buah salinan manuskrip Bustan al-Salatin telah diketahui wujud dan tersimpan di beberapa buah perpustakaan utama dunia iaitu : 1 di Aceh, 2 di Berlin, 1 di Brussels, 1 di Cape Town, 1 di Colombo, 1 di Frankfurt, 3 di Jakarta, 13 di Leiden, 5 di London, 3 di Paris, 2 di Kuala Lumpur dan 1 di Terengganu. Isi kandungan Bustan al-Salatin terdiri daripada tujuh bab yang menceritakan kisah-kisah kejadian alam, ciri-ciri raja dan pembesar yang adil dan zalim serta beberapa hal tentang akal, firasat dan ilmu perubatan.“

Gambar-gambar tersebut (rajah) diatas mencerminkan bahwa pemilik dan penerbit buku Warisan Manuskrip Melayu adalah pemilik dari manuskrip asli tersebut di atas selain karena telah diberi nomor register, juga karena tidak diterakan (pada tulisan maupun photo/rajah) bukti kepemilikan orang/badan lain atas manuskrip tersebut, semisal penyebutan “courtesy of ….” atau “sumber : ……”. Demikian juga tidak tercantum dalam bibliographinya pada bagian akhir buku. Kecuali keterangan pada Rajah 117 hal 213 yaitu :
“Antara contoh cap mohor yang menarik digunakan dalam warkah Melayu.
Sumber : (Iluminations : The Wriring Traditions of Indonesia).”

Dan juga pada Rajah 119 hal 215 yaitu :
“Surat daripada Sultan Abu Hayat Ternate kepada Raja John III Portugal (1521) – merupakan surat yang tertua di dunia (Lisbon, Arquiros, Nacionais Torre do Tombo, Garetas 15-16-38).”


Manuskrip adalah naskah tulisan tangan baik dengan pena, pensil maupun diketik (bukan cetakan). (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka, Cetakan kesembilan, 1997, hal 629).

Buku Warisan Manuskrip Melayu terdiri 280 halaman dibuat sejalan dengan program “Memory of the World” dari UNESCO dalam upaya untuk didaftarkan dalam “World Register”. Buku yang dicetak sangat mewah ini “amat dialu-alukan” atau dibanggakan sehubungan dengan misi malaysia untuk menjadi pusat kebudayaan melayu dunia dan menguatkan identitas kemelayuannya.

Buku yang dibidani oleh Pusat Manuskrip Melayu di Perpustakaan Negara Malaysia didirikan tahun 1985. “Sejak itu, Pusat Manuskrip Melayu telah mengorak langkah mengumpul dan membina koleksi manuskrip Melayu yang kian bertambah.”, dalam sambutan pejabatnya (hal 11). Dengan tujuan seperti itu, maka malaysia mencari kemana pun manuskrip melayu. Kejadian beberapa bulan silam di Kepulauan Riau, yang mana telah berpindah tangannya beberapa manuskrip melayu Riau ke tangan orang malaysia. Hal ini membuat budayawan melayu, Al Azhar, uring-uringan atas kehilangan manuskrip tersebut dari tanah Indonesia. Melansir berita Kompas.com (Selasa, 2 Juni 2009) tertera berita sebagai berikut :
"Budayawan Riau, Al Azhar, mengatakan ada sekitar 60 naskah melayu kuno yang berasal dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau sudah berpindah tangan ke Malaysia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir."
..........
"Menurut dia, Malaysia gencar melanjutkan perburuan naskah Melayu kuno di Indonesia untuk menguatkan identitas kemelayuan Negeri Jiran dengan slogannya, "truly Asia"."



UPDATE 29/08/09 :
Sms dari temen di Jogja yang mendengar siaran berita dari salah satu radio Jogja yang menyatakan bahwa malaysia menyediakan dana besar untuk mendapatkan segala buku/manuskrip melayu dimanapun.

HAL INI SANGAT MEMBAHAYAKAN KEBUDAYAAN MELAYU INDONESIA.

Cara Pusat Manuskrip Melayu malaysia dalam mendapatkan berbagai manuskrip, tertera pada hal 39 buku tersebut :
“Perolehan manuskrip Melayu tidak semudah membeli buku. Ia tidak didapati tersusun di atas rak kedai-kedai buku yang boleh dibuat pemilihan. Manuskrip dibeli dari pembekal yang menjadikan manuskrip sebagai komoditi rezeki mereka. Namun, manuskrip merupakan salah satu komoditi bisnes mereka yang bercampur dengan perniagaan menjual bahan artifak bersejarah seperti keris, kain limar, duit dan tembikar. Kebanyakan pembekal adalah dari pantai timur terutamanya dari Kelantan dan Terengganu. Mereka menjelajah ke ceruk rantau kampung untuk “mengutip” manuskrip. Koleksi manuskrip diserah kepada Pusat Manuskrip Melayu untuk dinilai dan seterusnya dibeli. Manuskrip Melayu juga didapati dijual di rumah lelongan, tetapi perolehan melalui cara ini jarang sekali diamalkan kerana manuskrip Melayu tidak popular sebagai bahan lelongan.”
(bisnes = bisnis, ceruk rantau = pelosok negeri/kampung, lelong = lelang)


Buku Warisan Manuskrip Melayu :
Penerbit Perpustakaan Negara Malaysia
232, Jalan Tun Razak
50572 Kuala Lumpur
Malaysia
http://www.pnm.my

Rekabentuk dan Fotografi :
Sketsa Sdn Bhd (120086-P)
29C, Jalan Pandan 3/3
Pandan Jaya
55100 Kuala Lumpur
Malaysia
Mya2203@tm.net.my


Scan-image dari buku Warisan Manuskrip Melayu adalah digunakan untuk ulasan tulisan ini, dibenarkan. Sesuai dengan peringatan yang diterakan dalam bagian awal buku (hal 2) :

“Segala hakcipta terpelihara.

Selain untuk tujuan ilmiah, kritikan atau ulasan, sepertimana yang dibenarkan di bawah Akta Hakcipta 1987, tiada sebarang bahagian ataupun imejan dari penerbitan ini boleh disalin melalui sebarang proses tanpa kebenaran bertulis pemilik hakcipta.”

MASIH ADAKAH YANG LAIN LAGI MANUSKRIP INDONESIA DI MALAYSIA?





selengkapnya...

27 Agustus 2009

Bersatulah Indonesia - Liliana Tanoesudibjo

Tadi subuh (27/08/09), terdengar lagu di tv bututku. Lagu ini cukup mengharukan bagiku, dan gambar videonya pun apik sangat. Jam 4.20 wib, sebelum adzan subuh di Pekanbaru, TPI menyiarkan lagu ini. Ketika selesai dengan ditutup sebuah tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan TPI", aku memindahkan channel ke GlobalTv, yang ternyata juga menyiarkan lagu ini dan juga ditutup dengan tulisan "Untukmu Indonesiaku, persembahan GlobalTV".

Lagu yang kumaksud adalah lagu "Bersatulah Indonesia" karya Liliana Tanoesoedibjo yang dibuat dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang 64. Lagu ini kemudian ditayangkan oleh TPI dan GlobalTV mungkin dalam rangka menyiarkan kebudayaan Indonesia. Hal ini dikarenakan penyerobotan oleh pihak malaysia atas beberapa budaya Indonesia. Dalam video klip lagu tersebut mengetengahkan 2 budaya Indonesia yang terkenal yaitu Budaya Rumah Gadang Minangkabau dan Tari Pendet Bali (walaupun banyak budaya Indonesia lainnya yang terkenal). Kedua budaya itu asli berasal dari Indonesia. Untuk Rumah Gadang sebagai rumah adat minangkabau (gambar di samping adalah Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar sebagai lambang adat dan budaya masyarakat Minangkabau), punya kemiripan dengan beberapa rumah adat malaysia. Menurut cerita orang-orang tua Minang, bahwa perantauan minang banyak yang merantau ke malaysia dari zaman dahulunya. Dalam cerita sejarah Melayu (Blog Butang Emas), kerajaan johor pun berkembang karena bantuan dari Pembesar dan Hulubalang utusan Nagari Pagaruyung Minangkabau yaitu :
  1. Syamsuddin gelar Sri Perkiraan Raja (Datuk Tanah Datar - Padang Panjang / Bukittinggi).
  2. Bebas gelar Sri Bejuangsa (Datuk Lima Puluh - Payakumbuh).
  3. Syawal gelar Sri Dewa Raja (Datuk Pesisir - Pariaman).
  4. Yahya gelar Maharaja Sri Wangsa (Datuk Hamba Raja).
  5. Hamzah gelar Buyung Ancah (Putera Titah Sungai Tarab - Batu Sangkar).
Perkembangan orang Minang di malaysia, menyebabkan berkembangnya budaya minang (dan juga budaya Indonesia lainnya oleh perantauan lain) di malaysia. Dalam hal ini, malaysia hanya menerima budaya-budaya tersebut dan bukanlah menghasilkan/menciptakan budaya-budaya tersebut. Misalnya penggunaan "Tanduk Balenggek" (tanduk bertingkat) sebagai perlengkapan pakaian adat (pengantin) yang digunakan oleh "si anak daro" yaitu pengantin perempuan. "Tengkuluk Talakuang" yaitu penutup kepala "marapulai" (pengantin laki-laki) mirip dengan salah satu jenis tanjak dalam budaya Melayu.

Kembali ke laptop, inilah lagu yang kumaksud di atas.
Thanks to Cakkanuraga.


Sumber : youtube.com
upload : 19 August 2009
user : cakkanuraga

Lirik Lagu
Bersatulah Indonesia
Liliana Tanoesudibjo


Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Indonesia, kami lahir untukmu
Berkarya dan mengabdi bagimu
Bersatu untuk membangun bagi negeri tercinta
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!

Bersatulah semua raih kejayaan
Melengkapi dalam perbedaan
Bersatu membela Merah Putih tercinta!
Bangkitlah Indonesia
Buktikan pada dunia
Mari majulah Indonesiaku!



Dalam keterangan cakkanuraga, disebutkan :
Video klip lagu karya Liliana Tanoesoedibjo 'Bersatulah Indonesia' dalam pembuatannya melibatkan puluhan crew RCTI, puluhan artis SMN-MNC Group, di 3 lokasi: TMII - Puncak - Pantai Anyer. Video klip ini ditayang awal Agustus 2009, menyambut 64 tahun Indonesia dan 20 tahun RCTI dalam rangka misi sosial mengingatkan kembali kepada seluruh anak bangsa: bahwa perstauan merupakan tonggak terkuat bangsa Indonesia dalam menapak masadepan. Ayo Bersatulah Indonesia !

Cakka, Kiki, Patton, Sivia dan Zahra mewakili teman-teman IDOLA CILIK bergabung bersama kakak-kakak INDONESIAN IDOL (Mike, Winda, yudika, Delon, Gissel. Tiffany, Dirly, Rini, Ikhsan, Maria, Wilson) melakukan rekaman suara dan menjalani pembuatan Video Klip.
Bersatulah Indonesia !



Sumber Tulisan :
http://www.youtube.com/watch?v=1MOTR63sM9I&feature=channel

gambar :
sumbarprov.go.id





selengkapnya...

26 Agustus 2009

Manusia Paling Bego se-Indonesia yang tidak mau menyebutkan jati dirinya

Manusia Paling Bego se-Indonesia adalah orang yang berkomentar tanpa mau menyebutkan jati dirinya. Hanya berani berkomentar dengan mengatas-namakan "anonim". Sekurang-kurangnya anda punya nama khan? Saya lihat, anda bisa berbahasa Indonesia dengan cukup baik, tetapi tidak cukup benar. Anda menghujat bangsa Indonesia. Kalau begitu, sebaiknya anda tidak tinggal di Indonesia. Anda pun sebenarnya tidak bisa berbuat apa-apa, karena anda sendiri tidak berani menunjukkan diri anda. Hanya berani bermain di air keruh. Sebaiknya anda duduk merenung dan mengintrospeksi diri.

Anda menunjukkan bahwa anda manusia paling bego se-Indonesia, dan manusia paling tidak jantan serta pengecut.

Jika anda manusia beragama, sebaiknya anda perbanyak ibadah. Dan jangan merusak tali persahabatan para blogger dengan komentar anda yang sangat tidak bermanfaat

Dalam bulan Ramadhan ini, SAYA MEMAAFKAN SELURUH KESALAHAN ANDA.
Walaupun anda dalam beberapa bulan terakhir ini telah beberapa kali berkomentar di tempat saya.
Saya harap anda tidak berbuat hal bodoh itu lagi. Sekurang-kurangnya anda punya nama khan?
Tetapi, maafkan saya juga, karena komentar-komentar anda tidak akan saya munculkan dan dibaca oleh khalayak ramai karena akan mempermalukan diri anda sendiri.

Semoga anda diberkahi Allah SWT
Semoga anda diberkahi Tuhan Yesus
Semoga anda diberkahi Sang Budha
Semoga anda diberkahi Sang Hyang Widi Wasa
Semoga anda diberkahi seluruh Tuhan yang dipercayai oleh seluruh makhluk di muka bumi ini.
Karena saya tidak tahu agama anda.


Manusia paling bego se-Indonesia adalah merupakan kalimat pertama milik anda.





selengkapnya...

25 Agustus 2009

Tenunan Songket Adalah Asli Seni Budaya Melayu Indonesia | Sejarah Melayu

Tenunan Songket Adalah Asli Seni Budaya Melayu Indonesia | Sejarah Melayu

Judul ini menggubah sedikit dari judul aslinya “Songket adalah Seni Warisan Asli Melayu” yang merupakan Sekapur Sirih Budayawan Melayu Riau – Tenas Effendy. Tulisan tersebut aslinya berada dalam buku Senarai “Pesona Kemilau Songket : Menjulang Tradisi Bermarwah” yang bersempena (sehubungan dengan) Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-224 tahun 2008 silam. Acara Pesona Kemilau Songket ini ditaja di Balairung Hotel Pangeran Pekanbaru tanggal 19 Juni 2008.

Tentang songket Melayu sesuai Sekapur Sirih Budayawan Tenas Effendy tersebut, pernah juga disampaikan di blog ini dengan judul SONGKET ADALAH SENI WARISAN ASLI MELAYU dan sebagian motifnya (baik untuk ukiran maupun tenunan) telah ditulis di “Gerubuk Buruk Tamadun Melayu : attayaya.com”.

Tulisan ini bermaksud untuk memberitahukan kepada seluruh khalayak ramai bahwa Songket adalah Asli Seni Budaya Melayu Indonesia, sehingga negara-negara lain harus memikir ulang untuk mengklaim atau bahkan memasukkan tentang songket dalam iklan mereka. Walaupun beberapa negara lain tersebut juga mempunyai songket, tetapi tetaplah Tenunan Songket Adalah Asli Seni Budaya Melayu Indonesia, baik itu Melayu Aceh, Melayu Deli Medan, Melayu Riau, Melayu Jambi, Melayu Sumatera Barat, Melayu Palembang, Melayu Bengkulu, Melayu Nusa Tenggara dan seluruh Puak Melayu Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal ini dilihat dari ketuaan Kerajaan Suku Melayu Indonesia dibandingkan kerajaan suku melayu negara lain. Dalam sejarahnya, Songket merupakan perpaduan benang sutera Tionghoa dan dengan benang emas dan perak dari India, yang mana kedua suku tersebut menjalin perdagangan dengan suku Melayu dengan titik temu di pesisir pantai timur pulau Sumatera dan umumnya mereka berlabuh di Pulau Bintan. Gabungan sutera tionghoa dengan benang emas dan perak India lah yang dijadikan tenunan songket oleh suku Melayu.

Jika ditelusuri sejarah Kerajaan Majapahit dan Kerajaan/Kedatuan Sriwijaya, yang mana wilayah kedaulatannya mencakup hampir seluruh Asia Tenggara sekarang. Melayu Indonesia lebih tua daripada melayu malaysia. Jika ingin menyebutkan asal muasal Melayu, menurut sejarah Melayu, sebelum Kerajaan Melayu Singapura, Melaka, Johor, Riau dan Siak Indrapura; di Kepulauan Riau telah berdiri sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Bintan. Pusat kerajaannya berada di Pulau Basar yang kemudian terkenal dengan nama Pulau “Bintan”. Konon, pulau ini pada mulanya dihuni oleh pendatang dari berbagai daerah bahkan ada yang dari Kamboja dan India. Disebabkan keadaan letaknya yang baik untuk lalu lintas perdagangan di Selat Melaka, menyebabkan negeri ini cepat berkembang. Diperkirakan sekitar 1100 M tersebutlah seorang raja yang bernama Raja Asyhar-Aya yang beristrikan Wan Sri Beni, dan dari perkawinan itu diperolehlah seorang puteri yang kemudian terkenal dengan nama Puteri Bintan. Pada waktu sang raja mangkat, Puteri Bintan belumlah dewasa, maka pemerintahan dipegang oleh Ibunda Wan Sri Beni (1150-1158 M). (Buku Butang Emas hal 9 Penggalan Pertama). Pulau Bintan itu sendiri sekarang berada di wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia yang menjadi kedudukan Propinsi Kepulauan Riau dengan ibukotanya Tanjung Pinang, yang mana rakyatnya tidak pernah mau bergabung dengan malaysia sejak dahulu kala sampai masa perang kemerdekaan dan masa sekarang ini.

Dengan keadaan sejarah seperti itu, budaya malaysia mungkin jauh lebih muda daripada budaya Indonesia, sehingga tidak mungkin budaya Indonesia berasal dari budaya malaysia. Situs-situs sejarah pun membuktikan hal ini. Tari Pendet (karya Wayan Rindi yang bermula dari tarian suci di pura-pura Bali), keris, batik, angklung, wayang, reog, dan seluruh budaya Indonesia itu sememang berasal dari tanah kedaulatan Indonesia.

Dengan ini, saya pun mengklaim untuk Indonesia bahwa Tenunan Songket Adalah Asli Seni Budaya Melayu Indonesia.
Sebelum didahului oleh negara lain yang tidak bertanggung jawab, yang hanya bisa mencuri, memakai, dan secara tidak jantan meminta maaf atas kesalahannya.
Jika pun sudah didahului, maka sampai mati pun akan tetap saya katakan bahwa Tenunan Songket Adalah Asli Seni Budaya Melayu INDONESIA



Di tepi parit ada pohon para
Buahnya diambil tidaklah sia-sia
Songket dipakai bujang dan dara
Songket Asli Melayu Indonesia




selengkapnya...

24 Agustus 2009

malaysia, murid yang murtad dan durhaka

Penyebab "ganyang malaysia" 1966 bermula dari keinginan malaysia untuk mengggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak serta tanah Kalimantan dalam Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961. Jelas sudah keinginan malaysia itu ditentang oleh Presiden Soekarno yang menganggap malaysia sebagai "boneka" Britania. Hal ini menyebabkan terjadinya Konfrontasi Indonesia-Malaysia sebagai sebuah perang mengenai masa depan pulau Kalimantan, antara Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962-1966. Kebangkitan semangat nasionalisme Indonesia untuk mempertahankan wilayahnya terpancar dengan slogan "GANYANG MALAYSIA". Kontrol dan back-up Inggris atas malaysia juga menyebabkan Presiden Soekarno menentang keras keinginan malaysia tersebut dan hal ini tentu saja mengancam kemerdekaan Indonesia dan kesatuan wilayah Republik Indonesia.

Di Kuala Lumpur, terjadi demonstrasi anti-Indonesia, dimana para demonstran menyerbu gedung KBRI, merobek-robek foto Soekarno. Mereka juga membawa lambang negara Garuda Pancasila ke hadapan Perdana Menteri Malaysia saat itu, Tunku Abdul Rahman, dan memintanya untuk menginjak Garuda. Soekarno marah terhadap Malaysia. Rakyat Indonesia marah terhadap malaysia.

20 Januari 1963, melalui Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio, Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Filipina memutuskan hubungan diplomatik dengan malaysia. Brunei menolak bergabung dengan federasi malaysia. Singapore walaupun telah ikut bergabung dengan malaysia, kemudian menyatakan sikap keluar dari federasi malaysia.
12 April 1963, sukarelawan Indonesia memasuki Sarawak dan Sabah dan menyebar propaganda dan melaksanakan penyerangan dan sabotase.
27 Juli, Sukarno mengumumkan bahwa dia akan meng-"ganyang Malaysia".
16 Agustus, pasukan dari Rejimen Askar Melayu DiRaja berhadapan langsung dengan gerilyawan Indonesia.
17 Agustus pasukan terjun payung mendarat di pantai barat daya Johor dan membentuk pasukan gerilya.
Pertengahan 1965, pasukan resmi Indonesia menyerang malaysia melalui wilayah timur Pulau Sebatik dekat Tawau, Sabah.
(lengkapnya dapat dibaca di wikipedia)

Dari cerita sejarah Riau, dinyatakan bahwa rakyat Riau sangat tidak mau bergabung dengan malaysia, terutama rakyat Riau Kepulauan yang dilatarbelakangi oleh sejarah kerajaan Melayu Riau-Lingga.

Konfrontasi selesai dengan pengumuman penyelesaian konflik antara Kerajaan Malaysia dan pemerintah Indonesia tanggal 28 Mei 1966 dalam sebuah konferensi di Bangkok. Kekerasan berakhir bulan Juni, dan perjanjian perdamaian ditanda tangani pada 11 Agustus dan diresmikan dua hari kemudian.

Sangat jelas dari dulu, malaysia sangat jatuh hati dan jatuh cinta kepada Indonesia serta berminat menjadikan Indonesia sebagai bagian wilayah kedaulatannya. Dan tentu saja malaysia didukung Inggris yang gagal menjajah Indonesia secara keseluruhan dan harus berbagi dengan Belanda.

Setelah konfrontasi, banyak guru (cik gu) malaysia yang belajar di Indonesia dan kemudian menjadikan pendidikan malaysia lebih maju. Selain itu, dalam bidang sumberdaya energi, PSC (Production Sharing Contract) Indonesia dipelajari malaysia (bahkan juga Afrika). Tetapi sayangnya, malaysia kini seolah menjadi "murid yang durhaka", bukannya berterima kasih malah sering membuka konfrontasi baru dengan Indonesia. Seperti, malaysia berusaha mencaplok wilayah "ambalat" yang banyak mengandung minyak dan gas bumi (migas). Pertamina sebagai "Sang Guru" yang sudah sepuh tertatih-tatih dibantai muridnya "petronas" dan "bp (bumi putera)". Tidak ada tanda terima kasih sedikitpun. (perspektif Majalah Indocita).

Dalam bidang hak cipta, jelas-jelas malaysia mengambil hak cipta Indonesia
Bunga Rafflesia dianggap tumbuhan malaysia, kurasa hal ini karena "kenangan" orang inggris-malaysia yang harus keluar dari wilayah Bengkulu jaman penjajahan dulu. Termasuk juga rasa sayange, kemungkinan lagu Erni Djohan "Kau selalu dihatiku" karangan Wedhasmara, Reog Ponorogo, Batik, Tari Pendet Bali yang semuanya berasal dari Indonesia.

Beberapa bulan lalu, budayawan Riau uring-uringan karena beberapa naskah kuno Melayu yang dipegang oleh beberapa orang pribadi di Kepulauan Riau (Tanjung Pinang) telah dibeli oleh orang malaysia. Hal ini dilakukan malaysia, salah satunya, untuk menetapkan jati diri bangsa Melayu itu berasal dari malaysia. Aku yakin tak lama lagi akan muncul Federasi Melayu Malaysia.

Dalam bidang kehutanan dan perkebunan, pengusaha-pengusaha malaysia dengan sengaja membeli kayu bulatan Indonesia. Pengusaha-pengusaha malaysia dengan sengaja membeli tanah di Indonesia dengan menggunakan nama warga negara Indonesia untuk dibuat perkebunan. Ketika tanah tersebut masih hutan, kayunya ditebang dan dijual, lahan tanah yang masih belum bersih tersebut dari semak dan kayu-kayu kecil, lalu dibersihkan dengan cara dibakar. Pembakaran semak untuk pembersihan lahan tersebut mengakibatkan asap yang menyebar kemana-mana. Lalu malaysia dan singapore melancarkan komplen alias keberatan kepada pemerintah Indonesia atas asap yang merayap sampai ke negara mereka. Hahahahaha padahal yang berbuat tersebut adalah warga negara mereka sendiri.

AKANKAH KITA MAU MENJADI GURU YANG DILECEHKAN OLEH MURID?



Semua harus berperan serta dalam mempertahankan budaya dan seluruh hak cipta yang ada di Indonesia, baik oleh pemerintah, masyarakat, maupun perusahaan-perusahaan swasta, serta lembaga-lembaga non-pemerintah. Dalam hal hak cipta budaya, seni dan lainnya, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Pemerintah dapat melakukan permudahan regulasi hak cipta seni perorangan maupun lembaga, dan mempercepat penetapan hak cipta berbagai budaya Indonesia yang hanya bisa dilakukan dan dimiliki pemerintah.
  2. Masyarakat tetap terus melestarikan, memajukan, dan mengembangkan budaya tradisi, dan bukan hanya mengedepankan budaya barat/modern dan budaya komersialisasi.
  3. Iklan-iklan perusahaan swasta maupun perusahaan negara sebaiknya menggunakan atau menampilkan budaya Indonesia secara jelas, nyata dan terang-terangan, bukan hanya sekedar imajinasi teatrikal.
  4. Lembaga-lembaga non-pemerintah dapat menggerakkan masyarakat dan budaya Indonesia dan menyiarkannya melalui berbagai media massa.

Pidato Presiden Soekarno

Ini dadaku, mana dadamu?
Kalau Malaysia mau konfrontasi ekonomi,
Kita hadapi dengan konfrontasi ekonomi.
Kalau Malaysia mau konfrontasi politik,
Kita hadapi dengan konfrontasi politik.
Kalau Malaysia mau konfrontasi militer,
Kita hadapi dengan konfrontasi militer.



Update :
Menurut berita Metro tv tadi sore (24/08/09), pemerintah malaysia telah menyampaikan maaf atas penggunaan Tari Pendet Bali dalam iklan malaysia, dengan alasan bahwa iklan tersebut dibuat oleh pihak ketiga.

Bullshit... gak jantan. Iklan itu pesanan pemerintah malaysia, maka jangan salahkan pihak ketiga yang telah memasukkan Tari Pendet Bali tersebut. Seharusnya pemerintah malaysia meminta maaf dan bertanggung jawab penuh tanpa menyalahkan pihak ketiga pembuat iklan tersebut.

Tulisan ini terinspirasi dari Perspektif Majalah Indocita Oil & Gas Business and Community, Edisi Juli 2009
Malingsia is malingsial


selengkapnya...

23 Agustus 2009

Kaca pembesar | HUT RI | Fanny | Bintang Utara | buwel

Cuma mo majang award aja. Lagi kehabisan ide mo ngebahas apa. hehehehe...........

Bagi yang belom punya award di bawah ini, langsung dikopas aja ya.
Jangan malu-malu....

dari fanny dan juga dari mocca-chi



dari ibnu mas'ud


ulang tahun pertama
magnakanta rusak parah

Freelance Graphic Designer

From buwel sendal stroberi


selengkapnya...

20 Agustus 2009

Marhaban ya Ramadhan


Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan


Mohon maaf lahir bathin


Kebaya elok dipadu padan
Disetrika agar selalu licin
Telah datang bulan Ramadhan
Mohon maaf lahir bathin

ucapan mohon maaf lahir bathin
SmS Pantun Menyambut Lebaran / Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal
sms | pantun | selamat menyambut bulan Ramadhan
marhaban ya ramadhan






selengkapnya...

17 Agustus 2009

Bisnis Online | Mencari Uang di Internet

Umumnya bisnis online adalah bisnis WAH alias Work At Home. Yup... dengan bekerja di rumah, yang tentunya telah memiliki jaringan internet, kita bisa bekerja untuk mendapatkan uang. Bekerja disini bisa dalam artian

"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"

Banyak cara menghasilkan uang alias duit dari internet yang tentu saja secara online. Dalam hal ini aku lebih cenderung menggunakan istilah Bisnis Online daripada Bisnis Internet. Online mengacu kepada terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (a state of connectivity). Internet mengacu kepada suatu sistem terhubungnya suatu perangkat dengan suatu/lebih perangkat lain (The Internet is a global system of interconnected computer networks that use the standard).

Bagaimana mungkin suatu bisnis bisa dikenal/diketahui dan bisa laku dijual jika tidak dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain. Maka suatu bisnis harus bisa dilihat/dirasa/didengar oleh orang lain dengan cara menghubungkannya dengan orang lain tersebut (online). Cara terhubungnya bisa dengan berbagai cara (intranet/internet/lan/wan/man/wlan/wman). Dalam bisnis secara fisik (offline), kita bisa membuka toko/warung/kedai/lapak atau sejenisnya agar dilihat orang sehingga orang tertarik dan mau membeli barang/jasa yang kita jual. Tentu saja penempatannya merupakan hal penting, seperti yang disebut dalam ilmu marketing sebagai 3P (Place, Place, and Place).

Sekarang ini, banyak bisnis offline yang dijadikan bisnis online. Menjual baju bisa dilakukan secara online. Menjual jasa penjualan tiket bisa dilakukan secara online. Menjual tulisan bisa dilakukan secara online.

Berbagai jenis bisnis online dapat dikerjakan, baik dengan menggunakan modal yang besar maupun dengan modal dengkul alias gratis. Bisnis online yang menggunakan modal misalnya bisnis jual beli uang (foreign exchange). Dimana kita menempatkan sejumlah uang pada broker/pialang/makelar seperti www.asiakomoditi.com atau belajarforex.com ataupun yang lainnya. Bisnis online yang tidak menggunakan modal bahkan bisa gratis misalnya review-blog atau buy-sell link ataupun model lainnya yang umumnya dilakukan para blogger. Dengan menggunakan blog-blog gratisan, kita bisa menghasilkan uang. Modalnya bisa dikatakan tidak ada, diluar komputer/laptop dan jaringan internet, sekurang-kurangnya pergi ke warnet atau nebeng sama temen.

Sebelum memulai bisnis online di internet, perlu diperhatikan tips bisnis berikut ini :

  1. Tentukan bisnis yang akan dijalani. Pertanyaan dasarnya adalah "apa yang bisa saya jual dan berapa modal yang dibutuhkan?".
  2. Lakukan riset dengan bertanya kepada orang-orang yang telah menjalankan bisnis yang akan kita jalani, baik melalui komentar di web/blognya ataupun melalui imel. Riset juga bisa dilakukan dengan menyampaikan atau melakukan pencarian dengan bantuan mbah Google
  3. Pelajari aturan berbisnis offline/fisik/dunia-nyata, karena aturan tersebut juga berlaku di dunia maya.
  4. Lakukanlah secepat dan setepat mungkin untuk mengurangi resiko.
  5. Yakinkan dalam diri bahwa semua bisnis selalu ada resiko, yang diperlukan adalah me-manage resiko tersebut.

Keadaan sekarang ini, bagi para pembeli yang ingin mencari barang/jasa secara online, tidak akan lepas dari mesin pencari. Salah satu mesin mencari yang terkenal adalah Google. Selain itu juga ada Bing yang baru diluncurkan, MSN, Yahoo, ataupun yang lain. Google menjadi mesin pencari yang paling banyak dipakai orang (Google-minded), sehingga kegiatan mencari informasi melalui Google biasa disebut "Googling". Hal ini membuat pebisnis online yang menggunakan web/blog, selalu berharap berada di halaman terdepan mesin pencari untuk pencarian apapun yang dicari oleh pengguna.

Maka, untuk bisnis online yang menggunakan web/blog (seperti yang biasa dilakukan blogger), pastikan bahwa web/blog kita bersahabat dengan mbah Google, dengan cara :

  1. Pastikan Google mengindeks web/blog kita. Cara cepat dan sederhana agar cepat terindeks adalah dengan menuliskan komentar yang relevan di web/blog maupun forum yang ramai pengunjungnya dan mempunyai fasilitas untuk menuliskan alamat (url) web/blog kita. Sehingga, ketika Google mengindeks web/blog yang telah dikomentari, maka alamat web/blog kita pun ikut terindeks.
  2. Pastikan untuk selalu meng-update web/blog kita, sebisa mungkin update harian dan isinya meyakinkan.
  3. Lakukan Search Engine Optimation (SEO). Jika belum bisa, kita bisa bertanya melalui Google. Salah satunya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk menggambarkan isi web/blog kita. Kata kunci ini bisa ditempatkan di judul blog, keterangan blog (description), keterangan isi (content), judul artikel/postingan, dan lain-lain.
  4. Jangan mengiklankan diri sehingga dapat mengganggu orang lain. Di dunia nyata, pemasangan iklan di atur oleh Peraturan Daerah masing-masing pemerintah daerah. Demikian juga di dunia maya, aturan dipegang oleh pemilik web/blog.


"kesenangan menghasilkan kerja, kerja menghasilkan kesenangan"



Merdeka!!!

(dari berbagai sumber)




selengkapnya...

15 Agustus 2009

Chemistry and Physics Tutoring

The science concerned with the composition, structure, and properties of matter, as well as the changes it undergoes during chemical reactions is called Chemistry. Chemistry is word from Egyptian "kēme" (chem) meaning "earth", it comes from the earlier study of "alchemy". So many definition of Alchemy. The first definitions of alchemy is provided by Zosimos of Panopolis (about 330 A.D). Zosimos said that "alchemy" is the study of the composition of waters, movement, growth, embodying and disembodying, drawing the spirits from bodies and bonding the spirits within bodies (wikipedia). After the chemical revolution (1773), Chemistry definition is the art of resolving mixt, compound, or aggregate bodies into their principles; and of composing such bodies from those principles (Georg Ernst Stahl, German chemist and physician, October 22, 1659 – May 24, 1734). Because of Chemistry connects the other natural sciences such as astronomy, physics, material science, biology, and geology; so Chemistry is always called called "the central science". Physics - always called "natural science" that connects to chemistry - is the study of matter and its motion through spacetime and all that derives from these, such as energy and force. The Physics word is from greek mean "nature".

Many people think that chemistry and physics study is too difficult. Remembering and explaining the formula is the most problems we face it. To solve this problem, we need Chemistry Help and Physics Help from tutor. Chemistry Tutoring and Physics Tutoring are designed to help us get the desired edge in the subject. With professional chemistry tutor and physics tutor that give personal touch one-on-one tutoring.

This is the simple way to get online chemistry tutoring and online physics tutoring. The tutoring using the virtual whiteboard workspace both tutor and student draw and write to share problems, solutions and explanations, and work with simulations and animations to maximize learning. Tutor can also chat by using the instant message box and available 24x7.

so...
Get Chemistry help from the best online Chemistry tutor
Get Physics help from the best online Physics tutor
Right Now!!!

Don't let our children left behind with this subject.



selengkapnya...

13 Agustus 2009

IMF dan Kehancuran Hutan Indonesia

Pada suatu sore
Kriiing...tit..tit..tit..
Kriiing...tit..tit..tit..
Kriiing...tit..tit..tit..

Aku melompat dari tempat duduk, mendekati alat yang berbunyi tersebut. Sudah lama aku tidak mendengar alat tersebut berbunyi, sehingga aku cepet-cepet melompat untuk mengaktifkan alat lain pendukung alat yang berbunyi tersebut. Alat yang berbunyi tersebut adalah sebuah alat sadap yang terpasang di suatu titik strategis di rumah sebelah, tepatnya di rumah Hary dan Ayu. Alat ini harus didukung dengan perekam dan transkrip. Maka aku mengaktifkan kedua alat tersebut.

Yup, bener... sudah lama aku tidak mendengar alat ini berbunyi. Terakhir kudengar adalah hari Selasa 7 April 2009.

Begini hasil sadapannya :
Ayu : Mas, nanam pohon yuk di halaman.
Hary : untuk apa?
A : ikutan bang attayaya

hidung aku langsung ngembang sebesar lubang ember begitu namaku disebut...

H : emang kenapa ama bang atan tu
A : itu lho mas...
H : apanya yang itu?
A : yeeee... omongan belom selesai dah dipotong
H : ok buk kumendan... lanjut
A : itu lho mas, halaman rumah bang atan khan ijo royo-royo, sueejuk gitu lho mas. Jadi kita buat halaman kita sejuk kek gitu juga. Banyak pohon gitu lah...
H : setelah ditanam, abis tuh ditebang...
A : ga gitulah mas..
H : lha kek hutan yang pohonnya ditebang abis-abisan tuh, baik oleh masyarakat maupun oleh pengusaha.
A : kok ditebang sih... khan pohon banyak manfaatnya ketika hidup
H : bener sayangku. Pohon itu bermanfaat untuk paru-paru dunia. Pohon bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia. Pohon bisa jadi penangkal kerusakan lingkungan. Pohon bisa ......
A : ya...ya...ya... mas tuh khan baru tahu hal itu setelah ngebaca blog bang atan, terus mas minjem bukunya. Udah mbalikin bukunya bang atan belom, itu lho yang tentang global warming?
H : Astaghfirullah.... buku bang atan belom mas mbalikin. duh... ntar malem deh mas mbalikin sekalian minta maaf, khan mau puasa.
A : hooh...
H : bukunya bagus

lho... jadi mereka toh yang minjem buku milikku.... yo wes... thak pikir buku itu dah hilang

A : jadi ga nanam pohon?
H : ya jadilah
A : kok kek terpaksa gitu?
H : ga kok, mas khan dah tahu kalo pohon-pohon itu sangat bermanfaat...
A : tapi kok tega sih ditebang ma pengusaha itu mas. Mereka tega menebang dan tidak menanam penggantinya. Hewan-hewan pada tersingkir. Tanah Ulayat masyarakat dirambah. Hutan Lindung dan hutan alam lainnya juga dibabat. Lingkungan jadi panas. Kemarau jadi panjang. Waduk jadi kering. Tanah jadi gersang...
H : setop....sentop... kok Ayu yang jadi ngomel?
A : hehehehehe... ayu lagi kesel aja bang
H : eh... abang atau mas?
A : maaf mas, dah kebiasaan tinggal di daerah melayu. Jadi terbiasa memanggil bang atau abang.
H : ya sehhh dek. Bang atan bilang itu namanya "MEMIJAK BUMI, MENJUNJUNG LANGIT"
A : ya bang, eh... Ayu suka memanggil mas Hary dengan bang Hary. Ayu ganti gitu aja ya bang Hary.
H : oke deh, bang hary juga memanggil Ayu dengan dek Ayu atau adek Ayu.
A : eh.... kok kayak lagi pacaran aja
H : hehehehe.... ga apa-apa deh. Kata bang atan, hal yang seperti ini akan menambah erat hubungan somi-ngistri
A : suami isteri?
H : ya gitu deh
A : bang Hary, kata bang atan tuh tentang memijak...memijak tuh apaan ya?
H : itu lho sesuai peribahasa "dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung", yaitu mengikut adat kebiasaan dimana kita tinggal.
A : o... gitu ya. Jadi kalo kita yang orang Jawa, sebaiknya mengikut juga adat orang Melayu.
H : ya... tanpa melupakan adat kita. Seperti bang atan, dia juga bisa berboso njowo. Khan dia pernah tinggal di Jogja selama 2 tahun kalo ga salah.
A : ya seh bang, Ayu pernah ndenger bang atan pake boso jowo ma temennya, walo banyak salah, tapi bang atan cuek aja tuh. pake bahasa jawa ngoko.
H : ya bang atan khan belajar boso jowo di Jogja, selain dia juga menimba ilmu santet
A : jahhhhh... kok ilmu santet
H : eh... ilmu pengetahuan tentang perencanaan kalo ga salah.
A : denger-denger gitu seh bang
H : ya.. itulah seperti yang disebut bang atan "memijak bumi menjunjung langit", pas dia lagi di Jogja, dia juga belajar ma temen-temennya tentang adat Jawa, suka duduk di angkringan, suka makan nasi kucing, hal-hal kebiasaan orang Jogja. Tapi dia tetap tidak akan melupakan budaya leluhurnya Melayu yang tercampur ma Bugis dan Betawi. Makanya kalo denger bang atan ngomong, pasti dia campur-campur antara bahasa Melayu, ada sedikit Jawa, dan ada bahasa betawi modern gitulah.
A : bahasa bugisnya malah ga pernah denger.
H : hehehehe.. bang atan cuma bisa bilang "mandre jokka jokka" abisan dia belom pernah ke Sulawesi kampung bapaknya seh...

bah... tetanggaku ini ternyata nggosipin aku rupanya.... Bahhhh... aku khan bisa logat Medan juga
Baaahhh... omongan tetanggaku ini kok jadi ngelantur kesana-kemari sehhhh.....


A : bang, dah jam 5 neh, ntar keburu sore, ga bisa ntar nanam pohonnya.
H : o i a....
A : semoga pohon yang kita tanam bisa nyaingi pohon bang atan
H : ya dan bisa nyaingi lebatnya hutan
A : asal ga ditebang kalo ga perlu ditebang
H : ya... asal jangan kek IMF
A : kok IMF International Monetary Fund? ga nyambung ah...
H : makanya baca buku bang atan
A : emang ada apa?
H : kata buku itu, IMF yang tahun 98 datang memberikan bantuan untuk Indonesia, telah menyebabkan makin hancurnya Indonesia.
A : kenapa begitu bang?
H : IMF ama CGI telah....
A : setop... CGI tuh apaan?
H : CGI tuh Consultative Group of Indonesia sayangku manisku manjaku
A : ok... lanjut...
H : IMF ama CGI telah mensyaratkan jika Indonesia mau mendapatkan kucuran bantuan dana, maka Indonesia harus mematuhi 12 komitmen. Salah satunya adalah pencegahan penebangan liar.
A : itu khan bagus
H : Tetapi ironisnya, melalui Letter of Intent yang disingkat LoI tertanggal 15 Januari 1998, IMF memaksa Indonesia untuk membuka kran ekspor kayu log, kayu yang masih dalam bentuk bulatan yang belom diolah menjadi barang atau produk turunan.
A : kenapa begitu bang?
H : Aneh, Indonesia tuh kekurangan kayu untuk industri dalam negerinya, tetapi kok malah disuruh alias dipaksa mengekpor kayu bulatan. Lagipula Indonesia sudah mengalami pengalaman traumatis terhadap ekspor kayu log bebas pada tahun 1970-an. Dengan pemberian izin ekspor kayu log bebas, maka pencurian kayu dan penebangan liar malah menjadi merajalela. Indonesia juga kehilangan pemasukan pajak dan lalu industri kayu dalam negeri kekurangan bahan pasokan industrinya, sehingga industri kayu Indonesia tidak berkembang.
A : astaga... seperti itu rentetan kejadiannya ya bang?
H : ya... lagipula, penjaga hutan Indonesia alias jagawana juga kurang. Departemen Kehutanan kekurangan tenaga untuk menjadi jagawana. Maklum kerja jagawana itu khan di dalam hutan, banyak anak muda Indonesia yang ga mau kerja dalam hutan menjaga hutan. Anak muda jaman sekarang maunya kerja kantoran. Pake dasi, pake kemeja licin, pake wangi-wangian.
A : jangan sindirtis eh... menyindir begitu dong bang
H : lha iya... susahnya mencari anak muda yang mau pake sepatu bot berat, baju seragam hijau yang berat, bawa ransel yang juga berat, terus disuruh keliling-keliling hutan untuk patroli.
A : berat seh... makanya kita patut berterima kasih kepada jagawana yang telah mau bekerja dengan baik.
H : kalo jagawana tidak bekerja dengan baik?
A : pecat aja!!! bisa-bisa mereka juga malah ikutan nebang pohon.
H : hush... ga bole gityu
A : ya..ya..ya..
H : eh... abang mau menggali lobang untuk nanam pohon dulu lah
A : ya... ntar kita tanam pohon sama-sama
H : ya semoga pohon ini bisa menyumbang kepada lingkungan yang lebih baik, walaupun sedikit.
A : lama-lama jadi bukit bang
H : ya sayangku manisku manjaku

tiiiiiiiiiiiiiiiiittttt.........
bahhhhhh kaset perekam dah habis....

Hancurnya Hutan Indonesia karena kebijakan IMF sih.... berita lama. Semua orang juga tahu. Walopun hal ini tidak kasat mata. Tetapi kebijakan IMF telah benar-benar menghancurkan hutan Indonesia. Lho...kok bengong gitu. Jangan suka bengong, ayam tetanggaku mati karena suka bengong. Wakakakakaka.......

Tulisan terinspirasi dari :
Semua artikel dengan label "Menyadap Ayu dan Hary"

Buku "Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan"
Oleh : Prof. DR. Hadi Alikodra, et.al
Pengantar oleh : Prof. DR. Emil. Salim
Penerbit Nuansa, 2008




selengkapnya...

10 Agustus 2009

Pink Panther | Lyric, Theme, Video, History, Award

Postingan ini terinspirasi dari award yg kuterima (kebetulan lagi jutek gatau mo mosting apa). Rencananya mo mosting tentang IMF dan dampaknya terhadap kehancuran hutan Indonesia, cuma bukunya lupa narok dimana. Hayoooo ada yang minjem ga???!@#$%^

So, thus, jadi, enakan mosting pink panther. Film seri lama yang menampilkan seorang polisi detektif Prancis yang sedikit gagap atao salah tingkah (bumbling) bernama Jacques Clouseau. Film seri ini muncul pertama kali tahun 1963 beriringan dengan pemutaran film bioskop dengan judul sama, The Pink Panther. Diperankan oleh Peter Sellers dengan sutradara Blake Edwards serta komposisi musik tema oleh Henry Mancini. Film pertama ini, memiliki bagian pembukaan yang dibuat secara animasi oleh DePatie-Freleng (David H. DePatie and Friz Freleng) Enterprises, dan karakter kartun Pink Panther itu sendiri didesain oleh Hawley Pratt. "The Pink Phink" yang keluar tahun 1964 memenangkan Academy Award 1964 untuk Animated Short Film (Film Animasi Pendek). Karakter Pink Panther (secara resmi disebut "The Man") menggambarkan seekor panther yang berekor panjang dan memiliki janggut serta tentu saja berwarna merah jambu atao merah muda atao pink.


The Pink Panther 2 dirilis tanggal 6 Februari 2009 di North America sebagai sekuel dari The Pink Panther rilisan tahun 2006 bergenre film komedi detektif, petualangan, misteri. Dirilis oleh Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) Pictures dengan Columbia Pictures dengan produser Robert Simonds dan sutradara Harald Zwart dan dibintangi oleh Steve Martin, Jean Reno, Alfred Molina, Emily Mortimer, Aishwarya Rai Bachchan, Andy García, Yuki Matsuzaki, Johnny Hallyday, Lily Tomlin, John Cleese, Jeremy Irons. Komposer musik oleh Christophe Beck dan tetap menggunakan tema lagu Pik Panther yang telah dibuat dahulu kala oleh Henry Mancini. Lokasi pengambilan film di sekitar Massachusetts, USA (Bedford, Boston, Chelsea, Ipswich, Westwood, Winchester), New Jersey, USA (Trenton), dan Paris, France.

Ini video kartun pink panther di youtube.com



Ini trailer The Pink Panther 2 movie youtube.com




Lyric Pink Panther Theme
from : http://www.lyricsdownload.com/

Think of all the animals you've ever heard about
like rhinoc'ruses and tigers cats and mink
There are lots of funny animals in all this world
But have you ever seen a panther that is pink?

Think!

A panther that is positively pink,

Well here he is, the pink panther,
The rinky-dink panther,
Isn't he a panther ever so pink?

He really is a groovy cat,
and what a gentleman, a scholar, what an acrobat !

He's in the pink - the pink panther
The rinky-dink panther,
and it's as plain as your nose,
that he's the one and only, truly original,
Panther-pink (panther) from head to toes !




Nah yang ini adalah award yang berwarna pink.
Bukan hanya stroberi yang berwarna pink, seekor panther pun bisa berwarna pink.

mba Tisti yang lagi ngidam pink, bener ga ya?




mas ibnu ma'ud




sumber :
sonypictures.com

selengkapnya...

08 Agustus 2009

Mafia Wars, Farm Ville, Need For Speed, Collin McRae | The Game

Gatau mo mosting apa. Dari beberapa hari lalu keasikan maen MW & FV plus kerja numpuk, cucian numpuk, setrikaan numpuk. Jahhhh..........

Maen Mafia Wars (MW) dan Farm Ville (FV) tuh ga ngabisin waktu sehhh sebenarnya. Khan bisa ditinggal-tinggal. 1 kali klik kerja atau bertarung, terus ditinggalin berjam-jam juga ga apa-apa. Mirip-mirip Sim City gitu deh. Beda kalo maen Need For Speed (NFS) ato Collin McRae (CMR) yang kalo udah mulai ngebalap, ga enak kalo harus nge-pause, dah hilang mood jadinya. NFS ato CMR pake kode cheat juga kadang ga enak, abisan ga suka ngebohong seehhh... haiyahhhh...

Jadi kalo komputerku dah idup, buka MW dan FV, lalu ngambil semua hadiah, terus klik kerja. Kalo dah habis energi, langsung mulai bertarung yg menggunakan stamina dan kesehatan (bukan kesetanan). Kalo dah abis semua, yaaaa udah, tinggalin aja (ditutp juga ga apa2). Ntar pas jam istirahat, semua nilai biasanya dah kembali normal. Jadi kerjaan resmi ga terganggu banget. FV juga begitu, terima hadiah, kirim hadiah, memanen hasil. Dah itu aja, tutup lagi.

Dah sekitar 2 minggu ini aku jarang BW, kok rasanya malessssssssss banget, tapi mempublish komen yang dimoderasi tetap dilakukan tiap hari. Palingan 2 hari sekali BW ngebales semua komen.

Nulis postingan juga lagi malessssssss banget, padahal kalo aku komen ke teman2 laen, aku tetap menyemangati mereka agar tetap semangat. Lha kenapa jadi aku sendiri yg ga semangat-semangat amat??!@#$%^&*()&*^&%

Apa karena MW FV?
(NFS & CMR dah lama ga dimainin lagi)
Jahhhhhh gatau lah

AYO SEMANGAT!!!

KEEP FIGHT!!!




selengkapnya...

07 Agustus 2009

Radio pergi umrah keliling dunia

Masa sih radio bisa pergi umrah? Kagak mungkin lah.
Yup .... emang bener temen-temen seperjuangan semua.

Ini cuma mo bilang bahwa ateh75 tuh lagi pergi umrah trus ngasi award ke aku, lalu Sastra Radio juga ngasi award yang sama persis ma yang dikasi ateh75. Lha jadi gambarnya 1 aja ya.

ateh75
sastra radio



Nah yang ini dari tukang keliling dunia polar yang sedang mindahin barang2nya ke blog baru.




bayu the maniac yg aku gatau awardnya yg mana satu, abisan buaaaanyaaakkkk amat.

Yo... man
I lop yu pul




selengkapnya...

06 Agustus 2009

Manage our waste | Save our earth

"Green" is represent the color of Environmentalism and Environmental concerns. The term of "Greenie" is informal or derogatory label for environmentalists. Broad philosophy and social movement regarding concerns for environmental conservation and improvement of the state of the environment always called "environmentalism". The social movement try to influence the political process by lobbying, activism, and education in order to protect natural resources and ecosystems. Why we need environmental social movement? It just because of environmental issues or problems like climate change (Global warming, Global dimming, Fossil fuels, Sea level rise, Greenhouse gas, etc), Conservation (Species extinction, Pollinator decline, Coral bleaching, Holocene extinction event, Invasive species, Poaching, Endangered species), Land degradation, Nuclear issues, Pollution (water, land and air pollution), Toxins, Waste (E-waste, Litter, Waste disposal incidents, Marine debris, Landfill, Leachate, Recycling, Incineration), and other issues.

Waste (rubbish, junk, trash or garbage) is unwanted substances or toxins that are expelled. We need to manage it because in order to reduce the negative impacts waste has on environment and society or it can be negative impacts upon the wider environment. Paper, plastic, metals, glass, food waste, human and animal waste, wood, etc are some of the material waste. We can dump it in a "bin". Skip bin hire Sydney is one of example that we don't need buy a bin. We just hire it. The simple way to manage our waste.

In other cases, we face other problem with e-waste. E-waste (e-scrap, electronic waste, or Waste Electrical and Electronic Equipment (WEEE) or disused IT equipment) is loosely discarded, surplus, obsolete, broken, electrical or electronic devices. E-waste causes serious health and pollution problems due to the fact that electronic equipment contains some very serious contaminants such as lead, cadmium, beryllium and brominated flame retardants. Damaged/broken/secondary computers, mobile phones, entertainment devices (cd/dvd player, speaker, radio, television), refrigerator, or broken lamp are some sample of e-waste. Electronic waste removal is the sevice that can help us to divert hazardous materials from landfill, enhance our environmental reputation and simultaneously improving businesses environmental performance.

Waste management education and awareness is increasingly important from a global perspective of resource management. Our ozone layer and our green-house-gases are threaten by our waste. Do you able to face that our environment damaged by ourself? Do you able to face that our children can not breath normally anymore? If you love your family, you can make them happy in good health environment.

Don't be late.
Manage our waste right now!
Safe our family!
Safe our earth!



selengkapnya...

05 Agustus 2009

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Propinsi Riau ke-52 Tahun 2009

TEMA HUT PROPINSI RIAU KE-52
Dengan HUT Propinsi Riau ke-52 kita tingkatkan semangat kebersamaan membangun negeri menuju Riau yang Gemilang, Cemerlang dan Terbilang



Propinsi Riau berulang tahun pada tanggal 9 Agustus yang mana pada tahun 2009 ini merupakan ulang tahun yang ke 52. Penentuan tanggal dan umur Propinsi Riau berdasarkan hasil Sidang Kabinet yang menyetujui membagi Provinsi Sumatera Tengah menjadi tiga Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi dan Provinsi Riau dengan Undang-undang Darurat Nomor 19 tahun 1957 bertanggal tanggal 9 Agustus 1957 dan telah ditanda tangani oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
(Baca lengkapnya sejarah Riau : disini dan disini)

Sekarang, dengan otonomi daerah yang telah dilaksanakan bersama-sama dengan seluruh daerah di Indonesia, menjadikan Propinsi Riau lebih menggeliat lagi dalam pembangunan di segala bidang. "Dikomandani" oleh Gubernur Riau Rusli Zainal yang biasa disebut Rusli Zainal Sang Visioner lebih menjembatani keinginan rakyat dan kemampuan pemerintah.

RIAU GEMILANG, CEMERLANG, dan TERBILANG



SUB TEMA HUT PROPINSI RIAU KE-52
  1. Dengan semangat HUT Propinsi Riau ke-52 kita tingkatkan semangat kebersamaan untuk mensukseskan penyelenggaraan PON ke XVIII di Propinsi Riau

  2. Dengan semangat HUT Propinsi Riau ke-52 kita tingkatkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan masyarakat Riau yang sejahtera lahir dan bathin

  3. Dengan semangat HUT Propinsi Riau ke-52 kita wujudkan masyarakat Riau yang cerdas, gemilang, cemerlang dan terbilang.



selengkapnya...

03 Agustus 2009

Rosaceae Fragaria Strawberry Aardbei | Tukang Parkir

Strawberry merupakan tumbuhan buah herba dengan berbagai jenis spesies dari keluarga bunga Ros. Lebih dari 20 jenis ditambah beberapa hibrid dan pembiakan silang. sebagian orang menyebutnya buah "arbei" (dari bahasa Belanda "aardbei"). Jenis yang cukup terkenal adalah hasil persilangan dari jenis Fragaria × ananassa. Buahnya berwarna hijau ketika sedang berkembang dan berubah menjadi merah ketika telah masak. Awal namanya dari bahasa Inggris kuno "streawberige" yaitu gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry".

Pengelompokan jenis strawberry adalah berdasarkan jumlah kromosomnya yaitu diploid (2 pasang dari 7 kromosom), tetraploid, hexaploid, oktoploid, dan dekaploid.

Struktur Keluarga Strawberry
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Rosales
Family : Rosaceae
Subfamily : Rosoideae
Tribe : Potentilleae
Subtribe : Fragariinae
Genus : Fragaria

Genus/Jenis Strawberry antara lain :
Cotoneaster sp. (Cotoneaster)
Fragaria chiloensis (Beach Strawberry)
Fragaria vesca (Wood Strawberry)
Heteromeles arbutifolia (Toyon Bush)
Holodiscus discolor (Cream Bush)
Horkelia californica (California Horkelia)
Oemleria cerasiformis (Oso Berry)
Potentilla anserina ssp. pacifica (Pacific Cinquefoil)
Potentilla glandulosa (Sticky Cinquefoil)
Potentilla hickmanii (Hickman's Cinquefoil)
Rosa gymnocarpa (Wild Rose)
Rubus parviflorus (Thimbleberry)
Rubus spectabilis (Salmonberry)
Rubus ursinus (California Blackberry)

Manfaat Strawberry :

  1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
  2. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut.
  3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.
  4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.
  5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).
  6. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.
  7. Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.
  8. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!
  9. Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.
  10. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.
  11. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare.

Siapa yang tak kenal buah strowberry, dah kenal khan???.... itu lho adik kandung dari handphone blackberry hehehehehe.... eh ga ding.

Kalo stroberi di jus enak ga?
Ya enak lah...
suer tekewer-kewer...
Dalam bentuk award juga enak.


Ini award jus dari Tukang Cerpen




Sekalian mo majangin award Tukang Parkir dari Tukang Parkir Gokil



Tarif Pajak dan Retribusi Parkir untuk Kota Pekanbaru diatur dalam Peraturan Daerah Nomor berapa hayooooo.....

jaaahhhhh kok nyampe ke Perda segala seehhhh..........


Award ini kulanjutkan lagi kepada :
Adria Khan Blogger Pekanbaru yang telah sudi mampir ke gubukku yang reot
Rita Susanti Blogger Jakarta asal Rengat - Inhu - Riau


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Garden_strawberry
http://en.wikipedia.org/wiki/Fragaria
http://plants.montara.com
http://bandung-sapuluh.yahooboard.net/
http://just-fatamorgana.blogspot.com
http://pekanbaru.go.id
selengkapnya...

02 Agustus 2009

Teknologi Wimax | Akses Internet Super Cepat yang Super Murah

Pemerintah Indonesia telah menetapkan pemenang delapan lelang akses pita lebar tanpa kabel atau Broadband Wireless Access dengan teknologi WIMAX (Worlwide Interoperability for Microwave Access). Ini berita halaman 1 dari Koran Kontan (Kompas Gramedia) tertanggal 1 Agustus 2009.

Membaca itu aku teringat ketika aku mengikuti pelatihan singkat penjelasan Wimax oleh Kang Onno W. Purbo tahun 2008 kemaren (kalo ga salah yaaa.... bener) di Mal Simpang Komersil Arengka (Mal SKA) Pekanbaru yang diselenggarakan oleh Apkomindo Riau (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia). Kang Onno menjelaskan bahwa dia bersama temen-temennya telah berhasil mengoprek antena WIMAX dan membuatnya menjadi murah meriah dengan jangkauan sekitar 45 kilometer!!! Woowwww fantastis.

Jarak tersebut bisa dicapai karena percobaan dilakukan di area perbukitan dekat Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali mengarah ke bawah (ke kota Denpasar). Kemudian tidak ada halangan apapun atas jalur gelombang (line of sight / LOS). Kang Onno emang sering ngoprek alias ngutak-atik jaringan, termasuk ngoprek "wajan bolik" (udah kucoba dan berhasil). Wajan untuk memasak dibuat menjadi antena parabolik dengan menggunakan Wireless USB Adapter. Cuma aku masih terkendala bahwa wajan bolik buatanku cuma mampu menangkap sinyal sampe jarak 1 km, sedangkan buatan kang Onno bisa mencapai 3 km.

Kembali ke laptop... eh Wimax. Kulihat, antenanya cukup sederhana, cuma sekeping lempengan PCB sekitar 40 x 40 cm. Lalu diberi lapisan tembaga seperti membuat sirkuit balap eh... sirkuit elektronik (aku gatau istilahnya). Pola lapisan itulah yang membedakan antena Wimax dengan sirkuit elektronik yang lain. Pola khusus tersebut bisa didownload di rumah kang Onno (juga di ngoprek.org).

Wimax adalah salah satu teknologi BWA yang menyediakan jaringan data dan internet kecepatan tinggi tanpa kabel dengan cakupan area yang luas. Teoritisnya bisa mencapai 12-15 km dari posisi pemancar. Wimax lebih luas dari WiFi (Wireless Fidelity). Pada Wimax, tidak diperlukan tower/menara antena tidak perlu banyak karena cakupannya yang luas, sehingga mengurangi biaya investasi.

Yup semoga pemerintah bisa memberikan layanan internet murah meriah cepet dan berkualitas.
Semoga seperti di Singapore yang bisa menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakatnya.

Semoga.....




selengkapnya...

01 Agustus 2009

One minute writer

We have 1.440 munites a day
Use one of them to write

Kita punya 1.440 menit dalam 1 hari
Gunakanlah beberapa menit untuk menulis


That's good word
Try it
And u make more entry post
Try ur best
And u finally found who u r

from : One Minute Writer

Gunakan untuk yang bermanfaat
Dan jangan lupa shalat



selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Agustus 2009 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah