31 Mei 2009

30 Mei 2009

Tantangan Karbon : Tahukah Kamu? - 2

Melanjutkan postingan tentang permainan Tantangan Karbon Level 1, yuk kita kembali ke situs Tantangan Karbon (http://www.tantangankarbon.com/).

Game online Tantangan Karbon Level 2 : TAHUKAH KAMU?

Mencuci bahan sutera atau bahan wool tidak harus selalu meggunakan jasa dry cleaning. Kita bisa mencucinya sendiri dengan tangan. Caranya rendam bahan dalam air, aduk dengan lembut membentuk pusaran, namun jangan dikucek. Lalu gunakan deterjen atau material pembersih dengan PH di bawah 7, juga jangan dikucek. Setelah selesai, remas-remas dengan lembut, tapi jangan dipuntir atau dipaksa hingga air keluar semua. Ini bisa membuat bahan tersebut mengkerut. Setelah diremas-remas, baringkan bahan tersebut di atas handuk dan rentangkan secukupnya, sesuai dengan bentuk semulanya, lalu jemur. Jarum pentul atau jepitan mungkin bisa membantu menjaga rentangan tersebut. Untuk menghilangkan kerutan, cukup dengan menggantungnya saja setelah kering. Untuk membersihkan titik noda bisa dengan cuka atau jus limun, tetapi perhatikan dahulu apakah pewarnanya tidak mudah luntur.

Walau sampah biologis selalu bisa untuk dikompos, tetapi tidak semua disarankan. Sekam kayu yang merupakan sisa olahan kimiawi sebaiknya jangan dikompos, karena membawa materi berbahaya bagi mikroba. Begitu juga tanaman yang berpenyakit, kotoran manusia, kotoran hewan. Sampah-sampah ini bisa membawa organisme berbahaya yang membuat kita sakit parah. Sampah daging, tulang, dan lemak memang bisa diurai oleh mikroba pengurai, tetapi sampah seperti ini sangat menarik untuk organisme hama yang membawa penyakit seperti tikus. Harus berhati-hati untuk membuat kompos dari bahan tersebut.

Pengering pakaian bertenaga listrik mampu menarik daya hingga 6000 watt, sama seperti pemanas air bertenaga listrik. Pengering pakaian bertenaga gas jauh lebih efisien dari ini, tetapi tetap saja membutuhkan daya 720 watt. Sedangkan mengeringkan pakaian dengan tenaga matahari membutuhkan daya listrik sebesar 0 watt.

Emisi yang dilepaskan sebuah pakaian, 60% terkait dengan perihal mencuci dan mengeringkannya. Seumur hidupnya, sebuah T Shirt bisa menambahkan beban karbon sebesar 4 kg.

Untuk setiap ton gelas yang didaur ulang, kita menghemat 1,2 ton bahan mentahnya dan mencegah 317,5 kg karbon dioksida dilepaskan ke udara. Mendaur ulang 2 botol kaca menghemat energi, yang setimpal dengan kebutuhan energi dalam merebus air untuk 5 gelas teh.

Satu bohlam 60 watt yang dibiarkan menyala selama satu jam bisa mengemisi karbon dioksida sebanyak 9,525 kg.

Untuk memproduksi kertas daur ulang dibutuhkan 64 lebih sedikit energi daripada memproduksi kertas dari bubur kertas yang baru. Setiap ton kertas yang didaur ulang, menyelamatkan 17 batang pohon.

Perchloroethylene adalah substansi kimia yang biasa digunakan untuk proses dry-cleaning. Menghirup substansi ini bisa menyebabkan gangguan syaraf, liver, dan ginjal dalam jangka waktu pendek, dan gangguan pernafasan akut dalam jangka waktu panjang. Perchloroethylene diduga sebagai pengacau endokrin. Tubuh kita bisa keliru dan menganggapnya sebagai estrogen. Selain itu, substansi ini juga diduga bisa menyebabkan keguguran pada janin, namun penelitian dalam hal ini belum bisa sepenuhnya tervalidasi. Ditemukan juga, bahwa para pekerja dry cleaning ternyata mempunyai potensi lebih terkena berbagai jenis kanker.

Cuka dan jus limun bisa digunakan sebagai pembersih permukaan perabot yang sering kotor seperti wastafel, bak cucian piring, toilet, dan bak mandi. Cukup encerkan cuka atau jus limun, dan semprotkan dipermukaan yang akan dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu gosok. Dengan merendam kepala pancuran dalam cuka selama satu jam lalu membilasnya, kita bisa menghilangkan jamur-jamur yang melekat pada kepala pancuran tersebut.


selengkapnya...

Interesting Blog

Menurut Site Pro News (situs yang sering ngebahas tentang website dan blog), suatu blog dikatakan menarik dapat dinilai dari artikel dan tampilan. Kecepatan loading web/blog kemudian menjadi penilaian berikutnya. Nah, blog aku ga termasuk pada kriteria Site Pro News neh. Blog aku yang jelas kaco artikelnya, plus tampilan alakazam adakadabra ga jelas juntrungannya, plus loading yang lama menjadi sangat jauuuuuhhhh sekali dari dasar penilaian tersebut.

Tetapi bisa terdapat perbedaan penilaian terhadap sebuah blog. Sama seperti kalo kita bertanya "mana antivirus yang paling bagus dan bisa didownload gratis alias free?". Nah jawabannya bisa bermacam-macam. Jawaban menurut majalah PCMEDIA akan berbeda dengan jawaban dari majalah CHIP ataupun majalah Info Komputer. PCMEDIA tentu saja akan bilang bahwa PCMAV merupakan antivirus terbaik saat ini apalagi jika digabung dengan database antivirus dari CLAMAV. Sedangkan majalah CHIP mungkin menjawab NORMAN. Dan majalah Infokomputer akan menjawab AVI (Antivirus Info Komputer Indonesia). Demikian juga dengan majalah-majalah lain yang khusus mereview antivirus.

Tapi seorang blogger R. Devianty Tanjung Prawita from kawali-ciamis-manis berbintang scorpio dengan shio ular menaungi tanggal lahirnya, punya penilaian beda pula. Diberinya aku "Interesting Blog" padahal aku ga masuk dalam kriteria Site Pro News.
Wah....wah... tapi aku bersyukur dan berterima kasih banget.



Award ini kuteruskan kepada pemenang Lomba Desain Blog 101 Tahun Kebangkitan Nasional antar SMP dan SMU se-Provinsi Riau yang diadakan di Food Court Mall Pekanbaru tanggal 23-24 Mei 2009 lalu, yaitu Alfi dan Laksamana Embun, dhedy dan rangga beserta temen-temennya.
Selamat ya bro
Sukses selalu dan jangan lupa untuk terus berkarya.



selengkapnya...

The Best Investment

Investment is the active redirection of resources: from being consumed today, to creating benefits in the future; the use of assets to earn income or profit. Choice by individual or organization with some analysis to generating returns over a period of time. There are several type of invenstment such as property, stock securities, bonds, saving or deposit on bank, or may be some vehicle. Investment, in economic finance, is the commitment of funds by buying securities or other monetary or paper (financial) assets in the money markets or capital markets, or in fairly liquid real assets, such as gold, real estate, or collectibles.

In the modern world, if we want to get some guide or advice to buy gold or sell it as invesment, just simple we can visit the web. There is a web that we can buy gold bullion like The Gold Coins Gain as an advisors website. It have certified gold coins, gold bullion coins, and other precious metals. And so many testimonial that say how they are so lucky visit this web. They find the great offer, in addition to the above like American Platinum Eagle, Canadian Platinum Maple Leaf, American Silver Eagle, Canadian Silver Maple Leaf or Silver Rounds. These metals are always searching by people. And to make comfort and make it easy for visitor, it provide gold market analysts by the expert and also some news.

Don't spend your money for nothing.
Don't lose it.
Make it profit.
Gold is the best investment.




selengkapnya...

Menggambar Sketsa Wajah (Draw Face Sketch)

"Bang, punya aplikasi sketsa wajah?", tanya seorang anggota buru sergap Polsekta Bukit Raya Pekanbaru kepadaku melalui sms kemaren siang. Kubalas, "ga punya, ntar kucari deh". "siip bang, maksih ya", balasnya. Akupun gamau kalah, kubalas juga, "yo lah". Ini sms kek setrikaan bolak-balik aja. Bahhh dia pasti ngeburu penjahat mpe perlu ngebuat sketsa wajah. Umumnya polisi menggunakan sketsa wajah untuk mencari penjahat yang belom terdeteksi secara jelas wajahnya melalui poto atau rekaman lainnya. Sketsa dibuat biasanya oleh tukang gambar berdasarkan keterangan para saksi. Nah kalo tukang gambarnya ga ada, ya bisa pake aplikasi gratisan, ataupun buat gambar langsung secara online.

Coba lihat gambar di bawah ini, bang fiko, emo, reggie mungkin kenal ma orangnya.
Ini salah satu penjahat yang dicari-cari Pemerintah Kota Pekanbaru... karena mengetengahkan masalah songket yang harusya menjadi hak paten negara, bukan hak paten pribadi sesuai pasal 10 Undang-undang nomor 19 tahun 2001 tentang hak cipta.
huehehehehehe...... pissss lah......



Draw face sketch like professional police with Ultimate Flash Face
untuk yang ngebuat sketsa secara online bisa kunjungi
http://flashface.ctapt.de/

Untuk yang pengen ngebuat potonya menjadi sketsa pensil atau brush bisa download aplikasi gratis Photo to Sketch Pro di
http://photo-to-sketch-pro.software.informer.com/

Untuk sketsa wajah lucu-lucu di
http://www.magixl.com/heads/poir.php

Untuk yang aplikasi gratisan aku lupa alamatnya downloadnya...
ada yang bisa bantu?

Ini bukan review website lho, secara walaupun aku baru dibayar tadi siang atas review pertama dari Blogvertise melalui Paypal. Yihaaaaaaaaa........

alhamdulillah.......


selengkapnya...

29 Mei 2009

Tantangan Karbon : Tahukah Kamu? - 1

Berkunjung ke blog National Geographic Indonesia, ternyata menemukan sebuah permainan menarik yaitu Tantangan Karbon (http://www.tantangankarbon.com/). Game ini mengajarkan tentang usaha-usaha kita untuk mengurangi karbon di sekitar kita. Intinya adalah usaha mengurangi dampak global warming. Kita diberi petunjuk ataupun pengetahuan singkat tentang apa yang kita lakukan. Contohnya pengetahuan singkat di bawah ini dengan tajuk :

Game online Tantangan Karbon Level 1 : TAHUKAH KAMU?

Sabun batangan menggunakan kemasan yang lebih minim dibandingkan sabun cair. Tempat sabun cair yang terbuat dari plastik bisa menghasilkan hingga 907.185 kg sampah plastik setiap tahunnya. Selain itu, kertas dan karton yang biasanya membungkus sabun batangan bisa didaur ulang dengan mudah. Satu sabun batangan bisa berumur lebih panjang daripada 355 ml sabun cair, dan harganya lebih murah pula. Tapi tidak selalu sabun batangan baik. Ternyata ada beberapa bakteri yang bisa hidup di sabun batangan. Jadi kalau pengguna sabun bevariasi sebaiknya gunakan sabun cair, tetapi ingat untuk selalu mengisi ulang. Cairan isi ulangnya juga beli yang paling besar (galon) untuk mengurangi sampah plastik.

Menutup keran ketika menyikat gigi bisa menghemat air hingga 2.000 galon setiap tahunnya. Bahkan beberapa dokter gigi juga menyarankan untuk menyikat gigi dalam kondisi kering dan hanya menggunakan air ketika berkumur.

Jumlah air yang ada sekarang masih tetap sama dengan jumlah air pada waktu bumi tercipta. Air di bumi terus bergerak dalam suatu siklus, dan merupakan penjaga temperatur bumi. Total air yang ada di bumi adalah 344 juta mil kubik. Dari jumlah ini, hanya 2,5 persen yang merupakan air tawar, baik itu air tanah atau yang mengalir di sungai, danau, dan saluran lainnya. Sebagai ilustrasi, jika 1 galon air adalah seluruh air di bumi, maka yang bisa dikonsumsi oleh manusia hanya sesendok makan.

Dua per tiga dari air yang terpakai di rumah, digunakan di kamar mandi, dengan kuantitas rata-rata 7,5 liter s/d 26,5 liter untuk menyiram kloset, 7,5 liter untuk menyikat gigi, dan 95 s/d 190 liter untuk mandi selama 5 menit.

Bila anda bercukur dengan alat cukur yang harus basah, tutup katup wastafel hingga airnya menggenang separuh. Itu sudah cukup untuk bercukur. Di Amerika, 2 milyar alat cukur berbahan dasar plastik berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahunnya.

Di Amerika, lebih dari 98 % tisu toilet dibuat dari kayu baru. Bila setiap rumah di Amerika menukar satu kemasan berisi 12 kepak tisu tersebut dengan tisu 100% daur ulang, maka mereka bisa menyelamatkan 1,7 milyar galon air dan 1.000.000 pohon. Melihat jumlah pengorbanannya, ada baiknya kita juga ikut berpindah ke lap handuk atau tisu 100% daur ulang.

Dalam memilih produk daur ulang seperti tisu, kita juga harus memperhatikan prosesnya. Proses pemutihan terkadang menggunakan klorin dalam jumlah yang bisa merusak lingkungan. Sebaiknya gunakan tisu yang berlabel TCF (Totally Chlorine Free), PCF (Processed Chlorine-Free), atau ECF (Elemental Chlorine-Free)


Kita bisa turut menjaga bumi dari sampah kosmetik dengan mengikuti program reuse/recycle. Beberapa produk menawarkan penukaran sejumlah wadah kosmetik bekas dengan 1 produk baru. Selain itu perlu diketahui juga, dalam industri kosmetik jutaan hewan biasa digunakan untuk kelinci percobaan. Dalam mencari kosmetik, carilah yang memiliki logo kelinci melompat. Simbol kelinci melompat ini adalah simbol internasional untuk kosmetik yang tidak diujikan pada hewan.

http://www.tantangankarbon.com/


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

selengkapnya...

28 Mei 2009

girls & boys

Lihatlah perbedaan nyata antara perempuan dan laki-laki
Yang punya kamus harap membukanya terlebih dahulu

The difference of girls & boys

06.00 wib : girls wake up –--> boys sleep
06.00 wib : girls set bedroom –--> boys sleep
06.02 wib : girls brushing teeth –--> boys sleep
06.03 wib : girls washing face –--> boys sleep
06.04 wib : girls take a bath –--> boys sleep
06.14 wib : girls toner –--> boys sleep
06.20 wib : girls moisturizer –--> boys sleep
06.25 wib : girls facial cream –--> boys sleep
06.30 wib : girls sun block –--> boys sleep
06.35 wib : girls choosing, rechoosing, changing, rechanging clothes –--> boys sleep
07.15 wib : girls finished clothing –--> boys sleep
07.16 wib : girls make up base –--> boys sleep
07.21 wib : girls face powder –--> boys sleep
07.26 wib : girls mascara –--> boys sleep
07.31 wib : girls eye liner –--> boys sleep
07.36 wib : girls face blusher –--> boys sleep
07.41 wib : girls lipstick –--> boys sleep
07.46 wib : girls combing hair –--> boys sleep
07.50 wib : girls parfuming –--> boys sleep
07.51 wib : girls ready with bags, shoes, accessories –--> boys sleep
07.52 wib : girls waking up the boys –--> boys sleep
07.59 wib : girls waiting the boys –--> boys wake up, set bedroom, brushing teeth, washing face, take a bath, choosing and clothing, combing hair, parfuming, take shoes, etc.
08.00 wib : girls ready to go to work –--> boys ready to go to work

Girls need 2 hours to get ready to go to work
Boys just need one minute
So… girls uneffecyively –--> boys so effectively

Sumber :
email dari temen

selengkapnya...

27 Mei 2009

Lyuba..... I Hate You

Kenapa aku bisa ngasi judul seperti itu? Siapa tuh Lyuba?

Lyuba (Люба) adalah nama yang diberikan kepada seekor Mammoth/mamut/mamont/mamot yang telah mati ribuan tahun lalu. Mamut adalah sejenis gajah bergenus "mammuthus" yang telah punah. Nenek moyang megafauna (fauna berukuran besar) itu meninggalkan Afrika sekitar 3,5 juta tahun silam dan menyebar ke seantero Eurasia, beradaptasi dengan lingkungan hutan, sabana dan stepa. Yang terkenal diantara makhluk berbelalai ini adalah jenis mamut bulu tebal (mamuthus primigenius) yang merupakan kerabat dekat dengan gajah zaman sekarang. Muncul pertama kali sekitar 400.000 tahun lalu pada pertengahan kala Pleistosen, mungkin di sekitar Siberia Timur Laut. Dengan bulunya yang tebal mencapai 90 sentimeter, mamut ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dingin. Berakhirnya zaman es, dianggap oleh para ahli sebagai pemicu kepunahan berbagai megafauna sekitar 14.000 hingga 10.000 tahun lalu. Mamut diduga juga telah diburu manusia purba untuk mendapatkan dagingnya.

Lyuba, sebagai jasad mamut yang masih kecil, ditemukan pada bulan Mei 2007 di Semenanjung Yamal, Siberia Barat Laut, Rusia, oleh seorang penggembala Yuri Khudi rusa kutub dari suku Nenets. Tepatnya di beting/pinggiran Sungai Yuribey bersama ketiga orang putranya. Di musim panas, Suku Nenets sudah sering menemukan gading mamut seperti batang berpilin warna kuning madu. Suku Nenets, berdasarkan dongeng, menganggap binatang ini buas yang berkeliaran di dunia gelap dan beku, dan merupakan malapetaka bagi Suku Nenets.

Khudi merasa ini penemuan penting, tetapi tidak mau menyentuh jasad binatang itu karena takut malapetaka. Maka Khudi berjalan ke selatan sejauh 240 km ke kota kecil Yar Sale untuk berkonsultasi dengan temannya Kirill Serotetto yang paham dunia luar. Kirill membawa Khudi ke direktur museum lokal dan membujuk pemerintah setempat untuk menerbangkan Khudi dan Kirill kembali ke Sungai Yuribey dengan helikopter. Sungguh sayang, jasad mamut itu telah hilang.

Khudi beranggapan bahwa Lyuba merupakan hal yang dicari orang untuk mendapatkan uang. Khudi curiga bahwa Lyuba telah dicuri oleh orang yang ingin memanfaatkan jasad anak/bayi mamut tersebut. Kecurigaan Khudi segera jatuh kepada salah seorang sepupunya, yang telah dilihat oleh beberapa orang suku Nenets, ada di beting sungai tersebut dan pergi naik kereta rusa-kutubnya ke arah kota Novyy Port.

Khudi dan Kirill mengejarnya. Begitu tiba, mereka melihat Lyuba disandarkan di tembok sebuah toko dan telah digigiti oleh anjing pada bagian telinga kanannya serta ekornya. Orang-orang memotretnya. Si pemilik toko telah membeli bayi mamut tersebut dari sepupu Khudi seharga 2 mobil salju dan makanan untuk setahun. Dengan bantuan polisi setempat, Yuri Khudi dan Kirill Serotetto berhasil memperoleh kembali jasad bayi mamut tersebut. yang lalu dibungkus dan dikirim dengan helikopter untuk disimpan dengan aman di Museum Shemanovsky di Salekhard, ibukota wilayah tersebut. Yuri Khudi telah menyelamatkan mamut paling awet dari zaman es yang pernah ada.

PROSES KEMATIAN LYUBA :
Para ilmuwan masih memperdebatkan apakah anak mamut ini kehabisan napas dalam lumpur atau tenggelam dalam air, tetapi mereka sepakat Lyuba mati dengan sangat cepat. Badannya segera terbungkus lanau dan tanah liat dingin, memicu proses yang mengawetkannya selama 40.000 tahun.

PENJELASAN PALAENTOLOG
Seorang palaentolog Dan Fisher menyebutkan tentang kondisi Lyuba yang awet :
  • Pada saat ajalnya, Lyuba terbenam didalam lanau dan tanah liat basah yang dingin dan kedap oksigen serta menjauhkan mikro aerobik yang dapat merusak jaringan lunak tubuhnya.
  • Mikrob lain yang memeroduksi asam laktat hidup di jaringan. Zat itu bertindak sebagai pengawet.
  • Saat tanah menjadi permafrost (akan aku tulis di postingan yang lain tentang permafrost), tubuh Lyuba terdehidrasi dan susut, bobotnya tinggal separuh.
  • Pada 2006 sebuah sungai meruntuhkan balok es abadi yang berisi jasad Lyuba. Balok tersebut mencair, menampakkan jasadnya. Aliran air menghanyutkan hingga ke beting Sungai Yuribey. Bau asam laktat mengusir binatang lain.

Kenapa aku membenci Lyuba? Bukankah ditemukannya Lyuba akan menambah ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup, maupun cabang ilmu lainnya?

Aku membenci Lyuba karena proses penemuannya yang tidak seharusnya. Lyuba muncul karena es tepi Sungai Yuribey mencair. Pencairan ini terjadi karena pemanasan global. Banyak orang menganggap pemanasan global sekedar hoax alias omong kosong belaka (global warming is hoax). Mungkin mereka tidak melihat bukti nyata yang ada. Mungkin mereka tidak merasakan panas karena mereka selalu berada di dalam ruangan ber-AC, yang mana AC yang mereka pakai itu juga telah ikut menyumbang pemanasan global. Telah berkilo-kilometer luas padang es di kutub mencair. Telah beberapa sentimeter air laut naik karena volume air bertambah disebabkan pencairan es kutub.

Jika Lyuba ditemukan dengan cara menggali es pada bagian tertentu dan tidak merusak bagian es yang lain, maka aku sangat menghargai itu. Dan aku bisa jatuh cinta sama Lyuba.

Tetapi, sekarang Lyuba telah muncul dan takkan mungkin dikubur lagi, mari kita ambil hikmahnya.

Bacaan :
National Geographic Indonesia Mei 2009
Gambar :
http://www.umich.edu/


selengkapnya...

26 Mei 2009

AL- JENAZAH AIRLINES

SELAMAT MENIKMATI

AL- JENAZAH AIRLINES


Setiap orang,bila ditanya apakah ingin masuk surga akan menjawab, ya. Bila ditanya lagi apakah mau mati sekarang setiap orang akan menjawab, tidak. Lho bagaimana mau masuk surga kalau ogah mati. Syaratnya bisa masuk surga itu, ya mati dulu. Sebagian kita akan bilang belum siap, sebagian lain belum bertaubat, sisanya mengatakan belum cukup beramal. Kapan siapnya? Padahal kedatangan Malaikat Maut mandekati kita tidak akan didahului dengan pemberitahuan. Tidak bisa dimundurkan, tidak bisa di majukan. Datangnya bisa saat ini, nanti sore, besok pagi atau lusa, tahun depan, dua tahun lagi atau sepuluh tahun lagi, tak ada diantara kita yang tahu. Yang akan dipanggil duluan belum tentu kita yang sudah tua. Bisa yang masih bayi, keponakan, sahabat, tetangga kita siapa saja dipanggil setiap saat.

Mungkin sudah waktunya sekarang kita tidak bermain-main dengan ibadah kita kepada ALLAH Ta’ala, dan kepada ketaatan kita kepada-Nya sehari-hari. Mungkin detik inilah saat terbaik kita melalui menyerahkan diri kepada tuntunan Allah dengan mengikuti satu demi satu teladan Rasul-Nya Muhammad Shallallaahu’alayhi wa sallam. Soalnya kita tidak akan tahu kapan Malaikat Maut itu akan mendekati kita, Menjemput kita. Bukankah dengan cara itu hidup kita yang sebentar ini bisa dipertanggungjawabkan, bukan? Apakah terpikir oleh kita cara yang lebih baik dari itu? Melaksanakan perintah dan menghindari diri dari larangan Allah. Itu saja. Dimulai dari mempelajari AL-Quran dan Hadist-hadist dan tidak pernah berhenti.

Perjalanan hidup ini terlalu singkat untuk dipakai bersia-sia atau menganggur jika dibandingkan dengan panjangnya yang kita hadapi sesudah kita mati. Bila kita akan ”berangkat” dari alam ini ia ibarat penerbangan ke seluruh Negara.
Dimana informasi tentangnya terdapat dalam brosur penerbangan, tetapi melalui Al-Quran dan Al-Hadst. Dimana penerbangannya bukan dengan Garuda Indonesia Airways atau Singapore Airlines tetapi Al-Jenazah Airlines.

Dimana bekal kita bukan lagi tas seberat 25 kg, tapi amalan ikhlas yang tak lebih dan tak kurang.

Dimana pakaian kita bukan lagi Pierre Cardin, Polo, Versace atau D & G akan tetapi dua lembar kain kafan.

Dimana parfum yang kita semprotkan ke tubuh kita bukan Chanel atau Kenzo, tetapi air bersih yang suci dari hadist dan najis.

Dimana pasport kita tidak lagi di keluarkan oleh kantor imigrasi Indonesia, Inggris atau belanda, tetapi Al-Islam.

Dimana visa yang akan di akan diberikan kepada kita bukan lagi sekedar tiga bulan, enam bulan atau satu tahun tetapi “Sampai datang hari Kiamat”.

Dimana On-air service yang akan dipersembahkan kepada kita tidak lagi tergantung Business atau Economy, atau Gold Class, melainkan berbahan dasar timbunan tanah, pengap, penuh dengan cacing.

Dimana ukurannya hanya 2x1 meter dan gelap gulita.

Hanya keikhlasan amal kita dan kemampuan kita menjawab pertanyaan-pertanyaan para petugas imigrasi benama Munkar da Nakir yang akan menentukan apakah tempat dudduk kita akan nyaman hampir seperti Surga (amiiiin. . . . . . . ), atau penuh dengan kesengsaraan sebagai “down payment” Neraka (na’uzubillahi min Dzaalik).
Tujuan mendarat kita bukan Soekarno-Hatta di Jakarta, maupun Heathrow Airport di London atau Jeddah Internatinal Airport di Jeddah tetapi Hari Pengadilan dimana akan berkumpul milliaran atau triliunan manusia sejak zaman Adam’alayhisalam hingga manusia terakhir di hari kiamat, yang akan antri di loket pengadilan allah.

Tidak ada petugas keamanan dan alat detektor logam.

Tidak ada hiburan selama penerbangan, kecuali untuk mereka yang ridha menghambakan diri kepada Allah dan sebaliknya Allah ridha kepada dirinya.

Tidak ada penumpang lain di kanan kiri atau depan belakang Anda. Anda adalah satu-satunya penumpang penerbangan di pesawat Al-Jenazah Airlines ini.

Nama anda telah tertulis dalam tiket untuk penerbangan. Apakah anda memulainya dengan berdoa ”Bismillaahi tawakaltu ’ala Allah ”atau tidak, tidak akan ada apa-apa.

Kata Rasulullah Sallallaahu ’alayhi wa sallam, orang yang cerdas adalah orang yang mengingat kematian, karena dengan kecerdasannya dia akan mempersiapkan segala perbekalan untuk menghadapinya .

Astaghfirullah, ampuni aku ya Allah.

Astaghfirullah, ampuni aku ya Allah.

Astaghfirullah, ampuni aku ya Allah.


dari :
Majalah ALIA Tafakur Juli 2008



selengkapnya...

25 Mei 2009

Menghalau Gajah VS Ekonomi Kerakyatan

Terdapat suatu polemik yang besar antara mencari perbaikan taraf ekonomi rakyat dan menyeimbangkan ekologi. Salah seorang Calon Presiden Indonesia 2009 pernah mengemukakan untuk mengembangkan/memperluas pertanian dengan menebang sebagian hutan atas nama mengembangkan ekonomi kerakyatan (sesuatu hal yang tidak pernah kupelajari dengan pakar ekonomi kerakyatan alm. Prof. Mubyarto dan beliau pun tidak akan pernah mengajarkan hal seperti itu). Hmmmmm aku TIDAK merekomendasikan Capres seperti ini. Mengembangkan ekonomi kerakyatan bukan lah meningkatkan taraf hidup rakyat dengan menghancurkan rakyat lain beserta ekologinya.

Mengembangkan pertanian tak hanya dengan memperluas lahan pertanian (ekstensifikasi) tetapi yang lebih penting menurutku adalah intensifikasi. Intensifikasi salah satunya bisa dilakukan dengan membuat bibit yang handal (Thailand dan Philipina telah sangat maju dibidang ini). Bibit padi yang bisa panen 4 kali dalam 1 tahun, dengan jumlah kuantitas panen yang tinggi, tahan hama, dan perawatan mudah sangat dibutuhkan. Bibit yang seperti ini sangat perlu dikembangkan. Di bidang perkebunan, kita kalah dengan malaysia. Jika 3/4 hektar lahan karet di malaysia bisa menghasilkan karet setara dengan 1 s/d 1,5 hektar karet di Indonesia. Berarti perkebunan karet di Indonesia sangat boros lahan. Hal ini juga terjadi pada tanaman sawit. Intensifikasi juga bisa dengan mengembangkan lahan tidak produktif.

Sering bolak-balik Pekanbaru-Jakarta selalu membuat hatiku miris ngeliat hutan Riau yang sudah tidak ada lagi. Yang ada adalah hutan homogen sawit. Semua sawit, sawit...sawit...dan sawit. Dan sebagian hutan akasia untuk bahan baku bubur kertas. Hutan alami sudah sangat jarang terlihat. Yang masih lumayan adalah hutan tepi sungai Teratak Buluh khususnya di daerah Buluh China Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yang masih memiliki hutan alami karena merupakan tanah ulayat. Tetapi hutan ini pun sudah mau dibeli oleh investor dari negara tetangga dekat untuk dijadikan perkebunan sawit. Untung tetua adat dan datuk masih mempertahankan hutan tanah ulayat tersebut.

Apa yang terjadi jika hutan ditebang dan dijadikan lahan pertanian ataupun perkebunan?

Ini bukan teka-teki. Ini real pertanyaan yang sebenarnya semua orang tahu, tapi tidak mahu tahu. Sang Capres itu pun tahu.

Satu permasalahan yang terjadi di Riau dengan makin meluasnya lahan perkebunan baik oleh rakyat maupun oleh para investor, yaitu terganggunya ekologi baik flora maupun fauna. Untuk fauna, permasalahannya adalah pada gajah. Gajah mempunyai daerah "kekuasaan" yang luas di hutannya dan mempunyai jalur khusus untuk mencari makannya. Gajah adalah makhluk hewan yang punya daya ingat yang tinggi. Jalur jalannya mencari makan umumnya tidak berubah. Tetapi sekarang jalurnya telah berubah menjadi lahan pertanian ataupun perkebunan. Tentu saja sang gajah akan melewati lahan tersebut yang akhirnya tanaman pada jalur tersebut akan rusak. Mohon untuk tidak menyalahkan gajah tersebut. Gajah itu telah lama hidup beranak pinak di hutan tersebut. Kedatangan manusia yang katanya mempunyai daya akal dan pikiran yang tinggi, tetapi tidak mau memikirkan kehidupan makhluk lainnya.

Maka penghalauan dan penangkapan gajah pun dilakukan oleh manusia. Gajah yang tertangkap kemudian ada yang dibunuh dan ada juga yang dipelihara. Pemeliharaan gajah bukanlah menyelamatkan fauna, tetapi justru membuat gajah tersebut jadi bodoh. Bodoh sebagai hewan yang harusnya hidup bebas. Maluri hewannya pun mulai hilang.

Jika sememang peneliti Indonesia bisa menghasilkan bibit tanaman yang bagus dan dapat menggunakan lahan yang kecil tapi menghasilkan panen yang tingi, alangkah bagusnya. Sehingga lahan hutan tidak perlu dialihkan menjadi lahan pertanian atau perkebunan. Sehingga hutan tempat hidup flora dan fauna pun tidak terganggu.



selengkapnya...

24 Mei 2009

Menitipkan Masalah Besar Lingkungan Hidup Kepada Presiden

Masalah Besar yang bersifat global yang dihadapi umat manusia dewasa ini adalah krisis ekologi dan krisis moral. Krisis ekologi yang dihadapi umat manusia berakar dari sikapnya yang kurang memperhatikan norma-norma moral dalam hubungannya dengan lingkungan hidup secara luas. Kondisi tersebut makin diperparah dengan minimnya pengertian dan pemahaman secara ilmiah warga masyarakat terhadap aspek-aspek penting dari lingkungan hidup. Walhasil, minimnya moral dan pengetahuan - ditambah lagi dengan krisis ekonomi - menjadikan lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai korban dari respon manusia menghadapi kondisi yang menerpa dirinya.

Dalam rangka menyikapi kondisi lingkungan hidup yang semakin gawat itulah, sangatlah tepat jika kita memulai secara kritis untuk membangun "etika lingkungan". Diperlukan moral bangsa Indonesia di bidang lingkungan hidup yang dilandasi oleh kesatuan dari tiga (3) pilar utama, yaitu intelektual, spiritual, dan emosional. Pengetahuan kita terhadap seluruh SDA yang kita miliki sangat terbatas, namun di lain pihak pemanfaatannya sudah sangat intensif. Potensi SDA ini belum terinventarisir secara keseluruhan dan kegiatan penelitian untuk mengungkap manfaatnya juga sangat terbatasi. Akibatnya ada hambatan dalam upaya pemanfaatannya secara luas dan bijaksana.

Berbagai kerusakan dan pencemaran lingkungan yang terus meningkat sangat erat kaitannya dengan kemampuan pengelolaan SDA dan lingkungannya, dimana secara umum berbagai praktik pengelolaannya dilaksanakan tanpa memperhatikan hukum-hukum ekologi. Mereka hanya menggunakan pertimbangan ekonomi untuk mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya, tanpa memikirkan dampaknya di kemudian hari terhadap lingkungan (termasuk manusia).

SDA yang kita miliki terbentuk dari proses mata rantai yang sangat panjang, saling terkait, dan saling tergantung satu sama lainnya. Satu unsur saja hilang menyebabkan terganggunya seluru mata rantai jaringan kehidupan. Untuk itu, ke depan kita harus mempromosikan implementasi pembangunan berwawasan lingkungan, dimana setiap individu, organisasi, maupun lembaga secara konsisten harus memiliki kemampuan untuk melaksanakan kebijakan pembangunan terlanjutkan itu.

Mencermati hal-hal di atas, presiden Indonesia terpilih mendatang hendaknya mempunyai kebijakan berlandaskan pengembangan moral lingkungan hidup, suatu kebijakan yang dapat mengembangkan kesetaraan antara kepentingan ekonomi dengan ekologi. Atau suatu kebijakan yang mampu mengimplementasikan konservasi dalam pengelolaan SDA dan lingkungannya di negara yang kita cintai ini.

Walau pada akhirnya kemampuan dalam menyelamatkan SDA dan lingkungan hidup ini sangat tergantung dari kerjasama dan kemampuan seluruh bangsa Indonesia, tapi presiden mendatang sangat menentukan jalan atau tidaknya kebijakan di bidang lingkungan Indonesia.

Semoga pembangunan terlanjutkan atau pembangunan berkelanjutan ataupun pembangunan berwawasan lingkungan yang dasar-dasarnya sudah diletakkan sejak 1992 akan dapat terimplementasikan pada periode pemerintahan 2009 ke depan. Berbagai praktik pengelolaan SDA dan lingkungan yang salah harus segera dihentikan, dan digantikan dengan tepat yang memperhatikan aspek ekonomi dan ekologi jangka panjang.

siapapun presidennya
tolong seimbangkan peningkatan
taraf ekonomi rakyat
dengan
penyelamatan ekologi




Digubah ulang sesuai dengan kondisi sekarang dari buku :
Prof. Dr. Hadi Alikodra, et.al
Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan
Bab : Titip Lingkungan Hidup Untuk Presiden Mendatang
Bagian : Masalah Besar

selengkapnya...

22 Mei 2009

Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging - 2

Tulisan ini merupakan sambungan dari postingan berjudul :
Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging - 1



Pulau Sumatera yang sampai 1970-an aman banjir, kini tiap tahun terendam banjir. Riau, Bengkulu, dan Jambi misalnya, kini jadi langganan banjir tiap musim hujan. Sebaliknya di musim kemarau, banyak wilayah Sumatera kekeringan. Bahkan sejumlah danau yang airnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik di musim kemarau mengalami kekeringan. Akibatnya, Pulau Sumatera pun menghadapi krisis listrik.

Hal yang sama terjadi di Pulau Kalimantan. Pulau yang dulu terkenal dengan hutan tropisnya yang amat kaya dengan keanekaragaman hayati itu, kini nyaris gundul. Hal itu misalnya bisa kita lihat ketika naik pesawat terbang melintasi Pulau Kalimantan. Disana-sini pulau tersebut sudah botak dan hutannya habis. Kini kita pun menyaksikan betapa sungai-sungai penting di pulau tersebut - tak terkecuali Sungai Kapuas dan Barito - mengalami penurunan debit air yang amat besar. Bahkan sebagian sungai sudah kering. Kondisi tersebut akan berubah drastis di musim hujan. Banyak Wialayah Kalimantan yang dulu aman kini terendam banjir. Belum lagi longsor dan banjir bandang yang tiap tahun menelan ratusan korban jiwa di seluruh Indonesia.

Itu baru dari sisi bencana alam. Belum lagi dari sisi kerugian secara material dan ekosistem. Secara material, Indonesia mengalami kerugian Rp. 30 trilyun tiap tahun akibat pencurian kayu. Belum termasuk pajak dan segala macam retribusi yang lain. Bila semua itu dihitung lalu ditambah dengan kerusakan hutan yang lain (satu penebangan pohon akan merusak ratusan bahkan ribuan meter persegi hutan saat kayu itu roboh, kayu dibawa dengan traktor, dan diseret ke sungai) akibat penjarahan kayu itu, tiap tahun Indonesia kehilangan lebih dari Rp. 50 trilyun akibat kerusakan hutan. Nilai tersebut jumlahnya sangat besar jika mengingat bangsa Indonesia tengah mengahdapi krisis ekonomi dan finansial. Kita bisa membayangkan dari kasus kehilangan kayu saja - bila presiden terpilih dapat mencegahnya - pemerintah dapat menghemat Rp. 50 trilyun. Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk membayar utang tahunan Indonesia - baik domestik maupun internasional.

Secara ekosistem, kerusakan hutan juga menimbulkan tragedi yang luar biasa. Ribuan jenis flora dan fauna ikut musnah bersama kerusakan hutan. Padahal di antara flora dan fauna itu ada yang bersifat endemik, yaitu hanya berada di wilayah tersebut. Ini artinya, kerusakan hutan tersebut menimbulkan kerugian yang amat besar dalam ekosistem. Yaitu berupa hancurnya mata rantai kehidupan tersebut yang nilainya tiada tara besarnya karena menyangkut survivalitas manusia sendiri.

Nah, dari fenomena tersebut kita bisa melihat betapa bahaya kerusakan hutan di Indonesia. Jika kondisi tersebut tak segera diatasi, tidak hanya Indonesia yang akan mengalami kerugian besar, tapi juga DUNIA.

Sekarang, bangsa Indonesia sedang (akan) memilih presiden. Presiden adalah nakhoda kapal Indonesia yang seharusnya mampu menyelamatkan kapal yang tengah oleng dan nyaris tenggelam itu. Jika kita sembarangan memilih presiden, maka Indonesia akan benar-benar hancur dan jadi negeri tandus. Karena itu, dilihat dari profil, sejarah masa lalu, dan karakter kepribadian para capres - kita mestinya sudah bisa melihat capres mana yang paling pas untuk menjadi nakhoda kapal Indonesia yang tengah semaput SOS ini. Siapapun yang terpilih, kita sebagai rakyat hanya bisa berharap ;


SELAMATKAN HUTAN INDONESIA




Digubah ulang sesuai dengan kondisi sekarang dari buku :
Prof. Dr. Hadi Alikodra, et.al
Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan
Bab : Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging

selengkapnya...

Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging -1

Kali ini rakyat akan memilih presiden Indonesia lagi dalam suatu pesta pemilu sekitar Juli 2009, sesuai hati nuraninya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Yang nampak telah mendaftar menjadi Capres dan Cawapres sekarang adalah dari Partai Demokrat (plus koalisi) dengan calon presidennya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono (SBY-Berbudi). Sedangkan dari Golkar-Hanura JK-Wiranto (JK-Win) dan dari PDIP-Gerindra yaitu Megawati-Prabowo (Mega-Pro).

Dapatkah kita melihat kampanye mereka concern dengan lingkungan hidup, khususnya kerusakan hutan yang disebabkan illegal logging? Satu hal yang penting lagi, makin luas wawasan sesorang - termasuk calon presiden - niscaya kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kerusakan hutan makin tinggi. Dan rakyat Indonesia punya penilaian sendiri, siapa calon presiden yang mempunyai wawasan luas dan kepiawaian manajemen untuk mengatasi persoalan-persoalan krusial di atas.

Kenapa faktor kerusakan hutan menjadi fokus penting dan kita mesti memilih presiden yang mampu mengatasi kerusakan hutan akibat illegal logging?

Karena kerusakan hutan di Indonesia sudah berada dalam taraf SOS (save our soul). Ibarat kata, jika Indonesia diumpamakan sebagai kapal penumpang dengan jumlah penumpang 210 juta orang, kondisinya sudah hampir karam. Nakhoda kapal Indonesia sudah harus memberikan tanda SOS kepada jaringan telekomunikasi dunia untuk meminta pertolongan.

Betapa tidak mengerikan jika kita menyaksikan bahwa tiap tahun kerusakan hutan Indonesia mencapai 3,8 juta hektar. Ini berarti tiap menit hutan seluas 12 kali lapangan bola hancur. Wilayah Indonesia yang mempunyai 17.508 pulau, pada mulanya - awal 1970an - sekitar 57 persen daratannya adalah hutan atau sama dengan 108.573.300 hektar. Namun 35 tahun kemudian, berdasarkan data satelit yang dipantau Bank Dunia, hutan Indonesia tinggal 57 juta hektar dan hanya 15 persen di antaranya berada di dataran rendah (karena gampang dijarah). Bank Dunia mengingatkan pada tahun 1986, bahwa dalam 40 tahun ke depan, jika laju percepatan kerusakan hutan tidak dihentikan, Indonesia akan menjadi negeri tandus alias padang pasir. Menurut Bank Dunia lagi, dalam rentang waktu 2005-2010 seluruh hutan alam Sumatera akan punah. Selanjutnya hutan alam Kalimantan akan lenyap dalam kurun waktu 2005-2015. Saat itu, Bank Dunia juga melaporkan bahwa pada 2002 hutan di Jawa Barat tinggal 9% dan beresiko punah.

Ramalan Bank Dunia pada 1986 tersebut, kalau kita saksikan sekarang ternyata banyak benarnya. Lihat hutan di Pulau Sumatera dalam 3 tahun terakhir. Kondisinya makin kritis. (wilayah Tesso Nilo telah berkurang jauh, demikian juga Taman Hutan Rakyat Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru yang telah berkurang setengahnya akibat dirambah pengusaha yang membeking rakyat). Tiap tahun terjadi pembakaran hutan untuk land-clearing dan selanjutnya bekas hutan dijadikan kebun sawit. Belum lama inimisalnya, di Riau, ribuan hektar hutan sengaja dibakar. Akibatnya asap menebar kemana-mana sampai ke Singapura dan Malaysia. Kedua negara tetangga ini, bahkan berniat akan menuntut kerugian kepada pemerintah Indonesia akibat asap tersebut (padahal yang menjadi investor dibelakang pembakar hutan itu adalah warga negara dari dua negara tetangga itu).



Digubah ulang sesuai dengan kondisi sekarang dari buku :
Prof. Dr. Hadi Alikodra, et.al
Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan
Bab : Pilihlah Presiden Yang Berani Memberantas Illegal Logging

selengkapnya...

Franchising : lead out economic-crisis

We know that franchising is a method in business that involves licensing of trademarks and doing business methods. Franchise, can mentioned as Chain store (retail outlets which share a brand and central management), or can as an exclusive right, for example to sell branded merchandise. The central management called franchisor, and the right buyer called fanchisee. The franchisor grants, for the franchisee, the independent operator the right to sell and distribute its products, techniques, and trademarks for a percentage of gross monthly sales and a royalty fee. The agreements is commonly range about five to thirty years. Franchising dates back to at least the 1850s with a person named Isaac Singer, who improve an existing model of a sewing machine. He wanted to increase the distribution of his sewing machines. His efforts as the first franchising efforts in the United States.

Opening a franchise is a way of "buying a job" and the advantage of starting up a new business quickly based on a proven trademark and formula of doing business. Franchisee will get significant training. Some study about franchising mentioned that it helped to lead country out of its economic-downturn or economic-crisis at the time.

But how can we get a franchising? It's easy. We can find on franchise for sale on internet. It is like a professional assistance or consultant for us as investors, entrepreneurs, and enterprises, is a field which has arisen from the increased popularity and profitability of franchising. We can search, research, and contact the respected franchise companies as much as we can. It serve franchise sales industry and care deeply about what our users think.

Connecting you to the right franchise.

Join now and get advantages



selengkapnya...

21 Mei 2009

Hercules : Besar dan Tangguh

Satu lagi pesawat TNI AU Republik Indonesia jatuh. Menambah luka bagi Bangsa Indonesia. Jatuhnya pesawat jenis Hercules C-130 HS (Long Body) nomor seri A-1325, mengakibatkan makin berkurangnya ALUTSISTA (Alat Utama Sistem Pertahanan) Indonesia. Pesawat ini merupakan pesawat jenis pengangkut yang sangat terkenal. Mulai dikembangkan sejak 1951 ketika perang Korea, dimana jenis pesawat sebelumnya tidak mampu untuk ikut dalam jenis perang yang lebih modern.

Nama Hercules tercantum pada jenis pesawat ini berdasarkan mitologi Yunani dimana Dewa Hercules tergambar sebagai pahlawan dan dewa yang penuh kekuatan dan berbadan besar, merupakan anak Dewa Zeus. Kemudian nama Hercules pun banyak dipakai pada berbagai perusahaan, dibuatkan drama, fiksi, gelar orang, tempat, jenis binatang (Hercules Beetle/Dynastinae jenis rhinoceros), teknologi, maupun alat transport.

Tercatat, pesawat yang memiliki rentang sayap terpanjang juga bernama Hercules buatan Hughes Aircraft dengan nama lengkap Hughes H-4 Hercules (Spruce Goose --> spruce=pohon cemara, goose=angsa). Pesawat jenis amphibi ini terbuat dari kayu lapis yang dilaminating, akibat adanya pembatasan penggunaan material alumunium, dibuat di tahun 1947 hanya berjumlah 1 dan sekarang berada di Evergreen Aviation Museum. Sayangnya pesawat ini terbang hanya untuk 1 kali dalam seumur hidupnya pada tanggal 2 November 1947 sejauh 1,6 km dengan ketinggian 21 meter. Setelah itu, pesawat ini tidak terbang lagi.

Pesawat Hercules buatan Lockheed lebih bagus, handal dan maju daripada buatan Hughes yang cuma 1 saja. Hercules buatan Lockheed telah diproduksi massal dan tetap beroperasi sampai sekarang dengan lebih dari 40 jenis pesawat. Hercules juga merupakan 5 dari jenis pesawat dunia yang telah merayakan ulang tahun ke 50 (Desember 2006). 4 jenis pesawat lainnya yang telah berulang tahun ke 50 adalah English Electric Canberra, B-52 Stratofortress, Tupolev Tu-95, dan KC-135 Stratotanker.
Pesawat Hercules buatan Lockheed dikembangkan oleh Tim Desainer Lockheed yang dipimpin oleh Willis Hawkin dengan dokumen proposal setebal 130 halaman berdasarkan permintaan dari United States Air Force (USAF) pada 2 Februari 1951. USAF merasa bahwa dalam perang Korea yang dimulai Juni 1950 merupakan perang dunia II dalam era transportasi pasukan dan kebutuhannya. USAF membutuhkan gerakan cepat dan dalam jumlah banyak bagi pasukannya, yang tidak dapat dilayani oleh pesawat-pesawat sebelumnya yaitu C-119 Flying Boxcars, C-47 Skytrains dan C-46 Commandos. Maka USAF mengeluarkan General Operating Requirement (GOR/Kebutuhan Dasar Operasi Umum) yaitu pesawat dengan persyaratan :
  • mengangkut minimal 92 penumpang atau 72 pasukan (combat trooper) atau 64 pasukan penerjun (paratroopers),
  • dengan jarak jelajah minimal 1,100 nmi (1,300 mil; 2,000 km),
  • dapat lepas landas (take-off) pada landasan pendek dan tidak dikeraskan
  • tetap dapat terbang walau 1 mesinnya mati.
Permintaan kebutuhan USAF ini disampaikan kepada perusahaan Boeing, Douglas, Fairchild, Lockheed, Martin, Chase Aircraft, North American, Northrop, dan Airlifts Inc.

Tim Desainer Lockheed semula membuat proposal untuk nama pesawat L-206 yang memenangkan kontrak dengan USAF pada 2 Juli 1951. Prototipe (model contoh) pertama (tetapi tidak bisa terbang) bernama YC-130 dibuat 23 August 1954 di pabrik Lockheed di Burbank, California. Protipe kedua merupakan pesawat YC-130 yang pertama kali terbang dengan pilot Stanley Beltz dan Roy Wimmer selama 61 menit penerbangan ke Edwards Air Force Base.

Setelah kedua prototipe tersebut selesai, produksi dimulai di pabrik Lockheed di Marietta, Georgia sebanyak 2.300 unit. Produksi pesawat pertamanya diberi nama Hercules C-130A dengan mesin Allison T56-A-9 turboprops dengan 3 bilah kipas (three-blade propellers). Pengiriman/penyerahan kepada USAF dimulai Desember 1956, dan terus berlanjut sampai dikeluarkannya jenis Hercules C-130B pada tahun 1959.

Berbagai jenis (lebih dari 40 jenis militer dan termasuk untuk penggunaan sipil) telah dikembangkan dan dipakai oleh sekitar 69 negara di dunia ini, dan salah satunya C-130 HS (longbody) dipakai oleh Indonesia yang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur, Rabu 20 Mei 2009.


Innalillahi wainnailaihi rajiun
Turut berduka cita

General characteristics C-130 H (Data from The Aviation Zone)

* Crew: 4-6: at least 2 pilots,1 flight engineer (eliminated in the J variant), and 1 loadmaster; additional loadmaster and navigator are usually part of the crew
* Capacity:
o 92 passengers or
o 64 airborne troops or
o 74 litter patients with 2 medical personnel
* Payload: 45,000 lb (20,000 kg) including 2-3 Humvees or an M113 Armored Personnel Carrier
* Length: 97 ft 9 in (29.8 m)
* Wingspan: 132 ft 7 in (40.4 m)
* Height: 38 ft 3 in (11.6 m)
* Wing area: 1,745 ft² (162.1 m²)
* Empty weight: 83,000 lb (38,000 kg)
* Useful load: 72,000 lb (33,000 kg)
* Max takeoff weight: 155,000 lb (70,300 kg)
* Powerplant: 4× Allison T56-A-15 turboprops, 4,300 bhp (3,210 kW) each

Performance

* Maximum speed: 329 kn (379 mph, 610 km/h)
* Cruise speed: 292 kn (336 mph, 540 km/h)
* Range: 2,050 nmi (2,360 mi, 3,800 km)
* Service ceiling: 33,000 ft (10,000 m)

Comparable aircraft
* Antonov An-12
* Blackburn Beverley
* Transall C-160



Sumber bacaan :
United Nations Join Logistic Centre (http://www.unjlc.org/)
Wikipedia (http://en.wikipedia.org/
US Air Force (http://www.af.mil/)
US NAVY (http://www.navy.mil/)
Global Security (http://www.globalsecurity.org/)
Military Aviation (http://www.aviamil.net/)
The Aviation Zone (http://www.theaviationzone.com/)


selengkapnya...

20 Mei 2009

Hal-hal yang ada di film kungfu china dan tidak akan kita temukan sehari-hari

Seperti pada postingan sebelumnya, bahwa aku menjadi tertuduh sebagai PENGGEMAR BAHKAN PENGAMAT PELEM INDIA, berikut dapat kujelaskan secara hukum yang berlaku bahwa : aku sebenarnya bukan pengamat pelem India, tetapi aku adalah ....... sutradaranya sekaligus bintang pelemnya huaaaahahahahahaha.....
Kadang aku juga merangkap sebagai casting, asisten, catering, dollygrip, soundman, produser, supir, properti, kostum, special effects, dan kadang2 megang listrik. Temen2ku dari India bilang aku cocoknya pegang listrik aja. Huh... aku jadi pengen nabok Shahrukh Khan, Amitabh Bachan, Sanjay Dutt, Deepika Padukone, Malaika Arora, Rishi Kapoor, bahkan tuan Takur yang memiliki tanah berhektar-hektar.

Siapakah bintang pelem India yang paling memalukan dan sangat tidak sopan?

Ntar aja jawabnya....

Hari ini aku pergi ke kampung Bruce lee, Zhang Ziyi, Bai Ling, Jackie Chan, Edison Chen, Jet Li (tahun 2006 aku udah datang ke rumahnya yang di atas bukit Hongkong). Inilah oleh-olehnya yang tidak kita temui di Indonesia :

  1. Menjadi orangtua sang jagoan selalu bernasib sial dan biasanya selalu dibunuh oleh musuh saat si jagoan masih muda, dan si jagoan akan jadi yatim piatu trus belajar ilmu silat dan balas dendam dstnya
  2. Ketika seseorang terluka berat dan sekarat, ia selalu berhasil bertahan hidup dan mengucapkan beberapa kalimat untuk mengungkapkan is pembunuh sebelum kepalanya terkulai dan menyatakan dirinya telah benar2 mati.
  3. Orang-orang yang mahir kungfu mampu terbang ke atas atap, ke atas pohon dan menempuh jarak jauh tanpa berkeringat. Namun saat berjalan ke kota dan desa-desa mereka tetap harus berjalan kaki atau menunggang kuda.
  4. Sang jagoan tak perlu bekerja untuk mendapatkan uang, namun selalu memiliki uang emas dan perak untuk membayar makanan mereka. (minta jatah preman kali ye....)
  5. Sang jagoan dan sang penjahat akan saling bertemu walaupun negara mereka sangat luas dan tak peduli dimanapun mereka berada. (padahal belon ada hp)
  6. Menyembuhkan luka dalam di tubuh cukup dengan duduk bersilang kaki, telapak tangan di lutut dan asap keluar dari kepala.
  7. Mereka bisa menyimpan banyak barang di baju lengan panjang mereka dan tak pernah menjatuhkannya. Terutama sedemikian banyak logam2 emas....dan botol2 obat penyembuh berbagai racun
  8. Jagoan pasti jago minum arak, apalagi sedang kesel / marah, sekali minum bisa berdrum2 (5-10 drum) kayak jacky chan pendekar mabuk.
  9. Sebelum mati, sang guru bisa mentransfer tenaga dalam (kadang2 mentransfer dollar via rekening bank jiakaakakka..... hasil review blog) ke muridnya hanya dengan menempelkan telapak tangan ke pundak si murid begitu gampang dan cepat bahkan mengalahkan kecepatan usb cable, infra red, 3G, wifi, gprs, hsdpa, wimax dan bluetooth jaman sekarang
  10. Hebatnya kalo wanita mengenakan kostum pria, dan suaranya suara wanita, namun orang2 bahkan pendekar2 pria tidak sadar bahwa itu seorang wanita, harus melalui proses tak sengaja menyentuh dada is wanita baru pendekarnya sadar. (alamak pendekar centil ye...)


Siapakah bintang pelem India yang paling memalukan dan sangat tidak sopan?

Saru khan
(Shahrukh Khan)

bukan aku kan
bukan kamu kan

aku dapet tulisan ini dari imel

selengkapnya...

19 Mei 2009

Hal-hal yang ada di film India dan tidak akan kita temukan sehari-hari

tulisan ini juga kudapat dari imel :
  1. Seorang pria tidak akan merasa sakit saat melakukan perkelahian sengit namun akan mengaduh sakit saat seorang wanita berusaha membersihkan lukanya.
  2. Tokoh jagoannya tak pernah jatuh cinta pada jagoan wanita kecuali sebelumnya mereka menari-nari di bawah hujan.
  3. Sekali dipakai make-upnya tidak pernah luntur, saat hujan ataupun saat lainnya.
  4. Dua orang kekasih bisa menari-nari ditengah lapang dan entah dari mana 100 orang lainnya akan muncul dari antah berantah dan bergabung menari bersama mereka.(penari latar michael jackson aja kalah banyak)
  5. Pada babak akhir, sang jagoan akan menemukan bahwa is tokoh jahat yang dilawannya sebenarnya adalah saudara kandungnya, wanita tua yang mencarinya adalah ibunya dan kepala inspektur adalah ayahnya serta sang hakim adalah pamannya dan seterusnya.
  6. Kata-kata inggris yang biasanya muncul adalah (biasanya diucapkan keras2 di antara kalimat) no problem!, my god!, get out!, shut-up!, impossible!, please forgive me!
  7. Mereka berguling-guling dan berputar2 sambil bernyanyi dan muncul lagi dengan pakaian berbeda.
  8. Mereka bisa berlari mengelilingi pohon kelapa, bernyanyi, saling memandang dan memalingkan muka menggoda dan berganti pakaian pada waktu yang sama tanpa menarik nafas....
  9. Jagoan gak boleh liat pohon dan tiang listrik, pasti joget dulu muter2 dan tiba2 wanitanya muncul, gak heran film india minimal pasti 3 jam bisa lebih gak rugi sih.
  10. Airmata sang jagoan dan is wanita gampang mengucur bak keran air, tapi cepat juga kering dan langsung joget mbok, bravo...


kalo bingung membaca postingan ini.....
silahkan pegangan ma tiang.....
terus nyanyi-nyanyi........
pasti kena lempar batu.....


selengkapnya...

18 Mei 2009

Kelinci makan mangga

Mungkin aku salah tulis judul kali ya. Ga mungkinlah seekor kelinci memakan mangga. Yup.... betol sodara-sodara...
Aku salah tulis.
Kalo salah tulis, kenapa ga diperbaiki langsung?
Haaa...haaa...haa.....
Manusia tidak pernah luput dari kesalahan.
Kesalahanku kali ini karena salah baca judul blog. Kubaca judul blognya KELINCI eh ternyata.. judul blognya KELINCEX. Maaf ya bro...

Pemilik blog Kelincex ini sangat menyukai manga. Manga dibaca /ˈmɑːŋɡə/ adalah kartun jepang, atau disebut juga "komikku" (コミック) di Indonesia disebut "komik" (buku cerita bergambar). Manga berkembang pesat sejak akhir Perang Dunia II, tetapi mempunyai kisah sangat panjang dan kompleks dalam seni gambar Jepang. Kata "manga" dalam pengertian komik (modern) digunakan pertama kali oleh Rakuten Kitazawa yang hidup dari tahun 1876 sampai dengan 1955.

Ada perbedaan dengan "anime" yang istilah ini juga sama-sama berasal dari Jepang. Anime (アニメ) merujuk kepada kata animation. Berbagai set gambar yang dibuat dengan tangan maupun secara komputerisasi digabungkan menjadi menjadi cerita dan umumnya dijadikan berbentuk film yang disiarkan di televisi ataupun direkam dan dijual dalam bentuk CD/DVD.

Jadi untuk membedakannya adalah : Anime adalah kartun berbentuk film, sedangkan manga adalah kartun dalam buku komik. Tetapi anime dan manga bisa dibuat saling melengkapi. Anime dibuatkan menjadi manga, dan/atau manga yang dibuatkan menjadi anime.

Jadi judul diatas seharusnya "Kelincex menyukai manga" bukan "Kelinci makan mangga".
Begitulah kira-kira....


Yang ini bukan anime ataupun manga. Tetapi sebuah award.



yang keberikan selanjutnya kepada (sesuai aturan dari Kelincex untuk memberikan kepada 5 bloger lain) :
fanny fredlina tukang cerita
ibnu mas'ud kelas 86
kang dwi
sendal jepit santri
dinoe dasbos


Hari ini, 18 Mei 2009 jam 8 pagi di Lapangan Monas Jakarta, Greenpeace Southeast Asia - Indonesia Office menyampaikan Petisi Pembela Hutan kepada Presiden Republik Indonesia.
Maaf aku ga bisa hadir.....

HIJAUKAN INDONESIA!!!


selengkapnya...

16 Mei 2009

Petisi Pembela Hutan Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Tanggal 14 Mei 2009 jam 18:39, aku menerima imel dari greenpeace yang bisa kubagi ke seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang sedang berada di Jakarta untuk mengikuti acara Penyampaian Petisi Pembela Hutan Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Imel ini dikirim karena aku menjadi supporter greenpeace (bukan supporter bola) dan telah berkirim imel ke Presiden SBY melalui fasilitas greenpeace seperti yang tercantum di alamat ini.

Silahkan baca imel ini :


Greenpeace Southeast Asia!
Mei 2009
Petisi Pembela Hutan Indonesia

Bergabung Bersama Kami untuk Menyampaikan 60.000 Petisi Pembela Hutan Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Hai attayaya,

Seperti anda ketahui, Indonesia menghancurkan hutannya dengan lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia memberikan izin terhadap penebangan hutan 1,8 juta hektar hutan tiap tahunnya, sebanding dengan penebangan lima kali luas pulau Bali tiap tahunnya. Sebagai dampaknya, emisi gas rumah kaca dari deforestasi telah menempatkan Indonesia menjadi negara penghasil emisi terbesar ketiga di dunia setelah AS dan Cina. Besarnya tingkat deforestasi di Indonesia terutama ditentukan oleh pembalakan hutan untuk produksi kertas (pulp and paper), ekspansi lahan penanaman untuk minyak kelapa sawit dan pembakaran hutan untuk pembukaan lahan tiap tahunnya. Pada saat yang bersamaan, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling rentan terhadap perubahan iklim, Indonesia juga telah menjadi korban banjir, naiknya ketinggian air laut, kekeringan dan gagal panen. Gejala-gejala Ini hanyalah permulaan dan akan menjadi semakin buruk jika pemerintah tidak segera mengambil tindakan untuk menghentikan deforestasi.

Karena inilah kami meminta anda di tahun 2007 untuk bergabung bersama kami mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendeklarasikan dan segera melaksanakan moratorium terhadap deforestasi berkelanjutan. Moratorium akan mengurangi emisi dan memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia dan para pemimpin dunia bahwa Indonesia serius memerangi perubahan iklim. Langkah ini akan melindungi kehidupan 40 juta orang yang hidupnya tergantung pada hutan dan menjaga keanekaragaman hayati Indonesia yang demikian cepat menghilang.

Sekitar 60.000 orang telah menjadi Pembela Hutan Indonesia dengan menandatangani petisi, mengirimkan foto atau menambahkan cap tangan mereka pada peta Indonesia untuk menunjukkan dukungan.

Kami telah memutuskan bahwa sekarang adalah saat terbaik untuk hasil akhir pengumpulan petisi. Kami ingin memastikan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengerti pesan yang ingin kami sampaikan sebelum dimulainya kampanye pemilihan presiden awal Juni ini, dan juga sebelum delegasi Indonesia berpartisipasi pada negosiasi sangat penting untuk iklim di Bonn, Jerman, tanggal 1 Juni.

Greenpeace mengundang Anda untuk berpartisipasi pada acara penyampaian petisi pada hari Senin, 18 Mei, mulai pukul 09.00 WIB. Jangan khawatir jika anda tidak mendapat kesempatan untuk menandatangani petisi, anda dapat menunjukkan dukungan anda dengan menghadiri acara penyampaian petisi tersebut.

Kami sangat berharap anda dapat bergabung bersama kami dan kami mengundang anda untuk menghadiri briefing acara Penyampaian Petisi pada hari Jumat, 15 Mei, bertempat di kantor Greenpeace di Jakarta : Jl. Cimandiri No.24, Cikini, Jakarta Pusat atau datang langsung pada hari Senin, 18 Mei 2009 Pukul 08.00 WIB di Lapangan Monas, memakai pakain berwarna merah / putih.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi supporter service Greenpeace di : 021-3156533 (Telpon) 021-32839760 (SMS) atau email ke: supporterservices.id@greenpeace.org

Terimakasih banyak atas dukungan anda dan kami tunggu kehadiran anda pada hari Jumat atau Senin.

Salam Hijau Damai

Greenpeace Southeast Asia!


Joko Arif
Juru Kampanye Hutan
Greenpeace Asia Tenggara


Greenpeace hadir karena bumi yang rapuh ini perlu suara.

© 2008 Greenpeace Southeast Asia - Indonesia Office
Jl. Cimandiri 24, Cikini, Jakarta, Indonesia 10330
Tel: +62 21 310 1873| Fax: +62 21 310 2174
info.id@greenpeace.org (Kirim komentar anda ke email ini).

Anda mendapatkan email ini karena anda bergabung menjadi Supporter Greenpeace





selengkapnya...

Dukun Pertanian

Pertanian adalah proses menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan. Pemanfaatan sumber daya ini terutama berarti budi daya (bahasa Inggris: cultivation, atau untuk ternak: raising). Namun demikian, pada sejumlah kasus — yang sering dianggap bagian dari pertanian — dapat berarti ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan (bukan agroforestri).

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasehat ahli dalam bidang keahliannya, misalnya akuntansi, lingkungan, biologi, hukum, dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli 'biasa' adalah sang konsultan bukan merupakan karyawan di perusahaan sang klien, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah firma konsultasi, serta berurusan dengan berbagai klien dalam satu waktu.

Dukun adalah seseorang yang membantu masyarakat dalam upaya penyembuhan penyakit melalui tenaga supranatural, namun sebagian dari mereka menyalahgunakan ilmu supranatural tersebut untuk menciptakan "penyakit baru", kepada masyarakat.

Ketiga paragraf diatas bersumber dari wikipedia.
Bagaimana jika ketiga paragraf diatas digabung menjadi satu???
Jika ketiga paragraf di atas itu digabung akan menghasilkan :

KANG DWI

Lho....???
kok tega-teganya nyebutin kang dwi sebagai dukun? Awas nanti kena santet harus wajib kudu datang ke blognya terus. Mau...???? Kalo kena santet ya ga mau lah. Tapi kalo datang ke blognya tiap hari, yaaaa mau lah. Blognya khan asik.

Kang Dwi ini adalah seorang kapiten. Mempunyai pedang panjang. Kalau berjalan proook...proook..proookkkk..
Setoooop.... kok malah nyanyi lagu lama seehhhhhhhh.......

Lha itu karena aku seneng aja. Seneng karena Kang Dwi tuh setauku seorang konsultan lulusan pertanian (eh...mungkin konsultan pertanian) yang ngeblog berisi klenak-klenik semuanya deh. Tapi yang jelas bukan klenak-klenik dukun gitu lohhhh. Berdomisili di Kalianda Lampung, yang kata orang-orang pantainya indah banget. Suer...sumprit...tekewer-kewer.....

So.... ngerti khan hubungan ketiga paragraf diatas. Kalo ga ngerti, lo semua pada pegangan ma tiang, teruuusssss lo semua pada nyanyi-nyanyi kek pelem India.


Ucapan terima kasih atas award yang diberikan beliau.
selengkapnya...

15 Mei 2009

Ulang Tahun Pertama

15 Mei 2008 jam 20.18 wib, blog ini dibuat.
Telah setahun blog ini melanglang buana.
8 bulan pertama yang ga ngerti blogwalking.
Mpe sekarang jadi ngerti BW, ngomen, mosting.
Ada suka dan duka dalam perjalanan tersebut.
Ada banyak temen yang di dapat.
Ada banyak ilmu yang diraih.

Dengan seluruh biaya internet yang dihabiskan.
Dengan seluruh waktu yang telah terpakai.

Ada banyak yang telah dikembangkan.
Ada banyak cara untuk mengembangkan.

Semua karena dukungan temen-temen.
Baik yang pernah dilihat secara nyata.
Maupun yang belum terlihat secara nyata.

Mengucapkan ribuan terima kasih atas segala dukungan.
Terima kasih yang tak terhingga.

Semoga jalinan pertemanan ini tetap langgeng adanya.
Semoga Allah SWT membalas budi semuanya.
amin...




selengkapnya...

14 Mei 2009

Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia

Tadi pagi aku mengikut sebuah "Sosialisasi KBLI Perdagangan dan Perindustrian bagi Pejabat Pengadaan Barang dan Sekretaris SKPD se-Kota Pekanbaru", ada kudapat pengetahuan baru yang lama. Kenapa baru yang lama? Yaaaa karena pengetahuan ini pernah kupelajari ketika menyusun thesis ditahun 2001-2003 untuk menyelesaikan studi kecil-kecilan 2 tahun di UGM Jogjakarta. Yang kurasa sedikit aneh adalah, instansi yang seharusnya memiliki data ini tidak menyebarkan ke media internet. Padahal data ini sangat baik diketahui oleh masyarakat.

Secara sederhana KBLI merupakan klasifikasi jenis usaha. Misalnya : usaha jamu termasuk kelompok jenis usaha apa?
Ternyata usaha jamu termasuk
Kelompok : Perdagangan Eceran Jamu (52314)
Sub Golongan : Perdagangan Eceran Bahan Kimia, Farmasi, Kosmetik, dan Alat Laboratorium (5231)
Golongan : Perdagangan Eceran Komoditi Bukan Makanan, Minuman, atau Tembakau (523)
Golongan Pokok : Perdagangan Eceran, Kecuali Mobil dan Sepeda Motor (52)
Kategori : G --> Perdagangan Besar dan Eceran

Kode lengkapnya untuk usaha jamu adalah G 52314.

KBLI adalah singkatan bagi Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Dahulunya bernama KLUI (Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia). KBLI merupakan klasifikasi baku mengenai usaha-usaha/kegiatan ekonomi yang terdapat di Indonesia. Disusun dengan maksud untuk menyediakan satu set kelompok kegiatan ekonomi di Indonesia agar dapat digunakan untuk penyeragaman pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data masing-masing kegiatan ekonomi, serta untuk digunakan disaat mempelajari keadaan atau perilaku ekonomi menurut kegiatannya. Dengan penyeragaman tersebut, keterbandingan data ekonomi antar waktu, antar wilayah, dan antar data internasional dapat dilakukan.

Sampai saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) telah berhasil menerbitkan 6 versi klasifikasi lapangan usaha, yaitu :
1. Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia 1977
2. Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia 1983
3. Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia 1990
4. Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 1997
5. Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 2000
6. Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 2005

KLUI 1977, 1983 dan 1990 disusun berdasarkan International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC) revisi 2 terbitan tahun 1968.
KBLI 1997 dan 2000 disusun berdasarkan ISIC revisi 3 terbitan tahun 1990. Sedangkan KBLI 2005 merupakan revisi KBLI 2000 karena ditemukan beberapa kegiatan ekonomi yang belum dicakup dan adanya kekurang-serasian dalam mengklasifikan beberapa kegiatan ekonomi.

Cakupan KBLI 2005 pada dasarnya adalah sebanyak mungkin kegiatan ekonomi yang terdapat di Indonesia, walaupun ada keterbatasan karena :
1. Aspek homogenitas mengenai kegiatan dimana KBLI 2005 hanya mencatat suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh satu unit produksi saja.
2. Aspek homogenitas mengenai lokasi yang berpengaruh pada penyebaran kegiatan menurut wilayah.

KBLI 2005 tidak membedakan unit produksi menurut kepemilikan, jenis badan hukum, modus operandi, bagian dari perusahaan atau tidak, swasta atau pemerintah, perusahaan induk atau cabang, bahkan produksi formal ataukah informal. Hal ini yang masih harus disempurnakan lagi.

Sistem Pemberian Kode KBLI 2005
KBLI 2005 menggunakan kode angka 5 digit dan satu kode alfabet yang disebut kategori. Kode alfabet untuk kategori ini bukan merupakan bagian dari KBLI 2005. Pencantumannya hanya untuk memudahkan dalam penyusunan tabulasi sektor/lapangan usaha utama pada setiap negara. Kode kategori ini dapat dikonversikan ke dalam kode angka 1 digit seperti KLUI 1990 sebagai sektor/lapangan usaha.

Struktur KBLI 2005 terdiri dari :
1. Kategori, yang menunjukkan garis pokok penggolongan kegiatan ekonomi. Penggolongan ini diberi kode 1 digit kode alfabet. Terdiri dari 18 kategori diberi kode alfabet dari A sampai dengan Q dan kode alfabet X sebagai kategori terakhir.
2. Golongan Pokok, yang merupakan uraian lebih lanjut dari kategori sebanyak-banyaknya 5 golongan pokok, kecuali kategori Industri Pengolahan. Setiap Golongan Pokok diberi kode 2 digit angka.
3. Golongan, merupakan uraian lebih lanjut dari Golongan Pokok yang diberi kode 3 digit angka. 2 digit pertama menunjukkan Golongan Pokok, dan 1 digit terakhir menunjukkan Golongan yang bersangkutan. Diuraikan menjadi sebanyak-banyaknya sembilan Golongan.
4. Sub Golongan, merupakan uraian lebih lanjut dari Golongan. Terdiri dari kode 4 digit angka. 2 digit pertama menunjukkan Golongan Pokok, 1 digit menunjukkan Golongan, dan 1 digit terakhir menunjukkan Sub Golongan yang bersangkutan. Diuraikan menjadi sebanyak-banyaknya sembilan Golongan.
5. Kelompok, untuk memilah lebih lanjut kegiatan Sub Golongan menjadi uraian/sebagai rincian akhir KBLI 2005. Terdiri atas kode 5 digit angka. 2 digit pertama menunjukkan Golongan Pokok, 1 digit menunjukkan Golongan, 1 digit menunjukkan Sub Golongan, dan 1 digit terakhir menunjukkan Kelompok yang bersangkutan.

Jumlah dan Struktur KBLI 2005
18
63
186
409
1148
-Kategori (kode alfabet)
-Golongan Pokok (kode 2 digit)
-Golongan (kode 3 digit)
-Sub Golongan (kode 4 digit)
-Kelompok (kode 5 digit)


Kategori Lapangan Usaha
APERTANIAN, PERBURUAN DAN KEHUTANAN
BPERIKANAN
CPERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN
DINDUSTRI PENGOLAHAN
ELISTRIK, GAS DAN AIR
FKONSTRUKSI
GPERDAGANGAN BESAR DAN ECERAN
HPENYEDIAAN AKOMODASI DAN PENYEDIAAN MAKAN MINUM
ITRANSPORTASI, PERGUDANGAN DAN KOMUNIKASI
JPERANTARA KEUANGAN
KREALESTAT, USAHA PERSEWAAN, DAN JASA PERUSAHAAN
LADMINISTRASI PEMERINTAHAN, PERTAHANAN, DAN JAMINAN SOSIAL WAJIB
MJASA PENDIDIKAN
NJASA KESEHATAN DAN KEGIATAN SOSIAL
OJASA KEMASYARAKATAN, SOSIAL, BUDAYA, DAN PERORANGAN LAINNYA
PJASA PERORANGAN YANG MELAYANI RUMAH TANGGA
QBADAN INTERNASIONAL DAN BADAN EKSTRA INTERNASIONAL LAINNYA
XKEGIATAN YANG BELUM JELAS BATASANNYA


Penggunaan KBLI 2005 :
Salah satunya adalah penentuan jenis usaha yang dicantumkan dalam Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Industri (TDI), dan Izin Usaha Industri (IUI).

SIUP, TDI dan IUI yang telah memuat jenis usaha berdasarkan KBLI akan lebih terklasifikasi untuk mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di pemerintahan (berdasarkan Keppres 80/2003) maupun
lelang pengadaan barang dan jasa di perusahaan swasta.

Tetapi sangat disayangkan, bahwa daftar KBLI 2005 ini tidak disebarkan di media internet. Mohon maaf jika aku tidak menjumpainya melalui google, situs BPS sebagai pemilik daftar ini, situs Departemen Perindustrian, dan situs Departemen Perdagangan. Padahal ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menentukan kelompok/jenis usahanya sehingga memudahkan dalam pengurusan izin-izin terkait.

UPDATE 15 Desember 2009 :
Berdasarkan informasi rateeh (http://www.not-to-sleep.blogspot.com/) pada bagian komentar di bawah, data KBLI bisa didownload di :
http://sirusa.bps.go.id/
pada bagian "Code Book"

selengkapnya...

nyambit anak KELAS 86 yang bermain musik RASTA di JALUR HIJAU TEBET pake SENDAL JEPIT

Judulnya jadi super panjang.

nyambit anak KELAS 86 yang bermain musik RASTA di JALUR HIJAU TEBET pake SENDAL JEPIT
nyambit anak KELAS 86 yang bermain musik RASTA di JALUR HIJAU TEBET pake SENDAL JEPIT
nyambit anak KELAS 86 yang bermain musik RASTA di JALUR HIJAU TEBET pake SENDAL JEPIT
nyambit anak KELAS 86 yang bermain musik RASTA di JALUR HIJAU TEBET pake SENDAL JEPIT










kali ini awardnya kulanjutin ke :
laksamana-embun mo nyaingi laksamana raja di laut
blogambo lagi jualan asesoris linux ubuntu tux murah meriah
siak brain it community yang punya 1000 blog kreatif


selengkapnya...

13 Mei 2009

Membuat Artikel/Postingan

Aku dapet imel dari Ezine Articles Training. Keknya ini berguna bagi blogger yang kesusahan mencari bahan dan ide untuk memosting artikel macam aku ini.

Begini katanya :
Cara menghasilkan artikel
  1. Artikel yang terstruktur menulisnya berdasarkan topik yang kita inginkan. Hmmmm ini agak susah sehhh menulis dengan baik dan benar sesuai kaidah bahasa. Cara ini mungkin untuk yang serius menulis tentang sesuatu, ga cocok ma aku neh
  2. Artikel sesuai dengan gaya tulisan sendiri. Bisa berbentuk daftar aja, pendekatan dengan tanya jawab, percakapan atau diskusi (contohnya klik disini).
  3. Artikel yang dibuat mendadak. Misalnya kita punya 1 artikel yang panjang banget. Yaaaaa.....pecahin jadi 2 aja terus beri judul bisa pake nomor, ataupun jadi judul baru.
  4. Artikel berdasarkan permintaan. Permintaan bisa dari komentar pengunjung pada artikel lain, di shoutbox/mix/chatbox, ato ide dari sms, telpon, dll.

Maaf kalo terjemahan ini agak ngawur, ditambah improvisasi.
Saran :
Kalo ga bisa mosting serius, yaaa mosting ga serius aja alias ngocol-ngocol gatau juntrungannya (dah sering kulakukan karena kehabisan ide).
Kalo ga bisa juga, ketik ulang sebagian buku dan sebutkan sumber bukunya tentunya dong (aku juga melakukan ini....otak dah mumet).
Ato posting aja imel yang bisa disebarkan (yaaa....contohnya postingan ini).

Kalo ga bisa juga?

BAWA TIDUR AJA DEH.............

selengkapnya...

Aljabar Mati

Ketika saya masih duduk di bangku SMA, saya sering merasa frustasi kalo berhadapan dengan pak Hutabarat. Beliau adalah seorang guru matematika yang paling hebat di SMA saya. Beliau orang pinter, baik hati dan tidak sombong. Dalam mengajar, beliau selalu berusaha membuat kami, anak muridnya yang cakep-cakep ini, dapat memahami apa yang telah diajarkannya.
Beliau merupakan guru yang patut di gugu dan di tiru. Seorang guru panutan.
Tetapi, dasar saya dan temen-temen yang otaknya pas-pasan, cukup ngawur, kaco, sembrono (kata-kata lain dari goblok) kalo harus menyelesaikan matematika persamaan yang diberikan pak Hutabarat. Log, tangen, sinus, cosinus adalah istilah keren yang sering dipakai pak Hutabarat. Sehingga membuat saya yang cakep dan temen-temen saya yang ganteng menjadi frustasi.

Kami lebih sering minta izin ke wc untuk cuci muka, "biar fresh belajarnya, pak!" kata kami. Padahal ujung-ujungnya kami duduk di kantin yang memang berada diujung wc, diujung tanah sekolah, nun diujung langit sana.
Gambar berikut ini adalah bukti yang sahih dan sah secara hukum serta jelas-jelas menjadi barang bukti atas ketidak-terlibatan otak temen saya terhadap matematika, alias frustasi.
(gambar dari internet)

Jika anda tidak menemukan kejanggalan, maka kami mengundang anda untuk bergabung ke dalam TIM ALJABAR MATI.
Liat pojok kanan bawah aja deh.
selengkapnya...

Credit Cards : Problems Solved

A credit card is part of a system of payments and as a very essential part of ones life in today’s world. The issuer of the card grants a line of credit to us from which we can borrow money for payment to a merchant or as a cash advance. Credit card may be able to satisfy all the needs with the advantages. When we (as credit card user or cardholder) makes a purchase, we agrees to pay the card issuer by signing a receipt with a record of the card details and indicating the amount to be paid or may be by entering a personal identification number (PIN). Some people use exclusive credit card to pay expenditure. They feel it more safe. That best solution Credit Card makes you more cozy. But, so many people feel that using credit cards always have some problems. I think that is true if we don't know to handle it. And now, if we want to know anything about credit cards and solve our financial problems, we can find it on Credit Cards Club.

We can find much more facilities on this site, such as Low interest credit cards, credit cards rating, credit cards review, Business credit cards, some articles about financial, etc. There are more advantage with those article. We will know how to choose credit card, apply credit card online, joint, and knowing the sensible way to utilize the credit card. If you want to know credit cards by bank, simple we click "cards by bank" menu and we can find all about credit cards issued by bank then we can apply it.

So don't miss it.
Get it now.
With more satisfying dan comfortable.



selengkapnya...

12 Mei 2009

Quick Post vs Quick Update

Mengikut kepada postingan http://insomniaticsha.blogspot.com/ Shasha yang berjudul "quick update". haaaaa.... ini sememang sebenar-benar postingan cepat saji. Neng shasha yang merupakan seorang pelajar dan penerima Award Indonesia's youngest writer oleh majalah Tempo karena telah membuahkan sebuah novel ciamik ketika berumur 11 tahun. Gitu khan neng? hueeeebat tenan....

Beda ma aku yang kalo nulis suka asal-asalan, ga bermutu, terus sebagian nyadur buku/artikel orang. Ehhhhh....tapi kok ya di kasi award ma shasha ini.

Makasih banyak ya neng.

Kapan novel berikutnya muncul lagi neh?
Ditunggu ya....

Award pertama dari neng shasha



Award kedua dari neng shasha


Makasih banyak ya neng.

Secara aku baru nyampe di Pekanbaru setelah urusan ga jelas juntrungannya ma Rani Juliani. Ehhh... aku kok malah ditawar jadi cewek caddy lapangan golf. Haaaaahhhh... emangnnya aku cowok apaan. hehehehe.... sekalian nembak kiwot neh.

selengkapnya...

10 Mei 2009

Sex, supply dan demand

Bloger bawah umur agar berhati-hati membacanya


Bangun tidur, dengan mata sepet langsung ngidupin tv. Malesnya mo berdiri minum air putih sebanyak-banyaknya terus pissssssssss. Terpikir selintas sepertinya ini hari minggu. Jadi yaaaa gletakan di tempat tidur. Mo nonton Avatar The Legend Of Aang. Astaga ternyata ini hari sabtu. Bahhhhh bisa salah hari juga aku.

Pencet-pencet tombol remot, ehhh ada yang menarik di TvOne. Acaranya membahas tentang perempuan berprofesi plus-plus yang negatif. Topik pembicaraan berdasarkan kasus Rani Juliani, seorang mahasiswi yang bekerja sampingan sebagai Caddy Lapangan Golf yang disinyalir mempunyai profesi sampingannya lagi sebagai “teman” pemain golf yang ujung-ujungnya adalah masalah sex.

Pembicara dalam acara tersebut adalah seorang Event Organizer (cewek), Moammar Emka, seorang Billiard Server/Assistant (cewek), dan seorang Umbrella Girl (tentu saja cewek). Ketiga cewek itu cantik-cantik dan seksi banget. Suer… tekewer..kewer….

Okelah… banyak yang mengetahui tentang arti Event Organizer atau disebut EO yang dibaca “ i o “ sebagai panitia penyelenggara suatu kegiatan baik pesta, rapat, seminar, pertunjukan, dan acara lainnya. Aku juga udah tau tentang istilah Umbrella Girl, yaitu cewek-cewek yang memegang payung umumnya untuk acara balapan baik motor ataupun mobil. Kebetulan Umbrella Girl pada acara ini telah dikontrak sekitar 2 tahun oleh seorang pembalap mobil (kalo ga salah) Indonesia.

Nah aku baru denger neh istilah Billiard Assistant. Selama ini, dimana aku sering ngumpul-ngumpul ma tentara deket rumah yang hobynya main bilyar (billiard), yang terdengar cuma istilah “marka” (bisa cewek bisa cowok) sebagai pelayan sebuah meja bilyar. Tugas utamanya adalah menyiapkan bola, melakukan penghitungan (jika diperlukan), dan menyiapkan pesanan makanan dan minuman. Ternyata Billiard Assistant (BA) punya pekerjaan selain itu. Selain mengajarkan main bilyar bagi yang ga bisa, BA juga bisa untuk nemenin ngobrol pengunjung, bahkan yaaa…. ujung-ujungnya melakukan sex.

Bagi Moammar Emka, apapun istilahnya, ujung-ujungnya adalah sex walaupun hal ini disampaikannya dalam nada guyon bercanda. Tetapi, kurasa, guyonan Emka itu serius dilihat dari sepak terjangnya di dunia sex, baik malam maupun siang. Terlihat dari bukunya Jakarta Undercover : Sex ‘n the city serta bukunya yang lain Jakarta Undercover 2 : Karnaval malam. Dan mungkin buku lainnya yang belum kubaca seperti Surabaya Undercover, Bandung Undercover, Jakarta Undervover 3 (ntah udah terbit ato belom ya buku-buku ini).

Emka yang menggeluti dunia sex yang dituangkan dalam berbagai buku, umumnya dia menyamar sebagai pengguna sex. Dunia sex tuh terselubung dan agak tersingkap, tertutup tapi terbuka (susah aku menerjemahkan kalimat ini). Dulu istilah yang banyak dipakai adalah (mohon maaf) lonte, wanita penghibur, hostes, wanita jalang, pelacur, dll. Tapi sekarang lebih banyak menggunakan istilah keren menyerupai berbagai istilah dari fungsi ilmu manajemen. Apapun istilahnya, ujung-ujungnya adalah cewek yang menyediakan jasa sex, seperti PR (public relationship), assistant, GRO (guest relation officer), GM (general manajer) alias mami, bahkan jenis pekerjaan pun dipakai seperti nurse (perawat). Istilah lain yang ditelusuri Emka adalah lady escort, madam, blonde, dll. Bahkan jenis pekerjaan lama pun difungsikan untuk menjajakan sex seperti SPG yang menjadi SPG plus-plus yang negatif (Sales Person Girl), termasuklah jenis pekerjaan Caddy lapangan golf.

Dan hebatnya, EO yang berfungsi untuk mengatur acara-acara seremonial telah merentang sayap. Tetap menggunakan istilah EO, tetapi pelakunya adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia sex. Maka jadilah acara sex baik untuk pribadi maupun secara rame-rame. Dan istilahnya pun keren-keren seperti In Bed With Marylin Monroe, atau yang agak vulgar Topless Party atau Threesome.

Untuk ibu-ibu yang suka arisan pun ditelusuri Emka. Dimana arisannya seperti biasalah, ngumpulin duit. Tetapi bagi pemenang yang seharusnya mendapatkan duit, pada arisan khusus ini, yang menang mendapatkan seorang pejantan (bisa jadi gigolo) yang siap melayani ibu-ibu arisan yang umumnya tajir dan kesepian.

EO juga bisa melakukan pesta Swing Partner, sememang berganti pasangan bagi suami-istri dengan pasangan suami-istri lainnya. Mereka yang telah sah menikah, karena 1 atau seribu alasan lain, mengikuti pesta ini.

Ahhhhhhhhh sudahlah.
Membahas sex tidak akan selesai dalam 1 postingan. Buku Emka aja rata2 mempunyai halaman sekitar 400. dan itupun berlanjut dari buku 1 ke buku yang lain.
Membahas sex dan penyimpangan di luar kenormalan bisa sepanjang umur manusia di bumi. Sex telah ada dari awal manusia.

Pembongkaran lokalisasi Teleju di Pekanbaru pun tidak akan menghapus tindakan sex oleh PSK (pekerja sek komersial). Mereka bisa berpindah kemana aja. Karena barang yang didagangkannya melekat di tubuhnya.

Seperti hukum ekonomi saja. Jika ada supply, pasti ada demand. Jika ada demand, pasti ada supply. Yang membedakan hanyalah tingkat scarsity-nya saja.

Banyak supply, scarsity rendah, harga turun.
Banyak demand, scarsity tinggi, harga naik.

Penerapan ilmu manajemen sangat diterapkan di dunia sex. Product-line pun ditambah dengan mendatangkan pelacur-pelacur dari Macau, Uzbekistan, Sarajevo, dan lainnya. Barang-barang komplementer (pelengkap) pun didatangkan dari Belanda, Thailand, Malaysia (walapun shabu, inek, dll telah banyak diproduksi di Indonesia). Barang-barang substitusi (pengganti) didatangkan dari Jepang (boneka cewek/cowok yang full-body ataupun bagian khususnya saja), China dan Amerika (dolly parton).

Mereka termasuk perusak alam.
Dunia tak lama lagi kiamat kurasa.

Jangan lakukan ini.

selengkapnya...

09 Mei 2009

Mohon maaf yang sebesar-besarnya

Mohon maaf yang sebesar-besarnya

Aku dari sabtu pagi (9/5/09) mpe selasa (12/5/09)
ga bisa membalas kunjungan temen2 blogsphere
dikarenakan ada acara mendadak di Jakarta
sekalian mo cari alamat rumah rani juliani
karena kemaren dah ketemu alamat blog rani juliani
setelah itu akan mbesuk antasari azhar, sigit HW,
dan menyampaikan turut berbelasungkawa
ke keluarga nasruddin
yaaaaaaah sekali dayung, 2 3 pulau di tenggelamkan
sambil menyelam minum bir gitu deh
(kok kayak nembak kiwot neh)

Jika ada postingan yang muncul
itu terjadi karena postingan terjadwal
Jika gada postingan yang muncul
yaaaaaaa berarti aku lagi kehabisan ide
gitu aja kok repot
hehehehehehe

Karena aku ga punya blackberry (beliiiiiin dong)
ya ga bisa OL deh

bagi temen2 yang mau kasi blackberry gratis ke aku
kutunggu yaaaa

haiiiyaaaaaaaah





selengkapnya...

08 Mei 2009

Jangan Lakukan Pengrusakan!!!

Pemanasan global merupakan bencana besar bagi seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini. Baik manusia, tumbuh-tumbuhan, maupun hewan sangat merasakan kesengsaraan atas pemanasan global. Siapa penyebabnya? Tak lain dan tak bukan, bukan sulap bukan sihir, memang manusialah penyebabnya. Tumbuh-tumbuhan dan hewan tak pernah merusak alamnya, tempat hidupnya. Tetapi manusia merusak alam agar bisa hidup. Suatu fenomena yang tak patut diteruskan. Banyak usaha-usaha perbaikan telah dijalankan, tetapi masih banyak juga manusia yang tak peduli akan perbaikan itu, tak peduli akan alam tempat hidupnya, manusia yang tidak mau menjaga keseimbangan alam.

Toke-toke / tawke-tawke tersenyum lebar karena mendapatkan keuntungan besar. Oknum-oknum kehutanan, kepolisian, angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara mem-backing kegiatan penebangan liar dengan alasan mencari uang untuk rokok, kopi, atau apapun istilahnya. Kejaksaan tutup mata jika ada kasus penebangan liar. Bappedalda tidak mau tahu jika ada perusahaan yang membakar lahan untuk perluasan perkebunan sebanyak ribuan hektar (yang ditangkap justru masyarakat kecil yang membuka lahan 1 hektar bahkan lebih kecil lagi).

Mengapa oknum-oknum ini tidak malu?
Berbagai contoh kerusakan sudah banyak dan langsung di depan mata oknum tersebut.
Tetapi mata dan hati mereka buta.

Buta oleh uang
selengkapnya...

07 Mei 2009

Accounting Love Problems

the source is nowhere, nowhen, nowho, nowhat, nohow.
There is some problems from human being. one of that is from accountant.

I LUV U
Aku akan meng-CREDIT cintaku padamu, bila kamu men-DEBIT untukku cintamu.
Aku akan mencatat TRANSAKSI asmara kita dalam sebuah JOURNAL, dan mem-POSTING-nya ke dalam NERACA hatiku.

Aku akan menyesuaikan sebuah ACCOUNT cintamu berdasarkan DOUBLE ENTRY. Dengan cara ini kamu akan tahu BALANCE CREDIT atau DEBIT serta AMOUNT dari cintaku padamu.
Kemesraan kita tercatat dalam WORKSHEET. Kadang perlu kita lakukan ADJUSTING ENTRIES untuk menjaga cinta kita tetap kokoh.

TRIAL BALANCE memperlihatkan bahwa kita serius satu sama lain, sebab TOTAL dari cinta kita ternyata satu dan sama. Maka kita lakukan CLOSING ENTRIES saat kita setuju untuk menikah. Kita sama-sama berjanji untuk tidak melakukan PRIVE dan WITHDRAW tanpa persetujuan masing-masing pihak. Kita juga akan selalu SAVING seluruh MODAL.

PROFIT dan LOSS STATEMENT menyatakan apa yang telah terjadi kemudian, mari bersama-sama kita lihat BALANCE SHEET kita, apa saja ASSETS dan LIABILITIES kita.
Yaaaaa ampun….. ternyata sudah selusin anak kita. Ternyata juga bahwa saat kita membuat anak menggunakan gaya model STRAIGHT-TABLE dan bukan T-TABLE.

Habis lagian lupa di-AUDIT sih….. Walaupun AKTIVA kita sama dengan PASSIVA.

Kutulis ulang demi anak akuntansi semua.
Dari sumber sebuah majalah yang tidak jelas keberadaaannya dimana.
selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Mei 2009 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah