30 April 2009

Timur Barat = Ibnu Mas'ud + Ibnukus

Timur itu East
Barat itu west

Timur Barat lha terus apaan?
Timur itu Jawa Timur deket Nganjuk, dimana bersemayam http://kelas86.blogspot.com/ seorang cowok super ganteng bernama Ibnu Mas'ud yang beda-beda tipis ma Dapid Bekam tapi tidak sama ma lunah mayah, ya iyaaaalahh. Nah, cowok ganteng yang baik hati dan suka menabung ini always make kezutan.

Ini contohnya :

Award yang bagus pun melayang kemari, cieee.........

Kali ini aku ga ikutan aturan (hmmm...kebiasaan jiwa pembangkangku lagi kumat). Aku cuma hanya akan memberikan award ini kepada seseorang nun jauh di barat.
Teman lama yang ga pernah nampak muka plus sekujur tubuhnya, ya iyalaaaah khan namanya temen di dunia maya. Belom pernah kopdar kek anggota blogger Pekanbaru.

http://innalillahi.blogspot.com/ Ibnukus berasal dari Sumbawa Barat, tepatnya di Taliwang, Nusa Tenggara Barat. Ketika pertama kali berjumpa (cieee....) di dunia maya, aku pun terkezut ngeliat alamat blogspotnya : innalillahi. Kepada temen dari jauh inilah kuberikan award bagus ini.
selengkapnya...

Seminar Blog dan Facebook

Tribun Pekanbaru (27/04/09) - Pada pelaksanaan NIX 09 (National IT Expo 2009) di Pekanbaru menampilkan sesi seminar yang mengangkat tema blog dan facebook. Deputy General Manager PT. Telkom Riau Daratan, Edi Warsito, yang tampil sebagai pemateri pada sesi seminar blog menyampaikan betapa blog menjadi sarana atau media mengekspresikan diri yang makin berkembang dengan pesat. Perkembangan ini menurutnya menciptakan berbagai peluang usaha. Terutama sekali penyediaan jasa broadband layanan internet kepada masyarakat. "Telkom dalam hal ini telah berkomitmen untuk menjadikan 'Pulau Sumatera Online' pada tahun ini termasuk untuk Riau Daratan," ujarnya.

Usai pemaparan tersebut, komunitas blogger Pekanbaru yang bernama Blogger Bertuah, melalui ketuanya Fiko, memberikan gambaran mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh para blogger agar blog yang dimilikinya bisa lebih baik. Fiko menampilkan beberapa contoh blog dari blogspot maupun wordpress. Dijelaskan juga secara singkat tentang menaikkan pengunjung dan yang tak kalah hebohnya adalah penjelasan tentang cara mencari uang melalui blog. Topik ini menyedot banyak perhatian dari mahasiswa yang dapat dimaklumi tentunya.

Sedangkan pada sesi seminar facebook, perwakilan Hewlett Packard untuk Riau, Arki Rifazka, memaparkan betapa facebook saat ini telah berkembang dengan sangat pesat dan telah digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk berbagai tujuan dan kepentingan. Salah satunya adalah untuk media kampanye politik. selain itu berbagai agenda kegiatan telah menanti masyarakat. Sebut saja lomba merakit PC yang akan digelar siang harinya. Selain itu suguhan segudang produk IT yang akan memuaskan selera para pemburu produk. Dan tak ketinggalan juga suguhan beberapa grup band ikut memeriahkan acara ini. (*)


Pengunjung yang membludak pada seminar blog

selengkapnya...

29 April 2009

Membeli Lahan Untuk Penghijauan : What a wonderful World

Ada yang kenal Marcelinus Agot SVD? Hmmm orang yang patut dicontoh dalam menghijaukan BUMI INDONESIA. Apa yang dilakukan beliau adalah membeli lahan yang tidak hijau untuk ditanami pohon. Ini dilakukannya di daerah Kota Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Propinsi Nusa Tenggara Timur (Kompas, 11 Juli 2008). Marsel, panggilan akrabnya telah menikmati apa yang ditanamnya sejak 1997. Bahkan terdapat mata air di hutan mahoni yang ditanamnya di Desa Batucermin. Mata air itu telah membentuk sungai kecil dan ditanami teratai. Hutan itu dulunya adalah lahan gersang. (sumber : dirangkum dari berbagai blog, karena ditelusuri ke kompas.com tidak ditemukan lagi data ini).

Siapapun dia, dimanapun dia, niat baik penghijauan yang dilaksanakan patutlah dihargai. Banyak rakyat Indonesia yang telah melakukan penghijauan, tetapi tak sebanding dengan pengrusakan yang terjadi oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Dibeberapa tempat telah menghijau.

What a wonderful World demikian dikatakan Louis Amstrong.

I see trees of green, red roses too
I see them bloom, for me and you
And I think to myself, what a wonderful world

I see skies of blue, and clouds of white
The bright blessed day, the dark sacred night
And I think to myself, what a wonderful world

The colors of the rainbow, so pretty in the sky
Are also on the faces, of people going by
I see friends shaking hands, sayin' "how do you do?"
They're really sayin' "I love you"

I hear babies cryin', I watch them grow
They'll learn much more, than I'll ever know
And I think to myself, what a wonderful world

Yes I think to myself, what a wonderful world
Oh yeah
selengkapnya...

Suka Gak Suka

Hatiku gundah gulana :
Makan serasa sekam (karena ga ada nasi)
Minum serasa racun (lupa masak air)
Napas tersengal-sengal (dah mau dipanggil Sang Pencipta)
Tidur tak nyenyak (sprei lupa dicuci sehhh)
Kerja tak betah (berantem ma bos)
Duduk tak tenang (banyak kepinding neh)
Berdiripun susah (cape ahhh)
Dompet kosong (kanker hihihi)
Sepatu jebol (lupa dibawa ke tukang sol sepatu)
Hati gersang tidak peduli (kalo gersang ditanami pohon aja...)

oaaahhhhhhhh.....
dah ini aja deh jawaban peer dari inuell daratista
dijawab dengan gaya bahasa yang aneh.
gaya bahasa yang tidak pernah terdaftar dimuka bumi ini.
huaaaeeeehhehehehehe

peer ni ga diterusin. yiiihaaaaaaaaaaaa....
karena secara de facto atopun de jure aku tuh ga bisa ngasi nilai ntar kalo peer dah selese dikumpulkan
hehehehehe lagi.

selengkapnya...

Watching with Direct TV

DirecTV is a direct broadcast satellite service refer to satellite television broadcasts intended for home reception, also referred to more broadly as direct-to-home signals. In easy meaning, Direct TV is signal television broadcast right to your home via satellite. So. you can watch everything that broadcast from broadcasting program with special receiver. This receiver bring to you with special offer such as HBO, ShowTime, StarZ, Cinemax, ESPN, NBC, CBS, Fox, and around 265 channels. And with HD DVR (high definition digital video recording) receiver, you can record (up to 50 hours), pause and rewind live TV programs. It's so easy. Just one click a button on remote.

If you have a high defenition television (HDTV), watching Direct T V is more enjoy. HDTV is a digital television broadcasting system (digitally broadcast) with higher resolution than traditional television systems (standard-definition TV, or SDTV). It makes brighter colors, crisper sounds and sharper images.

So, don't miss it.

selengkapnya...

Rumahku Istanaku

Rumahku Istanaku kalao diterjemahkan dalam bahasa atok moyangku jadi home sweet home gitu deh. Kata ini bermula dari dari lagu yang melodinya diciptakan oleh komposer Inggris, Sir Henry Bishop, dan liriknya dibuat oleh aktor Amerika, John Howard Payne. Lagu ini dinyanyikan di tahun 1823 pada opera Clari, Maid of Milan.

Di Jepang terkenal juga lagu yang mirip seperti itu dengan judul "Hanyū no Yado" ("埴生の宿" = A Lodging = sebuah tempat peristirahatan). Ya... rumah adalah tempat kita beristirahat, tempat berkumpul dengan keluarga, dan bertenang diri. Memang banyak arti rumah. Bisa berarti rumah sebagai tempat dimana kita tumbuh dari kecil hingga sekarang, rumah sebagai tempat mengembalikan memori masa lalu, dan lainnya. Rumah bukan sebagai tempat tinggal, tetapi bisa berarti lebih dari itu.

Umumnya rumah berbentuk ruangan yang dibatasi dinding dan atap, biasanya memiliki jalan masuk berupa pintu, bisa berjendela ataupun tidak. Lantainya bisa berupa tanah, ubin, keramik, atau bahan lainnya. Rumah modern biasanya lengkap memiliki unsur-unsur ini, dan ruangan di dalamnya terbagi-bagi menjadi beberapa kamar yang berfungsi spesifik, seperti kamar tidur, kamar mandi atau WC (Mandi Cuci Kakus), ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, garasi, gudang, teras, dan pekarangan.

Dengan berbagai ruangan inilah membentuk fungsi rumah secara keseluruhan. Alangkah indahnya rumah yang penuh tawa canda, saling pengertian, saling berbagi dalam suka dan duka. Menjadi suatu tempat yang paling sejuk, adem, ayem, tenang setelah rumah Allah.

Tetapi yang banyak terjadi adalah ketidakseimbangan dalam rumah, sehingga lebih enak di kantor daripada dirumah. Kantor adalah tempat dimana kita bisa beristirahat dengan kejenuhan di rumah.

Hmmmmm sulit deh jadinya.
Mid pleasures and palaces though we may roam,
Be it ever so humble, there's no place like home;
selengkapnya...

28 April 2009

Pengelolaan Nama Domain Internet Indonesia








Nomor : attayaya/IV/2009
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Nama Domain
Pekanbaru, 29 April 2009

Kepada Yth :
Teman-teman Bloggsphere
yang telah berkomentar

di
Alam Maya
(untung belom di alam akhirat)

Sehubungan dengan beberapa komentar yang kebingungan dengan artikel Humas dapat disampaikan bahwa nama domain di Indonesia dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) beralamat di http://www.pandi.or.id yang bertugas mengembangkan dan menyediakan jasa layanan yang lain terkait dengan nama domain di Indonesia terutama untuk akhiran nama domain .id (dot id / titik id). PANDI adalah badan hukum yang dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi dan telah memenuhi syarat sebagai badan hukum di Indonesia.

Pendaftaran domain GO.ID diperuntukkan bagi instansi, badan, departemen, lembaga pemerintahan atau dapat juga disebut sebagai Departemen dan Non-Departemen yang diatur dalam suatu peraturan. Peraturan ini tidak memuat standar internet apapun. Pendistribusian peraturan ini tidak terbatas. Peraturan ini dibuat untuk area pemerintahan Indonesia.

Disebutkan didalam aturan itu bahwa (http://www.pandi.or.id/goid/) :
  • Yang mendaftar dan memiliki nama domain go.id hanyalah instansi/lembaga penyelenggara negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif).
  • Setiap instansi/lembaga penyelenggara negara hanya menggunakan dan memiliki satu Nama Domain go.id, yang mengacu kepada singkatan resmi yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara.
  • Sebagai contoh, Instansi Departemen menggunakan dep, seperti : www.depdagri.go.id, www.depkominfo.go.id, www.kembudpar.go.id, www.bpn.go.id, dst.
  • Untuk tingkat pemerintah daerah, digunakan nama resmi daerah atau singkatan resminya, diikuti status sebagai provinsi,kabupaten, atau kota. Sebagai contoh : www.sumutprov.go.id, www.palukota.go.id, www.bandungkab.go.id, dst;
  • Untuk instansi yang memiliki lebih dari satu situs web, penamaan situs web lainnya harus menggunakan sub direktori yang diletakkan di belakang Nama Domain dengan didahului tanda / (garis miring). Sebagai contoh www.bandungkota.go.id/dispenda, www.jatengprov.go.id/kpde, dst;
  • Untuk instansi pusat yang memiliki kantor di daerah, nama situs webnya menggunakan nama domain instansi pusatnya, diikuti sub domain dari lokasi keberadaan instansi tersebut. Sebagai contoh : situs web Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Jawa Timur, adalah www.jatim.bpn.go.id.
  • Untuk Perwakilan Luar Negeri, menggunakan nama Ibu Kota negara yang bersangkutan diikuti singkatan kbri, sedangkan untuk tingkat konsulat jenderal menggunakan subdomain kbri yang bersangkutan. Sebagai contoh : www.ottawakbri.go.id, www.newyork.washingtonkbri.go.id, dst;

Pendaftaran permohonan nama go.id dengan persyaratan :
  • Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan melampirkan surat kuasa yang harus ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal/Sekretaris/Sekretaris Utama untuk tingkat pusat, atau Sekretaris daerah propinsi/sekretaris daerah tingkat pemerintahan daerah.
  • Untuk tingkat pemerintah daerah, digunakan nama resmi daerah atau singkatan resminya, diikuti status sebagai provinsi,kabupaten, atau kota. Sebagai contoh: www.sumutprov.go.id, www.palukota.go.id, www.bandungkab.go.id,dst ;
  • Untuk instansi yang memiliki lebih dari satu situs web, penamaan situs web lainnya harus menggunakan sub direktori yang diletakkan di belakang Nama Domain.
  • Pengecualian dan permintaan dapat dipertimbangkan sesuai dengan bobot keperluan dari pemerintah.
  • Segala kegiatan yang berkaitan dengan sebuah kantor pemerintah atau kegiatan yang berkaitan dengan beberapa kantor pemerintah harus berada dibawah sebuah domain dari kantor pemerintah mengingat tanggung jawab dari kelompok kerja tersebut harus jelas penanggung jawabnya.
Demikian disampaikan untuk dimaklumi dan ini hanya sebagai saran saya untuk penamaan domain. Pelaksanaan selanjutnya adalah hak masing-masing dengan mengikut kepada aturan yang ada.


Hormat saya,


attayaya

NB :
(cieeeeeeeeeee.... kok kek jadi surat resmi ya????#@$#@#!@^#!#!*)
lagi belajar membuat tabel seperti yang muncul di kepala surat. Kepala surat dibagi 2 sisi. Sisi kiri untuk nomor, lampiran, dan perihal. Sisi kanan untuk tanggal dan tujuan surat.



LAMPIRAN :

Ketentuan dan Kebijakan

Ketentuan Umum

  • Pendaftaran berdasarkan prinsip ”nama domain diberikan pada yang mendaftar lebih dahulu dan memenuhi ketentuan” – first come first served.
  • Pendaftaran dapat dilakukan oleh pemakai nama domain sendiri atau diwakili oleh pihak lain yang ditunjuk oleh pemakai nama domain
  • PANDI hanya mengelola nama domain dan tidak mengelola alamat IP, in-addr domain, dan konektivitas internet pemakai nama domain
  • Penyelesaian sengketa nama domain (dispute resolution) diselesaikan oleh Pemerintah Indonesia. Pandi akan melaksanakan hasil keputusan penyelesaian sengketa yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.
Ketentuan Spesifik
  • Kriteria Penamaan: Pendaftaran domain harus memenuhi kriteria penamaan berdasarkan itikad baik yang rinciannya dapat dilihat di Kebijakan
  • Biaya pendaftaran/perpanjangan: pendaftaran dan/atau perpanjangan dikenakan biaya sesuai dengan jenis nama domain yang rinciannya dapat dilihat di Persyaratan dan Biaya.
  • Dokumen pendukung: diperlukan KTP penanggung jawab dari nama domain yang didaftarkan (atau identitas resmi lain yang berlaku) dan dokumen sesuai dengan ketentuan untuk jenis nama domain yang rinciannya dapat dilihat di Persyaratan dan Biaya.

Kebijakan
Pendaftaran nama domain internet Indonesia dilakukan sesuai dengan peruntukan yaitu:

* .CO.ID komersial, badan usaha dan sejenisnya
* .NET.ID penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
* .AC.ID akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya
* .SCH.ID sekolah
* .GO.ID institusi pemerintah dan sejenisnya
* .MIL.ID instansi militer
* .OR.ID organisasi selain organisasi di atas
* .WEB.ID pribadi atau komunitas

Catatan :
  • Nama Domain untuk lembaga pemerintah mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri Kominfo no 28 tahun 2006
  • Untuk nama war.net.id yang semula merupakan second level domain id, sejak 1 Juli 2007 tidak dibuka lagi pendaftaran baru. Hal ini karena formatnya kurang tepat dan tidak lazim. Sebagai nama pengganti akan ditentukan lebih lanjut.
  • Sementara semua nama domain war.net.id yang sudah ada tetap dapat dipakai sampai dengan tanggal 31 Desember 2007. Warnet dapat memakai nama domain lain selama memenuhi ketentuan yang berlaku.

selengkapnya...

Home sweet home

Home sweet home is adapted by John Howard Payne's 1823 on opera Clari, Maid of Milan, and then it becomes famous words. It is also used with Sir Henry Wood's Fantasia on British Sea Songs. What we need to make a home like home sweet home is just a simple way. It is not just a family in a house, a car, a bycicle and a yard. But we still need some home appliance and decorative things.

We can make so easy with adding some home appliance and decorative things, such as lamps, fan, cupboard, table, chair, sofa, bed, pillow, blancket, carpets, and more. Then we can arrange it with myself or ask some proffesionals to arrange it. Every people need light to see everything. Sun can give us light at noon. But, on night we need lamp. There are many kind lamp such as accent lamp, desk/table lamp, floor lamp, mini table lamp, piano lamp, pharmacy lamp, readnig lamp, task lighting, torchieres, table torchieres, etc. But, don’t be confussed because we can find it and choose what we need on farreys that can help us to make a home sweet home.

As Payne's said :
Mid pleasures and palaces though we may roam,
Be it ever so humble, there's no place like home



selengkapnya...

Jangan Berpikiran Macam-macam

Jangan Berpikiran Macam-macam, hanya itu pesanku kalo membaca postingan ini.

Ya... benar, jangan berpikiran macam-macam kalo melihat beberapa postinganku 3 bulan belakangan ini. Kenapa? Ya karena postingan itu kalo diperhatikan terbit sekitar jam 1 malam. Emangnya aku begadang mpe jam 1 malam? TIDAK, oh no.. ga ku ku deh bedagang di pasar malam malam (eh...begadang). Secara walopun begitu aku sebenarnya juga tidur kalo malam hari (ya iyalahhh), maksudku aku tidur agak telat tapi ga mpe malam-malem jam 1 gitulah. Jadi kenapa bisa postingannya muncul jam 1 malam? Yaaaa diset aja tanggal munculnya pada bagian "opsi entri" yang ada dibawah kotak tempat kita ngetik postingan. Bagi pengguna Microsoft Windows Live juga bisa mensetting tanggal munculnya postingan.

Pada screenshot diatas, bahkan ada postinganku bakal muncul di bulan April 2010 (itu draft yang masih ngawur, gila plus mungkin aku lagi sakit jiwa). Jadi, postinganku bisa muncul dengan sendirinya (bukan sulap tapi sihir kecil-kecilan aja). Dan tanggal munculnya masih bisa diatur-atur kok.

hmmmm apalagi ya??
ya udah itu aja deh dulu
pokoke .... jangan berpikiran kalo aku begadang terus
ga ku ku deh
hihihihihiihi
(gambar diatas hanya sebagai suatu gambaran saja, sudah tidak sesuai lagi pada hari kemunculan postingan ini, karena postingan ini dibuat tanggal 15 April 09, udah banyak perubahan postingan terjadwalnya).


UPDATE berdasarkan permintaan di komen :

masuk ke entri blog. terus klik opsi entri









klik opsi entri, ntar tinggal pilih tanggal dan jamnya.
Boleh sebelum nulis atopun setelah nulis, sebelum "terbitkan entri".

silahkan mencoba!!!







selengkapnya...

Humas

Humas (hubungan masyarakat / public relationship) memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian. Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau runtutan situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang.

Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati. Kesalahan umum yang terjadi adalah program humas dianggap sebagai program jangka pendek, dan program penanggulangan reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kala hubungan dengan masyarakat menjadi buruk. Salah satu produk pekerjaan humas adalah tulisan yang dimuat dalam suatu media massa seperti koran, televisi, radio bahkan internet.

Seperti yang telah disebutkan pada artikel sungaikuantan.com yang mempertanyakan humasriau.com komersil??? Hmmmmm tak salah kalo pemilik blog tersebut Sang Nanlimo mempertanyakan hal itu. Hal itu dikarenakan penggunaan nama domain yang aneh. Anehnya itu adalah penggunaan extension dot com (.com) yang sepatutnya adalah dot go dot id (.go.id) yang mencerminkan nama domain untuk lembaga pemerintah. Sehingga seharusnya nama humasriau.com menjadi humasriau.go.id.

Bahkan karena riau.go.id telah terdaftar sebagai milik Pemerintah Propinsi Riau, maka pengurusan nama lembaga di bawahnya menjadi mudah. Administrator riau.go.id hanya menambah sebuah sub domain yang bernama misalnya : humas.riau.go.id
Penambahan nama subdomain tidak dipungut bayaran. Yang harus dilakukan adalah administrator masuk ke CPanel ato program apapun untuk administrator tersebut, kemudian menambahkan nama sub domain yang diinginkan. Sekejap mata. Gratis. Tetapi tidak dilakukan.

Apa yang terjadi? :
Salah pengertiankah?
Tidak mengertikah?
SDM yang kacau balaukah?
Kesombongan masing2 lembagakah?

Kutelusuri data pemilik humasriau.com dan dapat dilihat dibawah ini.

DATA DARI http://www.whois.net sama seperti data dari http://www.allwhois.com/ menyebutkan :

Registrant:
humasriau info@humasriau.com +62.
Humas Pemprov Riau
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru,Riau,ID 28000


Domain Name:humasriau.com
Record last updated at 2008-11-09 23:01:15
Record created on 2007/12/2
Record expired on 2009/12/2


Domain servers in listed order:
dns1.supremedns.com dns2.supremedns.com

Administrator:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau
Technical Contactor:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau
Billing Contactor:
Jl. Jendral Sudirman
Pekanbaru
Riau,
ID
28000

name:(humasriau)
mail:(info@humasriau.com) +62.
Humas Pemprov Riau

Registration Service Provider:
name: Client Domain Manager
tel: +62.NA
fax: +62.NA
web:http://

selengkapnya...

27 April 2009

Award 50 Kata

sengaja kubuat kalimat ini dengan jumlah kata sebanyak lima puluh kata sebagai jawaban atas sebuah award yang diberikan oleh seorang blogger ganteng bernama http://aprillins.com/ Aprillin yang lagi kuliah di Jogja atau Jogjakarta atau Ngayogyakarta Hadiningrat dengan slogan kerennya Jogja Never Ending Asia sebagai cerminan bahwa Jogja merupakan kota yang tiada habis-habisnya


hehehehehehe paragraf diatas tuh berisi 50 kata tanpa koma dan titik, cuma banyak menggunakan kata "yang" (yang....aku sayang kamu yang.... pale lu peyang yang).
Jika tidak percaya berjumlah 50, silahkan kopi paragraf diatas tersebut lalu pastekan di tool yang ada pada bagian bawah blog attayaya ini. Lalu klik Hitung Kata. Jika berlebih itu berarti bonus, jika kurang silahken tambah sendiri.... haiiiayaahahhh.....

Aku kembali dibuat terkezzzzut oleh Aprillins yang mana sebagaimana diketahui bahwa tak beberapa berselang, beliau (cieeee....) sebagai manager tunggal di Aprillins.com juga telah memberikan Award First Friend. Lha aku juga gatau ternyata eh...ternyata komentarku yang sangat amburadul di tempatnya telah berjumlah 50.

Tengkyu Bro
Dan kemudian aku bingung mo kasi ke siapa, abisan aku ga punya penghitung jumlah komen.
selengkapnya...

Ekolabel Indonesia

Ekolabel dapat berupa simbol, label atau pernyataan yang diterakan pada produk atau kemasan produk, atau pada informasi produk, buletin teknis, iklan, publikasi, pemasaran, media internet. Selain itu, informasi yang disampaikan dapat pula lebih lengkap dan mengandung informasi kuantitatif untuk aspek lingkungan tertentu yang terkait dengan produk tersebut. Ekolabel dapat dibuat oleh produsen, importir, distributor, pengusaha ‘retail’ atau pihak manapun yang mungkin memperoleh manfaat dari hal tersebut.

Menurut situs ekolabel Kementerian Negara Lingkungan Hidup (ini yang asli di http://www.menlh.go.id/ekolabel-sml/ekolabel/), terdapat 20 perusahaan yang mempunyai Sistem Manajemen Lingkungan, 5 perusahaan (pabrik bubur kertas dan pabrik kertas) yang bersertifikat lingkungan dengan 20 produk (semuanya kertas), 5 perusahaan pabrik bubur kertas dan pabrik kertas yang mengklaim perusahaannya telah Ramah Lingkungan (Swadeklarasi)

Tetapi, coba simak sedikit artikel dari website tersebut :
  • Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI) mengindikasikan 70% bahan baku industri pulp dan kertas di Indonesia masih menggunakan kayu dari hutan alam. "Saya bisa mempertanggungjawabkan kayu yang digunakan industri pulp and paper menggunakan kayu hutan alam," ujar Direktur Eksekutif LEI Taufik Alimi, kemarin. Taufik menjelaskan ketergantungan industri pulp dan kertas pada kayu yang berasal dari hutan alam sangat tinggi, tercermin dari kasus pembalakan liar di Riau. Indikatornya, menurutnya, terlihat ketika polisi menerapkan police-line di Riau, salah satu perusahaan pulp dan kertas di sana terpaksa harus mengurangi kapasitas produksinya.

  • Indikator lainnya, lanjut Taufik, pabrik pulp dan kertas itu mengklaim menggunakan kayu hutan tanamannya yang masih berumur 5 tahun, sedangkan sesuai dengan ketentuannya kayu hutan tanaman itu idealnya dipanen pada usia 6 tahun. Padahal, Dephut telah mengeluarkan kebijakan yang melarang industri pulp dan kertas menggunakan kayu hutan alam melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.101/Menhut- II/2004 tentang Percepatan Pembangunan Hutan Tanaman untuk Pemenuhan Bahan Baku Industri Pulp dan Kertas. "Dalam ketentuan itu perusahaan hutan tanaman industri (HTI) yang terikat dengan industri pulp dan kertas harus menyelesaikan penanaman seluruh arealnya paling lambat 2009."

  • Namun, Menhut M.S. Kaban belum lama ini menyatakan batas waktu penggunaan kayu hutan alam untuk keperluan industri pulp dan kertas diundur.

  • Taufik berpendapat perpanjangan kebijakan penggunaan kayu hutan alam bagi industri pulp dan kertas memperparah ketidakpastian iklim usaha di Indonesia. Untuk itu, katanya, perlu segera direalisasikan percepatan pelaksanaan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang dapat membantu mempercepat pemulihan prakondisi kehutanan.
Jika melihat kepada daftar perusahaan yang mendapat sertifikat Ekolabel Indonesia, terdapat 2 perusahaan kertas/bubur kertas di Riau yaitu PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER (RAPP) dan PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER, Tbk. (IKPP). PT. RAPP telah memiliki sertifikat atas 6 produk kertas tanpa salut hasil produksinya, sedangkan PT. IKPP memiliki sertifikat atas 1 produk kertas tanpa salut hasil produksinya. Ketika polisi merazia dan memberi "garis polisi/police-line" atas hasil hutan alam Riau, ternyata 1 dari 2 perusahaan tersebut mengurangi kapasitas produksinya karena minimnya pasokan bahan baku. Berarti salah satu perusahaan telah menggunakan bahan baku dari hutan alam Riau dan bukan dari Hutan Tanaman Industri.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan label EKOLABEL INDONESIA - RAMAH LINGKUNGAN pada salah 1 dari 2 perusahaan tersebut adalah TIDAK BENAR, karena menggunakan bahan baku dari hutan alam. Maka dengan keadaan seperti ini, Hutan Alam Indonesia masih tidak aman dari perambahan liar guna memenuhi kebutuhan bahan baku pabrik kertas/bubur kertas. Prinsip tebang pilih tidak berlaku. Yang ada hanyalah TEBANG HABIS.

selengkapnya...

26 April 2009

Drama politik sambil main bola

politikus tuh pinter mendramatisir.
drama kesengsaraan rakyat pun dipolitisir.
dan aku cuma bisa makan pisang sesisir.
di pantai yang berpasir.
(ini komenku di tempat kang suryaden)

Apakah bisa politikus bermain bola?
oh...no... plis deh
Sebelum memasukin bola, mereka berunding dulu untuk berkoalisi. Bahkan sebelumnya, mereka akan menentukan calon penendang bola dalam suatu pemilu yang sangat megah dengan menghabiskan dana trilyunan plus dukungan IT yang super canggih tapi gampang dibobol dan suka "hang". Setelah kisruh dalam pemilihan tersebut, maka didapat juga ditentukan penendang bola dan dipaksa harus bisa menggolkan segala visi misinya. Jika tidak bisa gol, maka pihak oposisi akan menepuk-nepuk dada sambil tereak2 "dah gue bilang lo jangan maju, lo khan cuma orang belakang".

"Baaaah....sudah klubilang kau jangan maju bertempur, e..... bertempur juganya kau, matilah kau", begitu kata Nagabonar.

Apapun yang akan dilakukan penendang bola, merupakan tekanan berat baginya. Bagaikan memakan buah apel (satu keluarga ma buah simalakama), dimakan enak, ga dimakan mubazir. Lha...iyalah dengan gaji superbesar dari uang rakyat, masa ga bisa beli buah apel.

Biarkanlah politikus bermain bola ma tikus-tikusnya.
Aku hanya menyukai bermain bola ma Kang Tohir fresh from Cicomre yang terkumpul dalam PSBI PERSATUAN SEPAKBOLA BLOGGER INDONESIA (bukan PSSI)

oia...
mohon bantuannya atas kesusahan yang dialamai ma blogger trimatra (http://titimatra.blogspot.com/)
commentnya ga bisa muncul tuh
(moga-moga ketika postingan ini muncul, masalah trimatra dah selesai)

selengkapnya...

25 April 2009

Komputer untuk semua

Mau komputer? Silahkan ambil di National IT Expo 2009 di Pekanbaru. Jangan lupa membayarnya ya.
Pameran Komputer X-treme Terbesar Terlengkap Termurah. Begitulah slogan pameran ini yang ditaja (diselenggarakan) oleh Apkomindo DPD Riau (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) bersama dengan Pemerintah Propinsi Riau, Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Departemen Perindustrian, Kementerian Negara Riset dan Tekhnologi.

Aku, Taufik Asmara, dan Nanlimo tadi sore sempet ngobrol2 sejenak (eh...lama juga bo...dari jam 3 mpe jam 5.30) ma Ketua Apkomindo Riau, Pak Ridwan Retyan, tersirat bahwa "Kita ingin vendor nasional tahu, kalau IT di Pekanbaru khususnya, Riau pada umumnya cukup berkembang". Beliau juga antusias pada berbagai komunitas apapun yang berhubungan dengan IT. Pada kesempatan ini, Komunitas Bloger Pekanbaru "Bertuah" diundang beliau untuk mengisi acara seminar pada hari Minggu tanggal 26 April 2009 jam 14.30 wib s/d selesai. Diharapkan pada acara seminar ini, Bloger Bertuah dapat membuka "mata" masyarakat Pekanbaru dan Riau tentang manfaat blog dan bagaimana mengelolanya dengan baik.


Pameran yang berakhir pada tanggal 28 april 2008 ini dilaksanakan di Gedung Dang Merdu Jalan Jend. Sudirman Pekanbaru. Juga dilangsungkan di kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surakarta, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Denpasar.

Yang asiknya tuh ada seminar dan workshop blogging, facebook, dan linux. Dan bagi yang pengen discan virus secara gratis, dapat membawa kompi ato laptopnya ke pameran ini. Selain itu juga lomba merakit PC, dan lain sebagainya.

selengkapnya...

All about Dog

Confuse where to find all your dog needs? You don’t think you want to go to the pet shop? You can just visit this website and all you need for your dog is just in one stop online shopping.

You can have anything you need for your dogs health, dog care, dog bedding and food. Here you can find dog leashes and collars you need. Here the website offers you leashes in different kind of type and color. You can also choose your dog leashes depend on the material. This website could provide you lots of references for your dog since your dog needs grooming to keep him best. Here you can find all you need for your dog grooming such as pin brushes, slicker brushes, comb, mat combs, shedding blades, scissors, thinning shears and electric clippers. Besides leashes and dog grooming tools, here you can also find dog toys. They offer you lots of kind of dog toys. You can spoil your dog playing with the toys though you left them at home. Dog bedding with different kind of materials and fabrics are provided as well in this website. Last but not least, this website offers you complete guidance and comprehensive suggestion for your dog food.

selengkapnya...

Tenggelamnya Pulau-pulau Indonesia

Judul di atas mengikut pada judul novel "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" karangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (BUYA HAMKA)

Salah satu dampak dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub utara maupun selatan. Pencairan es ini akan mengakibatkan kenaikan permukaan air laut. Tentu saja dengan naiknya permukaan air laut akan menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau yang memiliki dataran yang rendah. Hal lain adalah masuknya air laut ke dataran seperti Jakarta dan Semarang.

Kepala Subdit Pengelolaan Pesisir dan Lautan Terpadu, Departemen Kelautan dan Perikanan, Dr Subandono Diposaptono mengungkapkan, sekitar 24 pulau kecil yang tersebar di berbagai daerah Indonesia kondisinya tenggelam.

"Penyebab pulau-pulau kecil tenggelam dikarenakan berbagai hal, diantaranya akibat dampak pemanasan global, pengaruh pengerukkan pasir laut serta akibat bencana tsunami dan lain sebagainya," kata Subandono Diposaptono pada Jumat (20/2/09), seusai sosialisasi rencana strategis pengelolaan wilayah pesisir di Biak.

Pulau Nipah di Batam, Kepulauan Riau telah sempat tenggelam, walaupun penyebab utamanya adalah pengerukan tanah yang menyebabkan rendahnya dataran pulau. pemerintah melalui program reklamasi yang dilaksanakan Departemen Pekerjaan Umum telah mencoba mengurangi tenggelamnya pulau tersebut yang berbatasan dengan Wilayah Singapura. Jika tenggelam, maka wilayah perairan Indonesia akan jauh berkurang.


Pulau Nipah setelah hancur-hancuran dikeruk pasirnya oleh pengusaha Singapore
(poto dari www.tnial.mil.id)



Pulau Nipah setelah direklamasi
(poto dari www.puspenerbal.mil.id)


Sepanjang tahun 2005 hingga 2007, Indonesia telah kehilangan 24 pulau kecil yang tenggelam akibat kenaikan muka air laut sebagai dampak dari pemanasan global. Dalam Status Lingkungan Hidup Indonesia tahun 2007 yang diluncurkan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Jumat (28/11/07) malam, disebutkan, pulau-pulau yang tenggelam itu berada di Provinsi Aceh (tiga pulau), Sumatera Utara (tiga pulau), Papua (tiga pulau), Kepulauan Riau (lima pulau), Sumatera Barat (dua pulau), Sulawesi Selatan (satu pulau), dan tujuh pulau di kawasan Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Jika tidak segera tertangani, masih banyak lagi pulau-pulau kecil di Tanah Air yang tenggelam karena dari 18.110 pulau yang ada, sebagian besar adalah pulau-pulau kecil yang sangat rentan terhadap pengaruh pemanasan global.


Sumber pengolahan :
Media Indonesia Online Jumat, 20 Februari 2009
Suara Pembaharuan Online 30 November 2008
Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut
Pusat Penerbangan TNI-AL

Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

selengkapnya...

24 April 2009

Award vs Google Picassa

Ada apa neh dengan google picassa. Beberapa gambarku kok ga muncul di blog ya? Apa karena net yang lelet, ato ada lagi maintenance di google picassa. Beberapa award dan gambar sebelum ini juga ga bisa muncul. Ampuuuun deh...
Moga2 award yang ini bisa muncul dengan bagus tanpa hambatan dari google picassa.

Dari http://ravatar.blogspot.com/ ravatar

Naik-naik Gunung Merapi
Tanah Datar dekat Bukittinggi
Hanya satu ucapan dan puji
Ravatar sememang baik hati


Dari Fanny


Fanny Fredlina tidaklah jutek
Riang gembira selalu adanya
Fanny ngakunya sebagai miss gaptek
Jalan jalan itulah hobbynya


Award keren ini kuteruskan kepada blogger perempuan bali :
nenoneno
itik bali
dan semua blogger perempuan dari bali lainnya
monggo silahken dipilih dan diembat

mahap kalo pantunya ga pas

oaaaaaaaahheeemmmmmm
ngantuknya...

Aku tidur dulu ya......

bloggers... I luv u all

selengkapnya...

Cowok Telanjang dan Cewek Cantik Telanjang

Apakah seorang gambar cowok bernama David Beckham tuh keren?
Apakah seorang gambar cewek cantik semacam Miyabi a.k.a Maria Ozawa atau pun Rin Sakuragi tuh keren?

Kurasa tidak, karena yang paling keren tuh adalah attayaya yang digambarkan oleh urfooz.



Nah ini attayaya yang keren dibuat oleh urfooz

Seorang blogger telah menunjukkan alamat ini bagi yang pengen punya avatar sendiri :
http://www.urfooz.com/

Lho mana cowok telanjang dan cewek cantik telanjang???
.
.
.
.
.
.
tidak ada disini

selengkapnya...

Give someone a special gift

Gift, in other way to say “present”, as a giving something from person to other, without compensation. A gift means to be free. In many cultures they are traditionally packaged the gift in some manner, like packaged on wrapping paper. Gift can refer to any reason : happiness or sadness, especially as a favour, including forgiveness and kindness.

On the internet, we can find online shopping. But, there is a revolutionizes online shopping. We can find and shop everything that we need to give someone gifts. If you have someone special to share your happiness, may be a special gift for your man or your girl. In my case, i want to make some party. I think that is good idea to bring something special for my host and also my guess. So, I get everything that i need on online shopping as I mentioned above. And, we all happy.

selengkapnya...

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

6,5 adalah nilai kimiaku di SMA. Walopun begitu, aku coba juga mengetengahkan masalah fotosintesa tumbuhan (halaaaaah sok kaleeee). Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:

6H2O + 6CO2 + cahaya matahari → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis

Dijabarkan menjadi bahwa misalnya 6 molekul air ditambah 6 molekul karbon dioksida bebas di udara ditambah cahaya matahari akan menghasilkan 1 molekul glukosa dan 6 molekul oksigen.

Coba bayangkan....

Sejujurnya akupun susah membayangkannya. Cuma yang kudapat dari persamaan diatas adalah bahwa air dan karbon akan diolah tanaman menjadi gula (glukosa sebagai makanan tumbuhan) dan OKSIGEN!!!

Yihaaaaa....
Jadi kalo masih mau bernapas dengan oksigen dimuka bumi ini, maka perbanyaklah menanam pohon atau tumbuhan lain, ditambah dengan waktu sisa hidup yang masih diizinkan ALLAH SWT.

Karbon dioksida memang dibutuhkan menyokong kehidupan. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Manusia membutuhkan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Ini merupakan salah satu siklus pendek. Siklus ini sebenarnya tidak sesederhana itu. Siklus yang lebih besar akan membicarakan juga gas-gas lain, faktor-faktor lain, dan pemicu-pemicu lain. Tapi jika dipelajari lebih lanjut akan membuat kepala jadi pening lalat.

Dah... jadi cuma itu aja lah dulu.
Daripada semua jadi pening lalat.
Hal itu yang kupelajari, dan hal itu pula yang kubagi.
Kudapat dari Wikipedia as my fave.

selengkapnya...

23 April 2009

Pantun Bungkus Award

Kembali ke tanktop...laptop..top markotop.... ada pantun sedikit untuk blogger yang telah memberi aku award :

Kota Siak tempatnya raja-raja
Wilayahnya sampai ke negeri Malaysia
http://siak-bungaraya.blogspot.com/ Bloger Siak bernama bunga raya
Selalu menyapa bloger di dunia maya

Dunia maya luaslah sangat
Bukan sekedar cerita si Kancil
Salam mba reni selalu hangat
Tercermin dalam http://www.renijudhanto.com/ catatan kecil

Kecil-kecil bukan cabe rawit
Pedas-pedas bukan lada hitam
http://cantstopsmiling.wordpress.com/ Nenoneno selalu tersenyum sipit
Melihat timpletnya berwarna hitam

Si Hitam manis berbaju biru
Enak dipandang tak lepas dimata
Blogger vaozy asalnya pekanbaru
http://novaozy.blogspot.com/ Hitam black-id nama kerennya

Keren beken istilah sekarang
Jaman untuk memajukan diri
Agar maju dan terpandang
Mari belajar http://kiat4sukses.blogspot.com/ dalam ruang motivasi

Belajar motivasi dengan santai
Agar maju dan terpandang
http://oce-modifblog.blogspot.com/ Blog modifikasi sememang pandai
Membuat hati selalu berdendang

Dendang gembira mandi di sungai
Sungai Mahakam mengalir ke laut
http://metaforaa.org/ Ajin metaforaa jugalah pandai
Blognya hebat, ditiru patut

Mematut diri nak pergi ke helat
Helat ada di Desa Tanjung Balik
Jika nak lihat yang coklat-coklat
Datangi aja blog http://cah-cikrik.blogspot.com/Cikrik de Kick

heheheheheh mahap...mahap...mahap...

pantun ini pantun kacau
dibuat anak pekanbaru
jika tidak suai, jangan berkicau
jika tidak patut, jangan ditiru

pantun ini pantun kacau
bermaksud hendak memberi penghargaan
jika tidak menyambung, jangan dihirau
jika tidak berkenan, mohon dimaafkan


Terima kasih atas semua awardnya.

I luv u all
selengkapnya...

22 April 2009

Earth Day

Earth Day atopun Hari Bumi adalah suatu gerakan lingkungan yang telah dimulai sejak 1970 yang diprakarsai oleh Gaylord Nelson. Sekitar 20 juta warga amerika saat itu turun ke jalan, taman-taman kota dan auditorium untuk unjuk rasa atas lingkungan sehat dan berkesinambungan. Berusaha mengumandangkan suara ketidaksetujuan atas limbah minyak, polusi pabrik dan polusi pembangkit listrik, limbah beracun (B3), penggunaan pestisida, dan berkurangnya hutan rimba beserta isinya. Earth Day di tahun 1970 telah dapat menyatukan Partai Republik dan Partai Demokrat dalam menghasilkan "United States Environmental Protection Agency" dan "Clean Air, Clean Water, and Endangered Species acts". Earth Day kemudian berkembang dengan mengemukakan topik global warming dan energi bersih. Sekarang mengemukakan cakupan yang lebih luas yaitu clean environment (lingkungan bersih).

Tolong diperbaiki jika terjemahanku salah :
United States Environmental Protection Agency tuh berarti Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat
Clean Air, Clean Water, and Endangered Species acts berarti Undang-undang tentang Udara Bersih, Air Bersih dan Perlindungan Spesies

Earth Day 2009, 22 April

Melalui program "The Green Generation Campaign" (Kampanye Generasi Hijau) difokuskan pada :
  1. Masa depan yang bebasdari karbon berbasis "energi yang terbarukan" untuk mengakhiri penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi) termasuk batubara.
  2. Komitmen setiap pribadi untuk bertanggung jawab atas konsumsi yang berkelanjutan (An individual’s commitment to responsible, sustainable consumption)...wadoowwww susah nerjemahinnya.
  3. Menciptakan "ekonomi hijau" terhadap pengurangan kemiskinan dengan menciptakan lapangan kerja dari usaha-usaha yang ramah lingkungan.


Bagaimana dengan Indonesia?
Belum terdengar gaung dari Balai Rekayasa Desain dan Sistem Teknologi (BRDST) sebagai salah satu unit kerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) yang dalam pelaksanaan kegiatannya berada di bawah koordinasi Kedeputian Bidang Tekhnologi, Informasi, Energi dan Meterial (TIEM).

Aku masih bermimpi untuk melihat sebuah Kincir/Turbin Angin sebagai pembangkit listrik di Indonesia. Umumnya daerah pantai selatan Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali mpe Nusa Tenggara tuh mempunyai angin yang cukup besar.

selengkapnya...

21 April 2009

Joo Izzy sememang bertuah betol

Sebelum memulai postingan ini, aku cuma mo bilang :

Hari ini adalah peringatan Hari Kartini
Hari ini, Kartini terlahir 130 tahun lalu
Ingat ???


OK.... sodara....sodara.....seperjuangan....
Tak disangka, tak dinyana.....sodara.....sodara.....
Begitu besar perhatian seorang Joo Izzy pekerja seni asal Sleman Ngayogyakarta Hadiningrat. Walaupun bukan dari Pekanbaru tetapi perhatiannya itu lho, mbikin hati deg-deg pyarrrr mak jesssssss mpe mbikinin logo untuk Komunitas Blogger Pekanbaru "Bertuah". Secara bahwa Jo Izzy juga sedang ngubek-ubek nemuin Komunitas Blogger Yogyakarta "cahandong" pake batik, kain sarung, blangkon segala kek mo pergi kondangan. Mendholan (telor) blangkonnya depan ato belakang ya? Hayooo tebak....

Sodara...sodara...seperjuangan....
Coba bayangkan (hayooooo jangan mbayangin macam-macem semisal Jo Izzy berubah jadi David Beckham ato Luna Maya... hehehe jadi ganda campuran dong). Coba bayangkan logo keren buatan Joo. Kalo ga bisa mbayangin, coba sodara-sodara mbayangin lunah mayah aja. Maksutku itu, logo buatan Joo tuh keren abisssss berbasis pada logo buatan mas Sunardi yaitu Kapal Layar (Lancang Kuning). Lengkap ma filosofi, keterangan, daftar warna, dan pernak-pernik lainnya.

Sosodara....sosodara...
Secara pribadi aku tersanjung (sambil mengacung-acungkan tangan bagai retorika Bung Karno.... halaaaaah kok ga nyambung neh). Sangat tersanjung atas niat baik Joo Izzy yang baik hati, tidak sombong dan suka menabung (haiiiyaaah) dalam pembuatan logonya. Ide kreatifnya yang cemerlang khas anak Jogja. Jogja tenannnn jheeee...

Sosodara....sosodara...sedunia semaya...
Walaupun Jo Izzy bukan Luna Maya, walaupun Jo Izzy bukan David Beckham, Jo Izzy adalah Jo Izzy (lhaaa iyaaaalah gemana seh). Bisa jadi Jo Izzy begadang mpe tengah malam ngerjain logo Bertuah. Bisa jadi Jo Izzy ga bisa nangkring di angkringan sambil makan nasi kucing sembari menyeruput dengan sepenuh hati teh nasgitel (panas legi kenthel) di pojok utara Stasiun Tugu. Bisa jadi Jo Izzy tak sempet makan gudheg Yuk Jum di selokan mataram (ehhhh yuk jum ato sopo yo). Bisa jadi Jo Izzy ga sempet mejengin cewek-cewek cantik di Lembah UGM. Ini karena semangatnya membuat logo Bertuah sodara...sodara...

Sodara....sodara....
Postingan ini "fresh from oven" khusus kubuat untuk Jo Izzy ning Ngayogyakarta Hadiningrat jauuuuh disana (lhaaa iyalaaah... kalo deket sini mahhh dah pasti jadi anggota blogger Bertuah).

Terima kasih untuk Jo Izzy atas perhatian membuatkan logo.
Walo pun logo Bertuah dah terpilih, tapi ide dan pikirannya akan menjadi perhatian khusus, terutama bagi aku "attayaya".

Logo buatannya yang lengkap ada di rumah Joo Izzy disini.
Aku belom minta izin untuk mengambilnya.

Nah karena dah dikasi izin ngembat logo, maka terpajanglah dengan indahnya logo buatan Joo Izzy.



selengkapnya...

20 April 2009

Buat penerima Award, baca ini!

Buat penerima Award, baca ini!
Inilah judul artikel pada blog sibaho, pemilik blognya adalah cowok yang berkacamata (keknya kalo ga salah liat) dan bermula ngeblog di sekitar Januari 2009. Hmmmmm awal tahun yang indah untuk ngeblog. Sibaho bertanah asal Batak dan terdampar di cikarang. Blognya dengan desain dari Blogging Secret berwarna hitam berpadu abu-abu, merupakan perpaduan yang harmonis.

Kembali ke tanktop....laptop...top markotop...
Artikel sibaho menceritakan tentang Award yang bergulir dari pemberi ke penerima, dan terus digulirkan kembali ke bloger lain. Sibaho mencoba mencari asal muasal sebuah award. Walo akhirnya kesusahan juga akhirnya. Kecuali jika kita memang diberi award langsung dari si penerima. Pada blogku pernah mendapat langsung dari si pembuatnya (nenoneno's Award), award khusus (My First Blogging Friend Award dari aprillins), Award bloger bertuah dari bambang, dan lain2. Award pertama kuterima dari Lyla-home yang membuat aku kebingungan mo diapain. Sumpah aku tidak tahu mo diapain ketika aku menerima dari mba lyla. Maklum masih culun, masih seumur jagung dan baru mulai belajar berjalan ke blog lain. Malu untuk bertanya. Setelah jelang beberapa hari, dengan muka merah biru ijo kuning ungu, aku pun bertanya. Malu, isin, shame, etc deh rasanya. Dulunya, setelah muter belajar kesana kemari, award yang kuterima dipajang dalam satu widget di sidebar. Tetapi akhirnya cukup dalam artikel aja munculnya (karena widgetnya terlalu beraaaaat).

"Menerima, menolak atau bahkan mendiamkan adalah murni hak prerogatif kita", demikian tulis sibaho. Khusus untuk hal yang ketiga yaitu mendiamkan alias mencuekkan, hal yang ini pernah kualami waktu dah dapat beberapa award dan memberi/meneruskan kepada satu bloger yg terkenal... yachhhh kena cuekin. Nasibbbbbb anak culun sok ngasi award ke bloger terkenal, padahal isi blognya bukan khusus berisi topik tertentu. Akhirnya kuhapus tuh. Tak tahan menanggung malu pada diri sendiri yang culun abisssss. Ya..iyalaaah daripada aku ke dukun minta dijampi-jampi kek caleg yang kalah perang dan ga siap menerima kekalahannya.

Sibaho kemudian melanjutkan, "Cuma, secara etika kepatutan (alamaaaaak...bahasanya) sungguh tidak pantas menolak pemberian orang". Yup betul bro, namanya juga diberi rejeki, moso ditolak, ntar dibilang ga punya sopan sophian (maaf bang Phian, moga abang tetap tetang "disana"). Jikalaupun ada bloger yang bersedia ngasi aku segenggam emas dan sebakul intan, sumpah mati aku akan ..... menerima dengan lapang dada. Apalagi kalo ada yang mau ngasi aku gratissss mobil Jeep Wrangler. haiiiiayaaahh........ kalo bisa Rubicon deh, seken ga apa apa asal gratissss.

Sibaho akhirnya sampai kepada bab kesimpulan (halaaah kek skripsi, tesis aja) bahwa "Hargailah award yang telah diberikan oleh orang lain."

Nice bro...
seperti yang tertera dalam blog komandan sibaho, maka aku dan beberapa bloger lain mendapat pengecualian untuk tidak memajang awardnya (huuuuuuuuu...penonton bersorakkkkk), karena udah pernah terima dari bloger lain. Dan aku hanya bisa menceritakan ini.

Go Award
Bulan award masih berlanjut dan tidak berhenti karena semua bloger sedunia adalah bloger yang menghargai pemberian orang lain, beretika, baik hati, tidak sombong dan suka menabung

haiiiiyaaaaahhhh ciaaaaaaaaat kabuuuuuuuuuurrrrr

selengkapnya...

19 April 2009

Logo Blogger Bertuah Pekanbaru

Kopdar 5 Blogger Bertuah Pekanbaru memiliki topik (bukan topik asmara) khusus, yaitu penentuan logo resmi untuk komunitas ini. Dari unjuk suara plus unjuk gigi dibarengi dengan unjuk tangan atas pemilihan logo, maka diperoleh sebuah logo yang resmi. Sebelum keputusan diambil, telah disepakati bahwa logo yang terpilih masih bisa direvisi pada beberapa bagian tanpa menghilangkan prinsip dan filosofi logo yang sudah terpilih tersebut.

Inilah logo yang terpilih :


Inilah prakata dari empunya dan pembuat logo Maryo Sanjaya Adi Putra :
Sirih sangat dikenal di kalangan masyarakat Melayu. Selain dimakan oleh rakyat kebanyakan, sirih juga dikenal sebagai simbol budaya dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam adat istiadat Melayu. Sirih dipakai dalam upacara menyambut tamu, upacara merisik dan meminang, upacara pernikahan, pengobatan tradisional, dan berbagai upacara adat yang lain. Dalam upacara pernikahan, sirih dirangkai dalam bentuk sirih junjung yang cantik, dan bersama dengan sirih penyeri dipakai sebagai barang hantaran kepada pengantin perempuan. Di dalam upacara resmi kebesaran istana, sirih junjung dipakai sebagai hiasan yang menyemarakkan suasana. Sirih junjung juga dibawa sebagai kepala suatu arak-arakan adat.

Daun-daun sirih yang terdapat di bagian bawah dan berukuran kecil dipakai sebagai obat oleh dukun-dukun Melayu. Sirih bertemu urat adalah jenis yang dipilih oleh bidan untuk pengobatan tradisional. Pada saat ini, sirih masih menjadi bagian penting bagi masyarakat Melayu, walaupun tidak banyak lagi orang yang memakannya. Namun kini, daun sirih akan menjadi bagian penting pada logo Blogger Bertuah Pekanbaru.


Beberapa blogger yang hadir pada kopdar tersebut meminta untuk melakukan perubahan sedikit, misalnya : tidak menggunakan "blogger" sebelum kata bertuah karena di bagian bawah telah menyebutkan "komunitas blogger pekanbaru", tulisan pada bagian bawah pun diminta untuk dirubah warnanya mungkin hitam atau merah (kuning, hijau dan merah adalah warna kebesaran bangsa Melayu). Dan aku mengusulkan untuk memindahkan daun sirih ke sebelah kiri yang ditempatkan dengan semanis mungkin.

Aku mencoba merubah sendiri dengan catatan rubahanku bukanlah rubahan resmi, karena seharusnya yang merubah adalah Maryo. Rubahanku ini hanya kira2 mungkin seperti inilah jadinya. Kita nantikan saja hasil rubahan dari Maryo. Dan jika memungkinkan untuk dibuat menjadi 3D oleh Penyamun.


Atau mungkin jadi seperti ini :

Pada acara tersebut, aku lebih memilih logo buatan mas Sunardi PW yang tidak bisa hadir karena masih ada kerjaan. Logonya juga berciri khas melayu yaitu Lancang Kuning (lancang = perahu/kapal). Hanya jika kalaulah mungkin (haaalaaahh... bahasaku aneh ya), Lancang Kuning itu menghadap ke kanan, maka akan lebih bagus sehingga jikalau diletakkan sebagai kop surat (header surat) akan terlihat gagah dan tidak akan menurunkan martabat bangsa Melayu.

Inilah logo buatan mas Sunardi PW yang kufavoritkan :


Ini hasil rubahanku berdasarkan logo mas Sunardi :


Semua logo blogger bertuah diusulkan oleh :
Sunardi PW (dapat dilihat pada blogerbertuah.blogspot.com)
Maryo Sanjaya Adi Putra (dapat dilihat pada blogerbertuah.blogspot.com dan pirawa.blogspot.com)
Bambang Hermanto (dapat dilihat pada blogger-plaza.blogspot.com)
Penyamun Menyanyah (dapat dilihat pada blogerbertuah.blogspot.com)

selengkapnya...

Asmara Dhana bukanlah Tembang Katrok

Asmaradana berasal dari kata Asmara dan Dhana. Asmara adalah nama dewa percintaan. Dhana berasal dari kata Dahana yang berarti api. Nama Asmaradana berkaitan denga peristiwa hangusnya dewa Asmara oleh sorot mata ketiga dewa Siwa seperti disebutkan dalam kakawin Smaradhana karya Mpu Darmaja. Dalam Serat Purwaukara, Smarandana diberi arti remen ing paweweh, berarti suka memberi.

Asmaradhana juga merupakan salah satu dari 11 pola/tembang macapat yang umum dikenal selain Pucung, Megatruh, Pangkur, Dangdanggula, dll. Macapat adalah lagu/tembang tradisional klasik Jawa. Macapat juga bisa ditemukan dalam kebudayaan Bali, Madura, dan Sunda. Apabila diperhatikan dari asal-usul bahasanya(kerata basa), macapat berarti maca papat-papat(membaca empat-empat).Cara membaca terjalin tiap empat suku kata. Macapat diperkirakan muncul pada akhir Majapahit dan dimulainya pengaruh Walisanga di Jawa. Tetapi perkiraan tersebut masih belum pasti, karena tidak ada bukti tertulis yang bisa memastikan. Macapat banyak digunakan di dalam beberapa Sastra Jawa Tengahan lan Sastra Jawa Baru. Kalau dibandingkan dengan Kakawin, aturan-aturan dalam macapat lebih mudah. Kitab-kitab zaman Mataram Baru, seperti Serat Wedhatama, Serat Wulangreh, Serat Wirid Hidayat Jati, Serat Kalatidha, dan yang lainnya disusun dengan lagu ini.

Asmara yang sekarang ini bukanlah asmara katrok
seperti si Jonk yang lagi pening menunggu kelahiran anak Pak Mul. Asmara telah banyak dijadikan judul lagu, seperti Gelora Asmara (Derby Romeo), Puncak Asmara (Aura Kasih), Terpanah Asmara (BCL so..pasti), Asmara (Anita Sarawak), dll. Tak beda dengan Taufik Asmara yang telah jatuh asmara (cinta) dengan wordpress sejak Juli 2007 (wooowwww...dah lama melintang lintang eh... malang melintang). Taufik sepertinya tidak mau berpindah ke lain hati. Taufik a.k.a Bang Fiko sememang dalam penelusuran untuk meluncurkan bangfiko.com yang belum terealisir. Walaupun agak susah membedakan antara Taufik Asmara dengan Asmara Katrok.

Asmara Katrok (tapi tidak metropolis) sememangnyalah membenci kesengsaraan yang diberikan mba Dwi dan pak Mul, tetapi menyenangi plus mencintai pada supply makanan dari mereka. Sangat cocok dengan Bang Fiko sebagai seorang tukang makan sekaligus penulis (abis nulis terus laper terus makan deh). Novelnya, walaupun belum 100%, telah mencerminkan Bang Fiko sebagai penulis. "Dulu aku sempat bercita-cita ingin menjadi penulis handal. Menulis cerpen, novel, atau tulisan ilmiah. Bahkan ketika sebuah cerpenku pernah dimuat di sebuah koran lokal di Pekanbaru, bukan main senangnya perasaan ini.", demikian ditulis dalam sebuah artikel di blognya. Apalagi di tempat kerjanya yang membutuhkan Bang Fiko sebagai penulis yang dikejar "satpam deadline". Bang Fiko ternyata telah dikejar deadline bikin release berita untuk bahan tabloid Riau Makmur terbitan Humas Prov Riau sebanyak 2 edisi. Dan dalam kesibukannya itu, Bang Fiko harus ngejar target demi anaknya yang sebentar lagi mbrojol (halaaah kok bahasaku aneh...). Yuppp.... Bang Fiko mau beranak eh.... mau punya anak yang kedua.

Maka dalam kesibukan dan kecintaannya terhadap dunia bloging, segepok emas melayang ke kepalaku yang disambit oleh Bang Fiko dengan Asmara Katrok.... pletoook... tok..tok...wadoooowwwww.... Maksudku tuh... award yang berjudul "INTERNATIONAL BLOGGERS COMMUNITY". Halaaaah aja ada-ada... Wong aku ni masih berkutat lokalan, belom dan keknya ga mungkin merambah dunia internasional kok dapet award internasional gitu lho.

Nginternasional githu jeee..... (pake logat ngayogyakarta hadiningrat). mriku..mrapat..mbablas.. angine... wuuussshhhh....

Ayo terbang ke Dunia International.

Sekali ini aku ingin memberikan award ini khusus untuk :
Dinoe-dasbos a.k.a Sudinotakim
Bloger ini berasal dari pulau Singkep, sebuah pulau yang dahulunya terkenal dengan penghasil timah selain Bangka Belitung (ingat film Laskar Pelangi?). Pulau ini pulalah sebagai tempat lahirnya (alm) Bapakku yang tercinta.
Pulau Singkep secara resmi tidak menghasilkan timah lagi, yang tinggal hanyalah kolam-kolam besar bekas penambangan timah. Hutannya telah dirambah. Tanah/pasirnya telah menjadi daratan di Singapore (menurut pantauan TNI AL, daratan Singapore telah maju sekitar 1 km kearah Indonesia yang sangat mempengaruhi jarak batasan antar negara). Dengan derita seperti itu, masyarakatnya harus bisa maju karena telah menjadi salah satu kabupaten bagian dari Propinsi Kepulauan Riau.

Majulah Singkep
Majulah Dabo
Go International



sumber bahan :
forum detik boso njowo tenan
wiki ning Indonesia
blognya Taufik Asmara
blognya Jonk Katropolis
blognya Dabo Singkep
blognya Singkep Community (yg ini boso ngenggres)

selengkapnya...

18 April 2009

Turbin Angin

Turbin angin adalah kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Turbin angin ini pada awalnya dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan para petani dalam melakukan penggilingan padi, keperluan irigasi, dll. Turbin angin terdahulu banyak dibangun di Denmark, Belanda, dan negara-negara Eropa lainnya dan lebih dikenal dengan Windmill.

Kini turbin angin lebih banyak digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan listrik masyarakat, dengan menggunakan prinsip konversi energi dan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu angin. Walaupun sampai saat ini pembangunan turbin angin masih belum dapat menyaingi pembangkit listrik konvensonal (misalnya : PLTD,PLTU,dll), turbin angin masih lebih dikembangkan oleh para ilmuwan karena dalam waktu dekat manusia akan dihadapkan dengan masalah kekurangan sumber daya alam tak terbaharui (misalnya : batubara, minyak bumi) sebagai bahan dasar untuk membangkitkan listrik.

Perhitungan daya yang dapat dihasilkan oleh sebuah turbin angin dengan diameter kipas r adalah :

P = \frac{1}{2}\rho\pi R^2 v^3

dimana ρ adalah kerapatan angin pada waktu tertentu dan v adalah kecepatan angin pada waktu tertentu.

umumnya daya efektif yang dapat dipanen oleh sebuah turbin angin hanya sebesar 20%-30%. Jadi rumus diatas dapat dikalikan dengan 0,2 atau 0,3 untuk mendapatkan hasil yang cukup eksak.
Prinsip dasar kerja dari turbin angin adalah mengubah energi mekanis dari angin menjadi energi putar pada kincir, lalu putaran kincir digunakan untuk memutar generator, yang akhirnya akan menghasilkan listrik.
(Wikipedia)

Dengan rasa penasaran, aku pun muter-muter kampung dengan menggunakan motor Google untuk mencari turbin angin terbesar di dunia (bukan mencari sendal jepitku yang ilang lho...).

Akhirnya kutemukan di http://www.metaefficient.com/.
Yang mana dalam artikelnya tertanggal 3 February 2008 berjudul "New Record: World’s Largest Wind Turbine (7+ Megawatts)" menerangkan bahwa telah dibangun turbin angin (wind turbine) terbesar dengan diameter kipas 126 meter (413 feet). Turbin ini dibangun di Emden, German oleh perusahaan Enercon German dengan type E-126, diperkirakan dapat menghasilkan lebih dari 7 megawatts listrik. Diharapkan dengan turbin ini dapat menghemat sekitar 6.000 ton karbondioksida pertahun dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga diesel.

Update :
sesuai komen aprillins di bawah, maka kalimat "(atau sekitar 20 juta kilowatt hour per tahun)" dihapus sementara, untuk dicek ulang ke website sebenarnya dan bahan bacaan lainnya.



Postingan ini harusnya muncul ditanggal 17 April jam 1:01 malam. Tetapi karena waktu dites tanggal 15 April telah dikomen oleh :
Henny Y.Caprestya
"posting yang menarik.
tapi yang lebih menarik lagi, kenapa tanggal postingnya 17 April 2009 sedangkan sekarang baru 15??
hihihi"

maka postingan ini kuhapus dulu, lalu akan muncul sebenarnya tanggal 18 April 09
maaf ya Henny.

selengkapnya...

17 April 2009

That's me

That's me... itulah helmi priandhani sang desainer graphis. Banyak desain layak lihat dan layak jual yang telah dibuatnya. Beberapa buku agama untuk anak-anak, banner Islam Fair, beberapa sampul buku lainnya, desain stiker untuk caleg PDI-P, mpe kerjaan iseng yang mungkin lagi males ngerjain pekerjaan serius (lagi suntuk kali ya). Dan tak lupa desain menarik saat Palestina di serang Israel Desember lalu.

Walaupun aku sebenarnya tak bisa sangat nak buat sesuatu hal apapun tentang desain, tetapi bukanlah berarti aku ni tak nak tertarik sama hal kepada apapun tentang desain. Sekurang-kurangnya dengan melihat kepada sesuatu desain, maka aku pun bisa menikmati hasil desain tersebut. Masalah sebesar-besarnya adalah kendala yang tak ada seseorang pun nak ngajar aku yang tak paham tentang desain.

Kalaulah ada korang paham, bagilah sikit ilmu tu.
hahahahaha kok aku berubah logat ke bahasa Melayu neh. Tak apalah ya.

Turun kelaut nak cari ketam,
Ketam dicari pakai kayu sepit.
Kalau korang semua tak paham,
jangan lempari aku dengan sendal jepit.

NB :
korang = kau/kamu/kalian orang = anda semua
kayu sepit = kayu penjepit
ketam = kepiting

selengkapnya...

Lowongan Pekerjaan

PENGUMUMAN LOWONGAN PEKERJAAN
DIBUTUHKAN SEGERA


Dibutuhkan 1 (satu) orang untuk mengisi pekerjaan dengan masa kontrak 5 tahun
Syarat-syarat lamaran :
1. Pria/Wanita (gabungan ga bole....kecuali attayaya)
2. Pendidikan minimal tamat dari Taman Kanak-kanak
3. Umur tidak ada batasan
4. Berpengalaman di bidang Tebar-tebar Janji
5. Tidak perlu memiliki SIM (ntar ada supirnya kok)
6. Sehat jasmani tidak cacat
7. Mampu mengoperasikan komputer (sekurang-kurangnya bisa membersihkan komputer)
8. Mempunyai kekayaan sendiri (sehingga tidak melakukan korupsi)
9. Punya massa banyak
10. Syarat-syarat lain boleh ditentukan oleh pelamar

Jabatan : Presiden Republik Indonesia
Gaji : didapat dari uang rakyat
Side Job : bisa menjadikan keluarga dan kroni-kroninya berbagai usaha-usaha dari berbagai proyek pemerintah di berbagai tempat
Side Income :
- komisi-komisi proyek,
- tender,
- komisi kontrak kerja pertambangan,
- komisi retribusi reboisasi hutan
Fasilitas : Pesawat, mobil, istana (Istana merdeka, istana negara, istana bogor, istana di bali, istana danau toba, istana di yogya, dll)
Fasilitas tambahan : karpet merah di setiap jalannya

TUGAS UTAMA :
1. jalan-jalan keliling dunia
2. jalan-jalan keliling Indonesia
3. kongkow-kongkow di new york amerika
4. tebar senyum lambaikan tangan
5. jaga image

BAGI PELAMAR YANG BERMINAT SILAHKAN MENDAFTAR DI : attayaya.blogspot.com
Uang pendaftaran minimal : 1 milyar


Terinspirasi dari :
1. komenku di Indonesia Crying Tohircicomre tentang postingan caleg yg gagal
2. iklan lowonngan kerja di koran Riaupos
selengkapnya...

15 April 2009

ngeblog ngapain?

MENGALIR BAGAIKAN AIR

Secara pantauanku ke beberapa blog/situs lokal yang mengedepankan topik hijau khususnya penyelamatan bumi, selalu sepi pengunjung. Kenapa ya?
Apakah blogku ini akan menjadi sepi karena aku sekarang banyak mengedepankan topik hijau?
Sebenarnya, secara umum blogku ini awalnya untuk menyampaikan uneg-uneg hati tentang Pekanbaru, kalo bisa tentang Riau, dan kalo lebih bisa lagi tentang Indonesia plus menyerempet masalah luar negeri. Dalam perjalanannya, beberapa topik telah maju ke depan menyimpang dari tujuan asal, seperti topik nenas, atau bahkan lucu lunyu. Secara maksud hati ingin mengedepankan topik uneg-uneg dengan gaya bercerita seolah-olah aku menyadap pembicaraan ayu dan harry, walaupun aku telah merubah isi postingan AWAS SADAP TELPON OLEH KPK karena satu dan lain hal. Yang terakhir ini malah tentang A Blog Review.

Masalah yang kuhadapi adalah : WAKTU
untuk membuat postingan topik lain, aku lebih cukup gampang karena banyak bahan beredar di internet ataupun buku/majalah/bahan tulisan lain yang bisa kuolah. Tetapi, untuk mengedepankan topik uneg-uneg dengan gaya bercerita seolah-olah aku menyadap pembicaraan ayu dan harry, adalah kendala waktu, mood, dan bahan bercerita cukup melelahkan. Maklum, aku bukan pencerita yang handal.
Lagian dengan tempat kerja dan beban pekerjaan yang cukup menyita waktu menyebabkan aku agak lelet mengedepankan topik uneg-uneg dengan gaya bercerita seolah-olah aku menyadap pembicaraan ayu dan harry seperti maksud di atas. (halaaaah kalimatnya berulang-ulang......).

1 bulan lagi (15 mei 2009), blog ini berulang tahun yang pertama.
apa yang mesti kulakukan?

ahhh mengalir bagaikan air saja lebih bagus




selengkapnya...

The Inspiring Women

What's the meaning of inspiring? Inspire sebagai kata dasar inspiring berasal dari bahasa Prancis kuno (enspirer) yang didapat dari dari bahasa latin (inspirare). Asal muasalnya dari bahasa Yunani kuno yang tertulis dalam bible yaitu "in" + "spirare" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi "to breathe".

Inspire yang di Indonesia menjadi inspirasi diartikan oleh berbagai ahli seni sebagai pencerahan jiwa. Jiwa yang tercerahkan oleh sesuatu faktor baik manusianya, alamnya, dan lingkungan sekitarnya. Bagiku, inspirasi merupakan pencetus dari ide atau pikiran lebih lanjut.

Banyak para ahli yang telah berbicara bahwa sukses seseorang bukan diukur dari hasil yang dicapai tetapi dari proses pencapaiannya. Hal ini dimaksud bahwa tujuan bukanlah segala-galanya dalam suatu kesuksesan, yang sangat dan perlu diperhatikan adalah proses pencapaian tujuan itulah yang menjadi tolok ukur kesuksesan. Jika kita telah berhasil menjadi orang sukses dan kaya raya, tetapi dicapai dengan cara yang tidak benar (misalnya dengan melakukan korupsi), sebenar-benar hakikat adalah kita tidaklah mencapai kesuksesan yang dimaksud.

Sama seperti jika kita membicarakan Kartini, seorang perempuan yang banyak dijadikan sebagai inspirasi bagi perempuan lain bahkan juga lelaki. Pada saat ini kita mungkin tidak perlu belajar sejarah tentang Kartini, tetapi hanya untuk sekedar mengingat bahwa Kartini dianggap sukses telah membuka mata kita dan mata dunia bahwa perempuan bukanlah makhluk hina dina yang tidak boleh menjadi seorang makhluk yang maju dalam hal yang positif. Rasa yang dimiliki untuk selalu berpikir bahwa perempuan itu bukanlah harus dihambat oleh suatu kebudayaan. Tetapi perempuan juga bisa berperan dalam kebudayaan itu sendiri. Budaya Jawa yang kental akan tatakrama dengan kungkungan adat dirasakan Kartini tidak dapat memajukan perempuan. Kartini juga mempunyai pikiran bukan hanya tentang kemajuan perempuan, tetapi juga tentang kemajuan bangsa (nasionalisme) dan kemanusiaan (humanitarianisme). Proses kesuksesan Kartini itulah yang telah membuka mata banyak orang.

Hanya satu yang menjadi pikiran utamanya yaitu : keinginannya agar semua perempuan mempunyai kebebasan untuk menuntut ilmu dan belajar. Tindakannya dengan beradu argumen dengan orang tuanya (yang terkenal sangat feodal) membuatnya dapat meraih pendidikan. Pemikiran-pemikirannya dan tindakannya inilah yang kemudian mencetuskan pikiran atau gerakan lain sesudahnya.

Bisakah kita menjadi pencetus pikiran bagi orang lain?

(Dibuat berdasarkan : trimatra)
selengkapnya...

14 April 2009

Ajin ber-metafora

aku tak bisa nak komen apa apa
karena blognya udah bagus

Kalimat di atas adalah komenku di bloger Malaysia ini karena blognya udah bagus, tapi masih nak nanya "aku cuma ingin tau soal kekurangan atau apa sajalah tentang blogku ini". Bloger metaforaa ber-user Ajin ini memang pandai nak merendah diri, sehingganya aku diberikan sebuah award yang cantik.

Blog yang berbasis di Wordpress telah diberi nama dengan metaforaa.org dan sangat bagusnya adalah bagi bloger yang membutuhkan blog yang DoFollow. Sememangnya aku pada awal berkunjung tidaklah mengetahui sangat bahwa blog Ajin ini memakai DoFollow.

Maka...
Marilah beramai-ramai kunjungi kat bloger negeri jiran ini dan berikan komen pada setiap postingannya. Maka kita semua dapat hadiah dari pemiliknya sangat baik hati.

selengkapnya...

Merah Kuning Ijo Rasta Catur

Ternyata aku lupa mematikan alat sadapku di rumah Harry dan Ayu. Maka terdengarlah percakapan seperti ini (telah ditranskripkan) :

di suatu pagi.....

Harry : Pelangi-pelangi alangkah indahmu, merah kuning ijo ....
Ayu : ijo royo-royo kaleee bang (ayu telah berubah logat/aksen menjadi logat melayu karena dah pindah ke Pekanbaru dari Jawa, demikian juga Harry, walaupun keduanya kadang ditemukan masih berlogat Jawa).
H : Ijo itu indah say
A : iya yau, kek blognya bang atan attayaya tuh, macam nak penuh same daon hijauuuu (penuh sama daun hijau)
H : oia, abang juga tadi ketemu blog yang bagus juga
A : dimane bang? tentang ape bang? bagusnye ape bang?
H : sabar atuh neng (lho kok logat sunda.... garuk2 kepala aku)
A : yaaaa pengen tau aja, kebetulan net lagi on dan belum lelet amat
H : coba deh buka oma'nya catur
A : bentar bang..... oia merah kuning ijo dilangit yang biru neh bang
H : bagus khan, dia tuh pencinta reggae, blognya cerah meriah
A : reggae tuh ape bende bang?
H : jenis musik dari jamaika itu lho. negeri yang jauh. kalo di Indonesia seperti Tony Q, Ras Muhammad, Joni Agung di Bali, New Rastafara Yogya, dan Steven & Coconuttreez. Pemusik yang lama seperti Balck Company, Asian Roots, gitulahhhh
A : eh bangggg, kenape pulak dia disebut "oma'nya catur"
H : ntahlah, mungkin dia lagi belajar catur sama oma-nya. tapi yang bagus tuh ada artikel dia yang berjudul "Citizen Journalism Dalam Blog".
A : iyelah bang blog tuh bisa jadi kegiatan jurnalistik oleh masyarakat. Tapi dia kan mahasiswa di Universitas Muhammidayah Malang.
H : Ya, yang jalannya agak menaik kalo diteruskan bisa ke Batu tempat jual apel. Dia ini terkumpul dalam "bloger ngalam" alias bloger Malang.
A : baaaaaaaaang net ini macam nak mampus. kejap idup kejap mati.
H : ya udah dimatiin aja. terus cuci kaki, terus cuci tangan, terus bobo
A : ya deh jangan lupa gosok gigi

selengkapnya...

Sehat ala attayaya

Sehat itu indah.
Sehat itu cepat
Sehat itu terproteksi
Sehat itu teroptimasi
Sehat itu gratis

Aneh ya?
Ga kok...
Aku cuma sedang memelihara laptop kesayanganku biar sehat dan prima. Pemeliharaannya aku pake ASC (Advanced System Care) yang gratisan, plus antivirus, plus ccleaner, plus JKdefrag. Itu aja.
Tentu saja gratis semua alias FREE!!!

Advanced SystemCare Free v3
A Click A Day For PC Clean, Repair, Protection & Optimization


Advanced SystemCare Free (formerly Advanced WindowsCare Personal) has a one-click approach to helping protect, repair, clean, and optimize your PC. With over 20,000,000 downloads since 2006, this fantastic, award-winning, free program is a "must-have" tool for your computer, 100% safe and clean with no adware, spyware, or viruses.

Don't waste money on expensive "registry cleaners" to fix your PC when Advanced SystemCare Free will repair, tune, and maintain it for you!

Advanced SystemCare Free
1-Click Every Day
Current Version : 3.20 New!
File Size : 7.8 MB
Operating System : Designed for Windows Vista™, XP, and 2000 (32bit and 64bit)
Release Date : Feb 25, 2009
Designed to : Keep your PC safe, error-free, and running at top speed.
Languages : English, Danish, German, Finnish, Dutch, Hungarian, Indonesian, Italian, Serbian, Turkish, Russian, French, Brazilian Portuguese, Spanish, Korean, Czech, 简体中文

Download here : http://iobit.com/
Free!!!

selengkapnya...

13 April 2009

DoFollow

Mungkin ada salah pengertian dengan dofollow, yaitu jika ada bloger masuk ke blog kita, maka kita akan masuk/mengunjungi bloger tersebut, biasanya ada tulisan "u comment i follow". Tetapi sebenarnya dofollow adalah link/backlink yang terdapat pada komentar di blog orang lain dimana kita mengisi alamat/url blog kita di bagian "website". Jika google melakukan crawl ke blog tersebut, maka alamat kita tersebut akan dihitung google sebagai link ke blog kita. Mirip kalo ada link dalam postingan.

Ngerti ga?

Aku pun sejujur-jujurnya ga ngerti banget (tulisan diatas bisa jadi salah lho...)
hiiiiahahahahahah...........

Pokoke gini deh (gitu juga bole)
bagi bloger yang ngejar komen yang dofollow dan kepengen daftarnya (terutama blog luar ngeri eh luar negeri), nah kunjungi
http://www.dofollowblogs.com
Berisi daftar blog yang dofollow disusun berdasarkan topik dan pagerank.
Kunjungi blog/web dalam daftar tersebut, lalu beri komentar.
Dah...gitu aja kok

Kita juga bisa ngecek sebuah blog tuh aseli dofollow apa ga pake add-on di firefox yaitu
NoDoFollow Add-on Firefox
Jika udah terinstal, restart firefox
Buka sebuah blog
Klik kanan
Centang (kek pemilu aja) NoDoFolow (untuk mengaktifkannya)
Jika link pada komentar berwarna merah muda, maka blog tersebut NoFollow
Jika link pada komentar berwarna biru muda, maka blog tersebut DoFollow

BLOG INI NOFOLLOW
TAPI MENERAPKAN PRINSIP PERTAMA : U COMMENT I FOLLOW deh..... (Jika sempet....dan net ga lelet)
hehehehehehehehe.....
Jika ada yang komen, guwe/gue/gua/aku/daku/saya/saia/saye akan mbalas komen

Masih ga ngerti?
Sammmmmaaaa dong
kaburrrrrrr...... daripada dilempar segepok uang, segenggam intan, segerobak emas....
hiaaaahaahahahahaha haiiiayyyahhhhh ciaaaaaaat kaboooorrrrrrrr

selengkapnya...

Bambu ; The Fact

Bertahan dalam waktu ...
Thomas Edison berhasil menggunakan kawat pijar terkarbonisasi (carbonized) yang berasal dari bambu, dalam percobaan pertama dengan lampu pijar (bulb). Bola lampu ini masih bisa dinyalakan dan ditempatkan di Smithsonian Museum di Washington DC. Bambu juga digunakan untuk memperkuat dinding kolam. Banyak kegunaannya antara lain : lebih dari 5000 buku menggunakan kertas yang terbuat dari bambu, bangunan, bahan bakar solar, saringan air bersih, alat-alat musik, obat-obatan, makanan dan jarum gramopon pertama buatan Alexander Graham Bell.

Bertahan hidup ...
Di tengah kematian dan kehancuran, bambu merupakan makhluk hidup yang selamat pada saat ledakan atom Hiroshima (ground-zero Hiroshima).

Tumbuh dengan kekuatan dan kecepatan ...
Dengan kekuatan superior yang menyerupai baja ringan (daya tahan beban hingga 52.000 Pounds setiap tekanan/psi). Dengan perbandingan berat dan kekuatan, maka bambu merupakan salah satu tumbuhan terkuat dimuka bumi. Bambu memiliki lebih dari 1500 spesies yang berkembang di berbagai daerah mulai dari ketinggian 0 sampai ke 12.000 kaki di atas permukaan laut. Tumbuh diseluruh muka bumi kecuali di daerah kutub. Bambu juga merupakan tumbuhan yang paling cepat tumbuh : yaitu sekitar 2 inci setiap 1 jam. Beberapa jenis bambu bahkan tumbuh satu setengah meter per hari.

BAMBU melindungi lingkungan dan udara ...
Bambu adalah tumbuhan pelindung kerusakan tanah yang paling cepat berkembang, melepaskan oksigen 35% lebih banyak daripada jenis tumbuhan lain. Beberapa jenis bambu, setiap hektarnya bahkan menyerap hingga 12 ton karbon dioksida dari udara. Bambu juga dapat menurunkan intensitas cahaya matahari dan melindungi terhadap sinar ultra-violet. Kepercayaan tradisional menyatakan bahwa dalam hutan belukar bambu merupakan tempat favorit Budha, dan kita pun bisa merasakan kembali ketenangan emosi dan merangsang kreativitas.

Pengendali erosi tanah ...
Akarnya di dalam tanah dapat membuat tanah tidak mengalami erosi. Batangnya yang lentur dan kuat dapat menahan laju air atau lumpur jika terjadi air bandang.

Penyelamatan hutan ...
Bambu merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat. Bambu memiliki gaya tarik 28.000 pounds per inci bujursangkar, beda dengan baja ringan yang hanya memiliki gaya tarik 23.000 pounds per inci bujursangkar. Daerah tropis sangat mungkin untuk tanaman bambu dan dapat menciptakan "rumah yang tumbuh sendiri". Maksudnya adalah, lahan kosong yang diperuntukkan untuk perumahan, ditanam pohon bambu terlebih dahulu. Jika telah besar, ditebang dan dijadikan bahan bangunan perumahan tersebut. Di Kosta Rika, 1000 rumah dibangun dari bambu setiap tahun hanya dengan bahan yang berasal dari 60 hektar perkebunan bambu. Jika suatu rumah membutuhkan kayu, maka bisa diganti dengan bambu sehingga kita dapat menyelamatkan hutan tropis.

Sumber daya yang terbarukan ...
Bambu merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui secara cepat. Mungkin dikemudian hari kita tidak akan mengenal lagi istilah "plywood" yaitu triplek yang terbuat dari kayu, tetapi kita akan diperkenalkan dengan "ply boo" yaitu triplek yang terbuat dari bambu (semacam gedhek tapi dengan proses pembuatan dan hasil yang lebih baik). Kini bambu telah banyak digunakan untuk papan bingkai dinding dan lantai keramik; bubur bambu untuk membuat kertas (bukan bubur kertas atau pulp); briquettes/briket arang bambu untuk bahan bakar, bahan baku untuk konstruksi perumahan. Terdapat lebih dari 1500 jenis bambu di bumi. Keragamannya ini membuat bambu dapat sangat beradaptasi pada banyak lingkungan. Dapat dipanen dalam 3-5 tahun bila dibandingkan dengan kayu yang dapat dipanen pada 10-20 tahun. Bambu dapat hidup walaupun dengan tingkat curah hujan yang tinggi antara 30-250 inci setiap tahunan.

Perumahan ...
Industri bambu telah memberikan pendapatan kepada lebih dari 2,2 miliar orang di seluruh dunia. Dengan tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 3-5 tahun, sangatlah cepat daripada industri rotan yang mempunyai tingkat pengembalian laba atas investasi sekitar 8-10 tahun. Pemerintah India dan Cina, telah mengembangkan kebijakan yang memfokuskan perhatian pada faktor pengembangan ekonomi dan perlindungan alam yang dapat diraih melalui 15 juta hektar hutan bambu cadangan. Di Limon, Kosta Rika, hanya rumah-rumah yang terbuat dari bambu (hasil dari Proyek Bambu Nasional) yang masih bertahan akibat gempa bumi pada tahun 1992. Fleksibel dan ringan, merupakan sifat bambu yang memungkinkan struktur rumah bertahan dari gempa.

Makanan ...
Pucuk bambu untuk memberikan gizi jutaan orang di seluruh dunia. Di Jepang, kulit bambu merupakan Antioxidant yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, dan digunakan sebagai bahan pengawet alami makanan. Bambu dapat juga dijadikan bahan pakan ternak dan makanan ikan. Di Taiwan sendiri, dibutuhkan 80.000 ton per tahun pucuk bambu, dan menghasilkan pendapatan $ 50 juta. Daun bambu biasanya digunakan sebagai makanan ternak. Daun bambu muda merupakan makanan favorit bagi gajah dan Panda.
Daun bambu (D. Strictus) setiap 100 mg mengandung :
crude protein, 15/09;
crude serat, 23,15;
eter ekstrak 1,43;
ash 18/03;
fosfor 170
kalsium 1550 mg.

Obat kuno ...
Bambu telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurvedic dan obat-obatan herbal Cina. Tabasheer, bubuk dalam tabung bambu, digunakan secara internal untuk merawat asma, batuk dan dapat digunakan sebagai zat perangsang nafsu berahi. Di Cina, bahan dari akar bambu hitam membantu mengobati penyakit ginjal (bambu hitam ini susah dicari lho disini). Akar dan daunnya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Getahnya digunakan untuk mengurangi demam, dan abu/arangnya akan menyembuhkan biang keringat.

Desain tata letak ...
Bambu merupakan komponen yang sangat indah dalam desain lansekap/tata letak. Bambu menjadikan lingkungan teduh, pemecah angin, hambatan polusi suara, keindahan dan estetika. Hutan Bambu merupakan suatu sistem ekologi yang dapat menjernihkan air dan mengurai limbah melalui aerobik rhizosphere (organisme yang hidup di sistem perakarannya).

Budaya dan Seni ...
Bambu adalah tanaman mistik: yang merupakan simbol kekuatan, fleksibilitas, ketekunan, dan kesabaran. Di Asia, bambu telah selama berabad-abad menyatu dalam upacara keagamaan, seni, musik, dan kehidupan sehari-hari. Bambu dapat ditemukan pada tulisan di kertas, penggunaan kuas, dan menjadi inspirasi untuk puisi dan lukisan. Beberapa catatan sejarah pada awal abad 2 sebelum Masehi (BC) ditulis pada lajur bambu hijau.

Bambu berhak dan pantas disebut "tanaman ajaib".

Dari kiri ke kanan :
Phyllostachys aurea, Tetragonoclamus angulatus, Phyllostachys nigra f. punctuata, Phyllostaches bamb. violascens, Phyllostachys nigra f. 'Boryana', Phyllostachys viridis 'Sulphurea', Phyllostachys bambusoides.
(Illustration Photo by Wetterwald M.F.)


(diambil dari http://www.bamboocentral.org/)
Kantor Pusat : Bali

selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: April 2009 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah