30 Maret 2009

Tereakan maut bloger bertuah Pekanbaru

woooooooooo............
yeee................
ooooooooooooooooo........
haaaaaaaaaaaaaa........
oh no gubrak........ (eh yang ini cuma impropisapi upsss improvisasi)

wah aku kena tereakin ma bloger bertuah pekanbaru
Ini kopdarku pertama dengan anggota bloger bertuah pekanbaru
Setelah 2 undangan kopdar melayang ke jidatku oleh anggota bloger bertuah pekanbaru
(ihhhh... banyak kali kata "bloger bertuah pekanbaru"..... ntar kena banned ma oom google)

Tereakan itu muncul waktu aku menyebutkan siapa diriku (ah...narsis lo). Kejadiannya begini :

Abis dari tempat parkir sepeda motor Mesjid Agung Annur Pekanbaru sama temenku Herman yang praktisi marketing dan retailing dan berminat pada dunia per-bloging-an dan website (tapi belon punya blog), kami menuju ke area hotspot. Secara terus terang aku gatau dimana tuh tempatnya. Lha untungnya Herman tau. Jadi aku ngikut dia mengarah ke tempat tersebut. Setelah celingak celinguk kek orang maling kesepian (emang ada kek gitu ya???), aku bertanya kepada seorang cewek imut cantik baik hati dan tidak sombong (cieeeeeeeee... yang akhirnya diketahui secara seksama bernama h35sti ibunya zidan) yang didampingi sebelah kanan oleh cewek juga (regie) dan sebelah kiri yaaa cewek juga (siapa ya? lupa aku mahap..mahap..).

Aku bertanya "ini bloger pekanbaru?". Dijawab tuh ama si cewek "bloger bertuah?" (eh ini bukan jawaban, tapi pertanyaan ding). Kujawab "ya". Dibalasnya "ya disini", langsung si cewek tereak ma seorang lelaki pejantan tangguh (rupanya ketua), "ketua, ada anggota baru". Si cowok yang ketua itu bilang "ayo silahkan...silahkan..." (keknya begitu deh kuranglebih yang diucapin ma ketua). Sepertinya aku mendengar seorang bloger yang bertanya "siapa ya?". Kujawab "attayaya!".

Maka.... keluarlah tereakan maut seperti yang diatas itu tadi ditambah lemparan bom, granat, sendal jepit, sepatu, karung beras, rudal, duit, uang, money, emas, intan, berlian de el el. (eh... ga kok... bloger bertuah pekanbaru tuh baik hati semua lho... sumprit de, sumpe lo). Lalu aku pun menyelami eh.. menyalami semua bloger yang hadir. "ooo.. ini attayaya", aku pun cengengesan mpe keluar iler ler ler.

Dan...
maka...

o o o kamu ketauan....
ketauan deh siapa tuh attayaya, cewek ato cowok ato gabungan
Padahal ga mau ikutan kopdar dulu neh mpe voting selesai, lagian siangnya agak hujan gerimis. Tapi tidak ada guna voting kalo tidak ketemu bloger bertuah. Maka aku hadir di kopdar.

Lalu aku duduk dengan manis, lipat tangan, lipat kaki alias bersila di lantai ma Herman untuk mengikut bloger lain yang mana keadaan dan kondisi yang sememangnyalah tidak ada kursi. Kemudian akupun mengikuti prosesi pernikahan eh.. prosesi rapat yang telah terpotong atas kehadiranku ma Herman. mahap...mahap...mahap...

Lalu ada acara kenal kenalan alias memperkenalkan diri. Nah karena acara inilah aku baru tau mana yang disebut nanlimo, h35ti, regie yang suka ngikat tangguk/jaring, 1 cewek yang lupa namanya, ijo royo-royo from gunung kidul, penyamun, ketua taufik asmara, hendrawan xpresi, cewek yang di UIN, ayel/ayil/khairil, maryo, mahasiswa tegal, beberapa mahasiswa lainnya, eri-communicator yang terobsesi ma nokia communicator pertama di Indonesia plus tetangganya Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (ini menteri asli lho bukan kek attayaya yang jadi menteri lingkungan hidup jadi-jadian), cyber bangkinang, verdhiradinanti, de el el de es te de es be... Terus datang juga dari admin SMK Labor pak oki yang suka fisika.

Weeeeeh.... ternyata bloger bertuah tuh asiiik lho. suer sumprit... akrab sekali.
Obrolan berlanjut ke tanya jawab masalah seputar kode html, lha tentu saja dijawab ma si penyamun. Lihat mukanya aja udah penuh ma javascript, html, php, mysql hehehehehe. Apalagi kalo diperhatikan jari jemari penyamun untuk ngetik di kibor, wuiiih jempol semua huaaahahahaha... maksudnya jempolan deh kalo ngoprek ngehack plus cari duit.

Demi memenuhi janjiku kepada nanlimo (lha nanlimo sendiri lupa, akupun baru teringat dah acara mo selesai), maka kita semua yang ada pergi nyari cemilan. Tukang somay/batagor kena serbu deh. Waduh kasian tuh mahasiswa yang dah pulang duluan. Ntar kopdar berikutnya kita ngemil ma minum teh botol nyosor Sosro sama-sama ya.

Agenda berikutnya adalah pemilihan/penetapan logo Bloger Bertuah Pekanbaru (kalo ga salah ding). Poto diatas kuembat dari
h35ti ibunya zidan.

c u next kopdar....
Jika tidak ada perubahan di Lobby Lantai 2 Gedung Bappeda Kantor Walikota Pekanbaru

i love u all

selengkapnya...

29 Maret 2009

7 plus 3

Apaan tuh????!??@$@@????##$^???

Itu berarti 7 hari plus 3 hari.
Apaan sehh??? ga ngerti
hehehehe
Aku ngilang 7 hari dimulai 17 mpe 23 maret 2009.
17 Maret tuh padahal lagi acara Musrenbang Kota Pekanbaru 2009 (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk menetapkan rencana pelaksanaan pembangunan 2010. Lhaaa aku kebagian tugas nyiapin tempat acara, berkomunikasi aktif dengan protokol, dll tetek bengek (mpe aku bengek hekkk hekkk hekkk... semput deh). Pembukaan di Aula Walikota plus rapat pleno. Yang besoknya dilanjutkan Rapat Pembahasan di ruang-ruang Bappeda Kota Pekanbaru.

Tetapi...
Bos besar (Kepala Bappeda) nyuruh alias mrintah agar aku ma Edo pergi ke Jakarta ikut rombongan pak Wali untuk ketemu Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Waduh... kalang kabut deh ngoordinasikan ma staf.
Pas acara dah setengah jalan dan kulihat lancar-lancar aja, maka aku tancap ke bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, ke Jakarta pake Riau Airlines (ehh baru kali ini pake RAL). Pesawat baru berjenis BAe Avro RJ 100 buatan Inggris dengan kapasitas 112 kursi (seat). Keunggulan pesawat baru ini memiliki empat mesin dua di sayap kanan dan dua di sayap kiri. Pesawat ini cukup handal. Jika salah satu mesinnya mati, pesawat ini masih bisa jalan. (waaah jangan mpe mati mesin ahhh....). Pak Wali gatau pake pesawat apa. Pokoke janjian ketemu di Kantor Menpan aja deh. Pak Wali nginep di Marcopolo biasanya, lha aku yang cuma pegawe klene-klene ya cukup di Sofyan Cikini.

Nah, tanggal 18 datanglah aku ke Kantor Menpan jam 10. Walahhh acara diundur jam 4 sore karena Menpan dipanggil SBY ato Mensesneg katanya staf-staf Menpan. Ahh... pulang ke hotel aja dulu deh.

Jam 4.15 acara dimulai. Weeeeehhh aku bangga juga ma Propinsi Riau yang datang dengan formasi lengkap : Gubernur Riau, Walikota Pekanbaru, Walikota Dumai plus semua Bupati dari seluruh kabupaten di Propinsi Riau.

Beda amat dengan rombongan Propinsi Sulawesi Tenggara yang cuma hadir Gubernurnya plus jajaran yang berjajar tanpa walikota dan bupatinya. (haaaaa belon siap yah laporannya).

Ketemu Menpan ini dalam rangka nyampein LAKIP yaitu Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, maka setiap pemerintah diwajibkan menyampaikan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) adalah merupakan dasar dalam melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja program dan kegiatan pemerintah dalam rangka mewujudkan visi dan misi masing-masing daerah.

Nah yang aku terkagum-kagum adalah pidatonya MENPAN Taufik Effendi. Beliau menyampaikan tentang pendayaagunaan aparatur pemerintah dilihat dari sisi agama. Walo aku dah beberapa kali ketemu menteri, wah menteri yang satu ini melihat dari sisi agama. Weeeeh bagus juga neh. Kalo perlu dibuat pesantren khusus Pegawai Negeri Sipil, Polisi, TNI, plus untuk DPR dan pejabat negara lainnya. Biar PNS dll itu bekerja dengan melihat ada tanggung jawab yang diemban dan "kebersihan diri" dalam melaksanakan tugas.

Setelah mengikut acara Menpan dan acara Pak Wali lainnya, maka hari jum'at sore aku ma Edo tancap ke Jogja, ngelihat dan belajar pengembangan Bus Trans Jogja. Di Pekanbaru sedang dibuat Sarana Angkutan Umum Massal mirip Busway Jakarta dan BTJ Jogja.

Rencanaya kalo ada waktu luang mo cari bloger jogja anna fardhiana, localheroes, jogjacartoonvisit, suryaden, etc dll dsb dst.

Pulang ke Pekan, udah menunggu kerjaan numpuk.
Wadoooooow, cuma bisa mbales komen dikit, bales shout dikit. belon semua.


Terus ilang 3 hari nape?
hehehehehe antena kesambar petir
yang rusak tuh adaptor dan power over ethernet gitu deh.
Cari adaptor 24 volt dengan 1,5 ampere itu susyeeee banget.
mpe hari ini belon bisa ngenet di rumah
akhirnya pergi ke warnet


oia....
aku cuma heran...
kenapa cuma menyampaikan laporan LAKIP tuh harus pake acara segala???
mubazir... mboros tenan...
padahal khan bisa disampaikan oleh pegawe yang biasa aja tanpa harus ada acara.
Acaranya cuma kasi dokumen laporan aja kok.
Ahhhh Indonesia ga lepas dari seremonial seperti itu.
Acara yang ga perlu.

oia lagi....
Sebuah kantor menteri, ternyata sound systemnya ga bagus alias cempreng. Ga dikelola dengan baik. Keknya perlu ngirim staf dari Pekanbaru untuk memperbaiki dan ngelolanya.
hahahahaha ga ding becanda ngirim staf kok.

selengkapnya...

28 Maret 2009

award dari seconaz

Wadoooow lagi. http://zalfazahira.blogspot.com/ si seconaz (from bandung with he..he..he..) bales dendam ngasi "anu" ke aku. Huahahahaha ampunnnnn dj lagi neh. Ini award ke lima hari sabtu ini. Ngimpi opo yo aku tadi malam rek??? Langsung tak embat aja deh.




kulimpahkan award ini untuk :
ajeng yang muterin lagu palestina
jonk cowok katrok
dhe yang tercurah matahari
ibnukus yang kelimpungan ma komennya yang ilang (tolong bantuin dong)
neng aia ga usah ngalamun atuh neng

selengkapnya...

Award + peer dari Iffachan

Ampuuuunnnnn http://ifachan.wordpress.com/2009/03/26/award-pr/ si iffachan ratu tukang tidur ngasi perr eh peer. Ampuuuun dj hehehehehehe
Keknya aku pernah bikin neh peer. Cuma lupa. Ya udah bikin baru aja lagi. Kelimpungan juga ngepos 3 award (dari fanny, mastrie, melanie) plus sekarang 2 award + peer dari iffachan.

10 facts about me :

1. Seorang manusia biasa yang dipanggil http://ifachan.wordpress.com/2009/03/26/award-pr/ si anak kecil tukang ratu tidur sebagai oom. haalaaaah ada-ada aja kamu tuh iffachan ratu tidur.
2. Tidurnya kalo dah jam 12 malam... hehehehe ngalong kaleee
3. Pecinta tanaman ijo kata orang2 sehhh.
4. Tinggi kerempeng kayak gepeng.
5. Suka pelem aksi, komedi, sci, tapi jarang nonton pelem ngIndia.
6. Tertarik dengan bidang IT, networking. Mulai menyukai digital imaging. ahhh ini sama ma Iffachan.
7. Takut ma hantu hioiiiiiiiaiaiiaiai lariiiiiiiiii.
8. Suka mandi pagi dan sore hari.
9. Suka ma laptop bututku yang toshiba celeron doang.
10. Sekarang suka ngeblog. Plurk ma fs dah juuuuaaaauh tinggal.

Ini awardnya :

cat-award

*****

Peer berikutnya.....

and the questions are:

1. Ternyata hari ini
Hari sabtu dan ketiban 3 award dari fany, mastrie, melanie, sekarang dari iffachan

2. Ternyata dia
ga ada apa-apanya (siapa neh yang kumaksud hayo tebaakkkk!!!)

3. Ternyata temen2 ku…
baik hati dan tidak sombong

4. Ternyata sekolah
merupakan saat-saat menyenangkan :)

5. Ternyata pacaran
asik-asik aja

6. Ternyata HTS itu
gatau lah ya....

7.Ternyata semua cowok itu
baik hati juga... tidak sombong juga.... asik-asik aja....

8. Ternyata semua cewek itu
berbeda ma cowok (lho baru tau ya....????!?!?!?!) :)

9. Ternyata cinta itu
make people crazy, wild, sad, torch, etc.

10. Ternyata coklat itu
hmmmmmm yummmi :)

11. Ternyata hidup itu
bagai air mengalir dengan takdir dan usaha yang dilakukan :)

12. Ternyata keberuntungan itu
Jarang banget kuraih... hehehehehe

13. Ternyata mencintaimu itu
hmmmmmm apa ya? au ah lap....

14. Ternyata menangis itu
mengeluarkan air mata......... :)

15. Ternyata berharap itu
merupakan awal sebuah usaha..........

Ini awardnya :

the_power_blog




selengkapnya...

Award dari melanie kedua

Wadooooow si tyas melanie nieh ada-ada aja lagi.... baru kemaren ngasi award, ehhhhh sekarang ngasi lagi. Kyaaaaaaaa...... award again. ayo diambil mang. Tancap mang.
Tadi pagi baru ngepos award dari http://just-fatamorgana.blogspot.com/ Fanny. terus siangnya ngepos award dari http://mastrie.blogspot.com/ mastrie, lha sore geneee ngepos award lagi.
Huuuuaaaaaaaa tancap lagi mang.......



kali ini, award ini kuberikan ke bloger cewek Pekanbaru, karena awardnya bernuansa cewek hehehehehe (sori ya para cowok...)
aya-thie (bloger yang suka ilang-ilang timbul)
h3sti ibunya zidan
regie parikek nangguak
gg giyut ali (lo kemane aje neh... ilang melulu)

kalo mo baca aturannya di tempat si tyas melanie aja ya
hehehehehe
ahhhh aku cengengesan melulu daritadi...

selengkapnya...

Award dari mas trie

Woooow aku ngilang lagi selama 3 hari karena netku kena petir amburadul, hancur adaptor, power over ethernet ancur, untung receiver di antena masih aman. Lha terpaksa blog di warnet. Jadinya ga maksimal membalas seluryuh komen dan shout. Maafin bro, sis, mba, neng, non, mas, pak, bu, om, tante, teteh, aa, abang, ddl dll dst dsb...

Lagi cek komen, ah ada award untukku dari mas trie. Sunnguh baek mastrie ini, langsung kasi 4 award.
Hueeehehehhahhhuuhhehehe....







selengkapnya...

Award dari Fanny

Si Fanny emang baeeeek ati. Dari jaman beheula dulu waktu masih blognya yang lama mpe blognya yang baru, Fanny emang baeeek. Pokoke just fanny deh.


Aku neh lagi ketubrukan award dari best friend dalam 1 minggu ini. Lha.. mpe jadi ga sempet nulis kenapa aku ngilang 1 minggu sebelumnya.
Mungkin ada bloger yang dah ngelink, tapi aku belon sempet ngelink back.
Mungkin ada bloger yang dah komen, tapi aku belon sempet bales komen.
Mungkin ada bloger yang dah nge-shout, tapi aku belon bales.

Duh maaf kan daku
You all always my best friend
walopun ada yang mencaci maki.
walo ada yang marah
aku terima dengan lapang dada (ehh... dadaku ga lapang banget sehhh, abisan kerempeng gitu deh)

selengkapnya...

25 Maret 2009

Award dari Yudi Akuntan

Sesama akuntan harus saling bekerjasama, membantu, menolong plus saling ngasi award. Hari ini, Rabu tanggal 25 Maret 2009, dengan melakukan pemeriksaan secara acak-acakan (karena belon sempat BW plus belon sempet bales komen semua temen bloger), telah ditemukan secara seksama dan mengezutkan, sebuah pesan terbuka dan terindah dan terharu aku dibuatnya bertuliskan "anda mendapat award dst dst dst". Dikirim oleh seorang akuntan dengan user http://www.yudi-akuntan.co.cc Yudi Akuntan yang berslogan "Accountancy is my life". I realy love your blog, but....akan tetapi... slogannya mengerikan bagiku yang susah sekali menamatkan kuliah di jurusan akuntansi. Dan mpe sekarang ilmu akuntansiku malah ga kepake. hehehehehehehe........

oia, aku punya nomor register akuntan 16700-an (enam belas ribu tujuh ratus sekian... aku lupa). Apa masih berlaku, aku pun gatau. Ga pernah dipake sieeeeh. Pun sertifikatnya ntah terdampar dimana.

Oh iya, sebelumnya bagi blogger yang mendapat anugerah Award ini diharapkan :

1. Meletakkan Logo/Award di Blogmu
2. Meletakkan Link Blog yang Telah Memberimu Award
3. Berikan ke Blog Lain
4. Buat Link Blog Lain yang Kamu Berikan Award
5. Tinggalkan Pesan di Blog Mereka

Adapun blogger yang dianugerahi (disusun berdasarkan panjaaaaang dan lamaaaa penyebutan), antara lain (silahkan ambil, walo dah punya award ini), awardnya ada dibawah lho :


rco
Dhe
e-je
Flikz
Sibaho
cheexa
Jo-Izzy
Ari ajah
Seconaz
Dearyoti
Neng aia
Mas Trie
Ndyteens
Mocha-chi
neno-neno
Jambi online
Kita Saudara
BeeMountain
Tyas melanie
Pakdhe Ardhi
ijo punk jutee
FCDB 6raphic
Ajeng Agustin
Komplotan 13
Dunia Mamankz
Ibnukus berpuisi
Indonesia Crying
Linda Belle ti-sky
Eri-communicator
Jonk Katrok+polis
Sendal Jepit Santri
Rumah kecilnya Tika
Sunardi Purwosuwito
Etha it's about my life
Mario Sanjaya Pirawa
Helmi Priandhani dot com
Agus Sukarno Suryatmojo
Yumaima the Brown Sugar
Anna Fardiana wong yukjo
Lylafitri Journey of my life
Taufik Asamara sang ketua
irfansyah-english-indonesia
Frizzy Relaxing Articles Spa
Itik Bali yang katanya manis
Mas Ares Punya Blog Mamas
Catatan Baru Jellyfish Fauzan
Njoworatowejikane njowotenan
Krisnateja sang penikmat malam
Just Fatamorgana Fanny Fredlina
Local Heroes from Nyayogyakarta
Suryaden massage from green side
Dinoe-dasbos-singskeps (kok pake "s" ya? biar dingin kaleeee)


Kuborong semua deh....
Ayo siapa yang belon?



selengkapnya...

24 Maret 2009

Ikhlas

Kita sering ikhlas dalam memberi sesuatu,
tapi kita susah menerima sesuatu dengan ikhlas.

Ini merupakan komentarku pada postingan beberapa bloger yang mengedepankan topik menerima/memberi, ikhlas, hubungan kaya/miskin, dan sejenisnya.
Kalimat diatas bukan trade mark buatanku, tetapi teman baikku telah mengingatkanku akan makna ikhlas.

terimakasih ya bang thausyan.
(hehehehe baru aja selesai nulis ini, bang thausyan malah datang ke meja kerjaku, kek tau aja lagi ditulis namanya di blogku ini).

astaga ..... aku malah kelupaan nulis kenapa aku ngilang selama 1 minggu ini dari dunia per-blog-an
............................

selengkapnya...

23 Maret 2009

Award + peer dari Te3ka (Tika)

kali ini dateng dari
http://te3ka.blogspot.com te3ka (kok aku mbaca jadi "setrika" hehehehehe
tolong tetrika-kan bajuku dong


Ini awardnya :








tapi ternyata ada rules-nya, ginih rulesnya :

* Copy the questions below.
* Simply use the first letter of your name/nickname as your answer for each questions.
* You can’t use any answer twice and don’t use your own name for questions no 3 & 4.
* After you’re done, tag 10 people.

The Questions:
1. What is your name? attayaya
2. A four letter word: ambilkan bulan dong dilangit eh... kepanjangan... seharusnya ayah (ayah..ambilkan bulan dong dilangit)
3. A boy’s name : atan
4. A girl’s name : ayu
5. An occupation : a jomblo (seorang jomblo)
6. A color : aaahhhh biasanya aku suka merah ato biru
7. Something you wear : andong (emangnya andong bisa dipake ya?)
8. A type of food : ayam
9. Something found in the bathroom : ayam bertelor (hehehehe)
10. A place : a beach called senggigi di Lombok
11. A reason for being late : amcet (eh macet)
12. Something you shout : aaaaargggghhhhh
13. A movie title : ampun deh ... aku lupa...
14. Something you drink : an egg tea (teh telor = minumannya orang pekanbaru & padang)
15. A musical group : aaaaaa... apa ya?
16. A street name : ahmad yani
17. A type of car : amiiiin jika ada yang mo kasi aku jeep wrangler ato rubicon
18. A song title: apel (aaah pelangi-pelangi alangkah indahmu)
19. A verb : aman damai tentram ijo royo-royo, hutan ga gundul, cuaca adem, karbondioksida normal, ga banyak asap, ga bakar hutan ..... halah kok aku jadi ngawur



selengkapnya...

Award dari Dearyoti

woooooow setelah aku ngilang 1 minggu (ntar kuceritain deh), aku ketiban rezeki dari http://dearyoti.blogspot.com, bloger lama yang ngilang.... eh ga ding... aku yang ngilang...maaf..maaf..maaf...
Begitu muncul langsung ngasi award. Ahhh... begitu baiknya dearyoti
Lihatlah awardnya... bagus ya!
Tengkyu berat ya bro.



selengkapnya...

18 Maret 2009

Follow

postingan terjadwal

Apaan sih?? secara resmi aku sendiri gatau tuh guna follow. Suerrrr, sumprit,...

Tetapi setelah baca-baca Bantuan ato Help dari bloggspot, maka baru agak ngerti maksudnya "follow".

Katanya :
"Jika kamu mempunyai blog lain yang kamu sukai/favorit dan agar pemilik blog tersebut dan orang lain mengetahui bahwa kamu menyukai blog tersebut, maka kamu dapat menggunakan fasilitas "follow" tersebut".

Katanya lagi, bahwa kamu dapat membaca artikel blog yang kamu sukai tersebut pada "dasbor" blog kamu di bagian bawah.

Tetapi....
Terdapat beberapa blogger yang memfollow secara "anonim" atau "privately" sehingga pemilik blog hanya mengetahui nama blogger yang ngikuti, tanpa mengetahui alamat blog (link alamat blog) pengikut tersebut.
Hal ini bisa saja terjadi karena kelupaan mengganti pilihan dari "anonim" atau "privately" menjadi "secara umum" atau "publicly".

Jika terlanjur ngikut secara anonim, setting pilihan dapat dirubah dari dasbor, pilih "manage" pada bagian bawah dasbor. Lalu ubah satu satu (keknya ga bisa sekaligus).

yaaahhhh kira-kira gitu dehhh.

Hal ini terjadi pada beberapa "follower" blog ini. Jadi aku kebingungan membalas follow atau berkunjung balik.






selengkapnya...

16 Maret 2009

Award dari e-je

Astaga naga bonar jadi seribuuuuuuu. Mimpi apa semalam. Hari senen yang cerah ini tertanggal 16 maret 09, aku mendapat 3 award. Kucek....kucek...mata... seolah ga yakin. Maghrib aku BW ke http://e-je.blogspot.com e-je yang memberi sinopsis buku dll, eh ada award untukku.

Langsung tancap abisssssss
huaaaahahahahahaha gubrak... kepelset eh kepleset tai kucing plus pipisnya.



Kok tau seeeh si e-je kalo aku dulu pernah pake vespa ps-100. hehehehehhe......
Untuk memberi semangat kepada blogger baru, sehingga mereka tetap semangat dengan penuh persahabatan, maka award ini kuteruskan kepada

http://djemariijal.blogspot.com
http://jimatcoy.blogspot.com/

dan semangat persahabatn ke blogger lainnya :
helmi priandhani
local heroes jogja
advintro
media lumbung hati
t.e.3.k.
fanny fredlina
linda belle ty-sky
mastrie
neng aia
ajeng
suryaden
FLikZ
jonk-katroplis
sunardi pw
dinoe dasbos singskeps
dhe curahan matahari
kita saudara
eri-communicator
dunia mamankz

weeeeh kok kuborong semua
em sori
em sori
yang ga kebagian bukan berarti aku telah memutuskan persahabatan, tetapi ntar aku disebut pemborong hehehehehehe....
em sori
em sori

peraturannya :
1. letakkan logo di blogmu
2. letakkan link blog yang telah memberimu award
3. berikan ke blog lain
4. buat link blog lain yang kamu berikan award
5. tinggalkan pesan di blog mereka.

ayo kerjakan......!!!!!!!

selengkapnya...

Award dari nenoneno

Hari ini senin 16 maret 2009, saya yang bertanda tangan dibawah ini :
attayaya
ketiban rejeki banyak berupa award.
Secara dikarenakan bahwa hari minggu ga bisa net plus ga bisa datang Kopdar blogger Pekanbaru dikarenakan sebab hari hujan. Maka hari ini baru buka blog, eh dapat rejeki, tadi dapet dari TyasMelanie, sekarang dari http://cantstopsmiling.wordpress.com/ nenoneno, blogger bali yang berpindah dari blogspot ke wordpress (hmmm napa ya?). Beliau menggambarkannya pake polyvore.com (cieeeeee... beliau???!!!@!@!#).



To seek the reasons why we all love blogging!
merupakan pekerjaan yang diberikan nenoneno atas award yang diberikan.
jawabannya apa ya??
hmmmmm..........
begini aja deh
aku tuh ngeblog selain mau menerapkan citizen journalist juga untuk ngeluarin uneg2 di hati. Walopun uneg2 ini belum terkeluarkan dengan sukses. Jadi sementara have fun aja deh saat ngeblog.
gitu deh kira2...

selengkapnya...

Award dari Melanie

Pagi senin ini hujan. Bangun tidur, mata sepet, iler mengering, taik mata banyak, rambut awut-awutan, jigong menumpuk, plus kejelekan lainnya. Tetapi, betapa aku terkezuuuut ketika kubuka dan kembali ke laptop, Melanie sedang berbaik hati memberikanku dan beberapa blogger lain segudang award. Ihihiiihks..ihihk... aku jadi terharu. Dengan penuh rasa kebanggaan membuncah dada, kupajang award ini. Lihatlah :


Award Kepedulian dan Kesetiakawanan


Award Persahabatan


Award mel buat sahabat-sahabat blogger


selengkapnya...

14 Maret 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4

SELAMATKAN PLANET INI DARI BALIK MEJA KERJA ANDA

Ini salah satu judul artikel pada Majalah Reader Digest Indonesia Edisi Khusus. Mungkin kelihatan terlalu berlebihan. Mungkin juga masuk akal. Masa iya seeeh..???

Pada majalah tersebut menyebutkan :
"Padahal, untuk mencetak 15 rim kertas A4 dibutuhkan 1 pohon berumur 10 tahun. Dan untuk penebangan 1 pohon berarti menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang. Nah berapa batang pohon yang 'ditebang' kantor anda setiap bulan?"

Nah lho... gile bener. Berarti kantorku setiap bulan menebang 2 pohon, karena rata-rata kantorku menghabiskan 30 rim kertas setiap bulannya. Terus siapa yang mengganti pohon yang telah 'ditebang' kantorku dan menunggunya selama 10 tahun? Wooooow..... Bagaimana dengan kantor yang lain?

Lha ini baru tentang kertas, belum lagi tentang Stapler (kami menyebutnya : jenggrekan, hehehe aneh ya? karena bunyinya jengrek...jengrek... gitu). Dalam wikipedia, alat ini disebut pengokot (ini lebih aneh lagi namanya).
Pengokot (bahasa Inggris: stapler) adalah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan kokot (staples) berbentuk huruf "U" yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung kokot melebihi tebal kertas.
Jadi, stapler adalah alatnya, sedangkan staples adalah 'anaknya'. Menurut Friend of Earth, jika setiap orang hanya menggunakan 1 staples saja setiap hari, maka langkah ini dapat mengurangi penggunaan 120 ton baja selama setahun. Maksudnya, janganlah menggunakan staples berlebihan, atau malah dijadikan alat permainan, karena sangat banyak baja yang dibutuhkan untuk pembuatan staples, sangat banyak energi untuk menghasilkan staples.

Apa lagi yang kita bisa lakukan di kantor untuk menyelamatkan bumi?

Cek dokumen sebelum cetak
Periksalah dokumen yang akan dicetak, dapat dengan menggunakan fasilitas "page preview". Ini untuk menghindari kertas terbuang karena kesalahan ketik, lupa nomor halaman, dll.

Pakai laptop dan ganti layar ke LCD
Laptop mengonsumsi daya listrik lebih kecil daripada desktop, dengan catatan jika kantornya mampu beli laptop lho.... Jika memungkinkan, gantilah layar desktop anda yang pake CRT dengan layar LCD. Tahun 2009 ini, aku akan mengganti 6 unit layar CRT di
kantor yang telah rusak parah dengan layar LCD (sesuai anggaran). Cukup lumayan untuk penghematan listrik.

Pakai proyektor
Untuk presentasi di ruang rapat dan menghindari penggunaan kertas yang harus dibagi-bagikan ke peserta rapat.

Manfaatkan kertas bekas
Simpanlah kertas bekas yang tidak rahasia yang masih bersih bagian belakangnya untuk digunakan ulang baik untuk mencetak atau menulis draft.

Gunakan amplop atau map bekas
Sekarang aku jarang memakai amplop untuk menyebarkan surat-surat kantor. Cukup di staples saja. Karena tohhh amplop itu bakal dibuang ama penerima. Map sering kugunakan berulang-ulang. Surat yang harus ditandatangi atasan kugunakan map bekas yang bersih. Jika ada coretan kututup dengan kertas yang kuberi label.

Gunakan kertas daur ulang
Yang satu ini aku belum menemukannya. Maaf bro, sis, mba, mas, dll.

Cetak 1 lembar
Cetak dokumen bolak balik dalam 1 lembar saja. Wahhh... hal ini belum ngetop di kantor pemerintah. Aku sendiri aja masih kesusahan.

Cahaya ruangan
Matikan lampu ruangan jika cahaya yang masuk lewat jendela mencukupi untuk bekerja.

Matikan monitor
Terutama untuk layar CRT, jika dalam keadaan tidak terpakai.

Bertemu lewat video conference
Akan menghemat biaya transportasi, BBM, dll, dengan catatan bahwa terdapat jaringan internet di kantor anda.

Pilih produk hemat energi
Pilih alat elektronik yang berlogo 'Energy Star'.

Atur suhu AC
Nah kalo hal ini, aku sering berantem ma Tomy. Aku sering matiin AC yang ga perlu. Tomy ngidupin AC terus ngeloyor pergi. Kaco neh anak. Atur suhu sekitar 24 derjat Celcius yang merupakan perbandingan terbaik antara tingkat kesejukan dengan penghematan listrik.

Mengisi baterai ponsel
Jangan biarkan berlama-lama ponsel terhubung ke listrik ketika mengisi ponsel. Kadang ponsel terhubung terus ke listrik seharian karena kita lupa atau asyik bekerja.

Tambahkan pesan penyelamatan bumi
Cantumkan pesan pada imel anda "Selamatkan bumi, jangan cetak imel ini kecuali anda benar-benar membutuhkan".

JANGAN CETAK ARTIKEL INI, CUKUP DICOPY-PASTE SAJA!!!

Wahhhh ternyata kita bisa menyelamatkan bumi, dan gak perlu jadi Superman, Batman, Wondermomen, SinChan, Avatar, Doraemon, Teletubbies (lho kok jadi kartun-kartun).

Jika 1 juta orang menghemat 1 lembar kertas,
maka ada 1 juta lembar kertas yang bisa dihemat.
Dalam 1 rim kertas terdapat 500 lembar,
maka dapat dihemat 2.000 rim kertas.
Jika 15 rim kertas dibuat dari 1 pohon berumur 10 tahun,
maka terdapat sekitar 130 pohon yang batal ditebang.

Usaha kecil kita bersama sangat berharga untuk menyelamatkan bumi.
Mulailah dari diri kita sendiri.


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan


selengkapnya...

13 Maret 2009

Undangan KopDar II Blogger Pekanbaru

Assalammu'alaikum...

encik-encik, puan-puan, pakcik, makcik, pak ngah, mak ngah, dan seluruh Bujang dan Dara yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitarnya...

Salam hangat untuk para blogger pekanbaru...sehubungan dengan akan diadakannya pembentukan komunitas blogger pekanbaru dan sekaligus Silaturahmi antar blogger, maka diharapkan kedatangannya kepada siapa saja yang hobby Nge-Blog atau sudah memiliki Blog pribadi. Khususnya blogger yang bertempat tinggal di Pekanbaru.

Acara ini akan kita adakan di Masjid Agung An-Nur (Hotspot Area)
Hari Minggu, tanggal 15 bulan Maret tahun 2009, Pukul 14:30 Waktu Indonesia bagian Barat.

Mohon kehadiran kawan-kawan...




selengkapnya...

12 Maret 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3

Ketika tahun 2001 sampe 2003 aku menetap di Jogjakarta "the slow motion city", aku kos di Selokan Mataram depan gedung MM deket Warung Nasi Pondok Ijo deket toko cuci cetak film deket... (halahhhhh nglantur). Aku terheran-heran saat pertama memasuki kamar kosku, lalu bertanya kepada ibu kos, "bu, kenapa lampunya pake lampu pijar?". Si ibu kos dengan senyumnya yang manis menjawab, "yah.. cuma itu yang ada dek". Alaaah mak jang, lampu ini gelap, dan tentunya tidak terang dong, walopun besar watt lampu tersebut kuperhatikan adalah 75 watt, woooow sangat besar. "Boleh kuganti dengan lampu neon buk?". Si ibu tetap dengan senyumannya dan kurasa makin lebar senyumnya menjawab "monggo, silahken dek ganti sendiri". Kos itu kubayar 1 juta per 6 bulan, plus uang listrik 15 ribu perak (karena aku memakai komputer). Aku pun hidup disitu selama 6 bulan dengan lampu neon 20 watt yang kuganti sendiri seharga 20 ribu perak. Teraaaaang banget untuk ukuran kamarku yang berukuran 2,5 kali 3 meter. Lampu neon ini masih bentuk lama yang dimodifikasi pabrik dengan menggunakan lilitan kawat dan bukan dengan menggunakan ballast.

Setelah 6 bulan, lalu aku pindah ke Pogung Baru belakang SD deket ma Mesjid Raya Pogung. Kosku yang baru ini cukup ketat dengan pagar yang terkunci dan kuncinya hanya dimiliki oleh penghuni. Kubayar 250 ribu perak per bulan dengan ukuran 3,4 kali 3 meter. Hmmmm agak lega dalam hal ukuran. Tetapi... yahhh itulah lampunya tetap aja lampu pijar alias bohlam (bohla lampu kaleee kepanjangannya) sebesar 75 watt. Kubilang ke ibu kos bahwa aku akan mengganti bolanya dengan lampu neon 20 watt. Si ibu kosku yang baru ini dengan senyum menawannya menganggukkan kepala tanda setuju. Di tempat kos inilah aku mpe tahun 2003 lalu pulang ke Pekanbaru.

Apa yang kulakukan di awal masuk kos adalah mengganti lampu pijar alias bohlam dengan lampu neon. Ketika kos di pogung itu aku sempet ganti dari lampu neon biasa dengan tabung besar ke lampu CFL yang bertabung kecil.
Kenapa? Yaaaa... karena hemat listrik. Dengan watt yang jauh berbeda (dari 75 watt pijar ke 20 watt neon) aku mendapatkan terang yang lebih bagus dengan lampu neon. Aku waktu itu cuma berpikir bahwa biaya listrik ibu kos akan semakin murah. Tetapi ternyata lebih banyak menghemat listrik lagi dengan mengganti beberapa lampu pijar lain (yang telah putus) dengan lampu CFL. Ibu kos tentunya seneng, dan akibatnya aku sering dikasi cemilan, nasi goreng, roti, jus. hehehehehehe.....

Apa yang kulakukan di Jogja itu telah sejak tahun 1998 kulakukan di Pekanbaru. Setiap lampu rumahku (eh.. rumah emakku) putus, aku mengganti dengan lampu neon atau CFL. Biaya listrik rumah emakku pun makin lama makin murah. Emak pun makin sayang ma aku hehehehehe jelas dong siapa dulu aku, attayaya.

Ternyata, sekarang digembar-gemborkan tentang penghematan listrik salah satunya dengan menggunakan lampu CFL. Wahhhh aku dah dari dulu neh. Dulu kos di Jogja emang kulihat beberapa rumah tetap memakai lampu pijar. Mungkin murah. Pada saat itu, jika lampu pijar 10 watt seharga 2 ribu perak, maka lampu neon 10 watt seharga 8-10 ribu perak. Aku heran padahal tetangga-tetangga kosku itu bukan ga mampu, tetapi kurasa mereka belum tahu bahwa lampu neon maupun CFL lebih hemat listrik, lebih terang (dengan perbandingan watt yang sama) dan tahan lebih lama. Saat sekarang ini, lampu pijar sudah mulai tergantikan dengan lampu neon bertabung besar dan lampu CFL bertabung kecil (sepeti gambar diatas) dengan berbagai merek.

Dalam majalah National Geographic, terdapat kalimat seperti ini :
"Jika 1 orang mengganti 1 lampu pijar dengan lampu CFL, maka akan dapat dihemat jutaan ton batubara. Hal itu hanya dimulai dari 1 lampu pijar dan sebuah gagasan".
Yaaaah kurang lebih gitu dehhh.

Di pasaran dan toko-toko, lampu pijar sudah mulai jarang ditemukan. Lampu CFL sekarang sudah bervariasi jenisnya mulai dari besaran watt, kegunaan, jenis cahaya yang dikeluarkan, dll. Untuk pencinta seni yang membutuhkan lampu pijar untuk mendapatkan efek cahaya tertentu, maka lampu CFL pun sekarang sudah ada yang memiliki efek cahaya seperti lampu pijar. Untuk perbaikan ruang rapat kantorku, aku meminta pekerja listriknya untuk memasang lampu CFL sebagai lampu downlight-nya. Aku tidak mau saran dari konsultan yang mau menggunakan lampu pijar kecil. Walopun listrik kantorku bukan dibayar dari uang pribadiku, tetapi listrik kantorku dibayar oleh rakyat. Lha wong kantor pemerintah tentu saja uangnya uang dari rakyat. Kasihan khan rakyat yang udah bayar pajak dll, terus uangnya diborosin.

Walaupun kurasa pembahasan tentang mengganti lampu pijar ke CFL telah ga baru lagi, tetapi aku cuma ngingetin :
AYO GANTI LAMPU PIJARMU YANG TELAH PUTUS DENGAN LAMPU CFL
(halaaaaah kek iklan aja).

oia...
Di beberapa pasar tradisional masih menggunakan lampu pijar, terutama di kios sayuran, ikan basah dan daging. Penjual ingin mendapatkan efek segar pada barang dagangannya. Beberapa pedagang juga menggunakan terpal (plastik atap peneduh) warna orange, efeknya sama persis dengan lampu pijar. Hati-hati tertipu dengan efek lampu pijar dan terpal orange ya.



CATATAN dari wikipedia :
Bola lampu, bohlam atau lampu pijar (incandescent light bulb, incandescent lamp or incandescent light globe) adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan foton. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi oksigen di udara dari berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.

Salah satu kelebihan bola lampu adalah dapat dihasilkannya bola lampu dalam berbagai besar voltase, dari puluhan hingga ratusan volt (1,5 volt sampai 300 volt), namun karena jumlah listrik yang diperlukan bola lampu untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya, maka secara bertahap bola lampu mulai digantikan lampu neon, LED, dan lain-lain.

Bola lampu diperkenalkan pertama kalinya kepada umum oleh Thomas Alva Edison pada 31 Desember 1879.

Lampu CFL (compact fluorescent lamp) = CFL (compact fluorescent light) = CFT (compact fluorescent tube) = ESL (energy saving light) adalah jenis dari lampu fluorescent dimana percikan listrik mengakibatkan pemuaian gas raksa (excite mercury vapor). Atom-atom yang semakin memuai tersebut menghasilkan gelombang pendek ultraviolet dan menyebabkan gas phospor seperti menyala dan terang sehingga dapat menyebarkan cahaya ke sekitarnya yang dapat dilihat mata.

Pertama dikembangkan di tahun 1890 oleh Peter Cooper Hewitt yang lampunya saat itu banyak digunakan untuk studio dan industri.
Di tahun 1927, Edmund Germer, Friedrich Meyer, and Hans Spanner mematenkan lampu uap/gas bertekanan tinggi.
George Inman yang bekerjasama dengan General Electric membuat lampu fluorescent dan menjualnya di tahun 1938 kemudian mematenkannya di tahun 1941.
CFL yang lebih modern dikembangkan oleh Ed Hammer, seorang insinyur di General Electric, karena Amerika sedang menghadapi krisis minyak di tahun 1973.


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

selengkapnya...

10 Maret 2009

Gurindam 12 - Raja Ali Haji

Gurindam 12 adalah karya Raja Ali Haji ibni Raja Ahmad Al-Hajj ibni Raja Haji Fisabilillah ibnu Opu Daeng Celak alias Engku Haji Ali ibni Engku Haji Ahmad Riau.

Fasal 1 - Gurindam 12

barang siapa tiada memegang agama
sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama

barang siapa mengenal yang empat
maka yaitulah orang yang makrifat

barang siapa mengenal Allah
suruh dan tegahnya tiada ia menyalah

barang siapa mengenal diri
maka telah mengenal akan tuhan yang bahri

barang siapa mengenal dunia
tahulah ia barang yang terperdaya

barang siapa mengenal akhirat
tahulah ia dunia mudharat

Fasal 2 - Gurindam 12

barang siapa mengenal yang tersebut
tahulah ia makna takut

barang siapa meninggalkan sembahyang
seperti rumah tiada bertiang

barang siapa meninggalkan puasa
tidaklah mendapat dua termasa

barang siapa meninggalkan zakat
tiada hartanya beroleh berkat

barang siapa meninggalkan haji
tiadalah ia menyempurnakan janji

Fasal 3 - Gurindam 12

apabila terpelihara mata
sedikitlah cita-cita

apabila terpelihara kuping
khabar yang jahat tiadalah damping

apabila terpelihara lidah
niscaya dapat daripadanya faedah

bersungguh-sungguh engkau memeliharakan tangan
daripada segala berat dan ringan

apabila perut terlalu penuh
keluarlah fi‘il yang tiada senonoh

anggota tengah hendaklah ingat
di situlah banyak orang yang hilang semangat

hendaklah peliharakan kaki
daripada berjalan yang membawa rugi

Fasal 4 - Gurindam 12

hati itu kerajaan di dalam tubuh
jikalau zalim segala anggota pun rubuh

apabila dengki sudah bertanah
datang daripadanya beberapa anak panah

mengumpat dan memuji hendaklah pikir
di situlah banyak orang yang tergelincir

pekerjaan marah jangan dibela
nanti hilang akal di kepala

jika sedikit pun berbuat bohong
boleh diumpamakan mulutnya itu pekung

tanda orang yang amat celaka
aib dirinya tiada ia sangka

bakhil jangan diberi singgah
itulah perompak yang amat gagah

barang siapa yang sudah besar
janganlah kelakuannya membuat kasar

barang siapa perkataan kotor
mulutnya itu umpama ketor

di manatah tahu salah diri
jika tiada orang lain yang berperi

pekerjaan takbur jangan direpih
sebelum mati didapat juga sepih

Fasal 5 - Gurindam 12

jika hendak mengenal orang berbangsa
lihat kepada budi dan bahasa

jika hendak mengenal orang yang berbahagia
sangat memeliharakan yang sia-sia

jika hendak mengenal orang mulia
lihatlah kepada kelakuan dia

jika hendak mengenal orang yang berilmu
bertanya dan belajar tiadalah jemu

jika hendak mengenal orang yang berakal
di dalam dunia mengambil bekal

jika hendak mengenal orang yang baik perangai
lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai

Fasal 6 - Gurindam 12

cahari olehmu akan sahabat
yang boleh dijadikan obat

cahari olehmu akan guru
yang boleh tahukan tiap seteru

cahari olehmu akan isteri
yang boleh menyerahkan diri

cahari olehmu akan kawan
pilih segala orang yang setiawan

cahari olehmu akan abdi
yang ada baik sedikit budi

Fasal 7 - Gurindam 12

apabila banyak berkata-kata
di situlah jalan masuk dusta

apabila banyak berlebih-lebihan suka
itulah tanda hampirkan duka

apabila kita kurang siasat
itulah tanda pekerjaan hendak sesat

apabila anak tidak dilatih
jika besar bapanya letih

apabila banyak mencacat orang
itulah tanda dirinya kurang

apabila orang yang banyak tidur
sia-sia sahajalah umur

apabila mendengar akan khabar
menerimanya itu hendaklah sabar

apabila mendengar akan aduan
membicarakannya itu hendaklah cemburuan

apabila perkataan yang lemah lembut
lekaslah segala orang mengikut

apabila perkataan yang amat kasar
lekaslah orang sekalian gusar

apabila pekerjaan yang amat benar
tiada boleh orang berbuat honar

Fasal 8 - Gurindam 12

barang siapa khianat akan dirinya
apalagi kepada lainnya

kepada dirinya ia aniaya
orang itu jangan engkau percaya

lidah suka membenarkan dirinya
daripada yang lain dapat kesalahannya

daripada memuji diri hendaklah sabar
biar daripada orang datangnya khabar

orang yang suka menampakkan jasa
setengah daripada syirik mengaku kuasa

kejahatan diri sembunyikan
kebajikan diri diamkan

keaiban orang jangan dibuka
keaiban diri hendaklah sangka

Fasal 9 - Gurindam 12

tahu pekerjaan tak baik tapi dikerjakan
bukannya manusia ia itulah syaitan

kejahatan seorang perempuan tua
itulah iblis punya penggawa

kepada segala hamba-hamba raja
di situlah syaitan tempatnya manja

kebanyakan orang yang muda-muda
di situlah syaitan tempat bergoda

perkumpulan laki-laki dengan perempuan
di situlah syaitan punya jamuan

adapun orang tua yang hemat
syaitan tak suka membuat sahabat

jika orang muda kuat berguru
dengan syaitan jadi berseteru

Fasal 10 - Gurindam 12

dengan bapa jangan durhaka
supaya Allah tidak murka

dengan ibu hendaklah hormat
supaya badan dapat selamat

dengan anak janganlah lalai
supaya boleh naik ke tengah balai

dengan isteri dan gundik janganlah alpa
supaya kemaluan jangan menerpa

dengan kawan hendaklah adil
supaya tangannya jadi kapil

Fasal 11 - Gurindam 12

hendaklah berjasa
kepada yang sebangsa

hendaklah jadi kepala
buang perangai yang cela

hendak memegang amanat
buanglah khianat

hendak marah
dahulukan hujjah

hendak dimalui
jangan memalui

hendak ramai
murahkan perangai

Fasal 12 - Gurindam 12

raja mufakat dengan menteri
seperti kebun berpagar duri

betul hati kepada raja
tanda jadi sebarang kerja

hukum adil atas rakyat
tanda raja beroleh inayat

kasihkan orang yang berilmu
tanda rahmat atas dirimu

hormat akan orang yang pandai
tanda mengenal kasa dan cindai

ingatkan dirinya mati
itulah asal berbuat bakti

akhirat itu terlalu nyata
kepada hati yang tidak buta

Catatan :
Aku belum pernah ketemu dengan Raja Ali Haji, tentu saja karena beda waktu yang menyebabkan. Aku sangat menghormati salah satu karyanya Gurindam 12 yang terdiri dari 12 fasal yang sangat bermakna dalam kehidupan ini.
Lahir Tahun 1808 M di Pulau Penyengat pusat Kesultanan Riau-Lingga (sekarang wilayah Propinsi Kepulauan Riau).
Ada perdebatan tentang meninggalnya Raja Ali Haji yaitu 1872, tetapi beliau pada tanggal 31 Desember 1872 masih berkirim surat kepada Hermann von de Wall. Sehingga banyak ahli menyatakan Raja Ali Haji meninggal tahun 1873.

selengkapnya...

Award from Magnakanta

http://magnakanta.blogspot.com/2009/03/mendapat-award-lagi.html Magnakanta sungguh baik hati memberikan award kepada diriku yang klene-klene ini. Diriku kembali terharu *halaaaah sok puitis aku...*

Tancap mang...
langsung kuambil dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.
.....halaaaah kek proklamasi aja.....



The award goes to :
yumaima
itik bali
nirmana tipografi
pojokjambi dedi
eri communicator
hendrawan online
ijo punk tee

duh sapa lagi? itu dulu de

selengkapnya...

bILL gATES menjual mICROsOFT

Kenapa Bill Gates berhenti dari perusahaan Microsoft?

Karena :
  1. Hanya ada tombol "START", tidak ada tombol "STOP".
  2. Ada menu "RUN", tidak ada menu "SIT", sehingga orang pada lari-lari terus.
  3. Ada menu "RE-CYCLE", seharusnya juga ada "RE-SCOOTER", "RE-HONDA", "RE-SUZUKI", "RE-YAMAHA", dll.
  4. Ada menu "FIND", tapi tidak bisa menemukan kunci rumahku.
  5. Kita tidak bisa lengkap menulis "kalimat" karena cuma ada "MICROSOFT WORD" tidak ada "MICROSOFT SENTENCE".
  6. Cuma ada ikon "MY COMPUTER", sedangkan aku membeli lengkap dengan CPU, printer, mouse, keyboard, UPS, meja, dll. Harusnya ada ikon "MY CPU, MY PRINTER, MY MOUSE, MY KEYBOARD, MY UPS, MY MEJA", dll
  7. Aku terkejut melihat folder "MY PICTURES", padahal aku belum pernah menyebar-luaskan photoku di internet.
  8. Aku jengkel karena komputer yang kubeli pake duitku pribadi dianggap milik kantor "MICROSOFT OFFICE", seharusnya "MICROSOFT HOME".
  9. Komputer yang kubeli tidak lengkap, cuma ada "MY RECENT DOCUMENTS", bagaimana dengan "MY PAST DOCUMENTS"?
  10. Aku curiga dengan Bill Gates karena menyediakan folder "MY NETWORK PLACES", jangan-jangan bentar lagi "MY SECRET PLACES" dibukanya juga.
  11. Aku tidak setuju Bill Gates menjadi pimpinan Microsoft karena dia berbohong menjual "WINDOWS" (jendela), sedangkan namanya sendiri adalah "GATES" (gerbang).

diolah dari collection of emails


selengkapnya...

09 Maret 2009

Maulid Nabi Muhammad SAW

Postingan Terjadwal

Maulid Nabi Muhammad SAW terkadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد، مولد النبي‎), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang dalam tahun Hijriyah jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Kata maulid atau milad adalah dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang gubernur Irbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Adapula yang berpendapat bahwa idenya sendiri justru berasal dari Sultan Salahuddin sendiri. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan semangat juang kaum muslimin saat itu, yang sedang terlibat dalam Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa dalam upaya memperebutkan kota Yerusalem.
Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten.
Di Indonesia, tradisi ini disahkan oleh negara, sehingga pada hari tersebut dijadikan sebagai hari besar dan hari libur nasional. As-Suyuti dalam Kitab Husn Al-Maqosid fi Amal Al-maulid menerangkan bahwa orang yang pertama kali menyelenggarakan maulid Nabi adalah Malik Mudzofah Ibnu Batati, penguasa dari negeri Ibbril yang terkenal loyal dan berdedikasi tinggi. Mudzorofah pernah menghadiahkan sepuluh ribu dinar kepada Syekh Abu Al-Khotib Ibnu Dihyah yang telah berhasil menyusun sebuah buku riwayat hidup dan risalah Rasulullah dengan judul At-Tanwir fi maulid Al-Basyir Al-Nazir. Pada masa Abbasyiyah, sekitar abad kedua belas masehi, perayaan maulid Nabi dilaksanakan secara resmi yang dibiayai dan difasilitasi oleh khalifah dengan mengundang penguasa lokal. Acara itu diisi dengan puji-pujian dan uraian maulid Nabi, serta dilangsungkan dengan pawai akbar mengelilingi kota diiringi pasukan berkuda dan angkatan bersenjata.

dari Wikipedia berbahasa Indonesia.

selengkapnya...

07 Maret 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2

Apa yang harus dilakukan?
Salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Bagaimana caranya?
Merubah kebiasaan berkendara.

Mengapa?
Walaupun mobil anda adalah mobil hemat energi, tetapi jika anda mempunyai kebiasaan buruk berkendara, maka tidak ada gunanya mobil hemat energi tersebut.

Apa saja kebiasaan yang harus dirubah?
Gunakan prinsip Eco-Driving jika kondisi memungkinkan.
Pertama :
Pindahkan Tranmisi ke Posisi yang Lebih Tinggi Secepat Mungkin.

Transmisi dipakai untuk kebutuhan momen/torsi yang berbeda-beda, dengan cara menukar kombinasi persneling agar tenaga mesin sesuai kondisi beban dan kecepatan kendaraan. Pada kendaraan bertransmisi otomatis, transmisi telah diatur otomatis. Gunakan posisi Netral (N) dan pijak rem (atau gunakan rem tangan) jika berhenti di lampu merah (atau sedang berhenti). Posisi D pada kendaran berhenti dengan mesin hidup akan memboroskan BBM.

Kedua :
Pertahankan Kecepatan pada Putaran Ekonomis.

Pada mesin bensin, putaran ekonomis berada pada 2.500 rpm. Pada mesin solar/diesel, putaran ekonomis berada pada 2.000 rpm ke bawah. Sedapat mungkin mempertahankan kecepatan kendaraan pada putaran mesin tersebut. Selain untuk menghemat BBM, juga bisa mengurangi emisi, meningkatkan keselamatan dan kenyamaman penumpang.

Ketiga :
Hindari Pengereman dan Akselerasi yang Tidak Perlu.

Saat akeselarasi (menekan pedal gas), BBM digunakan untuk menggerakkan putaran mesin, sedangkan ketika melakukan pengereman, energi berubah menjadi panas. Itulah sebabnya, akselerasi atau menambah kecepatan secara ekstrem dan mengerem secara berulang-ulang membutuhkan BBM yang banyak.

Keempat :
Antisipasi Arus Lalu Lintas.

Saat mengemudi, selalu antisipasi keadaan lalu lintas di depan kita, pada arah berlawanan, maupun persimpangan, konsentrasi, lakukan pengereman dengan cermat, jaga jarak dengan kendaraan di depan, sebisa mungkin mempertahankan kecepatan ekonomis, beradaptasi dengan perubahan situasi, mengetahui rute perjalanan, memperhatikan kerusakan jalan, menghindari kemacetan, dll.

Kelima :
Memperlambat Kendaraan dengan lembut.

Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, lakukan dengan lembut (tidak perlu mendadak), persneling tetap dalam keadaan masuk. Untuk lebih menghemat BBM, dapat juga dengan menetralkan persneling, atau menekan kopling bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi. Dengan begitu mesin akan secepatnya kembali ke putaran ideal, dan sisa energi dorong kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan.

Keenam :
Manfaatkan Kecepatan Kendaraan saat di Tanjakan.

Pada jalan mendaki, diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan jalan datar. Jadi ketika hendak menempuh tanjakan, usahakan untuk menyesuaikan putaran mesin, melakukan teknik perpindahan persneling yang tepat dan cermat, kemudian manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan tersebut.

Ketujuh :
Matikan Mesin Jika Tak Perlu.

Sewaktu penghentian singkat,pada lintasan rel, lampu merah (lampu lalu lintas), atau sedang menunggu sesuatu yang lamanya diperkirakan lebih dari 60 detik, matikan mesin kendaraan. Mesin yang menyala 10 detik saat berhenti, mengonsumsi lebih banyak BBM dibandingkan dengan mesin pada saat distarter. Membiarkan mesin dalam keadaan netral/idle menyebabkan keausan komponen mesin yang lebih cepat.

Kedelapan :
Kurangi Kecepatan saat Mendekati Belokan.

Lakukan hingga mencapai kecepatan yang sesuai. Bila perlu, lakukan pengurangan kecepatan dengan tenaga mesin, atau sebisanya tanpa mengijak pedal rem.

Kesembilan :
Kurangi Kelebihan Beban pada Kendaraan.

Beban merupakan faktor utama yang mempengaruhi pemakaian BBM. Penambahan beban 100kg pada kendaraan sedang (1.500kg) akan meningkatkan konsumsi BBM sebesar 6-7%.

Kesepuluh :
Perhatikan Aerodinamis.

Makin cepat laju kendaraan, maka makin besar hambatan udara yang ditimbulkan. Kendaraan dengan kecepatan 120 km/jam dapat meningkatkan sekitar 20% BBM.

Kesebelas :
Periksa Tekanan Ban.

Tekanan ban kurang dari 25% dari spesifikasi normal (agak kempes) dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10%, serta memboroskan BBM sebanyak 2%. Ceklah tekanan ban kendaraan sebulan sekali atau ketika hendak berkendara.

Keduabelas :
Lakukan Servis Berkala.

Perawatan/servis rutin kendaraan seperti membersihkan saringan udara, karburator, dll dapat membantu menghemat pemakaian BBM.

TAMBAHAN :
Penambahan lapisan kaca film yang dapat menghambat masuknya energi panas matahari pada mobil dapat menghemat BBM.

YANG KULAKUKAN :
Aku hanya menggunakan kendaraan bermotor roda 2 (biasanya disini disebut Honda, walaupun ada yang merek Yamaha, Suzuki, dll) ke kantor. Setiap pergi ke kantor, aku memanaskan mesin dalam waktu kurang 5 detik, memasukkan persneling 1 dan bergerak, lalu ketika memasuki jalan menurun (jalan deket rumahku merupakan jalan menurun), secepatnya kunetralkan persneling. Kubiarkan Hondaku meluncur sekitar 10 detik sampai tenaga dorong akibat jalan menurun tadi habis, barulah kumasukkan persneling dan berjalan normal.
Kalo kebetulan dapet pinjaman mobil kakakku, maka aku tidak akan menggunakan AC di pagi hari. AC hanya kuhidupkan kalo memang cuaca sangat panas, atau ketika hujan dan menutup semua jendela.

YANG BELUM KULAKUKAN :
Bersepeda ke kantor, jaraknya cuma 4 km.

Keterangan dari langkah-langkah di atas :
Para ahli menyebutnya ECO-DRIVING yang diterjemahkan sebagai MENGEMUDI EKONOMIS. Prinsip ini sudah dikenal sejak 1990-an di Eropa yang mendorong kita untuk mengemudi lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Prinsip eco-driving menghendaki kita menyesuaikan diri dengan teknologi mesin, menggunakannya secara lembut, lancar, aman berkendara pada putaran mesin rendah.

Mengemudi bukan hanya dengan tangan dan kaki, tetapi juga dengan kecerdasan. Dengan kondisi yang berbeda-beda, terapkan prinsip yang sesuai. Prinsip Eco-driving ini bersifat dinamis.

Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan

(diolah dari : Reader Digest Indonesia)

selengkapnya...

06 Maret 2009

How to make a Woman happy....

How to make a Woman happy....

It's not difficult to make a woman happy. A man only needs to be:

1. a friend
2. a companion
3. a lover
4. a brother
5. a father
6. a master
7. a chef
8. an electrician
9. a carpenter
10. a plumber
11. a mechanic
12. a decorator
13. a stylist
14. a phsiotherapist
15. a gynaecologist
16. a psychologist
17. a pest exterminator
18. a psychiatrist
19. a healer
20. a good listener
21. an organizer
22. a good father
23. very clean
24.. sympathetic
25. athletic
26. warm
27. attentive
28. gallant
29. intelligent
30. funny
31. creative
32. tender
33. strong
34. understanding
35. tolerant
36. prudent
37. ambitious
38. capable
39. courageous
40. determined
41. true
42. dependable
43. passionate
44. compassionate

WITHOUT FORGETTING TO:

45. give her compliments regularly
46. love shopping
47. be honest
48. be very rich
49. not stress her out
50. not look at other girls

AND AT THE SAME TIME, YOU MUST ALSO:

51. give her lots of attention, but expect little yourself
52. give her lots of time, especially time for herself
53. give her lots of space, never worrying about where she goes

IT IS VERY IMPORTANT:

54. Never to forget:
* birthdays
* anniversaries
* arrangements she makes


HOW TO MAKE A MAN HAPPY

1. One Small Smile



haaaaa dapat dibandingkan khan?
untuk membuat wanita gembira perlu 54 langkah.
sedangkan untuk membuat pria bahagia hanya perlu 1 langkah
(from collection of emails)


selengkapnya...

05 Maret 2009

Award from Koch




Award from http://www.investasigo.com/ KOCH

Sebagaimana pesan dari pendahulu sebelum-sebelumnya tentang award ini, aturannya adalah :

1. Put the logo on your blog
2. Add a link to the person who awarded you
3. Nominate at least 7 other blogs
4. Add links to those blogs on yours
5. Leave a message for your nominees on their blog

ok...
neh nominasi blogger yang kuberikan kepada :

fanny
ibnukus
lafalofe
linda ti-sky
nan limo
sang penyamyun
aya thie
qq qiyut ali

semoga berbahagia

selengkapnya...

04 Maret 2009

Tidak ada guna uang

Mengapa menebang pohon lalu dijual demi uang?
Padahal uang bukanlah segalanya.

Uang dapat membeli tempat tidur, tapi tidak dapat tidur.
Uang dapat membeli jam, tapi bukan waktu.
Uang dapat membeli buku, tapi bukan pengetahuan.
Uang dapat membeli jabatan, tapi tanpa penghargaan/penghormatan.
Uang dapat membeli obat, tapi bukan kesehatan.
Uang dapat membeli darah, tapi bukan kehidupan
Uang dapat membeli sex, tapi bukan cinta.

Kuberitahukan ini karena aku temanmu. Maka janganlah menebang pohon demi uang.
TIDAK ADA GUNANYA!!!

Uang itu berguna jika kamu beli bibit pohon dan menanamnya.
Pohon itu untuk anak keturunanmu, keluargamu.
Dan kamu dapat pahala.
Sehingga di Hari Perhitungan, kamu tidak susah meminta maaf dan mencari orang-orang yang telah engkau sengsarakan dengan banjirmu, dengan kebakaran hutan akibat ulahmu, ISPA dari asapmu, dan seluruh bencana yang kamu timbulkan.


selengkapnya...

01 Maret 2009

Blogger Pekanbaru

huaaaaa... aku ga bisa ikutan ngumpul perdana ma blogger Pekanbaru lainnya. Pengen ikutan ngumpul-ngumpul plus nambah temen plus nambah ilmu. Tapi sayang... undangan udah diterima tetapi aku harus menghadiri acara tahlilan 40 hari meninggalnya ayah temen baikku. Maaf temen2 blogger Pekanbaru. Insya Allah pertemuan berikutnya aku akan ikut.

oia...
ada blogger Pekanbaru lain di blogrollku yang mungkin kelupaan (aku sendiri juga lupa nerusin undangan... maaf yang sebesar-besarnya)
1. aya-thie
2. twice-k
3. kiki ali qiyut-qiyut
4. syaiful pbb

blogger Pekanbaru yang belum ku-blogroll
1. pekanbaru-bicara.blogspot.com
2. riau 2020 (plus blog anak-anaknya)
3. asykar theking (psps-pekanbaru.blogspot.com)

Hidup para blogger
Hidup para blogger Pekanbaru


selengkapnya...

Defenisi bagus

Defenisi yang bagus :

Marriage :
It's an agreement in which a man loses his bachelor degree and a woman gains her master
Perkawinan adalah sebuah perjanjian dimana seorang lelaki kehilangan gelar kesarjanaannya dan seorang perempuan mendapat gelar master (dooooh... wanita begitu pinter)

Divorce :
Future tense of marriage
Perceraian adalah keadaan masa depan dari sebuah perkawinan (yup... mana ada perceraian tanpa perkawinan)

Konferensi :
kebingungan peserta yang dilipatgandakan dengan jumlah presentasi pembicara. Makin banyak presentasi, makin bingung peserta.

Kantor :
Sebuah spa untuk relaksasi setelah mengalami stress di rumah.

Rokok :
Sejumput tembakau yang dibungkus dengan kertas gulung, dimana salah satu ujungnya terdapat bara api, dan diujung yang lain terdapat seorang yang bodoh.

Optimis :
Seorang yang berkata "lihat, aku belum mengalami luka" ketika sedang jatuh dari gedung lantai 20.

Politikus :
Orang yang menjabat erat tangan anda ketika akan Pilkada, dan mengambil seluruh kepercayaan anda setelah Pilkada.

Doctor :
A person who kills your ills by pills, and kills you with his bills.
Dokter adalah orang yang menyembuhkanmu dengan pil, dan membunuhmu dengan kwitansi (doooh...mahal amat bayar dokter seeeeh, makanya orang2 pada pergi ke dokter Ponari).

from colection of email

Tambahan :
dari JONK
Rokok :
Sejumput tembakau yang dibungkus dengan kertas gulung, yang membantu Anda untuk cepat-cepat pergi dari dunia ini.

dari Sang Cerpenis Bercerita
Sarjana Hukum adalah orang2 yg ngerti hukum tapi sering melanggar hukum.

Pengacara adalah orang2 yang suka bikin acara entah itu acara damai, acara perang, acara ribut di pengadilan, tapi ...mereka bukan pembawa acara di televisi. Halaa..gak nyambung kali yee...


ada yang mau nambah???



selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Maret 2009 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah