Philosophical premise is flawed

Ngeliat postingan Elsa dan tertarik untuk meng-Indonesia-kannya. Dah beberapa hari lalu sehhh minta izin kopas, cuma baru sekarang ngerjainnya dengan pertolongan pedang sakti mandraguna mbah gugel alias Google Translator. Kalo mo baca yang aslinya, silahkan sambangi mba elsa ya. Tulisan berikut ini cuma sekedar terjemahan bebas sebebas-bebasnya sambil terjun bebas dari lantai 5, puyengngngng......

*****

Seorang profesor filsafat yang atheis sedang berbicara kepada murid-muridnya mengenai masalah ilmu pengetahuan dan hubungannya dengan Tuhan, Allah Yang Mahakuasa. Dia bertanya pada salah seorang siswa barunya .....

Prof: Jadi Anda percaya pada Tuhan?
Student: Tentu, Pak.

Prof: Apakah Tuhan baik?
Siswa: Tentu.

Prof: Apakah Tuhan mahakuasa?
Siswa: Tentu.

Prof: Saudaraku meninggal karena kanker walaupun ia berdoa kepada Tuhan untuk menyembuhkan dia. Kebanyakan dari kita akan berusaha untuk membantu orang lain yang sedang sakit. Tetapi Tuhan tidak. Bagaimana Tuhan ini baik itu? Hmm?
(Mahasiswa diam.)

Prof: Anda tidak dapat menjawab, khan? Mari kita mulai lagi, anak muda. Apakah Tuhan baik?
Siswa: Ya.

Prof: Apakah setan baik?
Siswa: Tidak

Prof: Darimana setan berasal?
Siswa: Dari ... Tuhan ....

Prof: Itu benar. Katakan anak muda, apakah ada kejahatan di dunia ini?
Siswa: Ya.

Prof: Kejahatan ada di mana-mana, bukan? Dan Tuhan memang membuat segalanya. Benar?
Siswa: Ya.

Prof: Jadi, siapa yang menciptakan kejahatan?
(Siswa tidak menjawab.)

Prof: Apakah ada penyakit? Perilaku amoral? Kebencian? Keburukan? Semua hal-hal yang mengerikan ada di dunia, bukan?
Siswa: Ya, Pak.

Prof: Jadi, siapa yang menciptakan mereka?
(Pelajar tidak memiliki jawaban.)

Prof: Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa anda memiliki 5 indra digunakan untuk mengidentifikasi dan mengamati dunia di sekitar Anda. Katakan padaku, anak muda ... Apakah Anda pernah melihat Tuhan?
Siswa: Tidak, Pak.

Prof: Katakan pada kami jika Anda pernah mendengar Tuhan?
Siswa: Tidak, Pak.

Prof: Apakah Anda pernah merasai Tuhanmu, mencicipi Tuhanmu, membaui Tuhanmu? Apakah Anda pernah memiliki persepsi indrawi Tuhan dalam hal ini?
Siswa: Tidak, Pak. Sayangnya aku tidak.

Prof: Namun kau masih percaya kepada-Nya?
Siswa: Ya.

Prof: Menurut pembuktian empiris, pengujian, dan standar berlaku, bahwa ilmu pengetahuan mengatakan bahwa Tuhan anda tidak ada. Apa yang dapat anda katakan tentang hal itu, anak muda?
Siswa: Tidak ada. Saya hanya memiliki iman saya.

Prof: Ya. Keyakinan. Dan itu adalah masalah besar bagi ilmu pengetahuan.
Siswa: Professor, apakah ada yang namanya panas?

Prof: Ya.
Siswa: Dan apakah ada yang namanya dingin?

Prof: Ya.
Siswa: Tidak, Pak. Tidak.

(Suasana menjadi sangat sunyi akibat kalimat anak muda itu)

Siswa: Pak, Anda dapat merasakan panas dengan segala tingkatannya atau tidak panas samasekali. Tapi kita tidak punya pembuktian apa-apa tentang hal yang disebut dingin. Kita dapat mencapai 458 derajat di bawah nol yang tidak panas, tetapi kita tidak bisa mencapai hal lebih jauh setelah itu. Tidak ada yang namanya dingin. Dingin hanyalah kata yang kita gunakan untuk menggambarkan ketiadaan panas. Kita tidak bisa mengukur dingin. Panas adalah energi. Dingin bukanlah kebalikan dari panas, tetapi hanya ketiadaan panas tersebut.

(Suasana makin hening)

Siswa: Bagaimana dengan kegelapan, Pak Profesor? Apakah ada sesuatu seperti kegelapan?
Prof: Ya. Apa jadinya malam jika tidak ada kegelapan?

Siswa: Anda salah lagi, Pak. Kegelapan adalah ketiadaan sesuatu. Anda dapat memiliki cahaya dengan berbagai tingkatan dan jenis ..... Tapi jika Anda tidak mempunyai cahaya secara konstan, Anda memiliki apa-apa dan itu disebut kegelapan, bukan? Pada kenyataannya, kegelapan itu tidak ada. Kalau Anda akan dapat membuat kegelapan maka anda dapat membuat keadaan lebih gelap, bukan?

Prof: Jadi apa gunanya maksud anda, anak muda?
Siswa: Pak, maksudku adalah pemikiran filosofi anda cacat.

Prof: cacat? Bisakah Anda menjelaskan bagaimana?

Siswa: Pak, anda telah melakukan pemikiran ganda. Anda berpendapat ada kehidupan dan kemudian ada kematian, Tuhan yang baik dan yang buruk. Anda melihat konsep Tuhan sebagai sesuatu yang terbatas, sesuatu yang dapat kita ukur. Pak, Ilmu pengetahuan bahkan tidak bisa menjelaskan pikiran manusia. Pikiran menggunakan gelombang listrik dan magnet, tetapi tidak pernah bisa dilihat, apalagi dipahami sepenuhnya. Untuk melihat kematian sebagai lawan dari kehidupan adalah mengabaikan fakta bahwa kematian tidak dapat eksis sebagai hal yang substantif. Kematian bukanlah lawan kehidupan: kematian hanyalah ketiadaan kehidupan itu. Sekarang katakan pada saya, Profesor. Apakah anda mengajarkan siswa anda bahwa mereka berevolusi dari monyet?

Prof: Jika anda mengacu pada proses evolusi alami, ya, tentu saja, saya lakukan.
Siswa: Apakah Anda pernah mengamati evolusi dengan mata anda sendiri, Pak?
(Profesor menggelengkan kepalanya dengan senyum, mulai menyadari arah argumen yang terjadi.)

Siswa: Karena tidak ada seorang pun yang pernah mengamati proses evolusi bekerja dan bahkan tidak dapat membuktikan bahwa proses ini merupakan upaya terus-menerus, apakah anda tidak akan mengajarkan pendapat anda, Pak? Anda bukan seorang ilmuwan melainkan pengkhotbah?
(Kelas menjadi gempar.)

Siswa: Apakah ada seseorang di kelas yang pernah melihat otak Profesor?
(Kelas pecah menjadi tawa.)

Siswa: Apakah ada seseorang di sini yang pernah mendengar otak Profesor, merasakannya, menyentuhnya atau menciumnya? Tak seorang pun tampaknya telah melakukannya. Jadi, menurut aturan yang telah ditetapkan empiris, stabil, protokol yang didemonstrasikan, maka ilmu pengetahuan mengatakan bahwa anda tidak punya otak, Pak. Dengan segala hormat, Pak, bagaimana kita kemudian mempercayai kuliah Anda?
(Ruangan itu sunyi. Sang profesor menatap siswa, wajahnya sulit dipahami.)

Prof: Kurasa kau harus membawa mereka pada iman, anak muda.

Siswa: Nah itu lah Pak .... Hubungan antara manusia & Tuhan adalah KEYAKINAN. Hal itu lah yang membuat semua bergerak & hidup.


NB: Saya percaya Anda telah menikmati percakapan .... dan jika demikian ... Anda mungkin ingin teman-teman / kolega untuk menikmati ... sama kan? Anda dapat berbagi percakapan yang indah ini kepada mereka .... ini adalah kisah nyata, dan anak muda itu atau mahasiswa itu adalah APJ Abdul Kalam, The Well Know Nuclear Scientist dan juga Mantan Presiden India.

*****

Kata-kata :

dingin bukanlah lawan dari panas
dingin hanyalah merupakan kehilangan/ketiadaan energi panas

gelap bukanlah lawan dari terang
gelap hanyalah merupakan tidak adanya energi cahaya

mati adalah ketidakberadaan hidup

Tuhan tidak bisa diukur
bukan hanya sekedar baik buruk, hidup mati
tetapi keyakinan
juga kepercayaan